Raihan Zenfone Zenfiesta Semoga Awal Dari Kesuksesan

Sejak Tahun 2014 memiliki blog dengan domain arifdotcom.blogspot.com merupakan suatu keinginan untuk berkecimpung di dunia blogging. Selain itu cuma dengan mengandalkan domain gratisan dari blogspot dan mengarang indah ala kadarnya penulis mengikuti lomba SEO competition yang diadakan oleh Asus Indonesia. Pertama kali ikut lomba itu yang bertema " Asus Notebook Terbaik dan Favoritku " penulis sangat antusias menulis untuk mendapatkan hadiah yang sangat menggiurkan. Pada saat itu penulis anggap merupakan waktu yang tepat untuk mengikuti lomba karena penulis juga pas memiliki laptop Asus A46CM, sekalian mereview laptopnya dan juga mengikuti lomba. Di penghujung hasil lomba ternyata hasilnya yang masih jauh dari harapan, karena untuk lomba SEO Blog memerlukan teknik blog yang sangat komplek dan bagi penulis untuk tingkat pemula masih banyak perlu belajar lagi.
Setelah itu penulis mencoba lakukan update beberapa artikel yang nantinya bisa digunakan sebagai daftar pustaka online apabila dibutuhkan sewaktu - waktu dan bisa dicek di blog. Sampai batas waktu yang sangat lumayan lama vakum ngeblog karena kesibukan kerja dikantor dan diluar jam kerja juga ada kerja sambilan sebagai teknisi komputer panggilan, akhirnya Nopember 2015 bertepatan setelah event Asus Zenfestival 2015 penulis mendapatkan inspirasi dari beberapa blogger dan media online untuk terus berkarya di dunia blog. Dengan aktif terus mengeluarkan artikel terbaru dan lebih profesional dengan menggunakan domain TLD akhirnya blog arifdotcom.blogspot.com berubah menjadi arifdoit.com.
Zenfone Fiesta Writing Competition

Bertepatan dengan Event Besar Zenfone Fiesta 2015 dimana Asus Indonesia mengadakan writing competition yang mengambil tema ( klik link bila ingin mengetahui artikel penulis ) :
ASUS Zenfone 2 ZE550ML, Smartphone dengan Prosesor Setara Notebook.
Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL, Smartphone 4G Android 5” Terbaik dari ASUS.
Zenfone Go 5.0 ZC500TG, Smartphone 5 Inci Terjangkau dengan Performa Quad Core.
Dari 3 tema yang di kompetisikan penulis akhirnya memutuskan untuk mengikuti semua tema tersebut, dengan pertimbangan apabila mengirimkan 3 artikel lomba ada peluang untuk menang di salah satu tema yang di ikuti penulis dan selain itu juga menambah pembendaharaan artikel blog arifdoit.com biar semakin ramai.

STRATEGI
Mengikuti lomba dengan 3 tema artikel yang berbeda pasti membutuhkan alokasi waktu yang sangat banyak. Dari 1 bulan rentang waktu lomba yang ditentukan penulis baru bisa fokus pada waktu yang kurang 2 minggu dari deadline. Waktu yang sangat pendek 2 minggu dengan strategi format penulisan yang lebih lengkap, kreatif dengan banyak dilengkapi ilustrasi gambar dan dilengkapi video yang fresh, bagi penulis bisa jadi menjadi poin plus tersendiri untuk sebuah artikel.
Masih bingung berkutat dengan artikel mana dulu yang di dahulukan, akhirnya penulis memprioritaskan artikel pertama Zenfone 2 Laser ZE500KL, kedua Zenfone Go ZC500TG dan terakhir Zenfone 2 ZE550ML, untuk urutan prioritas tersebut penulis hanya berdasarkan naluri saja. Akhirnya penulis dengan semangat membuat artikel Zenfone 2 Laser ZE500KL yang mana artikel lomba ini merupakan ujung tombak untuk bisa menaklukkan penilaian bagi para juri. Dengan komposisi isi artikel yang lebih variatif dilengkapi ilustrasi gambar yang menarik dan video yang informatif penulis yakin artikel ini bisa diandalkan sebagai artikel unggulan untuk bersaing dengan peserta lainnya. Untuk artikel Zenfone Go ZC500TG penulis mulai kehabisan ide cemerlang, namun dengan tetap mengandalkan tulisan artikel yang informatif, grafis yang fresh dan pelengkap ada videonya juga. Terakhir artikel Zenfone 2 ZE550ML yang di buat saat kurang 2 hari dari deadline penulis memutuskan membuat artikel yang bisa dibilang sangat minimalis dengan mengambil poin-poin penting, grafis yang fresh dan tetap dilengkapi video dan akhirnya penulis bisa bersyukur karena artikel ke-3 bisa diupload pada hari terakhir.

HASIL REVIEW ARTIKEL
Penulis sempat bimbang dengan salah satu kriteria penulisan " Peserta perlu melakukan pencarian informasi via Google Indonesia (http://google.co.id) dengan keyword: Zenfone 2 ZE550ML atau Zenfone Laser ZE500KL atau Zenfone Go ZC500TG. Sesuaikan dengan tipe produk yang akan Anda tulis ", apakah Zenfone Fiesta Writing Competition juga akan menilai dari sisi SEO sebuah artikel dengan acuan rangking di pencarian google.co.id ?
Dari sisi SEO penulis bisa dapat tersenyum kecil karena Alhamdulillah template blog arifdoit.com yang menggunakan punya Arlina Design memiliki score SEO diatas 80, dan juga dari hasil pengujian pencarian di google.co.id untuk artikel Zenfone ZE500KL dan Zenfone Go ZC500TG bisa muncul page 1 dan 2 dengan peringkat yang fluktuatif. Untuk artikel Zenfone 2 ZE550ML entah kenapa tidak bisa muncul di hasil search google.co.id, apa karena terlambat publishnya akhirnya artikelnya tidak bisa muncul dibawah artikel - artikel yang keren - keren peserta lainya.
Dari sisi materi artikel penulis akui banyak peserta lainnya yang lebih keren dibanding milik penulis, yang artikelnya lebih lengkap dan fresh, yang penulis analisa sebagian besar mengutamakan :

  1. Tulisan yang sangat enak dibaca ( bikin pemirsa betah untuk membacanya ).
  2. Desain grafis yang menonjolkan gambar - gambar yang fresh dan dinamis, seperti menggunakan tokoh kartun yang dilengkapi dialog dll. ( bikin tidak bosan membacanya ).
  3. Interface blog yang keren lengkap dengan adanya animasi ( minimalis - to the point - keren banget ).
  4. Video penunjang yang informatif ( nilai plus tersendiri dan animasinya keren-keren ).


SEBUAH PENANTIAN
Pengumuman Zenfone Fiesta 2016
Pengumuman Zenfone Fiesta 2016
Akhirnya pada tanggal 28 Maret 2016 Asus mengeluarkan pengumuman yang tidak disangka-sangka, Alhamdulillah artikel penulis masuk disalah satu runner up di kategori Zenfone Go ZC500TG. Dengan hasil raihan ini penulis sekali lagi hanya bisa mengucapkan syukur alhamdulillah pada Allah SWT, karena bila dilihat dari artikel keren para peserta lomba yang sebagian besar dari media online, media cetak dan blogger yang berasal dari seluruh indonesia artikel blog arifdoit.com bisa masuk salah satu dari kriteria juri. Dan terakhir terima kasih buat Istriku, putraku Ois yang selalu support di setiap penulis mengikuti lomba dan tak lupa terima kasih juga buat kedua orang tuaku di madiun dan di malang atas doanya, yang mana akhirnya penulis mendapatkan achievement dari lomba blog / writing competition.

You might also like

2 comments

  1. selamat ya mas, next bisa lebih baik lagi juara 1..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin...iya mas triadi, selamat juga mas triadi dpt juara 3

      Delete

Jangan Nyepam Yah..:)