Laser Auto Focus Smartphone Asus Zenfone Terbaru

Teknologi Laser Auto Focus Zenfestival 2015

Pada Event Asus Zenfestival 2015 salah satu varian bisa dibilang paling banyak jenisnya adalah Asus Zenfone 2 Laser yang mana smartphone terjangkau yang memiliki teknologi laser auto focus. Selain itu varian zenfone 2 max dan zenfone 2 selfie juga ditanam teknologi laser auto-focus untuk disandingkan dengan kamera utamanya. Kegunaan Laser AutoFocus di Asus Zenfone terbaru untuk mempercepat pengambilan fokus gambar yang paling bagus, agar usernya dengan mudah memperoleh hasil foto yang terbaik. Artikel kali kali penulis akan menjelaskan sistem kerja Laser Auto Focus dan dibandingkan dengan teknologi auto focus lainnya...semoga bermanfaat dan selamat membaca.

MACAM TEKNOLOGI AUTO FOCUS
Contrast Detection Auto Focus Teknologi auto focus ini sudah banyak dipakai pada sebagian besar smartphone, yang mana auto focusnya mendeteksi berdasarkan perbedaan contrast pada obyek foto. Lensa pada smartphone akan bergerak maju-mundur sampai menemukan fokus yang maksimal, katanya sih sistem fokus trial dan error, kurang fokus lensa bergerak terus sampai ketemu fokus yang terbaik. Pada setiap smartphone yang menggunakan teknologi auto fokus contrast detection memiliki algoritma yang bisa menentukan kontras gambar. Gambar yang memiliki garis yang lebih tajam dan lebih hidup warnanya merupakan gambar kontras tinggi dan sebaliknya gambar yang tidak fokus dan saling mengaburkan merupakan gambar kontras rendah....( ilustrasi dibawah sistem kerja contrast detection ).
ilustrasi kerja auto focus contrast detection
source : giffgaff.com
Kelebihan : Tidak perlu hardware tambahan sehingga bisa mengurangi biaya produksi taambahan dan akhirnya smartphone yang memakai teknologi ini bisa lebih murah harganya. Mampu memberikan fokus gambar yang bagus meskipun lambat dalam memcapai kontras maksimal.
Kekurangan : Pengambilan fokus objek gambar lambat sekitar 1 detik-an keburu hilang momen gambarnya. Tidak cocok untuk pengambilan gambar kondisi rendah cahaya dan objek gambar bergerak karena kehilangan kontras gambar.

Phase Detection Auto Focus Teknologi auto focus yang banyak di implementasikan di kamera DSLR, yang mana teknik lebih baik di banding contrast detection dan smartphone premium kebanyakan menggunakan teknologi ini seperti Gx S5, Gx S6, Ip 6 dan Ip 6 plus. Dikenal juga dengan teknologi " Focus Pixels " kamera akan menganalisa cahaya saat melewati lensa dan cahaya ini akan dibandingkan dari 2 aperture dari sisi yang berlawanan pada lensa. Fokus yang maksimal hasil dua cahaya ini akan membentuk profil intensitas yang saling tumpang tindih, jika gambar tidak fokus sistem akan mengatur menyesuaikan fokusnya. Hanya butuh waktu 0,3 detik untuk mendapatkan fokus terbaik dengan teknologi phase detection, seperti di Gx S5 dan Gx S6.

Ilustrasi Phase detection Auto Focus
source : giffgaff.com
Kelebihan : Cepat dan akurat dalam waktu 0,3 detik dalam mengambil fokus yang tajam, cocok untuk mengambil gambar bergerak sehingga tidak mudah kehilangan momen bagus. Dalam merekam video yang terus mengalami pergerakan sangat cocok dengan teknologi ini karena membutuhkan auto focus yang terus menerus.
Kekurangan : Tidak cocok dalam kondisi rendah cahaya, karena cahaya yang masuk pada lensa juga dianalisa sehingga sangat sulit menganalisanya. Banyak digunakan smartphone premium bisa juga harganya yang mahal di pengaruhi oleh penerapan teknologi auto focus ini.

Laser Auto Focus Teknologi laser auto focus bisa juga dinamakan aktif auto focus sebaliknya contrast dan phase detection pasif auto focus karena menganalisa cahaya yang masuk pada kamera. Pada Laser auto focus aktif mengeluarkan cahaya laser ke arah objek untuk menghitung waktu cahaya yang terpantul sehingga nantinya mampu menghitung jaraknya objek dengan begitu lensa lebih cepat dan tepat untuk mengatur fokusnya.
Rumusnya :
* Jarak yang ditempuh sinar laser = kecepatan cahaya * waktu menerima pantulan cahaya laser
* Jarak Objek = Jarak yang ditempuh sinar laser / 2
 
Sistem kerja Laser Auto Focus
source : zentalk indonesia
Asus Zenfone 2 Laser, Zenfone 2 Selfie dan Zenfone 2 Max kamera utamanya menggunakan Teknologi Laser Auto Focus, yang mana Asus mengklaim mampu mendapat fokus object yang maksimal dalam waktu 0,02s ~ 0,03s, lebih cepat dari contrast detection auto focus dan phase detection auto focus.
Teknologi Laser auto focus pada smartphone Asus
Kecepatan ambil fokus 0,02 s

Kelebihan : Cepat dan akurat dalam mengambil fokus objek, tidak berpengaruh pada penangkapan fokus objek saat kondisi rendah cahaya.
Kekurangan : Saat mengambil objek yang reflektif seperti cermin laser tidak akan bisa memantul kembali bahkan sinar lasernya berbelok.

Semua teknologi auto focus merupakan terobosan teknologi bagi semua produsen smartphone, karena smartphone yang mengarah ke dunia photography sangat membutuhkan teknologi ini. Teknologi Laser auto focus yang dulunya di kenalkan oleh produsen smartphone LG dengan smartphone premiumnya, ternyata bisa di implementasikan pada smartphone Asus yang harganya sangat terjangkau dibawah 2 juta. Setidaknya teknologi laser auto focus pada smartphone asus merubah paradigma bahwa teknologi tinggi tidak melulu dimiliki oleh smartphone premium, smartphone terjangkau bisa mencicipi teknologi ini.

You might also like

4 comments

  1. wah semakin canggih aja hp asus nih :D nice artikel

    ReplyDelete
  2. baru tahu kalau ada teknologi ini : Phase Detection Auto Focus

    kirain cuma contrast aja ama laser. tapi tetep laser yg terbaik untuk saat ini :D Haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga baru tahu....tapi nemu info itu setelah nemu artikel di giffgaff.com

      Delete

Jangan Nyepam Yah..:)