ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401) " Laptopnya Para Kreator Kanvas Digital "

Akhir tahun 2023 ada event yang ditunggu - tunggu yaitu acara blogger gathering malang yang langsung disponsori oleh ASUS Indonesia. Acara ini dikomandoi langsung oleh Mas Ihwan selaku founder blog keluargabiru.com yang juga seorang youtuber dan tiktoker paling eksis di kota malang.

Disponsori oleh ASUS Indonesia sebagai brand laptop No. 1 di Indonesia, para blogger sekalian dikenalkan dengan dua lini produk laptop terbaru dari ASUS Indonesia yaitu ASUS Vivobook Go 13 (E1404) yang cocok buat pelajar karena dirancang untuk memenuhi kebutuhan generasi modern yang menginginkan portabilitas tanpa mengorbankan fungsionalitas dan ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401) yang merupakan laptop premium dengan memiliki keistimewaan pada portabilitas, fleksibilitas, dan kenyamanan khususnya bagi para kreator.

Dengan dua unit laptop yang diperkenalkan, kali ini acara blogger gathering dibagi dua kelompok berdasarkan type laptop yang diulas dimana ulasannya berupa tulisan di blog dan video di IG Reels. Kebetulan kali ini saya masuk daftar list salah satu dari enam blogger untuk mengulas laptop kreator yang paling convertibel yaitu ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401).

formasi lengkap foto bersama acara blogger gathering
Tanggal 2 Desember 2023 acara blogger gathering malang akhirnya bisa dilaksanakan di Nuri Coffe & Eatery di tengah kota Malang dengan alamat Jl. Ade Irma Suryani, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65117. Resto makan ini terkenal estetik karena mengambil suasana rumah / bangunan lama yang didesain begitu nyaman, luas dan instagramable jadi pas buat ambil foto dan video sambil bawa laptop. Tidak ketinggalan menu sajian yang disuguhkan juga enak yang kebetulan saya pesan makanan Nasi Beef Paprika dengan minuman Honey Lemon Tea.
suasana acara blogger gathering dan menu makan

HANDS ON LAPTOPNYA KREATOR " ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401) "

Merupakan lini produk laptop premium kelas Zenbook menjadikan ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401) adalah perangkat komputasi berupa laptop 2-in-1 convertible premium dengan desain ultra-thin cocok sebagai “kanvas digital” bagi para kreator terutama kreator yang ingin merasakan kenyamanan dalam menggambar digital disebuah laptop. Laptop convertible ini mengusung spesifikasi dan fitur premium, oleh karena itu para kreator lebih leluasa dan fleksibel dalam berkarya berkat fitur dan spesifikasi yang diusung oleh Zenbook 14 Flip OLED.

Sistem Operasi Windows 11 dan Microsoft Office Home Student 2021 dapat yang Original
Diawal sukanya pada laptop ini sudah dilengkapi dengan sistem operasi terbaru dari microsoft yaitu Windows 11 Home. Di Windows 11 banyak fitur keren - keren yang bakal sangat bermanfaat untuk aktivitas kita didepan laptop apalagi sistem operasi ini dengar - dengar didesain untuk laptop yang memiliki fitur layar sentuh.

Selain sistem operasi Windows 11 pengguna ASUS Zenbook 14 Flip OLED (UP5401) juga bisa menikmati paket aplikasi office untuk menunjang produktifitas kerja yaitu Microsoft Office Home & Student 2021. Paket aplikasi Office ini terdapat aplikasi Word, Excel dan PowerPoint yang banyak digunakan saat ini, dengan begitu pengguna bisa merasakan semua manfaat aplikasi tersebut sesuai yang diharapkan oleh penggunanya. Tinggalkan aplikasi bajakan karena penggunaan aplikasi Office ini bisa digunakan seumur hidup sehingga tidak ada batasan waktu dalam menggunakannya.

Keuntungan dari Sistem Operasi Windows 11 dan Aplikasi Office asli 100%, akan terus mendapatkan pembaruan keamanan, fitur terbaru, menutup bug yang bakal rutin untuk melindungi perangkat, program dan data dilaptop.

Dikategorikan laptop premium di varian Zenbook pasti saat memegang laptop ini berbeda mulai dari saat membuka layar laptop cukup dengan satu tangan layar sudah bisa dibuka tanpa perlu menahan body laptop.

tebal 1,59 cm dan bobot 1,4 kg

Mengusung keutamaan pada Portabilitas, fleksibilitas, dan kenyamanan yang merupakan tiga pilar utama menjadikan Zenbook 14 Flip OLED begitu istimewa, khususnya bagi para kreator. Mengusung layar 14-inci membuat dimensi bodinya sangat ringkas ditunjang dengan ketebalan hanya 1,59 cm dan bobot 1,4 kg menjadikan Zenbook 14 Flip OLED nyaman untuk portabilty yang mudah dibawa kemana - mana atau bepergian.

ASUS OLED, Teknologi Layar Terbaik untuk Kreator
Untuk layar demi mendukung kenyamanan penggunanya terutama para kreator, semakin maksimal manfaatnya berkat adanya layar sentuh (touchscreen) dengan resolusi tinggi 2,8K (2880x1800) yang juga dapat diputar 360⁰ untuk menghasilkan karya terbaik. Pada teknologi layarnya merupakan salah satu jajaran laptop ASUS yang dibekali teknologi layar ASUS OLED. Teknologi layar tersebut menggabungkan keunggulan panel OLED yang dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang mampu menampilkan kualitas visual terbaik dengan warna yang sangat kaya, akurasi warna kelas industri dan tidak merusak kesehatan mata.

Perlu digaris bawahi bahwa setiap laptop yang menggunakan layar ASUS OLED dijamin mampu menghasilkan kualitas visual warna yang sangat kaya dan akurat. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black.

Sangat penting juga keberadaan layar laptop dengan teknologi ASUS OLED untuk memenuhi semua standar kebutuhan industri kreatif. Dengan begitu semua konten yang ditampilkan oleh ASUS OLED dijamin akurat sesuai dengan apa yang ingin ditampilkan oleh sang pembuat konten.

ASUS OLED juga dibekali fitur bernama Eye Care. Fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Inovasi tersebut membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang. Sebagai bukti kualitas, layar ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker.

Konten Kreator Kanvas Digital Friendly
Laptop yang didesain untuk menunjang para kreator kanvas digital ini memiliki layar touchscreen yang sangat sensitif. Tidak ketinggalan laptop ini juga mendapatkan stylus ASUS Pen yang mendukung 4096 pressure-level dengan begitu Zenbook 14 Flip OLED semakin memberikan pengalaman layaknya melukis di atas kanvas digital.

Stylus ASUS Pen ini untuk sumber dayanya menggunakan baterai AAAA yang mudah didapat bila waktunya ganti dan juga dibekali magnet yang bisa menempel body area palm rest. Dengan begitu stylush ASUS Pen ini saat tidak digunakan bisa ditaruh area palm rest untuk menghindari resiko hilang atau terjatuh.

ASUS Zenbook 14 Flip OLED merupakan laptop convertible yang bisa menjadi banyak mode yang nantinya bakal bermanfaat buat penggunanya terutama buat konten kreator. Seperti Mode Laptop adalah mode standard sebuah laptop yang nyaman dibuat mengetik. Mode Tent adalah mode yang biasa digunakan untukk kerja mengandalkan touchscreen / stylush pen bahkan mode yang nyaman saat dibuat presentasi produk. Begitu juga Mode Stand yang memprioritaskan layar touchscreen untuk sebagai display dan media kerja. Terakhir Mode Tablet adalah mode layaknya sebuah tablet yang bisa dipangkul laptopnya sambil menggunakan sylush pen untuk berkarya.

Bisa 4 Mode laptop convertible

Powerful dengan Prosesor 11th Gen Intel® Core™
ASUS Zenbook 14 Flip OLED yang saya pegang ini sudah ditenagai oleh prosesor powerful 11th Gen Intel® Core™ dengan varian tertinggi menggunakan Intel® Core™ i7-1165G7. Memiliki konfigurasi prosesor dengan 4 core dan 8 thread yang kecepatannya bisa dipacu hingga 4,7GHz. Prosesor modern ini juga dibekali dengan fitur konektivitas yang sangat komperhensif, mulai dari dukungan terhadap WiFi 6 hingga Thunderbolt™ 4.

Keberadaan Port Thunderbolt™ 4 yang dilihat dari bentuk fisiknya seperti USB Type-C keberadaan dilaptop ini sangat penting karena memiliki fleksibilitas dilihat dari fungsi penggunaannya. Fleksibilitas disini artinya port yang serba guna bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti mengisi daya baterai melalui fitur USB power delivery, menghubungkan laptop dengan monitor eksternal beresolusi tinggi atau kartu grafis eksternal dan bisa juga untuk transfer data. Berkat Port Thunderbolt™ 4 ini power adapter bawaannya jadi lebih ringkas karena menggunakan jenis port seperti USB Type-C type lainnya.

Charger dan port Thunderbolt™ 4

Infonya kalau port Thunderbolt™ 4 bisa menghantarkan kecepatan transfer data yang sangat tinggi, yaitu hingga 40 Gbps. Kecepatan transfer data ini yang membuat port Thunderbolt™ 4 dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat kelas profesional, salah satunya adalah penyimpanan data eksternal dengan kecepatan tinggi seperti SSD NVMe Portabel.

Untuk perfomance dari grafis dari laptop ini berkat prosesor 11th Gen Intel® Core™ sudah tertanam chip grafis Intel® Iris® Xᵉ. Chip grafis ini memiliki performa pemrosesan yang lebih baik dibandingkan seri chip grafis generasi sebelumnya serta tampil dengan efisiensi yang lebih tinggi. Chip grafis Intel® Iris® Xᵉ yang hemat daya ini juga membantu Zenbook 14 Flip OLED untuk dapat digunakan lebih lama tanpa harus terhubung ke sumber listrik.

Fleksibel dan Nyaman Digunakan
Sebagai laptop yang fleksibel atau dapat digunakan untuk berbagai aktivitas, Zenbook 14 Flip OLED juga harus dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni selain ditenagai oleh prosesor powerful 11th Gen Intel® Core™. Bahkan bisa menjadi barometer bahwa laptop ini dikatakan cepat tidaknya dilihat pada penggunaan teknologi pada storagenya.
Spesifikasi - windows 11 - dan benchmark storage
Zenbook 14 Flip OLED untuk teknologi penyimpanannya sudah mendukung PCIe 4.0 SSD yang memiliki kecepatan baca dan tulis sangat tinggi, terbukti dari hasil test benchmark menggunakan CrystalDiskMark untuk kecepatan bacanya menyentuh angka 6947-an MBps, sebuah angka yang menggiurkan untuk sebuah laptop. Penggunaan PCIe 4.0 SSD yang memiliki kecepatan tinggi saat membuka aplikasi kreatif dapat berjalan lebih gesit dan memiliki waktu loading yang sangat singkat. 

Sementara itu untuk memenuhi kebutuhan kerja secara multitasking dan load untuk memanggil aplikasi kreator yang berat pasti membutuhkan kapasitas memori RAM yang tinggi. Untuk Zenbook 14 Flip OLED ini sudah dibekali RAM LPDDR4X berkapasitas hingga 16GB yang sudah sangat mumpuni untuk kebutuhan para kreator. Semua itu membuat Zenbook 14 Flip OLED tampil sebagai slaah satu laptop convertible paling fleksibel mulai dari desain hingga pengalaman penggunaannya.

ASUS Zenbook 14 Flip OLED juga dirancang agar selalu nyaman dan mudah untuk digunakan. Keyboard-nya menggunakan desain edge-to-edge yang memaksimalkan ruang yang ada. Desain tersebut juga membuat tombol di keyboard memiliki ukuran yang lebih besar sehingga memudahkan pengguna saat mengetik. Tidak hanya itu, Zenbook 14 Flip OLED juga dibekali touchpad berukuran lebih besar dari pendahulunya. Touchpad tersebut dilengkapi dengan fitur NumberPad 2.0 untuk pengguna yang membutuhkan tombol numpad.

Soal keamanan, Zenbook 14 Flip OLED dibekali dengan sistem biometrik menggunakan sensor sidik jari (fingerprint sensor) yang jadi satu dengan tombol power dan bisa dimanfaatkan untuk fitur Windows Hello. Fitur Windows Hello ini memungkinkan pengguna untuk masuk ke dalam sistem tanpa harus mengetikkan password. Selain meningkatkan keamanan, Windows Hello juga mempermudah pengguna Zenbook 14 Flip OLED saat beraktivitas.

Fitur NumberPad - Fingerprint sensor dan port

ASUS Zenbook 14 Flip OLED juga dilengkapi dengan opsi konektivitas yang sangat lengkap dan komperhensif. Tidak hanya dibekali port Thunderbolt™ 4 USB Type-C serta koneksi nirkabel WiFi 6, laptop ini juga dibekali dengan berbagai port seperti HDMI, USB Type-A, dan 3.5mm combo audio. Konektivitas yang lengkap sangat penting bagi para kreator sehingga mereka dapat menghubungkan berbagai perangkat pendukung dengan mudah tanpa harus menggunakan dongle. Tidak hanya fleksibel, Zenbook 14 Flip OLED juga nyaman dan mudah digunakan.

SPESIFIKASI

Main Spec. Zenbook 14 Flip OLED (UP5401)
CPU Intel® Core™   i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)
Operating System Windows 11 Home
Memory 16GB LPDDR4X
8GB LPDDR4X
Storage 1TB M.2 NVMe™   PCIe® 4.0 SSD
512GB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD
Display 14" (16:10) OLED 2.8K (2880x1800) touchscreen 90Hz 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HDR, TÜV Rheinland eye care certified, 92%  screen to body ratio
Graphics Intel® Iris® Xᵉ   Graphics
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display and power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
Camera 720p HD camera
Connectivity Wi-Fi 6 (802.11ax)   + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Audio Built-in speaker, Built-in array   microphone, harman/kardon certified
Battery 63WHrs, 3S1P,   3-cell Li-ion
Dimension 31.10 x 22.30 x   1.59 ~ 1.59 cm
Weight 1.4Kg
Colors Pine Grey
Price Rp18.799.000 (Core i5 / 8GB RAM   / 512GB PCIe 4.0 SSD)
Rp23.999.000   (Core i7 / 16GB RAM / 1TB PCIe 4.0 SSD)
Warranty 2 tahun garansi global

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)