Tips Update Hisense pureshot

Hisense Pureshot merupakan smartphone keluaran pertama di indonesia yang murni dengan brand Hisense. Sudah hampir 2 bulanan kami menggunakan hisense pureshot HS-L671 yang secara desain dan system penulis akui sangat nyaman dipakai untuk online istriku dan media tethering 4G LTE smartfren. Ada satu yang bikin penulis penasaran pada hisense pureshot, yaitu dukungan pembaharuan/update berkelanjutan pada system pureshot, sebelumnya hisense dipakai untuk mendukung produk smartfren andromax dan itu sangat minim sekali update systemnya.

firmware pureshot
firmware awal L1115.6.03.01.ID00

Setelah pemakaian beberapa minggu kemudian muncul update system yang penulis check secara manual karena ada info di forum hisense kalau pureshot sudah ada update system. Update system terbaru ini tidak otomatis muncul notifikasi di pureshot, penulis harus cek secara manual dan penulis langsung jalankan proses download updatenya yang ukurannya  sekitar 300 Mb-an. Download updatenya lancar dan cepat, karena menggunakan koneksi paket true unlimited jadi tidak risau jebol di kuota dan selang puluhan menit akhirnya selesai juga download update systemnya.
baca juga  :
Review Lengkap Hisense Pureshot
Pureshot siap diupdate cukup dengan tekan "Update now"....selanjutnya proses update berjalan dengan proses unzip dan diteruskan reboot system.

siap update system
Siap di update


Saat booting otomatis akan masuk ke mode recovery dilanjutkan instalasi dengan logo android dibongkar. Nah pada saat proses instalasi berjalan....tiba-tiba muncul pesan error dan mengalami kegagalan instalasi. Kalau di lihat dari keterangan errornya artinya tidak cukup space storage untuk patch.....wah padahal storage internalnya free-nya masih banyak sekitar 8 Gb-an, kenapa yah ?

peringatan gagal update system
gagal update

Untung saja system pureshot tidak ada problem karena gagal update system dan setelah dilakukan reboot system kembali normal. Mencoba cari solusi di google tidak ketemu, akhirnya dapat info agan desmanto pemilik official lounge hisense pureshot di kaskus untuk melakukan pembersihan wipe cache partition dulu sebelum update system.
Dapat informasi solusi update system membikin penasaran untuk segera update hisense pureshot, tapi ada yang bikin sedih ternyata setelah gagal update system check sytem update pureshot tidak menemukan update terbaru lagi.....hmmm kok bisa yah....:-( sepertinya untuk update system menunggu keluar notifikasi update system terbaru lagi. Hisense pureshot sebenarnya ada menu bisa di update manual/offline tinggal mengarahkan posisi file master updatenya tetapi hisense tidak menyediakan di web resminya list file master update system yang siap didownload.
Akhirnya update system terbaru muncul lagi beberapa minggu kemudian, tiba-tiba muncul notifikasi untuk melakukan update system versi terbaru versi , segera penulis lakukan download update system terbaru yang kapasitasnya 330 Mb-an dan akhirnya beberapa menit kemudian download update system terbaru selesai...siap untuk di eksekusi. Oh...yaa apabila tidak muncul notifikasi update bisa dilakukan check manual updatenya, cukup masuk ke menu pengaturan / system setting - pilih general setting - pilih about dibawah sendiri - terakhir pilih Wireless update - tekan check updates.
Perlu di garis bawahi saat proses update system diusahakan power baterai tidak boleh kurang dari 40% syukur kalau 100%, karena penulis saat proses update system pureshotnya power baterai sisa 70% - an. Terus apa boleh update sambil charge ? lebih baik dan aman jangan sambil charge biar awet smartphonenya karena saat proses update system smartphonenya sangat panas seperti main game dan makan resource baterai lumayan banyak (posisi habis update system baterai penulis tinggal 50%-an) dan juga sering kejadian smartphone itu rusak / error saat smartphone dibuat main game sambil ngecharge.
Ok....diatas tadi penulis menceritakan mengenai awal kegagalan update system, dibawah ini penulis jelaskan langkah-langkah melakukan update system hisense pureshot dengan aman yang pernah di alami penulis.

1. Posisi update system sudah terdownload jangan lakukan lakukan update system langsung, pilih update later lalu matikan / shutdown pureshot. ( penulis tebali merah agar tidak terjadi error lagi dan akhirnya menunggu lama update system baru lagi ).



2. Posisi pureshot mati tekan " power + volume down " bersamaan beberapa detik nanti keluar tampilan system status product dan tahan "power+volume down atau power saja volume down dilepas " agar tampilan berubah ke recovery mode.

recovery mode tekan power dan vol. down
tekan power dan vol. down
system status product HS-L671
system status product
3. Muncul tampilan menu recovery mode, pilih "wipe cache partition" dengan menggeser cursor menunya menggunakan volume up / volume down, bila sudah tepat cursor menunya tekan tombol power untuk mengeksekusinya.

recovery mode pureshot
recovery mode

4. Proses wipe cache partition partition sangat cepat, tanda selesai prosesnya dengan muncul peringatan " ........ cache wipe complete " di pojok kiri bawah dan setelah itu lakukan reboot atau restart pureshot dengan memilih menu " reboot system now " agar kembali ke normal android.

proses wipe cache partition selesai
proses wipe cache partition selesai
proses booting pureshot
booting awal pureshot

5. Untuk lanjutkan update kembali ke menu wireless update dengan pilih menu pengaturan / system setting - pilih general setting - pilih about dibawah sendiri - terakhir pilih Wireless update.....lalu pilih  " Update now ".
update system pureshot versi L1115.6.05.01.ID00
firmware L1115.6.05.01.ID00 siap diupdate


6. Proses unzip paket update system, saat proses ini jangan dilakukan interupt proses, misal : saat proses unpackage jalankan program atau matikan smartphone mendadak.

Proses unpacking / unpackage
proses unzipping / unpackage

7. Proses update system akan berjalan sendiri dan terakhir akan kembali ke tampilan normal lagi, bisa dicek lagi systemnya apakah sudah update/upgrade versinya.( langkah 5 ).

firmware L1115.6.05.01.ID00

Update pada smartphone hisense memang perlu banyak diperbaiki systemnya, mulai dari belum adanya penyediaan di web hisense list file master update firmware, kurangnya keterangan detail tiap update firmware, proses gagal update system dan bila gagal tidak bisa update lagi. Penulis yakin hisense pasti terus berbenah dan terus untuk memberikan pembaharuan agar hisense pureshot menjadi smartphone idaman pengguna gadget.

You might also like

97 comments

  1. keren nih Pureshot Hisense apalagi kalo dipadukan dengan kartu smartfren di jaringan 4G, wuuzzz, wuzzz, kenceng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas triadi, di tempatku paling stabil sementara ini untuk 4G, operator lainnya lewat. Terima kasih sudah mampir ke blogku

      Delete
  2. Caranya komplit mas disertai gambar jepertan sendiri, mantep deh

    ReplyDelete
  3. Pada update ini apa yang diperbaiki/perbaharui ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya fix issue dan perfomance, secara kasat mata belum kelihatan

      Delete
  4. Saat update apakah perlu waktu sangat lama? saya update dari jam 11 sampe jam 3 masih belum selesai

    ReplyDelete
  5. lama tapi ndak sampai jam2-an, hmmm....sampai jam 3 posisi berpa % ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya tulisan mulai ulang aja mas.
      Mungkin karena sempat saya pakai buat line.
      waktu update harus benar" ga dipake apa-apa hp nya ya?

      Delete
    2. sudah saya ulang mas, sesuai petunjuk di atas.
      makasih bantuannya ya...

      Delete
  6. Mas arif, beberapa hari ini saya ada masalah dengan hisense pureshot. Masalahnya adalah beberapa aplikasi seperti traveloka facebook detik.com ketika dijalankan selalu kembali ke tampilan awal setelah beberapa saat. Misalnya traveloka tampilan awal nya adalah pemilihan rute, setelah lanjut ke pembayaran, selang beberapa detik akan kembali ke awal yaitu pemilihan rute. Hal ini terjadi terus menerus dan ke hampir semua aplikasi. Apakah mas arif pernah mengalami hal ini? Apa yang hrs di lakukan yah? Mohon bantuan nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa sudah di update firmware terbaru pureshot nya ?

      Delete
    2. Saya juga mengalami permasalahan yang sama. Padahal sistem sudah dalam keadaan ter-update... Mohon bantuannya..

      Delete
  7. Kenapa ya....pesan masuk nggak bisa kebaca nggak muncul pada layar

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas / pak abu zahirah pesan ini maksudnya apa sms atau program messaging spt WA,line,BBM ?

      Delete
  8. Mas mnta solusi bwt root pureshoot plus donk pake apk apa yh

    ReplyDelete
  9. Mas mnta solusi bwt root pureshoot plus donk pake apk apa yh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dicoba tipsnya miminnya official pureshot di kaskus
      http://www.kaskus.co*id/thread/565b424212e257947f8b4569/official-lounge-hisense-pureshot-pureshot-make-your-life-reimagined/59

      Delete
  10. Kenapa ya hisense pureshot 5 inch cepat panas di bagian pjok kanan atas... Padahal cuman buka apk googeling aja...

    ReplyDelete
  11. Kenapa ya hisense pureshot 5 inch cepat panas di bagian pjok kanan atas... Padahal cuman buka apk googeling aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga karena jaringan disana kurang bagus...networking kerja berat untk mencari sinyalnya...akhirnya cepet panas.
      Atau banyak app yang belakang di background...lakukan boost aja

      Delete
    2. Mas.tolong dong cara root hisense pureshot tanpa pc.thnks

      Delete
    3. cobain aja dari mimin kaskus
      pureshot
      http://www.kaskus.co*id/show_post/56b24d91dc06bde71c8b4568/1160/pureshot-hs-l671---tutor-root-v10
      pureshot + http://www.kaskus.co*id/show_post/56d5cfe4947868116f8b4569/1763/-

      Delete
  12. Bagaimana cara mengembalikan ke software version L1117.6.03.01.ID00 (ke versi asal)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah melakukan downgrade mas sugeng, mungkin bisa cek di lounge kaskus http://www.kaskus.co.id/thread/565b424212e257947f8b4569/official-lounge-hisense-pureshot-pureshot-make-your-life-reimagined/.
      btw kenapa di downgrade yah ?

      Delete
  13. Mas Sugeng, boleh tau knapa kok mau dibalikin ke versi asal, ada problem kah? Mumpung saya belum update versi baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak jadi downgrade mas wddagus...trouble location google maps (non-GPS) ternyata bukan karena update waktu itu, tapi karena gonta-ganti kartu ato karena pakai wifi. Artinya update lebih baik (recommended), maaf saya kira error karena update... ternyata karena salah setting ajah :D

      Delete
  14. Ada yg mau beli pureshot gw kaga? Baru 2hari pake nih... Gw jual 1,8jt aja rugi 200rb gpp lah.

    ReplyDelete
  15. Ada yg mau beli pureshot gw kaga? Baru 2hari pake nih... Gw jual 1,8jt aja rugi 200rb gpp lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lempar ke grup facebook hisense indonesia aja mas

      Delete
  16. Mas mau nanya saya mau update..,tapi file update saya kog cuma 22,05mb ya...??
    Apakah itu wajar????

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga....krn ada update kecil dari hisense

      Delete
  17. Mas arif bagaimana mengembalikan shortcut/ icon yg hilang di pureshot, padahal app masih terinstall dan tdk di hide???

    ReplyDelete
    Replies
    1. aplikasi apa yah.....kalo aq cek di google bisa lihat di setting-manage apps-cari aplikasi yang hilang-uninstall updates
      -bisa juga icon kembali lagi.
      Bila tidak berhasil uninstall dan install lagi app tersebut

      Delete
  18. Mas Arif, tanya nih, setelah diupdate ternyata ada app yg hilang diantaranya app utk membuka file office (excel, power point, word), ada saran biar saya bisa buka file2 office

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai WPS office atau punya microsoft office juga bagus

      Delete
  19. Mas apa skr pureshort udah bisa ke masmmelow belum y tolong bales kalo bisa gmn caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di check di update...ndak ada keluaran update terbaru. Mas Dede coba gabung di forum resmi hisense di www.forum.hisense.id, banyak info - tips menarik dari komunitas dan sekaligus bisa tanya ke adminnnya langsung.

      terima kasih

      Delete
  20. Mau nanya dong.. Hisense PureShot saya kenapa jadi error, buka ig sering "tidak merespon", nonton youtube "patah-patah" tapi sinyal 4G Tsel tembus 2Mbps kalo download.. terus internal storage full sama file "Misc" sampe 10GB.. mohon bantuannya agar kembali normal :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. update system dan app di playstore mas dio, setidaknya memperbaiki bug-bug aplikasi.
      lakukan wipe cache partion biar gegas systemnya

      Delete
  21. Mas arif, saya gak bisa update ke versi 6.08 pdhl saya sdh lakuin wipe cache. Waktu saya klik "update now" tetep gak bisa update. Bisa minta tolong pencerahan nya? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa update ini maksudnya tidak ada update atau mau update keluar peringatan / error message ?

      Delete
  22. bang...mau tanya...apakah pureshoot ini ada update jadi marsmallow (vision ui 3) soalnya sekarang sudah keluar Hisense Purshoot Lite (F30) yang speknya mirip dengan pureshoot dan harganya mirip untuk saat ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya ndak ada......mendingan sekalian ambil generasi pureshot yang terbaru F30 aja

      Delete
  23. Mas kenapa hisense pureshot sering restart sendiri apalagi kl pas digunakan? Mohon infonya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya factory reset tapi tetap restart sendiri mas,kl pas dipakai lgsg restrat sendiri mas

      Delete
  24. Mas kenapa hisense pureshot sering restart sendiri apalagi kl pas digunakan? Mohon infonya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Prasetyo puguh apakah Firmware sudah pakai update terbaru ?kalo belum lakukan update firmwarenya siapa tahu bisa solved

      Delete
  25. masih tetap restart trus mas kmrn sdh diperbarui di galery smartfren tpi masih restart trs dan itu bermula saat semalaman saya ngecharge dan lgsg mati tpi bisa nyala lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat restart apakah smartphonenya terasa panas banget ? Apakah pakai microsd ?

      Delete
  26. Iya mas panas banget dan juga pakai mocrosd tpi pada saat mocrosd dilepas jg msh terasa panas dan restart2 trs,mhon petunjuknya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dubuku petunjuk kayaknya ada tulisannya kalau suhu HP lebih dari 40 C, HP akan restart sendiri. Mungkin HP jangan dipakai untuk aktivitas apa2 dulu. Soalnya saya pernah ngalamin ternyata keberatan pas updating applikasi karena sinyal wifi yang hilang timbul. bergitu wifi dimatikan dan tunggu suhu HP turun, HP kembali normal lagi.

      Delete
    2. cek di detail baterai apa yang bikin boros baterai, alibinya yang bikin panas=yang bikin boros baterai.
      coba juga ganti kartunya / bila pakai dual sim salah satu dimatikan slotnya analisa slot mana yang bikin masalah.

      Delete
  27. Sinyal kartu 2 tidak terbaca setelah update kenapa ya

    ReplyDelete
  28. gimana caranya agar pureshot plus bisa nyanyi pakai video di aplikasi smule. Tanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ndak pernah pakai smule, memang ada masalah pakai aplikasi smule ?

      Delete
    2. Ya cuma gak bisa nyanyi pakai video call.

      Delete
  29. setelah di servis selama 1 bulan ternyata masih sama sering restart trus mas,mhon petunjuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba flash ulang dan saya sarnkan diklaimkan lagi ke service centernya

      Delete
  30. minta cara root PureShot Lite F30

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah coba dan ketemu tutorialnya, coba cari di google

      Delete
  31. mas Arif, mohon masukannya

    problem baterai tidak mau charging ~ tidak ada indikator charging saat dicharge
    Charger & kabelnya dipakai di device lain ~ OK tidak ada masalah
    Pureshot dicoba koneksi ke laptop via kabel usb bawaan charger ~ tidak ada respon di laptop & pureshotnya
    Coba dengan kabel lain juga sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga port usb di pureshot bermasalah, coba dibersihkan pakai contact cleaner. kalo masih ndak bisa bawa ke tukang servis untuk diganti port usbnya

      Delete
  32. Mas Arif, Mau nanya kalo hp hisense hs-L695 Bootlooop itu cara perbaikinya bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas heri saya belum pernah kejadian boot loop, biasanya di flash ulang namun di googling kok belum ketemu yah cara flash hisense pureshoot

      Delete
  33. Mas, kamera depannya bisa disetting jadi manual-kah?
    kalo dipake selfie kok seperti ada efek cat air?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba permainkan autofocus dengan cukup touch layarnyam iabakal ngatur sendiri exposurenya

      Delete
  34. mas kalau mau update apakah wajib harus wipe cache dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak harus....apabila bermasalah updatenya bisa coba cara diatas

      Delete
  35. Udah lama tidak oprek Android
    Sungkem Mastah

    ReplyDelete
  36. Tolong kasih tau para suhu saya punya hisense pureshot + setelah upgrade vetsi terbaru kenapa kalau data internet pakai gsm yg cdma mati total padahal sebelum update versi yg baru bisa padahal yg gsm sudah saya pilih mode 2G atau kalau suhu suhu hisense tau tolong kasih saya cara downgrade versi yg lama karna saya lebih suka yg versi lamanya lebih fleksible terimakasih para suhu dan empu hisense

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah diupgrade coba lakukan clear cache partition bila tidak berhasil lakukan wipe data

      Delete
  37. mas arif mau tanya, kenapa hisense saya selalu muncul iklan ya...mohon pencerahannya
    terimakasih

    ReplyDelete
  38. Hai, mau nanya kan hp saya udah emang mati dan itu enkripsinya gagal dan saya ga bisa cara supaya ke menu wireless itu. Tolong bantuannya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak prameswari enkripsi apa ini yah, apakah menu wifi maksudnya ?

      Delete
  39. Maaf tanya dgn ulasan update firmware pureshot itu akan menghapus data yg ada termasuk applikasi?, Mohon pernaannya om suhu..!

    ReplyDelete
  40. Mas Arif, mau tanya. kenapa status persentase baterai di hp hisense sya tidak muncul? padah system sudah versi paling baru? =(

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek lagi di setingan show persentase baterai...apakah sudah kecentang

      Delete
  41. mas mau tanya, misal nih PSP kita lemot karena sudah terlalu lama di pakai, di Phone storage itu misc sudah banyak sekali, pakai cc cleaner sudah gk mempan

    apakah cukup kita hilang kan dengan wipe cahce tanpa instal ulang / reset pabrik ? apakah wipe cache menghapus aplikasi beserta data2 nya ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wipe cache tidak menghapus data, cc cleaner ndak mempan mulai data2 didalam di keluarkan atau taruh mixrosd

      Delete
  42. Mas arif mau tanya ni..hiswnse psp2 saya ko hbs d hard riset malah jd botlop d flas jg gagal terus...solusinya gmn ya mas? Makasih

    ReplyDelete
  43. Mas, mau tanya
    Kemaren saya cabut root pureshot saya yang versi terakhir 5.1.2
    Hasilnya boothloop.
    Lalu diinstal ulang by pc, hasilnya bisa start lagi, tapi ternyata versinya turun jadi 5.0.2
    Apakah ada cara untuk update lagi menjadi versi terbaru?
    Thanks

    ReplyDelete
  44. Maaf, mau nanya, setelah di-restart hisense L671 saya tiba2 muncul "recovery mode" & sdh ditekan wipe data/factory reset, wipe cache partition dan reboot system now. Tp ttp balik k recovery mode. Minta tolong arahannya.

    ReplyDelete
  45. mas punya link download rom & cara update flash hisense pureshot plus 2 l697

    ReplyDelete
  46. @dalbo bisa jadi image flash tidak cocok coba cari referensi flash lainnya

    ReplyDelete
  47. Lalu diinstal ulang by pc, hasilnya bisa start lagi, tapi ternyata versinya turun jadi 5.0.2
    Apakah ada cara untuk update lagi menjadi versi terbaru?
    ikutin aja Update by system, dia akan naik versinya

    ReplyDelete
  48. @the light sepertinya saya pernah kejadian kayak gini di merk lain, ada tombol volume up / down yang ketekan terus

    ReplyDelete
  49. @adhie mustiko coba googling aja

    ReplyDelete
  50. Hp hisense saya selalu dalam mode fastboot,,solusinya dong

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)