Review Tuntas ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG

Ditengah persaingan vendor smartphone yang semakin ketat Asus Indonesia baru - baru ini mengeluarkan produk teranyar yang masih satu generasi dengan Zenfone 2 dan Produk tersebut bernama Asus Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG. Zenfone 2 Laser ZE500KG merupakan varian dari Zenfone 2 yang didapuk sebagai generasi penerus Asus Zenfone 5 untuk terjun di pangsa pasar segmen menengah. Smartphone Segmen  menengah ini adalah segmen smartphone yang sangat digemari masyarakat indonesia karena dengan spesifikasi mumpuni bisa buat untuk gamer, media sosial, fotography tapi memiliki harga yang terjangkau. Memasuki segmen menengah smartphone harga terjangkau harus siap bersaing dengan vendor smartphone lain dan ini sudah saya jelaskan pada artikel Zenfone 2 Laser penantang utama smartphone terjangkau, Apa saja spesifikasi dan Fiturnya ? dibawah ini saya Review  tentang Zenfone 2 Laser ZE500KG dengan detail dan tuntas.

Selamat Membaca

Pembukaan biar greget dan penasaran video penampakan Zenfone 2 Laser.



1. Hardwarenya Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG :

Dimensi : 143.7 x 71.5 x 3.5 ~ 10.5 mm (WxDxH)
Berat : 145 g (dengan baterai)
CPU : Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916 QuadCore 1.2GHz 64 bit
Memori : 2GB LPDDR3 RAM
Storage : 8GB/16GB eMMC Flash dan 5GB free lifetime ASUS WebStorage
Slot Memori : Micro-SD card (hingga 128 GB)
Teknologi Konektivitas :
    WLAN 802.11 b/g/n
    USB 2.0
    Bluetooth V4.0+EDR +A2DP
    Dual Micro SIM card
    SIM1 Support 2G/3G
    SIM2 Support 2G/3G
    Dual SIM Dual Stand By
Network Standard :
    UMTS/WCDMA
    Data Rate:
    DC-HSPA+: UL 5.76 / DL 42 Mbps
    2G :(On selected models)
    GSM : 850(5)/900(8)/1800(3)/1900(2)
    3G :
    WCDMA : 850MHz/900MHz/1900MHz/2100MHz
Navigation : GPS, GLONASS & AGPS
Display : 5 inches, HD 1280x720,IPS(LCD-TFT) Corning® Gorilla® Glass 4
Baterai : 2070 mAh Prismatic ( Removable )
Kamera : Front 5 Mega-Pixel, Auto Focus, PixelMaster V2.0 dan Rear 8 Mega-Pixel, Auto Focus, Wide View, PixelMaster V2.0
Slot Audio : 3.5mm
Sensor : Accelerator / E-Compass / Ambient Light Sensor / Hall Sensor

Qualcomm snapdragon 410

efisien dan performa mumpuni

Zenfone 2 Laser ZE500KG menggunakan CPU Qualcomm® Snapdragon™ 410 1,2 Ghz Quad Core support 64-bit dan GPU Adreno 306 berjalan di 450 MHz. Kombinasi perfomance terbaik dan pemakaian daya yang lebih efisien, dapat menghasilkan foto yang tajam lebih cepat, merekam dan menyunting video HD dengan konsumsi daya baterai yang sangat kecil.

2. Lanjut ke Desain Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Desain Zenfone 2 laser ZE500KG sama persis dengan Asus Zenfone 2, dengan ketebalan tertipis 3,5 mm dan 10.5 mm di tengah tetap masih nyaman di genggaman tangan.Pada Bagian belakang ZenFone 2 Laser ZE500KG dengan teknik metallic hairline yang presisi mampu menciptakan efek yang sangat indah saat dilihat, karena tidak hanya terlihat metalik tetapi kita bisa merasakan seperti memegang metal sungguhan. Desain Tombol Power ada di sisi atas dan Volume ada disisi Belakang memberi kesan berbeda dibanding smartphone lainya, setidaknya pada saat kita memegang smartphone jari kita tidak ribet atau tidak sengaja tekan tombol volume dan power yang disamping. Desain yang keren ini tidak di pungkiri telah meraih penghargaan IF Design Award di tahun 2015 ini.

meraih IF design award

Belakang ZE500KG

Dipegang pas tangan


3. Lanjut bahas ke Layar

Zenfone 2 laser ZE500KG memiliki layar ukuran 5" dilengkapi dengan Super Bright IPS ( LCD-TFT ) dengan tingkat terang layar sampai 400nits. Memiliki resolusi HD 1280 x 720 yang mampu menyuguhkan sudut penglihatan hingga 178 derajat. Dengan Kerapatan Piksel 294ppi tajam dan detail, ditambah teknologi ASUS Full Screen Lamination dengan Super Anti Scratch Corning Gorilla Glass 4 dengan oleophobic Anti-Finger Coating. Teknologi ASUS TruVivid mengubah desain 4 layar yang konvensional, yang umumnya terdiri dari kaca penutup, panel sentuh, celah udara dan modul LCD, ke dalam desain dua lapis dengan satu kaca laminasi penuh. Teknologi ini dapat menghilangkan lapisan celah udara dan menggabungkan lapisan kaca dan lapisan panel sentuh, sehingga meningkatkan kejelasan, kecerahan dan respon sentuh layar. Dengan begitu layar di Zenfone 2 Laser ZE500KG memiliki waktu respon sentuh 60 ms dan didukung Ultra Sensitive touch panel yang mendukung sentuhan sarung tangan ( Glove Touch ).

Layar Super IPS 400nits

Mendukung glove touch

Beda dengan Zenfone 5 screen to body rasio Zenfone 2 Laser ZE500KG memiliki nilai 70%, artinya 70% dimensi permukaan smartphone digunakan untuk layar dan tidak banyak ruang yang kosong akhirnya membuat dimensi smartphone ini menjadi lebih efisien.

screen to body rasio 70%

Dengan ukuran layar sama besarnya 5 inch tapi kalau di sandingkan dengan Zenfone 5 body keseluruhan Zenfone 2 Laser ZE500KG kelihatan lebih kecil.

perbandingan ukuran Zen 5 dengan Zen 2 laser ZE500KG
source : Zentalk Indonesia

Tidak lupa yang keren juga layarnya juga sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 4 yang mampu memberi 2x daya tahan dari kerusakan akibat jatuh, 2,5 x peningkatan kekuatan dan 85% tahan banting dibanding pendahulunya Gorilla Glass 3 . Masih Ragu dengan Gorilla Glass 4 pada Zenfone 2 Laser ZE500KG ? Situs ini corninggorillaglass.com jawabanya.
corninggorillaglass.com

proteksi layar terkuat GG4

4. Lanjut Bahas Camera


Pixelmaster V2.0

Zenfone 2 Laser ZE500KG memiliki Fitur Asus PixelMaster V2.0 dengan kamera utama menggunakan Lensa Sensor Toshiba dengan Resolusi 8 MP, aperture f/2.0, Dual LED Real Tone Flash, 5 Lensa Elemen dan Blue Gas Filter. Pada kamera depan memiliki resolusi 5 MP, aperture f/2.0 dan juga memiliki sudut pandang 85 derajat, sangat luas untuk berpose selfie.

Apa fungsi Dual Real Tone Flash ?
Lampu kilat Dual LED Real Tone pada Asus ZenFone 2 laser mampu menciptakan cahaya yang alami untuk pengambilan foto dalam ruangan. Pada saat menekan tombol shutter, ZenFone 2 laser ZE500KG mengkombinasi dengan sempurna dari cahaya putih dan kuning agar menghasilkan warna foto  yang seimbang, alami dan sesuai obyek foto Anda.

Terus Blue Gas Filter itu apa ? cari - cari di Google ketemu di situs ini gizmo.id, teknologi ini sudah diterapkan di Smartphone tetangga, dan saya simpulkan teknologi ini mampu menyaring cahaya yang berlebihan.

5 Lensa ZE500KG

kamera depan ZE500KG

Sesuai namanya Spesial Fitur di Zenfone 2 Laser ZE500KG adalah teknologi Laser Auto-Focus. Pada Kamera belakang ZenFone 2 Laser ZE500KG tertanam teknologi Laser Auto-Focus yang dapat menghasilkan gambar yang lebih jernih. Laser Auto-Focus ini mampu mengukur jarak dalam kecepatan cahaya dan menyesuaikan fokus sangat cepat dalam waktu 0.2 detik, terutama di kondisi low light. Laser Auto-Focus bisa juga mempercepat pengambilan foto close up, dan membantu kecepatan lensa saat mengambil foto obyek yang lebih jauh.

Laser autofocus

Perbandingan Kecepatan Teknologi Laser Auto-Focus Zenfone 2 Laser bisa lihat
video dibawah ini ( kiri iphone vs kanan Zenfone 2 laser ) :


Asus PixelMaster V2.0 pada Zenfone 2 Laser ZE500KG memiliki 18 Mode, ada beberapa dibawah ini yang saya ulas dan selain itu bisa dicek artikel Asus Zenfone di blog saya sebelumnya.

18 mode asus pixelmaster

  • Low Light Mode Kombinasi teknologi pixel-merging yang menggabungkan 4 piksel terdekat menjadi sebuah piksel baru, dan proses algoritma gambar yang canggih, Low Light  Mode dapat meningkatkan sensitifitas cahaya hingga 400%. Mode ini mampu meredam noise gambar yang berlebih dan menambah kontras warna sampai 400% untuk menghasilkan foto yang cerah dan jelas pada kondisi rendah cahaya meskipun tanpa bantuan lampu kilat.


Low light mode

perbandingan hasil low light mode

  • HDR Mode HDR ( Fitur Backlight ) dengan teknologi ASUS Pixel Enhancing otomatis mengambil beberapa gambar, kemudian gambar-gambar ini digabungkan untuk menghasilkan gambar HDR yang jelas dan detail. Pada Mode Super HDR ini otomatis akan menggambil banyak foto dengan pengaturan nilai eksposur yang berbeda, dan secara dinamis diatur dengan mendeteksi cahaya di sekitar obyek utama. Setelah itu, algoritma Pixel Enhancing akan membuat deteksi lokal yang memberikan jangkauan dinamis sampai 4x lebih luas dan akan membuat gambar menjadi lebih terang sampai 400%, termasuk meningkatkan kontras dan juga detail, agar foto terlihat alami. Teknologi ini menyempurnakan semua foto yang diambil di cahaya ekstrim, dibantu dengan proses Wide Dynamic Range (WDR) untuk menambah kecerahan dan detail, dan menjadikan foto tampil lebih sempurna setiap saat.

hdr mode

Compare HDR Mode dengan merk lain
source : Zentalk Indonenesia

HDR Mode
HDR Box

hasil foto dari dalam hdr box
Hasil Photo dalam HDR Box

Hasil Photo diluar HDR Box
Hasil Photo diluar HDR Box
  • Super Resolutiion Mode ZenFone 2 Laser ZE500KG menggunakan teknik pemrosesan gambar spesial (Multiframe Fusion Technology) untuk menghasilkan foto super detail. Dengan mengambil dan menggabungkan 4 x foto 8 MP untuk membuat 1 foto baru yang 4 X lebih cerah. Pada Kondisi terang atau gelap tetap bisa menikmati foto yang lebih detail dan bebas noise dengan Resolusi sampai dengan 32 Mp...WOW!

super resolution 32 Mb

  • Manual Mode ZenFone 2 Laser ZE500KG memiliki Manual Mode, pada mode ini dapat melakukan pengaturan ISO, shutter speed, white balance, fokus kamera secara manual Serasa DSLR. Ada 13 pengaturan dan kontrol profesional yang bisa diatur manual, sangat bermanfaat buat pengguna photography profesional untuk memaksimalkan sentuhannya agar dapat menghasilkan  photo yang mengagumkan.

Mode manual

5. Lanjut Antarmuka Asus ZenUI 2.0

Asus ZenUI v2.0

Antarmuka ZenUI 2.0 memiliki desain visual yang aktraktif dan intuitif, karena lebih dari 1.000 fitur yang modifikasi habis dari android standar. Dengan ZenUI V2.0 pengguna Zenfone 2 Laser ZE500KG akan menemukan antarmuka yang lebih smart dan efisien, karena dengan tampilan baru yang sangat bersih dan sekaligus informatif disajikan langsung ke hadapan pengguna.  Berikut beberapa peningkatan di ZenUI V2.0 yang antara lain:

  • Zenmotion
    Gesture Simple dan Intuitif untuk Membuka Aplikasi secara langsung dari layar off. Tap-tap ganda dilayar untuk mematikan dan menghidupkan layar. Tap-tap ganda di Home untuk one hand mode.
  • Snapview
    Mampu memberi tampilan data yang berbeda di smartphone untuk orang lain dan pemilik itu sendiri. source : zentalk global
  • Personalize
    Pengaturan tampilan yang sangat personal dengan adanya ZenUI Launcher mulai pengaturan font, theme, scroll effect, wallpaper, icon dan folder.
  • Security
    Dengan adanya Kids Mode memberi kenyamanan buat orang tua untuk memberikan hiburan dan pendidikan buat anak. Selain itu dilengkapi juga dengan sistem proteksi online dari TrendMicro yang sangat aman dari serangan penipuan dan malware.
fitur baru Zenui V2.0

6. Audio dan Microphone

Sonicmaster v2.0

Zenfone 2 Laser ZE500KG tetap mengandalkan Teknologi Audio SonicMaster yang mampu memberikan suara yang jernih, kuat dan sempurna dibanding seri pendahulunya. Semua ini berkat penyempurnaan pada speaker ruang suara (chamber) yang ditingkatkan lebih besar 25% dan penambahan 3 magnet kontruksi metal suara.

ruang speaker

speaker Lebih besar dibanding Zen5
Zenfone 2 Laser atas dan Zenfone 5 bawah
source : zentalk indonesia

Selain itu Audio Zenfone 2 Laser ZE500KG dilengkapi juga dengan aplikasi pintar Asus AudioWizard yang lengkap seperti Movie Mode, Gaming Mode, Keynote Mode, Music Mode dan Smart Mode. Dengan adanya pilihan Mode Audio berbagai skenario, memberi manfaat bagi pengguna dalam memilih mode audio terbaik yang dikehendakinya.

audio wizard

Pada sisi microphone Zenfone 2 Laser ZE500KG menggunakan Dual Microphone dengan Noise Cancellation. Dual microphone ini akan memproses suara yang masuk dengan menerima suara pengguna dan menangkal suara  bukan pengguna, dengan begitu dalam percakapan telepon bisa menghasilkan suara yang jernih dan jelas.

teori noise cancellation

7. Network - Komunikasi - Navigasi - Sensor

Zenfone 2 Laser ZE500KG untuk Frekuensi network yang didukung bisa dilihat pada detail spesifikasi awal artikel ini. Dengan Dual SIM standby yang keduanya bisa support jaringan 3G DC-HSPA+ dengan speed download tercepat hingga 42Mbps, mempermudah pengguna untuk menentukan SIM yang mau dipakai untuk koneksi internet cepat tanpa perlu copot SIM Card. Di dukung dengan Dual Antenna mampu menangkap sinyal 3X lebih baik dari smartphone biasa ( lihat foto dibawah ini yang di lingkari warna Merah ).

antena ZE500KG

source : Zentalk Indonesia

Perbandingan kecepatan interkoneksi

Untuk Konektifitas Zenfone 2 Laser ZE500KG dibekali Wi-Fi yang mendukung 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, dan Wi-Fi Hotspot. Selain Wi-Fi dilengkapi dengan Bluetooth terbaru V4.0 yang mendukung A2DP dan EDR.

Untuk Navigasi Zenfone 2 Laser ZE500KG ditanam 3 modul GPS yang terdiri dari GPS (US Global Positioning System), GLONASS (Russia Global Navigation Satellite System) dan BDS (BeiDou Navigation Satellite System) dengan begitu menhasilkan akurasi koordinat yang akurat.

A-GPSGPS glonas

Zenfone 2 Laser ZE500KG pada sensornya hanya mendukung Sensor Accelerator / E-Compass / Ambient Light Sensor / Hall Sensor, sayang Sensor Gyroscope tidak disertakan lumayan bisa mendukung lihat Youtube 360.


8. Daya Baterai

Zenfone 2 Laser ZE500KG memiliki baterai Li-Polymer dengan kapasitas 2070 mAh yang removable memberi kemudahan untuk pengguna bila mau mencopot atau mengganti baterai, berbeda dengan Zenfone 5 yang masih unremovable. 

baterai removable
perbandingan baterai Zenfone 2 ZE500KG ( kiri ) dan Zenfone 5 ( kanan )

source : Zentalk Indonesia
Perfomance baterai Zenfone 2 Laser ZE500KG dibilang cukup memadai karena didukung oleh CPU Qualcomm Snapdragon 410 yang terbukti irit membuat baterai Zenfone 2 Laser ZE500KG tidak cepat boros. source : reviewer zentalk indonesia

grafik baterai ZE500KG


9. Perfomance


Zenfone 2 Laser ZE500KG dengan menggunakan CPU Qualcomm® Snapdragon™ 410 dan RAM 2 GB LPDDR3 memiliki perfomance yang hampir sama dengan Zenfone 5. Dari hasil Benchmark Antutu Zenfone 2 Laser ZE500KG skornya 23474 dan Zenfone 5 skornya 23227. Untuk perbandingan detail score Antutu tersebut terlihat Zenfone 2 Laser ZE500KG sebagian besar lebih baik perfomancenya meskipun beda tipis.

bench Zenfone 5 vs ZE500KG

hasil antutu T00F

hasil antutu ZE500RD


10. Gallery Zenfone 2 Laser ZE50KG


depan warna warni ZE500KG


belakang warna warni ZE500KG

11. Kesimpulan

Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG dengan banderol harga yang terjangkau untuk ROM 16Gb 1,9 juta-an dan 1,8 juta-an ROM 8Gb. Dengan spesifikasi menengah, perfomance mumpuni, fitur smartphone premium dan harga yang menggiurkan, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG bisa dibilang pelopor smartphone segmen menengah dengan harga terjangkau yang memiliki fitur (Gorilla Glass 4, Laser Auto Focus ) sama dengan smartphone premium.

Sumber :
Asus Indonesia
Zentalk Indonesia
pcplus.co.id

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)