Kupas Tuntas Asus Zenfone 2 Selfie

Launching asus zenfone 2 selfie di Zenfestival 2015

Asus Indonesia pada event Zenfestival 2015 banyak mengeluarkan varian Zenfone 2 salah satunya yang bisa dibilang menarik perhatian penggemar selfie adalah Asus Zenfone 2 Selfie aka ZD551KL. Asus indonesia kali ini tidak-tanggung-tanggung memberikan spesifikasi terbaik pada Zenfone 2 Selfie yang mimiliki kelebihan pada kamera depannya yang  beresolusi 13MP....woooow, pasti pemirsa pada penasaran bagaimana hasilnya fotonya yah...:-). Penulis sebagai pengguna Zenfone 2 Selfie 32Gb pada artikel kali ini akan membahas ala arifdoit.com smartphone yang bikin heboh para penggemar photo selfie, semoga artikel ini memberi manfaat dan selamat membaca.

Teaser Resmi dari Asus Zenfone 2 Selfie


1. UNBOXING
Unboxing Asus Zenfone 2 Selfie
Unboxing Asus Zenfone 2 Selfie
Zenfone 2 Selfie
Zenfone 2 Selfie
Setiap pembelian Asus Zenfone 2 Selfie didalam boxnya akan mendapatkan smartphone, Adaptor output 5V ~ 2.0A, kabel USB, buku petunjuk dan kartu jaminan, kali ini zenfone 2 selfie tidak disertakan headset jadi pembaca yang menginginkan membeli zenfone 2 selfie bisa membeli merk headset lainnya atau biar serasi dengan brand Asus bisa membeli headset dari asus bernama Zenear berharga Rp 139.000...cek di asus indonesia store.


2. SPESIFIKASI
CPU : Qualcomm Snapdragon 615 MSM8939 Octa Core up to 1,5 GHz support 64 bit ( Quad Core 1.5GHz ARM® Cortex™ A53 + Quad Core1.0GHz A53 CPU )
GPU : Adreno 405 @550 Mhz
Memori : 3Gb LPDDR3 RAM @800Mhz
Storage : 16/32Gb eMMC Flash-5Gb free lifetime ASUS WebStorage-100Gb Google drive (2 tahun) 
Slot Memori : Micro-SD card (hingga 128 Gb)
OS : Andoid Lollipop 5.0.2 support 64 bit
Teknologi Konektivitas :
    WLAN 802.11 b/g/n/ac Wifi Direct, Super Fast Wi-FI Hotspot Capability (Tethering)
    USB 2.0, USB Support OTG
    Bluetooth V4.0+EDR +A2DP
    Dual Micro SIM card
    SIM1 Support 2G/3G/4G
    SIM2 Support 2G/3G/4G
    Dual SIM Dual Stand By
Network Standard :
    UMTS/WCDMA/TD-SCDMA/LTE/TDD-LTE/FDD-LTE
    Data Rate:
    DC-HSPA+: UL 5.76 / DL 42 Mbps
    4G LTE Cat4 Download Speed hingga 150 Mbps dan Upload Speed hingga 50 Mbps:
    2G :(On selected models)
    GSM : 850(5)/900(8)/1800(3)/1900(2)
    3G :
    WCDMA : 850MHz/900MHz/1900MHz/2100MHz
    4G LTE Cat4 Download Speed hingga 150 Mbps:
    LTE band 1 (2100), 2 (1900), 3 (1800), 5 (850), 7 (2600), 8 (900), dan 20 (800) MHz
Navigation : GPS, GLONASS, BDS
Display : 5,5 inches - kerapatan 403ppi - Super Bright IPS Full HD 1920x1080 dengan 178 derajat sudut pandang - ASUS TruVivid Full Screen Lamination Technology - Proteksi Layar Corning® Gorilla® Glass 4 - Ultra sensitive touch panel mendukung glove touch / sarung tangan, Asus ZenMotion support Touch and Motion gesture (fitur double tap untuk membuka dan mengunci layar)
Baterai : Lithium-Polimer 3000 mAh ( Removable )
Kamera
Kamera Utama 13 MP dengan laser autofocus kecepatan mengambil fokus kurang dari 0.03 detik. Diafragma besar f/2.0, memiliki 5 element Largan Lens, wide angle 88 derajat, dual real tone flash, PixelMaster Camera untuk foto dan video lebih terang hingga 400%
Kamera Depan 13 MP Autofokus diafragma besar f/2.2, wide angle 88 derajat, dual real tone flash dan selfie panorama up to 140 derajat
Video : Video Recording MPEG-4 1080 @30fps - Playback MPEG-4 up to 1080p
Audio : Dual Microphone dengan Noise Cancellation, di dukung Asus SonicMaster V2.0 untuk suara lebih jernih dan bass lebih dalam dengan 5 magnet sound chamber
Slot Audio : 3.5mm
Sensor : Accelerometer/Ambient Light/Proximity/E-Compass/Hall Sensor/Gyroscope
Dimensi : 156.5 x 77.2 x 3.9~10.8 mm (LxWxH)
Berat : 170 g (dengan baterai)
Warna :
Premium UV Coating Aqua blue, Chic Pink, Pure white.
Hairline Design Glacier Gray, Sheer Gold, Glamour Red

Zenfone 2 Selfie ZD551KL menggunakan CPU Qualcomm® Snapdragon™ 615 1,5 Ghz Octa Core support 64-bit dan GPU Adreno 405 berjalan di 550 Mhz. Kombinasi CPU terbaik Octa Core dan memiliki daya yang lebih efisien, mampu menghasilkan smartphone dengan perfomance yang mumpuni didampingi pemakaian baterai yang irit.



3. DESAIN ZENFONE 2
Desain Arc design Zenfone 2 selfie sama dengan varian Zenfone 2 lainnya yang mana sisi belakang memiliki kontur melengkung ( tebal ditengah - tipis di sisi luar ) disesuaikan dengan alami telapak tangan manusia. 2 tombol dimana tombol power ada diatas dan tombol volume dibelakang casing, pembedanya hanya di bezel layar diatas lebih tebal karena memang menampung sensor lensa 13MP yang lebih besar dibanding sensor lensa 5 MP pada zenfone 2 lainnya. Perbedaanya juga pada sensor lensa kamera depan yang besar dan ada dual real tone flash, ternyata bentuk speakernya jadi ikut unik menjadi berdiri mengimbangi tingginya led flash dan lensa kamera.
Tombol power zenfone 2 selfie
Tombol Power
Tombol volume zenfone 2 selfie
Tombol Volume
penampakan kamera depan
lensa kamera depan besar - dual tone - speaker unik
Pada tombol soft touch back, home dan recent app sama seperti zenfone 2 lainnya tidak ada backlight, perlu meraba-raba saat kondisi minim cahaya tapi keuntungannya layar lebih luas tanpa dikurangi area soft touch pada layar seperti asus padfones. Ciri khas smartphone asus mulai dari Zenfone generasi pertama sampai Zenfone generasi kedua dibawah tombol soft touch ada bidang yang memiliki ukiran ecosentris yang sangat halus yang membuat Zenfone 2 selfie kelihatan sangat elegan.
softtouch dan area ecosentris
softtouch dan area ecosentris
Nyaman memegang zenfone 2 selfie
Nyaman memegang zenfone 2 selfie
4. LAYAR MEMUKAU DAN KUAT
Zenfone 2 Selfie didukung layar ukuran 5,5" dilengkapi dengan Super Bright IPS ( LCD-TFT ) memiliki tingkat terang layar sampai 400nits membuat fokus dan warna mampu dilihat hingga sudut 178 derajat. Memiliki resolusi Full HD 1920x1080 mampu memberikan kerapatan hingga 403 ppi yang sangat tajam dan detail. Disempurnakan oleh NTSC Gamut yang mencapai rentang 72% semakin banyak warna yang dihasilkan dengan begitu foto dan video lebih tajam, cerah dan alami mendekati nyata.

NTSC gamut
Teknologi ASUS TruVivid mengubah desain 4 layar yang konvensional, yang umumnya terdiri dari kaca penutup, panel sentuh, celah udara dan modul LCD, ke dalam desain dua lapis dengan satu kaca laminasi penuh. Teknologi ini dapat menghilangkan lapisan celah udara dan menggabungkan lapisan kaca dan lapisan panel sentuh, sehingga meningkatkan kejelasan, kecerahan dan respon sentuh layar. Dengan begitu layar di Zenfone 2 Selfie mampu memberikan respon sentuh waktu tercepat 60 ms dan juga didukung Ultra Sensitive touch panel yang mendukung sentuhan sarung tangan ( Glove Touch ).
Teknologi Truvivid
Teknologi Truvivid
Ada yang lupa belum penulis jelaskan di artikel sebelumnya fitur bluelight filter yang ada di generasi Zenfone 2 termasuk Zenfone 2 selfie, fitur ini berfungsi untuk mengurangi pancaran radiasi blue light dari lcd yang ternyata lama-lama bisa merusak retina mata manusia, ini memberi bukti kalau asus masih peduli akan kesehatan mata pengguna smartphone ( eye care ). Untuk mengaktifkan fitur bluelight filter / reading mode bisa dari quick panel atau di aplikasi splendid nanti akan terasa bila saat belum diaktifkan layar akan putih kebiru-biruan dan saat diaktifkan bluelight filter layar akan putih kekuning-kuningan sangat adem dimata.
blue light filter menjaga retia mata tetap sehat
blue light filter


Layarnya menggunakan pelindung terbaru dari corning yaitu Super Anti Scratch Corning Gorilla® Glass 4 dengan oleophobic Anti-Finger Coating yang mampu memberi 2x daya tahan dari kerusakan akibat jatuh dari sebelumnya, 2,5x peningkatan kekuatan dan 85% lebih tahan banting dibanding pendahulunya....bisa dicek di web resmi corning gorilla glass di corninggorillaglass.com
Corning Gorilla Glass 4
Corning Gorilla Glass 4

5. KAMERA UTAMA DAN DEPAN TERBAIK
komposisi kamera utama dan depan
komposisi kamera utama dan depan
Zenfone 2 Selfie memiliki fitur kamera terbaik dengan Asus PixelMaster V2.0, fitur ini semakin lengkap dengan dukungan kamera utama yang menggunakan lensa sensor toshiba dengan Resolusi 13 MP, aperture f/2.0, Dual Real Tone Flash, 5 Lensa Elemen dan Blue Gas Filter. Pada kamera depan tidak tanggung-tanggung ditanam lensa kamera yang memiliki resolusi 13 MP, aperture f/2.2, Dual Real Tone Flash dan memiliki sudut pandang 85 derajat, sangat luas untuk berpose selfie.....hmmm komposisi kamera yang sangat pas untuk saat ini yang pingin eksis di media sosial.
Kamera Depan dan Belakang Asus Zenfone 2 Selfie
Kamera Depan dan Belakang
Apa fungsi Dual Real Tone Flash ? Lampu kilat Dual LED Real Tone pada Asus ZenFone 2 Selfie mampu menciptakan cahaya yang alami untuk pengambilan foto dalam ruangan. Pada saat menekan tombol shutter, ZenFone 2 Selfie mampu mengkombinasi dengan sempurna dari cahaya putih dan kuning agar menghasilkan warna foto yang seimbang, alami dan sesuai obyek foto Anda.

Apa fungsi Blue Gas Filter ? teknologi ini di implementasikan untuk mengurangi kelebihan cahaya infra merah 90% yang berguna untuk mencegah red-eye, pencahayaan semakin kuat dan meminimalisir blur saat mengambil foto.

Pada Kamera belakang ZenFone 2 Selfie tertanam teknologi Laser Auto-Focus yang mampu mengukur jarak dengan kecepatan cahaya dan menyesuaikan fokus sangat cepat dalam waktu 0.03 detik, terutama di kondisi low light. Dengan teknologi laser auto-focus kamera mampu mempercepat pengambilan foto close up, dan membantu kecepatan gerakan lensa saat mengambil foto obyek yang lebih jauh. Dengan laser auto focus semakin bermanfaat untuk pengambilan foto makro yang mampu mengambil jarak terdekat 6 cm, cocok nih yang hobi memfoto food, toys, miniature, bunga dan lain-lain.
Laser autofocus cept pengambilan fokus foto makro
Foto Makro

6. ANTARMUKA INDAH ZENUI 2.0
Antarmuka ZenUI 2.0 memiliki desain visual yang aktraktif dan intuitif, karena lebih dari 1.000 fitur yang dimodifikasi habis dari android standar. Dengan ZenUI 2.0 pengguna Zenfone 2 Selfie akan menemukan antarmuka yang lebih smart dan efisien, karena dengan tampilan baru yang sangat bersih dan sekaligus informatif disajikan langsung ke hadapan pengguna.
Asus ZenUI 2.0

Berikut beberapa peningkatan di ZenUI 2.0 yang yang ditemukan di Zenfone 2 Selfie, antara lain :

Zenmotion
Gesture Simple dan Intuitif untuk membuka Aplikasi secara langsung dari layar off. Tap-tap ganda dilayar untuk mematikan dan menghidupkan layar. Tap-tap ganda di Home untuk one hand mode.

Snapview
Mampu memberi ruang privasi yang berbeda login di smartphone untuk orang lain dan pemiliknya sendiri, privasi itu mulai dari aplikasi, foto dan file pribadi dengan begitu privasi pemilik akan terjaga aman dari orang lain.
snapview for security
source : anandtech.com
Personalize
Pengaturan tampilan yang sangat personal dengan adanya ZenUI Launcher mulai pengaturan font, theme, scroll effect, wallpaper, icon dan folder.
Pengaturan Theme ZenUIMenu Pengaturan Personalisasi ZenUI

Multitasking dan scroll effect ZenUIPengaturan Zen Launcher dan scroll effect
Security
Dengan adanya Kids Mode memberi kenyamanan buat orang tua untuk memberikan zenfone 2 selfie kepada anak sebagai media hiburan dan pendidikan. Selain itu dilengkapi juga dengan sistem proteksi online dari TrendMicro yang sangat aman dari serangan penipuan dan malware.
Kids mode & proteksi Trend Micro
Kids mode & proteksi Trend Micro
Connected
Zenlink yang terus diperbarui ditanam pada Zenfone 2 Selfie memberi kemudahan untuk menjalin komunikasi dan share data kepada semua perangkat data, teman dan media dengan menggunakan aplikasi share link, PC link dan Remote link.
Zenlink Asus ZenUI
Zenlink
ZenCircle
Untuk menampung kreatifitas photography pengguna smartphone dan tablet Asus, akhirnya Asus mengeluarkan sendiri aplikasi jejaring sosial pecinta fotografi, yang mana aplikasi ini sudah tertanam di setiap pembelian smartphone dan tablet Asus, bila belum ada bisa di download di playstore.
Zencircle aplikasi jejaring sosial pecinta photography
Zencircle

7. AUDIO DAN MICROPHONE TERBAIK
Zenfone 2 Selfie tetap mengandalkan Teknologi Audio SonicMaster 2.0 yang mampu memberikan suara yang jernih, kuat dan sempurna dibanding seri pendahulunya. Semua ini berkat penyempurnaan pada speaker ruang suara (chamber) yang ditingkatkan lebih besar 25% dan memiliki 5 magnet dan coil audio metal agar semakin kuat output audionya.
Speaker lebih besar dan tampak luar speaker zenfone 2 selfie
Ruang speaker lebih besar ( lingkar merah )
Pada sisi microphone Zenfone 2 Selfie menggunakan dual microphone dengan Noise Cancellation. Dual microphone ini akan memproses suara yang masuk dengan menerima suara pengguna dan menangkal suara  yang tidak diinginkan dengan membuatnya hening, dengan begitu dalam percakapan telepon hanya suara pengguna saja yang bisa diterima dengan jernih dan jelas.
dual mic dan noise cancellation
Mic dengan fitur noise cancellation
Mic di lingkari warna erah
8. NETWORK - KONEKSI - NAVIGASI - SENSOR
Zenfone 2 Selfie untuk Frekuensi network yang didukung bisa dilihat pada detail spesifikasi awal artikel ini. Dengan Dual SIM standby yang mana SIM 1 dan SIM 2 sudah mendukung teknologi interkoneksi seluler terbaru 4G LTE Cat4, jadi pengguna tidak perlu repot untuk pindah - pindah kartu secara fisik bila menginginkan ganti operator untuk kebutuhan interkoneksi data 4G LTE.
Dual SIM 4G LTE Standby
Dual SIM 4G LTE Standby
Pengaturan switch data Service tiap SIM Zenfone 2 Selfie
Pengaturan switch data Service tiap SIM
Didukung dengan desain antena yang mutakhir dan struktur antena yang unik karena menggunakan teknologi 5 laser direct structuring terbaru mampu memberi hemat tempat dan meningkatkan kemampuan Zenfone 2 Selfie untuk menangkap dan memancarkan sinyal yang lebih baik untuk antena seluler, antena Wifi, antena bluetooth, dan antena GPS. Selain struktur antena yang mutakhir antena wifi zenfone 2 selfie juga dilengkapi dengan Super High Perfomance Dual 3D-MID ( Three Dimensional Molded Interconnect Device), dengan ini antena Wifi lebih lebih optimal/kuat dalam penerimaan sinyal Wifi.
desain antena teknologi laser
desain antena ( lingkar merah )
Untuk Konektifitas Zenfone 2 Selfie dibekali Wi-Fi yang mendukung 802.11 b/g/n/ac yang secara teori mampu memberi kecepatan sampai dengan 1,3 Gbps, Wi-Fi Direct, dan Wi-Fi Hotspot. Selain Wi-Fi dilengkapi dengan Bluetooth V4.0 yang mendukung A2DP dan EDR.
Desain antena wifi, GSM
Untuk Navigasi Zenfone 2 Selfi ditanam 3 modul GPS yang terdiri dari GPS (US Global Positioning System), GLONASS (Russia Global Navigation Satellite System) dan BDS (BeiDou Navigation Satellite System) yang dari dulu terkenal menghasilkan akurasi koordinat yang cepat dan tepat. Penulis lakukan ujicoba kemampuan GPS zenfone 2 selfie dengan menggunakan aplikasi Androits saat posisi diluar rumah dengan tidak terhalang atap apapun, hasil scannya GPS menemukan satelit Amerika GPS 10, satelit Glonass 7 dan satelit Beidou 1. Penulis juga lakukan uji coba juga di dalam ruangan / kamar beratap genteng hasilnya beda dengan diluar ruangan  satelit Amerika GPS 10, satelit Glonass 4 dan satelit Beidou naik jadi 6. Kelihatan dari hasil test GPS ini kemampuan GPS di Zenfone 2 Selfie sangat sensitif dan respon menangkap sinyal dari 3 satelit  GPS, Glonass dan Beidou baik diluar dan dalam ruangan.
Hasil test GPS zenfone 2 selfie
test GPS sebelah kiri diluar gedung dan kanan didalam kamar

Zenfone 2 Selfie mendukung Sensor Accelerator / E-Compass / Proximity / Ambient Light Sensor / Hall Sensor, tapi yang keren adanya sensor Gyroscope untuk mendukung interaksi google street view dan menonton video Youtube 360 ( lebih nyata videonya ).
Sensor pada Zenno 2 Selfie
Sensor pada Zenfone 2 Selfie
9. BATERAI SANGAT IRIT
Baterai Zenfone 2 Selfie berjenis Lithium-Polimer dengan kapasitas 3000 mAh yang bisa dicopot (removable), cukup besar untuk menunjang perfomance dan layar besar 5,5 " Zenfone 2 Selfie. Pada grafik battery history dibawah kondisi baterai 100% mulai pukul 09.00 sampai kondisi 18% pukul 21.22 dengan pemakaian normal koneksi data dengan media wifi  beraktifitas membuka aplikasi perpesanan seperti whatsapp, bbm, hangout kadang - kadang memakai instagram, facebook, twitter dan dibuat main game sama putraku.
baterai removable Zenfone 2 Selfie
baterai removable Zenfone 2 Selfie
Perfomance baterai zenfone 2 selfe
Perfomance baterai

10. PERFOMANCE MUMPUNI
Zenfone 2 Selfie dengan menggunakan CPU Qualcomm® Snapdragon™ 615 OctaCore 1,5 Ghz  dan RAM 3Gb LPDDR3 memiliki perfomance yang hampir sama dengan Zenfone 2 Laser ZE601KL berikut hasil benchmark dari beberapa aplikasi bechmark yang sebagian besar sebagai acuan mengukur perfomance Senfone 2 Selfie.
Cpu-Z & benchmark CPU Prime
Cpu-Z & benchmark CPU Prime
Skot Antutu V5.7.1 dan V6.0
Skor Antutu V5.7.1 dan V6.0
Skor 3DMark & Quadrant
Skor 3DMark & Quadrant
Skor Vellamo & Geekbench 3
Skor Vellamo & Geekbench 3

11. GALLERY
Gallery Asus Zenfone 2 SelfieGallery Asus Zenfone 2 Selfie

Gallery Asus Zenfone 2 SelfieGallery Asus Zenfone 2 Selfie

Gallery Asus Zenfone 2 SelfieGallery Asus Zenfone 2 Selfie

12. PHOTOGRAPHY

  • Kamera Depan


Selfie dengan Zenfone 2 SelfieSelfie dengan Zenfone 2 Selfie


  • Kamera Utama

photography dengan zenfone 2 selfiephotography dengan zenfone 2 selfie

photography dengan zenfone 2 selfiephotography dengan zenfone 2 selfie

photography dengan zenfone 2 selfiephotography dengan zenfone 2 selfie

photography dengan zenfone 2 selfiephotography dengan zenfone 2 selfie


ASUS Zenfone Selfie (32GB/3GB RAM) [ZD551KL] - Pure White13. KESIMPULAN
ASUS Zenfone Selfie (32GB/3GB RAM) [ZD551KL] - Pure WhiteAsus Zenfone 2 Selfie ZD551KL hadir di Indonesia dengan memberi kejutan bagi para pengguna smartphone yang senang dengan foto selfie. Keunggulan pada spesifikasi kamera utama dan kamera depan yang mumpuni dengan komposisi resolusi 13MP, Dual Real Tone Flash dan dilengkapi laser auto focus pada kamera utama memberi kemudahan pengguna zenfone 2 selfie untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik, tajam dan alami. Tidak dipungkiri kalau Asus Zenfone 2 Selfie merubah mainstream pengguna smartphone di indonesia, bahwa untuk mendapatkan smartphone dengan kamera depan yang memiliki resolusi 13MP tidak perlu mengeluarkan budget yang terlalu dalam. Harga SRP untuk Zenfone 2 selfie dengan storage 16Gb cukup ditebus dengan harga Rp 2.799.000 dan untuk storage 32Gb bisa dibawa pulang dengan harga Rp 2.999.000, semuanya bisa dibeli di toko online resmi Asus Indonesia. Saat ini kategori smartphone dengan kamera depan yang beresolusi 13MP bisa dibilang Asus Zenfone 2 Selfie merupakan smartphone paling terjangkau di Indonesia dibanding merk smartphone lainnya yang harganya bisa didapat dengan harga premium.

You might also like

12 comments

  1. Sy buka di hape kolom komentarnya kok gak muncul mas?
    tapi kalo di laptop muncul, makanya aku komen di facebook aja..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin pas lagi coba2 ganti template...yang template ini semoga pas
      terima kasih telah berkunjung di artikelku

      Delete
  2. mantap banget nih, lengkap dan domain baru. sukses selalu ya mas, saya belum buat review hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas sandi...hehehe mas sandi mungkin sibuk dengan kegiatanya jadi belum sempat review.

      Delete
  3. mas mau tanya, kamera belakang hisense pureshot dengan ini mana yg unggul ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 13MP kualitas hampir sama dan saya cenderung ke Zenfone 2 Selfie, karena fitur kameranya lengkap dengan Asus pixel masternya.
      Sebagai perbandingan No.11 Gallery itu foto Zenselfie-ku di ambil dengan pureshot dan hasil kamera belakang Zenselfie di No.12 Photography

      Mas wahyu yuki Terima Kasih telah berkunjung di blog ku

      Delete
  4. Mas pda wktu tlpn klo hp deket teling layar mati tapi hp aku ngk mati. Sensor nya gk jalan..
    Trus lampu led pemberitahuan jga ngk nyala.. tolong dong ksih pndapat

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di cache wiped out, fw versi brp yah ?

      Delete
  5. ini rewiew paling lengkap. thanks

    ReplyDelete
  6. beli tombol power nya aja tuh ada gak ya kak kira-kira? punyaku lepas+ hilang

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)