Expand Your Vision Bersama Asus Zenfone 11 Ultra Yang Memiliki Fitur AI

Tahun 2024 merupakan tahun yang menjadikan kata AI (Artificial Intelligence) sebagai topik hangat yang banyak dibahas oleh media, beberapa topik hangat itu mulai dari perkembangan chat GPT, Windows 11 dengan fitur copilot, NPU di PC / Laptop AI dan NPU di Smartphone AI. Imbas dari era AI yang terus tidak terbendung baik berita dan perkembangannya teknologinya didukung pula oleh terobosan para raja semikonduktor mulai dari prosesor / SoC untuk terus berinovasi membuat portofolio jajaran prosesor / SoC yang mendukung banget untuk komputasi AI. Bentuk dukungannya itu berupa menambah otak tambahan selain CPU dan GPU yaitu adanya NPU (Neural Processing Unit) sebagai otak tambahan untuk mendukung komputasisi AI yang heterogen.

Sebelumnya kita rewind dulu beberapa tahun lalu dimana fitur AI sebelumnya sudah banyak dikenalkan terutama di smartphone. Seperti smartphone yang saya gunakan ASUS Zenfone 5 (ZE620KL) ini sudah 5 tahun menemaniku sejak tahun 2019 didukung oleh NPU di SoC Qualcomm® Snapdragon™ 636 Mobile Platform. Saya masih menggunakan smartphone ini karena hasil kameranya yang luar biasa, berkat dukungan sensor Sony® IMX363 dengan fitur kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang bisa mengenali 16 mode objek foto. Memang tidak mengherankan jika fitur kamera smartphone ini sangat menakjubkan, mengingat DXOMark telah mengakui sebagai smartphone kelas menengah dengan performa kamera yang bagus.

” Kamera yang dimiliki memberikan kinerja yang seimbang di semua situasi pengambilan gambar, dengan warna dan eksposur yang bagus, ia mendapatkan skor Foto yang bagus sebesar 93 poin.” DXOMark.

Penerapan AI di Zenfone 5 ZE620KL saat itu masih belum mengenal adanya NPU hanya mengandalkan AI Akselerator dengan memanfaatkan kemampuan dari CPU, DSP dan GPU saja. Tidak hanya memperkenalkan Artificial Intelligence pada kamera saja, namun ada beberapa seperti fitur AI Gallery, AI Boost dan AI Power. Pada fitur AI kameranya bisa mengenali 16 macam objek foto yang otomatis sistem kamera akan memainkan tuning pengaturan cahaya dan warnanya untuk menghasilkan foto yang baik. AI Gallery yang mampu menggolongkan foto di gallery berdasarkan objek scene yang ada dalam foto, yang tentunya sangat mempermudah proses pencarian foto sesuai objek, misal dalam satu folder gallery otomatis akan kumpul beberapa foto dengan objek anjing, makanan, bunga, pantai dan banyak objek lainnya.

contoh AI Camera mengenali objek pada Zenfone 5 (ZE620KL)

Fitur AI Boost yang untuk mengaktifkannya bisa ditemukan di quick menu, yang fungsinya untuk meningkatkan dan menjaga performa secara cepat, tentunya fitur AI Boost ini bermanfaat saat ingin mendongkrak kinerja smartphone saat main game, tonton video kualitas tinggi. Begitu juga dengan fitur AI charging yang menghadirkan sistem charging yang aman dimana saat malam hari sistem charge akan dibuat lebih lambat setelah jam 10 malam untuk mengurangi lupa lepas charger yang berpotensi baterai cepat rusak bila dibuat charge berlebih dan pengisian lebih cepat disaat siang hari, manfaatnya agar mengurangi panas dan memperpanjang umur baterai.

Itulah beberapa manfaat diatas penggunaan AI pada smartphone yang sudah diciptakan 5 tahun lalu, ditahun 2024 ini dengan perkembangan teknologi hardware dan software yang cukup pesat sudah saling mendukung untuk kebutuhan AI kedepannya. Bahkan informasi dari IDC mengenai perkembangan smartphone AI ditahun 2024 sangat berkembang pesat.

sumber : https://blogs.idc.com

Informasi dari IDC diatas menyatakan bahwa "next-gen AI smartphone" sudah memanfaatkan penggunaan NPU (Neural Processing Unit) yang mampu berjalan 30 TOPS (Tera Operations per Second) dan juga lebih banyak menggunakan tipe data INT-8 dan diperkirakan pada tahun 2024 ada 170 juta next-gen smartphone AI yang telah dikirim, siap untuk digunakan untuk pengguna seluruh dunia.

Apa sih NPU dan apa manfaatnya ?

NPU adalah komponen perangkat keras khusus yang dirancang untuk mempercepat eksekusi AI dan algoritma pembelajaran mesin.*sumber : https://autogpt.net/ai-advancements-inside-the-world-of-neural-processor-units-npus/

NPU Qualcomm Snapdragon® 8 Gen 3

Manfaat NPU memiliki beberapa manfaat seperti ini :

1. Meningkatkan Performa : Adanya AI dan komponen NPU mampu mempercepat proses berbasis AI seperti pengenalan wajah, pengenalan suara atau pemrosesan foto-gambar-video. Dengan NPU dapat menjalankan jaringan saraf ini lebih cepat dan lebih efisien daya daripada CPU atau GPU, yang merupakan prosesor normal pada smartphone.

2. Meningkatkan Efisiensi Energi : Komponen NPU di SoC / prosesor dirancang untuk bekerja dengan efisiensi daya yang tinggi akhirnya ujung-ujungnya dapat menghemat daya baterai smartphone.

3. Meningkatkan Kapasitas : Dengan adanya komponen NPU, smartphone dapat memproses berbagai sistem cerdas dengan lebih cepat dan akurat, seperti pada asisten virtual, pengenal wajah, atau fitur beauty dalam fotografi.

4. Meningkatkan Pengalaman Baru: Adanya NPU dapat belajar dari perilaku dan preferensi pengguna untuk memberikan pengalaman pengguna yang bisa dipersonalisasi.

5. Dukungan Teknologi Baru : NPU mendukung teknologi smartphone 5G yang membutuhkan pemrosesan data dalam jumlah besar. Selain itu, teknologi ini juga ideal untuk perangkat AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality) di masa yang akan datang.

6. Hybrid NPU dengan GPU : Saat ini konsep GPNPU (GPU-NPU hybrid) juga muncul dengan tujuan untuk menggabungkan kekuatan GPU dan NPU menjadi satu untuk mendongkrak kinerja TOPS di sebuah smartphone.

Cukup menarik manfaat penggunaan NPU di smartphone, yang saat ini bisa ditemukan salah satunya pada SoC besutan dari Qualcomm yaitu Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform ( Hexagon NPU ) yang digunakan pada smartphone ASUS salah satunya adalah Zenfone 11 Ultra yang kebetulan pada 11 Juni 2024 resmi launching di Indonesia.

Sebagai smartphone AI yang menggunakan SoC buatan Qualcomm yang dikategorikan sebagai SoC terkencang di dunia saat ini, apa kelebihan yang dimiliki Zenfone 11 Ultra yang menarik untuk dilirik sebagai Smartphone AI ditahun 2024. Simak ulasannya dibawah ini : 

KECEPATAN TANPA BATAS

Menggunakan SoC Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform Zenfone 11 Ultra merupakan smartphone yang ditenagai oleh Hexagon NPU didesain untuk generative AI terbaik dikelasnya dengan 98% lebih cepat dan 40% lebih baik perfomance-per-watt dibanding generasi sebelumnya. Selain NPU pasti keberadaan CPU-GPU Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform pada Zenfone 11 Ultra ini menjadi senjata utama untuk pengoperasian smartphone dengan cepat, mulai dari main game intensif, buka banyak aplikasi berat dan kerjanya sambil multitasking tidak akan ada kendala.

Dukungan GPU Adreno™ 750 juga menjadikan Zenfone 11 Ultra ini bakal ngebut untuk sesi gaming secara intensif dan tidak ketinggalan bisa untuk mendongkrak perfomance TOPS yang intensif menjalankan lebih baik berkat kerja Hybrid antara NPU + GPU. Pada sisi RAM dengan kapasitas up to 16GB menggunakan teknologi LPDDR5X menjadikan kinerja multitasking lebih cepat dan tidak ada kendala dengan lagging saat pindah antar aplikasi yang terbuka.

Pada ROM atau penyimpanan internal memiliki kapasitas yang besar hingga 512GB dengan teknologi UFS 4.0. ROM dengan teknologi UFS 4.0 sangat penting bagi smartphone yang menggunakan teknologi dan fitur terbaik saat ini, karena beberapa alasan berikut ini :

1. Kecepatan : UFS 4.0 memiliki kecepatan baca hingga 4200 MB/detik dan kecepatan tulis hingga 2800 MB/detik yang artinnya dua kali lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Dengan kecepatan super cepat ini, smartphone dapat memproses data lebih cepat, membuka maupun menjalankan aplikasi lebih cepat dan begitu juga main game bakal lebih cepat saat membuka dan jalankan game secara intensif.

2. Efisiensi Daya : Teknologi UFS 4.0 ini 46% lebih efisien daya daripada UFS 3.1. Dengan begitu pengguna akan mendapatkan peningkatan daya tahan baterai pada smartphone meskipun kinerjanya lebih cepat.

3. Kapasitas Tinggi: Dengan UFS 4.0 akan tersedia pilihan tempat penyimpanan dengan kapasitas hingga 1TB. Layaknya PC / laptop dengan kapasitas tinggi, pengguna smartphone dapat menyimpan data lebih banyak di penyimpanan internal tanpa perlu bantuan penyimpanan eksternal seperti microSD.

4. Dukungan untuk Teknologi Baru : UFS 4.0 mendukung teknologi smartphone 5G yang pastinya membutuhkan pemrosesan data dalam jumlah besar. Selain itu, teknologi ini juga ideal untuk perangkat AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality) di masa yang akan datang.

5. Peningkatan Performa : Imbas dari kecepatan dan efisiensi yang lebih baik, dengan UFS 4.0 memberikan dampak yang signifikan pada peningkatan performa agar tidak terjadi bottleneck di sistem smartphone.

TAMPILAN ASUS ZENFONE 11 ULTRA

Kali ini logo ASUS di cover belakang Zenfone 11 Ultra berbeda dibanding generasi sebelumnya, tidak hanya terbuat dari finishing kaca dengan lapisan matte yang terkesan premium dan nyaman di genggam, karena bertepatan dengan ulang tahun ASUS yang ke-30 dimana didahului oleh laptop ASUS pada April 2022 ASUS memperbarui logonya, yang diiringi dengan peluncuran dua laptop ultra-tipis dan ultra-ringan dari seri Zenbook.

Logo ASUS berubah menyerupai kepala panah yang desainnya terdiri dari dua segitiga persegi panjang berukuran berbeda yang disusun dalam bentuk panah ke atas jadi logo “A” yang pada laptop dan smartphone ASUS melambangkan inovasi dan pertumbuhan yang merupakan ciri khas dari brand ASUS.

Pada warna Zenfone 11 Ultra memiliki empat warna yang terinspirasi oleh pemandangan dari seluruh dunia. Mulai warna klasik Skyline Blue dan Eternal Black yang populer mencerminkan langit biru di siang hari dan hitam di malam hari di Skandinavia, sedangkan Misty Grey dan Desert Sand masing-masing terinspirasi dari pagi berkabut dan bukit pasir yang menakjubkan.

Zenfone 11 Ultra selain kuat dan bergaya, juga ramah lingkungan, dimana rangka ponselnya terbuat dari 100% aluminium daur ulang dan sisi layarnya terdiri dari lebih dari 1/5 kaca daur ulang, menjadikan ASUS selangkah lebih dekat ke rantai pasokan sirkular (Circular supply chain) dan juga berhasil mengurangi 94% penggunaan plastik untuk kemasan dengan menggunakan kertas sebagai pembungkus ponsel dan kabel.

CPU semakin kencang dan hemat daya dengan Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform disokong dengan baterai kapasitas 5500 mAh yang lebih besar kapasitasnya dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yang mampu meningkatkan daya tahan baterai Zenfone 11 Ultra sebesar 26,5%. Peningkatan ini memastikan bahwa pengguna dapat menikmati penggunaan tanpa gangguan untuk waktu yang lama. Mendukung lebih dari 26 jam penggunaan reguler, Zenfone 11 Ultra menetapkan standar baru untuk daya tahan di industri smartphone.

Saat baterai habis proses charging juga ditingkatkan dengan adanya fitur HyperCharge 65 W untuk menaikkan performa pengisian daya yang lebih maksimal, sehingga pengguna dapat mengisi daya perangkat mereka dengan cepat dan efisien. Untuk menambah kenyamanan selain menggunakan kabel ada opsi lain proses charging pada Zenfone 11 Ultra, yaitu mendukung pengisian daya nirkabel yang kompatibel dengan pengisi daya nirkabel bersertifikat Qi.

EXPAND YOUR VISION BERSAMA ASUS ZENFONE 11 ULTRA

Sesuai dengan tagline Zenfone 11 Ultra  " Expand Your Vison yang kurang lebih artinya perluas visi anda ", yang mengusung beberapa komponen dan fitur yang memberi keleluasaan pada pandangan dan manfaat pada smartphone ini, antara lain :

LAYAR AMOLED YANG LUAS DAN MEMUKAU

Berbeda dengan generasi sebelumnya ASUS Zenfone 11 Ultra menggunakan jenis layar yang lebih luas dan imersif dalam memanjakan mata penggunanya, berkat layar AMOLED 6,78 inci dengan refresh rate max. 144 Hz untuk gaming semakin sempurna dengan teknologi Pixelworks®, dimana pengguna akan disuguhi dengan visual yang hidup dengan teknologi Low-Temperature Polycrystalline Oxide (LTPO) untuk meningkatkan efisiensi daya yang dikeluarkan oleh layar. Desain ponsel ini juga tak kalah mengesankan, dengan body to ratio 94% yang luar biasa yang dicapai melalui bezel yang jauh lebih tipis.

KAMERA YANG MEMUKAU
Dukungan dari kamera Zenfone 11 Ultra sangat luar biasa kemampuannya dalam menangkap momen melalui fotografi dan videografi menggunakan smartphone. Pada kamera utama memiliki resolusi 50 MP didukung oleh sensor Sony® IMX890 dilengkapi oleh fitur-fitur keren mulai dari stabilizer 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, stabilisasi video Super HyperSteady, dan perekaman suara surround 3D bertenaga OZO Audio. Elemen-elemen ini akan digabungkan untuk menghasilkan stabilisasi dan kualitas audio yang tak tertandingi. 

Mengedepankan stabilitas, kamera Zenfone 11 Ultra dilengkapi dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer generasi ketiga. Teknologi inovatif ini memastikan bahwa video tetap bebas blur dan bebas guncangan saat ponsel sedang banyak bergerak. Sehingga memungkinkan pengguna untuk mengambil bidikan foto dan video semakin berkualitas dengan cukup mudah.

Ada peningkatan pada sisi hardware, tidak lupa di Zenfone 11 Ultra juga ada peningkatan pada sistem software kameranya dalam meningkatkan kemampuan pencitraannya foto dan video, antara lain :

Mode AI Portrait Video menawarkan efek foto depth of field, menambahkan estetika profesional pada video. Sementara penyesuaian fokus manual memberikan kontrol penuh kepada pengguna dalam berkreasi dalam narasi visual.

Dukungan AI semakin menambah pengalaman baru bagi pengguna, juga memperkenalkan fitur-fitur seperti HyperClarity dan AI Object Sense, yang membantu mengambil gambar yang realistis dan mengabadikan setiap momen kehidupan.

HyperClarity yang dapat diaktifkan saat penggunaan zoom, secara signifikan meningkatkan kejernihan gambar melalui model pembelajaran mendalam, merekonstruksi gambar dan menambahkan detail berdasarkan pengenalan AI. Untuk kamera depan 32 MP memiliki sensor RGBW menawarkan peningkatan kinerja cahaya rendah dan sudut yang lebih luas, memastikan selfie yang menakjubkan bahkan di lingkungan yang menantang. 

KEMUDAHAN DENGAN FITUR MASA DEPAN PAKAI ARTIFICIAL INTELLIGENCE

Zenfone 11 Ultra menawarkan fitur AI yang canggih dan memanfaatkan kinerja AI yang kuat dari Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform untuk mengubah cara pengguna berinteraksi dengan perangkat mereka. Kemampuan AI Noise Cancellation pada ponsel ini telah didukung oleh teknik komputasi pembelajaran mesin, agar memastikan kualitas audio yang jernih di semua skenario, baik itu panggilan telepon, panggilan pesan instan, atau komunikasi dalam game. Fitur ini sangat pentng saat digunakan pada aktifitas video conference yang sangat membantu meminimalisir suara berisik dari luar agar tidak masuk saat video conference.

Ada fitur AI yang keren di Zenfone 11 Ultra yaitu AI Call Translator yang memungkinkan konversi suara ke teks secara instan dan menerjemahkannya ke dalam bahasa pilihan pengguna. Dengan memanfaatkan model AI yang canggih, Zenfone 11 Ultra mampu memfasilitasi fitur komunikasi yang bebas hambatan pada bahasa yang ada di dunia. Terjemahan tersebut kemudian dikonversi menjadi suara yang jernih, sehingga meningkatkan pemahaman dan konektivitas bagi pengguna di seluruh dunia.

Fitur AI Wallpaper pada Zenfone 11 Ultra memberi kebebasan pada pengguna untuk membuat personalisasi wallpaper dengan mudah berdasarkan 6 arah gaya yang berbeda. Fitur ini akan membuat algoritma AI Zenfone 11 Ultra yang canggih, sehingga pengguna dapat membuat wallpaper unik yang mencerminkan gaya dan kepribadian.

Fitur revolusioner lainnya adalah fungsi AI Transcript, yang menawarkan transkripsi secara nyata ketika menggunakan aplikasi perekam (Recorder), baik saat merekam maupun dari file suara yang sudah ada. Fitur ini didukung oleh teknologi AI yang canggih. Dengan bantuan alat perekam internal ponsel, langsung dapat dengan mudah menangkap dan menyimpan transkrip.

Zenfone 11 Ultra juga ada fitur manajemen file canggih dengan Semantic Search. Pengguna dapat mencari foto di galeri dan aplikasi yang terinstal menggunakan kata kunci, berkat pembelajaran multimodal. Fitur intuitif ini memahami perintah bahasa alami, mendukung berbagai bahasa dan fungsionalitas offline. Selain itu, fitur ini terintegrasi ke dalam pengaturan ponsel untuk akses yang mudah, merampingkan pengalaman pengguna saat mengatur ponsel.

SPESIFIKASI

Dimensions / Weight 163.8 x 76.8 x 8.9 mm / 224g
Color Classic: Skyline Blue / Eternal Black
New: Misty Grey / Desert Sand
Rear Cam Main: 50 MP 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0;1/1.56", f/1.9
Wide: 13 MP, f/2.2, Free-form Lens

Tele: 32 MP, f/2.4, OIS, 3X optical zoom, pixel binning 1.4μm (Actual output photo: 8MP)
Front Cam
32 MP RGBW, pixel binning 1.4μm (Actual output photo: 8 MP)
Display
6.78" flexible AMOLED, FHD+, up to 144Hz;refresh rate (Only available in game), LTPO 1 ~ 120 Hz, peak brightness 2,500
Battery / Charging
5,500 mAh (typical);Wired 65 W HyperCharge, Wireless 15 W Qi cert. charging
RAM - ROM
RAM: up to 16 GB LPDDR5X

ROM: up to 512 GB UFS 4.0
Frequency
5G SA;NSA: n1 / n2 / n3 / n5 / n7 / n8 / n12 /n18 / n20 / n25 / n26 / n28 / n38 / n40 / n41 / n48 / n66 / n77 / n78 / n79

4G FDD-LTE: B1 / B2 / B3 / B4 / B5 / B7 / B8 / B12 /B17 / B18 / B19 / B20 / B25 / B26 / B28 / B32 / B66

4G TDD-LTE: B34 / B38 / B39 / B40 / B41 / B42 / B43/ B48

WCDMA: 800 / 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100 MHz

GSM: 850 / 900 / 1800 / 1900 MHz
Others
Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient light;sensor, Fingerprint on Display, Gyro (Support ARCore), Hall;Sensor, Wi-Fi 7 ready, Bluetooth 5.4, GPS / GNSS / GLONASS / Galileo / Beidou;/ QZSS / NavIC, 3.5mm headset, NFC


HARGA DAN PROMO

Bagi yang tertarik dan ingin mendapatkan Smartphone ASUS Zenfone 11 Ultra, berikut harga promonya :

ASUS Zenfone 11 Ultra First Sales Promo (Periode 11 Juni - 30 Juni 2024) :

1. Zenfone 11 Ultra RAM 12GB / ROM 256GB Disc.1Jt > dari harga Rp 10.999.000,- menjadi Rp 9.999.000,-

2. Zenfone 11 Ultra RAM 16GB / ROM 512GB Disc.1Jt > dari harga Rp 14.999.000,- menjadi Rp 13.999.000,-

Keberadaan NPU pada Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform yang digunakan ASUS Zenfone 11 Ultra menjadikan Smartphone AI ini sebagai jawaban akan kebutuhan implementasi AI di perangkat smartphone. Banyak manfaat penerapan AI di smartphone yang akan memberi kemudahan penggunanya, terutama pada fotografi, videografi dan personalisasi yang membuat keberadaan NPU di ASUS Zenfone 11 Ultra sangat penting terutama pada efisiensi power yang membuat baterai semakin lama masa pakainya.

“Artikel ini diikutsertakan pada Zenfone 11 Blog Writing Competiton di Blog Oom Yahya”


You might also like

1 comment

  1. Fitur AI ini udah sejak Zenfone 5 ya tenyata. Mantap sih, apalagi dukungan processor, memory, dan penyimpanan yang mumpuni bakalan minim kendala dalam penggunaan AI nya. Ulasannya mantap lengkap dan mudah dipahami.

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)