The Art Negative Space Asus VivoBook S14 S433

Dalam art atau seni ada namanya istilah positive space dan negative space yang semuanya sama menampilkan visualisasi suatu objek. Bahkan setiap pemirsa yang memiliki tingkat seninya berbeda ada yang lebih suka dengan sisi positive space ada permirsa lainnya yang lebih suka dilihat dari sisi negative space-nya. Untuk lebih mudahnya mencerna arti dan perbedaanya bisa dilihat gambar dibawah ini :
sumber : creativebloq.com
Dari gambar diatas bisa lebih mengerti perbedaanya, gambar diatas pemirsa akan fokus pada sebuah pohon dan pohon ini adalah sisi positive space. Namun kalau dari sisi negative space dengan memanfaatkan area kosong, ternyata area kosong ini ada objek berupa binatang gorilla dan harimau. Pada sisi negative space adalah area diluar positive space berupa area kosong, namun bila dilihat lebih seksama pada negative space juga bisa memberi pesan khusus yang membutuhkan imajinasi lebih atau penalaran pikiran lebih untuk mengerti maksud dari objek tersebut.  Itulah perbedaan dari gambar positive space dan gambar yang memanfaatkan negative space, menariknya lagi pemirsa lebih penasaran pada maksud dari gambar yang memanfaatkan negative space tersebut.

Bagaimana bila ingin menerapkan komposisi negative space ini pada sebuah cover laptop yang bisa digunakan sebagai media untuk personality / mengekpresikan diri si pengguna laptop. Pasti banyak merk laptop yang bisa memanfaatkan cover laptopnya untuk media mengekpresikan diri, salah satunya adalah laptop Asus VivoBook S14 S433. Kenapa laptop yang spesialis untuk Gen-Z ini cocok untuk media personality untuk penggunanya, berikut alasannya ?

1. Memiliki 4 Warna Keren
Asus VivoBook S14 S433 memiliki 4 warna yang bisa mewakili personality Gen-Z dan juga 4 warna ini sangat spesial. Mulai dari warna Gaia Green adalah warna favorit arifdoit, karena warna hijau ini berbeda dan jarang ditemui disembarang merk laptop manapun ( sepengetahuan arifdoit ) dan sangat cocok bagi pengguna yang mudah beradaptasi dan terbuka terhadap apapun.
4 warna keren cocok untuk Gen-Z
Warna Resolute Red, warna merah mencolok yang memiliki arti berani tampil, tidak takut atas apa yang orang lain pikirkan. Warna Dreamy Silver, warna putih yang bisa berarti memiliki arti pemimpi, yang jujur akan ide dan bangga akan keyakinan sendiri. Warna Indie Black, warna hitam yang netral ( banyak cocoknya bila dipadukan banyak warna lainnya ) memiliki arti kebebasan tanpa kompromi, kepemimpinan dalam situasi apapun dan tidak takut bersuara untuk kepentingan orang lain.

2. New Logo
Sangat penting dalam penempatan logo merk laptop agar branding laptop jadi terangkat imagenya, tentunya bagi yang punya laptop pasti menjadi percaya diri memakainya bila berada di area publik. Asus VivoBook S14 S433 berbeda dengan versi sebelumnya karena logo ASUS diwakili dengan tulisan " ASUS VivoBook " yang artinya Merk dan Series-nya terpampang langsung di cover luar layar. Berbeda dengan versi sebelumnya yang logonya ada ditengah sekarang posisi logonya agak menjorok kekanan.

3. Area Kosong Luas ( Negative Space )
Area kosong pada Asus VivoBook S14 S433 sekarang juga luas, terima kasih pada penempatan logo yang agak menjorok kekanan dengan begitu ada area kosong disebelah kiri semakin luas. Luasnya area kosong memberi dampak positif karena bila ingin memberi sticker yang membutuhkan area kosong yang luas tidak sampai mengorbankan logo tertutup oleh sticker. Dengan tertutupnya logo memberi kesan kalau pengguna laptop berusaha menutupi merk laptopnya yang bisa juga kurang familiar / terkenal.

Luasnya area yang kosong memang disengaja oleh Asus, karena diharapkan user dengan leluasa bisa memberi sticker - sticker keren yang merupakan identitas dari usernya itu sendiri. Bahkan dalam paket pembelian laptop Asus VivoBook S14 S433 ini sudah mendapatkan sticker secara cuma - cuma hasil karya designer lokal indonesia yaitu muklay.

Memiliki area kosong yang luas bisa dimanfaatkan untuk ditempeli sticker yang keren - keren buatan sendiri, berikut contoh The Art Negative Space pada Asus VivoBook S14 S433:
sumber : digitalsynopsis.com

sumber : creativebloq.com
sumber : canva.com


sumber : freepik.com
Contoh desain cover keren diatas mewakili 4 warna laptop Asus VivoBook S14 S433, Warna Hijau Gaia  Green identik dengan pengguna yang suka / aktivis go green, ramah lingkungan, peduli lingkungan diwakili dengan gambar positife dan negative space sebuah anjing laut dan beruang yang juga ada logo National Geographic. Warna merah Absolute Red warna berani tidak takut sama kejahatan cocok untuk pengguna seorang penegak keadilan seperti polisi, diwakili dengan gambar batman vs penjahat penguin, dipertegas juga dengan tulisan Turn Back Crime.

Warna Putih Dreamy Silver identik dengan memiliki keyakinan pada diri, diwakili dengan gambar seorang surfer / peselancar dengan keyakinannya bisa menaklukan tingginya gulungan ombak. Warna Hitam Indie Black yang diwakili gambar karikatur logo Asus yang berubah menjadi Asus VivoBook sehingga ada semacam habis menulis pena dengan tangan tulisan vivobook dan seorang yang mendorong logo mulai dari tengah ke kanan, sepertinya desain ini cocok buat tim PR Asus Indonesia.😅😅😅

Tampilan cover laptopnya sudah keren jangan sampai spesifikasi laptopnya kurang greget, karena cover laptop yang memiliki personality identik dengan user yang bisa mendapatkan laptop idamannya. OK....sebagai laptop idaman Asus VivoBook S14 S433 dijamin bila spesifikasi dan fitur yang diusung pasti adalah yang mumpuni perfomancenya, fitur premium, menggunakan windows 10 original dan garansinya, untuk penjelasannya sebagai berikut :

1. PERFOMANCE MUMPUNI
Laptop Gen-Z ini untuk urusan perfomance dijamin adalah yang terbaik, karena prosesor yang digunakan merupakan Intel generasi terbaru yaitu generasi 10. Prosesor Intel yang digunakan cuma ada dua pilihan mau Core i5 atau Core i7, bila cuma dua saja pilihannya dijamin dari sisi otaknya saja pasti kencang dan juga untuk konsumsi dayanya pasti lebih efisien alias irit daya.

Apalagi Gen-Z yang ingin laptopnya memiliki perfomance apik selain prosesor kencang komponen lainnya mulai dari discrete graphic, RAM dan Storage harus saling mendukung kecepatannya. Jangan sampai kecepatan salah satu komponen tidak imbang, bakal jadi bottleneck pada perfomance sistem. Salah satunya dulu masih belum mengenal namanya SSD, masih jamannya HDD meskipun sudah pakai prosesor kencang core i7, RAM kapasitasnya besar 8GB dan pakai VGA Nvidia setiap booting awal, buka aplikasi terasa lambatnya. Sejak maraknya penggunaan SSD apalagi yang jenis NVMe kecepatanya bisa 5 ~ 20 kali lebih cepat karena itu jadi trauma sama lambatnya kinerja HDD.

Asus VivoBook S14 S433 dari spesifikasinya memiliki komponen yang tidak perlu diragukan lagi kecepatannya, dengan didukung prosesor core i5-10210U atau core i7-10510U, RAM 8GB DDR4, discrete graphic Nvidia MX250 dan storage SSD NVMe yang mendukung intel Optane H10  menjadi jaminan laptop ini adalah laptop ideal untuk Gen-Z yang ingin berkecimpung sebagai konten kreator biasanya aplikasi yang dipakai persyaratannya harus memiliki perfomancenya yang mumpuni.

2. FITUR PREMIUM
Perfomance mumpuni juga perlu didukung fitur yang premium karena tidak hanya mengandalkan laptop kencang saja namun dengan adanya fitur premium menjadikan laptop semakin lengkap fungsionalitasnya. Apa saja fitur premiumnya, adalah sebagai berikut :

Fingerprint, adanya sensor biometric fingerprint atau sidik jari memberi kemudahan bagi user setiap login, tidak perlu ribet mengetik password cukup dengan scan / taruh sidik jari pada sensor otomatis sistem windows 10 dengan fitur windows hello-nya langsung membaca sidik jari dan bila sesuai dengan sidik jari yang didaftarkan login berjalan dengan sukses. Dengan adanya fingerprint untuk sistem keamanan laptop jadi lebih aman karena setiap mau memakai laptop harus autentikasi dengan pemilik laptop.
login pakai fingerprint cepat dan aman
Backlit Keyboard, dengan adanya backlit pada keyboard bikin tombol pada keyboard terlihat terang kelihatan hurufnya, terutama buat user yang terbiasa menjalankan aktifitas mengetik pada kondisi minim cahaya.
Backlit keyboard nyaman untuk area minim cahaya
Battery Life + Fast Charging, laptop ringan cuma 1,45 kg namun memiliki kapasitas baterai 50 Whrs apalagi didukung teknologi fast charging adalah laptop ideal. Sudah ringan, baterai tahan lama bisa sampai 12 jam saat diuji PC Mark 10 di dukung dengan proses charging yang cepat dimana hasil uji dari jagat review mampu mencapai 60% dalam waktu 45 menit.
Baterai awet bisa sampai 12 jam
Fast charging available, sumber : jagatreview

Audio Premium, dengan didukung audio bersertifikasi harman/kardon menjadikan laptop ini sangat rekomended buat kawula muda yang antusias pada audio. Mendengarkan musik, menonton film didukung dengan speaker yang memiliki audio terbaik saat ini merupakan laptop idaman para Gen-Z.
audio sertifikasi harman kardon
Layar, memiliki layar ukuran 14 inch dengan didukung Nanoedge Display menjadikan layar laptop tampak berada pada bingkai layar berukuran 13 inch semua itu berkat frame / bezel layar yang tipis. Didukung kualitas layar resolusi FullHD 1920x1080 yang dilapisi panel antiglare menjadikan layar tidak memiliki pantulan yang biasanya sangat menggangu mata. Untuk konten kreator yang berkutat dengan photo atau video sangat cocok untuk menentukan komposisi warna hingga mendekati aslinya, semua berkat dukungan layar yang mampu memproduksi warna dengan color space 100% sRGB.
3. WINDOWS 10 ORIGINAL
Laptop Asus VivoBook S14 S433 sudah preinstalled dengan windows 10 original, dengan begitu kedepannya laptop ini dijamin akan terus mendapat dukungan update yang berkesinambungan untuk menutupi kekurangan dari versi windows 10 sebelumnya, mulai dari fitur, keamanan, bug dan update antivirus. Keuntungan juga dengan windows 10 original yang sudah preinstalled secara digital laptop ini sudah ditanam Key dari windows 10, bila sewaktu - waktu SSD laptop ini rusak dan diganti baru saat install ulang windowsnya key-nya otomatis terdaftar saat proses aktivasi windows.

4. GARANSINYA PRO DENGAN KONSUMEN
Asus VivoBook S14 S433 adalah laptop yang memiliki garansi 2 tahun apabila dalam perjalanan 2 tahun diawal laptop ada masalah, misal di keyboard yang backlitnya tidak berfungsi, SSD-nya mati, baterainya tidak mau simpan power, port USB-nya tidak fungsi, kamera tidak berfungsi, layar tidak maksimal dan banyak kasus lainnya yang intinya kerusakan itu terjadi bukan pada kesalahan pengguna semuanya bakal diganti oleh Asus.
Nah...ini yang beda dengan merk lainnya, bagaimana kalo kerusakan laptop karena kecerobohan dari penggunanya ? misal keyboard rusak karena ketumpahan kopi, layar retak karena kena duduki, body laptop penyok karena habis jatuh dari sepeda motor, motherboard rusak karena ketumpahan air mineral, kalo dibayangkan bakal mengeluarkan uang banyak untuk memperbaikinya. Tenang di Asus ada namanya Asus Perfect Warranty yang mana Asus akan menjamin biaya sparepart yang rusak akan dicover sebesar 80% dan sisanya yang 20% ditanggung oleh pengguna sendiri. Untuk detail dari garansi premium ini bisa lihat syarat dan ketentuan untuk mengajukannya dibawah ini :
  1. Layanan ini berlaku selama tahun pertama pembelian, jadi di tahun pertama tersebut Anda dapat memanfaatkan "ASUS Perfect Warranty" satu kali. Pada satu k esempatan tersebut, jika terjadi kerusakan akibat kesalahan penggunaan, pengguna yang bersangkutan hanya perlu membayar 20 persen dari total biaya perbaikan. Sisa 80 persennya ditanggung ASUS.
  2. ASUS akan melakukan pengecekan ke sistem internal ASUS pada saat pengguna akan mengklaim "ASUS Perfect Warranty". Namun jika tidak ditemukan, pengguna wajib menunjukkan faktur atau nota pembelian sebagai bukti tanggal pembelian barang yang akan diklaim.
  3. "ASUS Perfect Warranty" berlaku hanya untuk produk-produk ASUS consumer laptop dan gaming laptop termasuk charger dan baterainya (tetapi tidak untuk aksesoris) yang dibeli pada tanggal 1 Januari 2020 dan seterusnya dengan serial number yang dimulai dari kode JXXX, KXXX, LXXX dan seterusnya, tidak berlaku surut. Tim Service Center akan memeriksa data aktivasi dalam sistem secara langsung untuk melakukan validasi waktu pembelian.
  4. "ASUS Perfect Warranty" hanya berlaku untuk produk yang dibeli di Indonesia dan diperbaiki di Service Center ASUS Indonesia.
SPESIFIKASI


Main Spec.   

ASUS VivoBook S14 S433   

CPU   

Intel® Core™ i5-10210U Processor 1.6 GHz (6M Cache, up to   4.2 GHz)

Intel® Core™ i7-10510U Processor 1.8   GHz (8M Cache, up to 4.9 GHz)   

Operating System   

Windows 10   

Memory   

8GB DDR4 RAM   

Storage   

512+32GB M.2 PCIe NVME Intel Optane SSD   

Display   

14.0" (16:9) LED backlit   FHD (1920x1080) Anti-Glare, 100% sRGB, 250 nits   

Graphics   

NVIDIA GeForce MX250

Intel UHD Graphics    

Input/Output   

1x USB 3.2 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.2 (Gen1)   Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI, 1x Audio Jack, 1x MicroSD Card Reader   

Camera   

HD Web Camera   

Connectivity   

Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax), Bluetooth   5.0 (Dual band) 2*2   

Audio   

Built-in speaker certified by harman/ kardon, built   in microphone   

Battery   

50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion   

Dimension    

32.4(W) x 21.3(D) x 1.59 ~   1.59 (H) cm   

Weight   

1,45Kg   

Colors   

Gaia Green,   Resolute Red, Dreamy Silver, Indie Black   

Price   

Rp13.999.000 (Intel Core i5 variant)

Rp15.999.000 (Intel Core i7 variant)   

Warranty   

2 tahun garansi global   


sumber :
Asus.com/ID
Jagatreview.com
Canva.com

You might also like

4 comments

  1. Keren emang fungsi dari ruang kosong atau negative space di balik display Asus Vivobook S14 S433 ini. Pengguna jadi lebih bisa melakukan personalisasi untuk laptopnya masing-masing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bang...cucok buat yang suka rame2 laptopnya

      Delete
  2. kece ini laptop! Saya udah naksir pas rilis, tapi belum kesampaian punya hehehehe... Paling suka warna Gaia Green, kece!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama warna hijau gaia...beda banget sama warna laptop lainnya

      Delete

Jangan Nyepam Yah..:)