Pentingnya PC Desktop ASUS S500TC Di Tengah Keluarga Modern

Perkembangan teknologi digital yang begitu pesat menjadikan kebutuhan sebuah gadget dilingkungan keluarga modern menjadi sebuah prioritas. Mulai dari smartphone untuk sarana komunikasi antar anggota keluarga, kamera untuk menyalurkan hobby, laptop dibutuhkan untuk komputasi di sekolah, kampus dan meningkatkan produktifitas kerja. Ada sebuah perangkat yang terkadang dilupakan keberadaannya, padahal bila dilihat fungsinya dan manfaatnya jauh lebih layak untuk hadir ditengah keluarga modern.

Perangkat itu adalah sebuah PC Desktop yang merupakan perangkat komputasi yang berada di satu tempat (stayable) yang terdiri dari PC, monitor, mouse, keyboard, dan speaker (opsional). Dibalik PC desktop yang stayable ditengah keluarga modern ternyata bisa memberi manfaat lebih. Kenapa PC Desktop di tengah keluarga modern bakal memberi manfaat lebih, alasannya adalah sebagai berikut :
Hiburan keluarga biasanya healing ke pantai, gunung dan bisa juga dirumah saja yang memungkinkan berkumpul dengan anggota keluarga. Semua gadget bisa menjadi media hiburan namun PC Desktop bisa menjembataninya dengan main game bersama seperti game sepakbola, balapan mobil, dengan begitu pasti ada momen - momen saling tertawa, saling mengajari, berteriak dan bersorak bersama bakal banyak sering ditemui. Dari momen - momen itu yang menjadikan kedekatan antara ayah dengan anak tetap terjaga dan psikologi anak tetap sehat. 

Smartphone, laptop dan kamera digital adalah gadget yang sering digunakan untuk secara personality, mulai dari foto, video dan dokumen. Apabila data penting di storage gadget itu hilang atau bahkan storagenya penuh bisa menjadi masalah yang sangat runyam oleh karena itu perlu media backup yang memiliki privasi dan berkapasitas tinggi.

Keunggulan PC Desktop adalah bisa menampung storage lebih dari satu terutama storage hard disk ukuran 3,5" yang menggunakan teknologi cakram yang saat ini masih dibutuhkan keberadaannya karena memiliki nilai biaya per kapasitasnya lebih baik daripada teknologi storage lainnya. Bila 1 HDD kurang besar kapasitasnya masih bisa diupgrade dengan menambah 1 HDD lagi untuk menampung backup data dari smartphone, laptop dan kamera digital.

Secara tidak langsung PC Desktop yang stayable di rumah lebih aman ketimbang perangkat yang mobile karena perangkat mobile memiliki resiko jatuh dan hilang dicuri. Begitu juga penempatan PC desktop di rumah di area terbuka bisa dilihat oleh semua anggota keluarga akan memberi kemudahan para orang tua untuk memantau aktifitas anaknya didepan komputer. 

Melihat berita online, media sosial, membaca perpesanan adalah aktifitas yang sering dilakukan oleh pengguna gadget. Aktifitas tersebut bisa dilakukan di sofa, tempat tidur, kursi yang tidak terasa ergonomi tubuh pengguna tidak sehat, misal lihat smartphone sambil tiduran di sofa, tempat tidur, bahkan kepala kondisi bungkuk saat di kursi. 

Tidak hanya smartphone pengguna laptop juga begitu dengan menggunakan meja kecil untuk tempat laptop yang portabel memungkinkan aktifitas mengetik di atas tempat tidur yang menjadikan ergonomi tubuh tidak bagus untuk kedepannya. Diperparah lagi menggunakan laptop diatas kasur tanpa menggunakan meja kecil, yang mengakibatkan lubang ventilasi dibawah laptop jadi tertutup dan mengganggu sistem kerja pendingin laptop yang membuat komponen didalam laptop tidak bisa berumur panjang.

Dengan PC Desktop yang memiliki meja dan kursi yang ideal / meja khusus memaksa pola ergonomi tubuh lebih sehat mulai, dari cara duduk, jarak layar dengan mata dan cara menggunakan mouse dan keyboard lebih nyaman. Dengan begitu untuk jangka panjangnya ergonomi pada tubuh pengguna lebih baik dan sehat.

PC Desktop bisa dibilang adalah perangkat komputasi dengan masa pakai yang panjang, secara tidak langsung biaya pengeluaran pembelian gadget baru bisa dipertimbangkan, karena :

  • Area kosong dalam PC yang lega, menyebabkan sirkulasi pendingin dalam PC menjadi leluasa untuk mendinginkan berbagai komponen didalamnya yang akhirnya komponen dalam PC lebih tahan lama.
  • Upgradeable, komponen PC Desktop memungkinkan untuk upgrade bila spesifikasi diawal beli PC Desktop kurang mumpuni untuk diupgrade sesuai kebutuhan : 
    • Free space storage mulai kritis bisa upgrade dengan HDD 3,5" dengan kapasitas lebih besar untuk menaikan kapasitas media simpan.
    • Perfomance menurun karena RAM habis saat kerja berat dan multitasking bisa upgrade RAM untuk menaikkan perfomance.
    • Dibuat render video VGA discrete lama butuh waktu lama dan main game terbaru terasa lambat untuk meningkatkan perfomancenya bisa diupgrade dengan VGA discrete lebih baik dan terbaru.
    • Bila perfomance PC kurang mumpuni dan ingin menggunakan komponen hardware terbaru masih bisa menggunakan opsi upgrade extreme yaitu upgrade motherboard dan prosesor dalam satu kesatuan.
  • Komponen PC desktop rusak seperti Power Supply, RAM, Motherboard, VGA Discrete, SSD / HDD masih bisa diganti secara partial dengan mudah tanpa perlu mengganti PC Desktop secara keseluruhan, lebih hemat ketimbang gadget lainnya yang harus ganti secara keseluruhan.

Dari uraian diatas ada 5 poin kenapa PC desktop keberadaannya sangat penting di tengah keluarga modern. Memilih PC desktop ditengah keluarga modern tentunya perlu ada referensi dan informasi kenapa PC desktop ini layak menjadi pilihan utama di tengah keluarga modern dan salah satu PC desktop yang tepat adalah ASUS S500TC.

Merupakan salah satu PC Desktop terbaik dari ASUS, mengapa ASUS S500TC merupakan PC Desktop sesuai dengan kebutuhan akan perangkat komputasi di keluarga modern ?  jawaban detailnya adalah sebagai berikut :

Sering menjadi masalah dalam membeli PC Desktop adalah kompatibilitas antar komponen PC Desktop yang biasa ditemui di PC Desktop yang model rakit sendiri yaitu kompatibilitas antara prosesor dengan motherboard, storage SSD/HDD dengan motherboard, VGA Discrete dengan motherboard dan RAM dengan motherboard. Untuk masalah kompatibilitas antar komponen di PC Desktop membuat pengguna harus extra hati - hati dan teliti menanyakannya ke toko penjual maupun mencari referensi digital agar komponen hardware PC Desktop yang dibeli tidak ada kendala saat dijalankan.
" PC Desktop Built Up praktis siap pakai didesign dengan pertimbangan compatibility yang sudah teruji, built up pc selalu pakai PSU yang bagus dan menjamin ketahanan " Zaenal dari klikgalaxy.com 

Untuk isu kompatibilitas ini tidak akan ditemui pada PC Desktop ASUS salah satunya PC Desktop S500TC karena ASUS sudah menjamin kompatibilitasnya sehingga pengguna saat membeli tinggal langsung pakai dan tidak menemui kendala saat menjalankannya. 

Keluarga modern pasti tidak semuanya paham akan komponen komputer yang dipakai, dengan membelinya asal bisa dipakai dan berfungsi sesuai yang dinginkan tidak akan masalah. PC Desktop S500TC yang dirancang oleh ASUS menjadikan pengguna yang awam langsung bisa menggunakannya tanpa perlu ribet akan merakit ulang komponen dan ribet akan kompatibilitas antar komponen yang berpotensi PC Desktop gagal operasional. 

Pada PC Desktop motherboard adalah komponen hardware yang sangat krusial, berupa papan sirkuit yang berfungsi sebagai penghubung antar hardware komputer. Di motherboard inilah semua hardware bisa bekerja karena didukung dayanya dari power supply yang dilewatkan melalui motherboard. 

PC Desktop ASUS S500TC menggunakan merk motherboard terbaik No.1 dari ASUS yang terkenal dengan kualitasnya akan sistem perlindungan yang terbaik untuk melindungi hardware bekerja 7x24 jam agar komputasi di PC Desktop tetap stabil. Mulai dari penggunaan kapasitor jenis solid kapasitor 100% yang mampu mampu menahan suhu ekstrem sehingga sistem bisa berjalan lancar dan stabil selama digunakan berjam-jam.

Menggunakan power supply dengan kualitas terbaik bersertifikasi 80 PLUS® Bronze yang memiliki efisiensi tinggi hingga 85% . Power supply ini menggunakan kapasitor kelas atas yang mampu memberikan daya tahan maksimum, layaknya jantung pada manusia yang mampu mendistribusikan darah dan oksigen ke semua organ tubuh agar bisa berkerja dengan baik. Begitu juga dengan power supply yang bertugas memberikan daya yang stabil ke semua komponen hardware di dalam PC. Dengan begitu kinerja dari komponen hardware lebih sedikit menghasilkan panas dan akhirnya bisa menaikkan durability komponen hadrware agar tercipta masa pengoperasian yang panjang. 

ASUS S500TC menggunakan motherboard ASUS dengan Intel® B560 Chipset yang mendukung penggunaan komponen hardware :

  1. Processor
    • Intel® Core™ i3-10105 Processor 3.7 GHz (6M Cache, up to 4.4 GHz, 4 cores)
    • Intel® Core™ i5-10400 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 4.3 GHz)
    • Intel® Celeron® G5905 Processor 3.5 GHz (4M Cache, up to 3.5 GHz)
    • Intel® Pentium® Gold G6405 Processor 4.1 GHz (4M Cache, 2 cores)
    • Intel® Core™ i5-11400 Processor 2.6 GHz (12M Cache, up to 4.4 GHz, 6 cores)
    • Intel® Core™ i7-11700 Processor 2.5GHz (16M Cache, up to 4.9 GHz, 8 cores)
  2. Memory
    • 2x DDR4 U-DIMM slot, 4GB / 8GB DDR4 U-DIMM, Memory max up to:64GB
  3. VGA Discrete
    • Up to NVIDIA® GeForce® RTX™ 3060
  4. Power Supply
    • 200W power supply (80+ Bronze, peak 250W)
    • 300W power supply (peak 350W)
    • 500W power supply (80+ Bronze, peak 550W)
  5. Storage
    • 1TB SATA 7200RPM 3.5" HDD
    • 1TB SATA 7200RPM 3.5" HDD x 2
    • 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Dari 5 macam komponen hardware diatas jaminan PC Desktop tidak akan habis perfomance dilekang waktu, karena dengan mudahnya masih bisa diupgrade sesuai kebutuhan. Sedikit contoh seperti berikut :
Budi adalah seorang pelajar duduk dibangku sekolah SMP butuh perangkat komputasi karena sering ada tugas dari gurunya untuk mencari artikel dan membuat resume. Secara kebutuhan hanya dipakai browsing internet dan microsoft office di awal beli pakai PC Desktop S500TC dengan spesifikasi Intel® Pentium® Gold G6405 Processor 4.1 GHz (4M Cache, 2 cores), VGA Onboard Intel® Graphic dan RAM 8GB, 200W power supply (80+ Bronze, peak  250W) dan Storage 1TB SATA 7200RPM 3.5" HDD.

Setelah sekolah SMP Budi melanjutkan ke sekolah SMA, yang sering ada tugas mencari artikel, membuat resume dan kerja kelompok membuat laporan praktek laboratorium. Budi selain sekolah juga punya hobby fotografi dan bikin video menggunakan kamera mirrorless. Akhirnya PC Desktop S500TC harus upgrade RAM jadi 16GB, prosesor upgrade Intel® Core™ i7-11700 Processor 2.5GHz (16M Cache, up to 4.9 GHz, 8 cores), VGA upgrade NVIDIA® GeForce® GTX™ 2050, Power supply upgrade jadi 300W power supply (peak 350W), upgrade storage 256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD untuk system yang kecepatan 16X lebih cepat ketimbang HDD dan HDD 1TB yang lama dipakai simpan data dokumen, foto dan video. Tentunya perfomance PC naik signifikan lebih bagus semua tugas sekolah bisa dijalankan, hobby fotography dan videography bisa tersalurkan menggunakan aplikasi photo - video editing dan daya tampung untuk simpan footage foto dan video lebih lega.

Setelah SMA Budi melanjutkan ke bangku kuliah dengan mengambil jurusan favoritnya yaitu teknik Mesin. Dengan pertimbangan PC desktop S500TC masih bisa dimaksimalkan dengan diupgrade lagi pakai NVIDIA® GeForce® RTX™ 3060, upgrade power supply 500W power supply (80+ Bronze, peak 550W), upgrade RAM 64GB dan upgrade storage 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD. Spesifikasi yang terbaik dari ASUS S500TC bisa mendukung penggunaan VGA discrete yang support dengan aplikasi untuk menunjang mata kuliah sesuai dengan kebutuhan jurusan kuliahnya, seperti Autodesk, Solid Works dan untuk menyalurkan hobbynya menggunakan aplikasi photo dan video editor dari Adobe didukung VGA discrete NVIDIA® GeForce® RTX™ 3060 begitu powerfull untuk proses rendering.
Itulah hebatnya PC Desktop ASUS S500TC dimana dalam 1 PC desktop melewati 3 generasi kurang lebih 6 tahunan mulai dari SMP, SMA, Kuliah yang dengan mudahnya bisa memenuhi kebutuhan komputasi ditiap generasi. Di PC Desktop ASUS S500TC itulah yang menjadi saksi bisu, dimana Budi bisa menikmati kecepatan komputasi level tertingginya tanpa perlu ribet ganti PC desktop baru.

Keuntungan menggunakan PC desktop ASUS S500TC adalah memiliki port yang melimpah karena di sisi belakang bakal ditemui berbagai port I/O seperti :
  • 1x RJ45 Gigabit Ethernet
  • 1x HDMI 1.4
  • 1x VGA Port
  • 1x DVI-D
  • 2x PS2
  • 1x Serial port
  • 3 x Audio jacks
  • 2x USB 2.0 Type-A
  • 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A
Untuk sisi depan ditemukan port I/O :
  • 2x USB 2.0 Type-A
  • 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A
  • Port Microphone
  • Port Headphone
Untuk Nirkabel ditemukan socket :
  • 1x M.2 connector for WiFi support Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3 Wireless Card
Kebaradaan port yang melimpah banyak manfaatnya terutama yang didepan, mau colok flashdisk, HDD eksternal, USB receiver mouse/keyboard, kabel data masih bisa dilakukan bersama - sama. Tidak ketinggalan port USB terutama didepan lebih bagus built qualitynya karena sudah lolos port test, yang menjadikan  S500TC tahan banting tidak gampang rusak buat cabut - pasang USB Device apapun.

Keberadaan PC Desktop yang ada ditengah ruangan keluarga menjadikannya mudah diakses oleh anggota keluarga apabila ingin mengikuti aktifitas video conference dengan cukup menambah webcam saja, misal Ibu mengikuti seminar online tentang parenting, terkadang bapak mengikuti training online mengenai photography, dan Budi terkadang ikut training online tentang videography.

Semua aktifitas video conference harus didukung dengan fitur noise canceling untuk menunjang suara dari 2 arah bisa tersampaikan dengan jelas dan itu bisa di temukan di ASUS S500TC fitur Noise Cancelation yang ada di port microphone depan. yang sangat bermanfaat untuk aktivitas video conference. Teknologi peredam bising ini menggunakan teknologi AI yang sangat canggih, dimana untuk sisi upstream menyaring bising disekitar speaker dan untuk sisi downstream mampu menghilangkan kebisingan dari lawan bicara.
Keunggulan pada PC desktop adalah sirkulasi sistem pendingin yang mumpuni karena ada banyak ruang didalam yang bisa dimanfaatkan untuk membuang panas. Pada ASUS S500TC memiliki sistem pendingin yang memanfaatkan multi-saluran yang begitu inovatif. Memanfaatkan ruang dalam casing yang luas mampu memberikan pembuangan panas yang lebih baik. Ada aplikasi bawaan MyASUS yang spesial untuk mengoptimalkan pengoperasian CPU dan kipas sistem pendingin, yang mampu bekerja otomatis mengontrol kecepatan dan bahkan mematikan sepenuhnya jika memungkinkan, untuk mencapai keseimbangan antara kinerja maksimum dan kebisingan minimum.
Untuk detailnya apa saja spesifikasi yang diusung oleh PC Desktop ASUS S500TC, antara lain :
ModelS500TC
ColorBlack
Operating SystemWindows 11 Home - ASUS recommends Windows 11 Pro for business
ProcessorIntel® Core™ i3-10105 Processor 3.7 GHz (6M Cache, up to 4.4 GHz, 4 cores)
Intel® Core™ i5-10400 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 4.3 GHz)
Intel® Celeron® G5905 Processor 3.5 GHz (4M Cache, up to 3.5 GHz)
Intel® Pentium® Gold G6405 Processor 4.1 GHz (4M Cache, 2 cores)
Intel® Core™ i5-11400 Processor 2.6 GHz (12M Cache, up to 4.4 GHz, 6 cores)
Intel® Core™ i7-11700 Processor 2.5GHz (16M Cache, up to 4.9 GHz, 8 cores)
ChipsetIntel® B560 Chipset
Memory2x DDR4 U-DIMM slot, 4GB DDR4 U-DIMM, Memory max up to:64GB
2x DDR4 U-DIMM slot, 8GB DDR4 U-DIMM, Memory max up to:64GB
GraphicsUp To NVIDIA® GeForce® RTX™ 3060
Storage (4 x SATA 6.0Gb/s ports)1TB SATA 7200RPM 3.5" HDD
1TB SATA 7200RPM 3.5" HDD x 2
512GB M.2 2280 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Optical Drive (Optional)Without optical drive
Front I/O Ports1x MIC in
1x Headphone
2x USB 2.0 Type-A
2x USB 3.2 Gen 1 Type-A
Rear I/O Ports1x RJ45 Gigabit Ethernet
1x HDMI 1.4
1x VGA Port
1x DVI-D
2x PS2
1x Serial port
3 x Audio jacks
2x USB 2.0 Type-A
2x USB 3.2 Gen 1 Type-A
Expansion Slots(includes used)1x M.2 connector for storage
2x PCIe® 3.0 x 1
1x PCIe® 4.0 x 16
1x M.2 connector for WiFi
2x DDR4 U-DIMM slot
AudioHigh Definition 7.1 Channel Audio
Network and CommunicationWi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3 Wireless Card
Power Supply200W power supply (80+ Bronze, peak 250W)
300W power supply (peak 350W)
500W power supply (80+ Bronze, peak 550W)
Weight7kg
Dimensions (W x D x H)16 x 38 x 35.5 cm (6.30" x 14.96" x 13.98")
Microsoft Office1-month trial for new Microsoft 365 customers. Credit card required.
Ecolabels & CompliancesRoHS
REACH
SecurityBIOS Booting User Password Protection
HDD User Password Protection and Security
Kensington Security Slot™
McAfee LiveSafe™ 30-day trial
Trusted Platform Module (Firmware TPM)
Included in the Box (Optional)Wired optical mouse
Wired keybAoard

Cukup menarik memiliki PC Desktop di tengah keluarga yang menunjang komputasi setiap aktifitas dan pekerjaan dirumah, bahkan banyak keutamaannya terutama untuk pemakaian jangka panjang yang mana PC Desktop lebih baik dibanding laptop dan smartphone. Memiliki garansi 2 tahun ditunjang dengan keberadaan ASUS Service Center yang banyak tersebar dikota besar maupun dikota kecil menjadikan pengguna merasa tenang tidak takut mau dibawa kemana apabila ada masalah pada PC Desktop ASUS S500TC.

sumber :
https://www.asus.com/id/displays-desktops/tower-pcs/everyday-use/asus-s500tc/

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)