SEMAKIN PRODUKTIF DAN ENJOY DENGAN ROG PHONE 6

Dua tahun lalu akhirnya bisa pertama kali menggunakan smartphone gaming yang paling ditunggu saat itu yaitu ROG Phone 3. Begitu takjubnya memakainya untuk penggunaan daily driver, serasa menggunakan gear terbaik dikala itu. Digunakan sebagai daily driver smartphone gaming ini sering dipakai untuk kirim pesan, update media social, main game, terkadang buat salurkan hobby baru di dunia photography-videography dan dampaknya itu sangat terasa sekali.

Ada yang bilang smartphone gaming itu didesain untuk para gamer, terus apa cocok dibuat kerja ?

Buktinya yang sudah saya kerjakan selama ini, Jawabannya Pasti Sangat Cocok Sekali meskipun spesifikasi dan fiturnya super anti ngelag saat main game, namun tetap spesifikasi dan segala fitur - fiturnya yang dimiliki sangat mendukung produktifitas. Apa saja itu berikut penjelasannya :

PERFOMANCE TERBAIK
Perfomance smartphone gaming ROG Phone 3 dijamin pasti terbaik karena merajai rangking Antutu di pertengahan tahun 2020 mengalahkan smartphone gaming dan smartphone premium lainnya. Semua itu berkat penggunaan prosesor monster dari Qualcomm Snapdragon 865 yang begitu digdaya di sisi CPU dan GPU, mau main game apapun pasti anti ngelag. Untuk RAM LPDDR5 8GB dan ROM 128GB UFS3.1 menjadikan smartphone gaming ini lancar saat banyak membuka aplikasi, smooth saat perpindahan antar aplikasi dan membuka game / aplikasi sangat cepat sekali. 

hasil benchmark ROG Phone 3
Bahkan saat istirahat pikiran penat habis menyelesaikan perkerjaan yang sebegitu banyak, langsung buka smartphone dan mainkan game PUBG. Selama main game berkat perfomance yang sangat cepat tanpa ngelag akhirnya misi dalam game bisa terselesaikan dan akhirnya kepenatan bisa hilang. Coba bayangkan saat main game terkendala sama performa smartphone bukannya kepenatan dalam pikiran hilang bahkan semakin bertambah stress.

LAYAR MEMUKAU
Menggunakan layar jenis AMOLED ukuran 6,59 inch dengan resolusi 1080x2340 yang luas dan warna mendekati kenyataan berkat color accuracy Delta-E <1 serta mendukung teknologi HDR10 menjadikan smartphone ini nyaman di mata. Bahkan smartphone ini sudah memiliki sertifikasi dari TÜV Rheinland yang diakui mampu mengurangi paparan cahaya biru dan anti flicker yang bagus untuk kesehatan dan kenyamanan mata.

Memiliki layar yang luas dan detail sangat penting untuk visualisasi, ROG Phone 3 memiliki kerapatan piksel 391 ppi density yang menjadikan piksel dilayar sangat padat dengan begitu tampilan gambar dan video sangat jelas dan detail. Kecerahan layar yang tinggi hingga 727 nits sangat membantu disaat bekerja diluar ruangan jadi saat ada telpon dan pesan penting masih bisa dilihat meskipun berada diluar dengan terik matahari yang terang jadi tidak perlu mengarahkan smartphone masuk kedalam ruangan agar bisa melihat layar smartphone.

sering MVP di PUBG mobile

Saat istirahat biasanya dengan main game bisa menaikan mood kerja apalagi sudah didukung oleh layar touch screen yang cocok untuk main game. Mulai dari refresh rate layar 144Hz mampu menyuguhkan visual tampilan game lebih hidup dan jelas yang sangat mempengaruhi kenyamanan mata. Ditunjang dengan kemampuan layar touch screennya dengan touch sampling rate 270Hz mampu merespon 270 sentuhan dalam 1 detik dan touch latency 25 ms mampu merespon sentuhan perintah dilayar sangat cepat 25 ms ke sistem, dengan begitu ketika saya tekan tombol tembak saat main game PUBG mobile akan langsung cepat direspon oleh layar touch screen untuk diteruskan ke sistem game, dengan begitu meskipun masih pemain baru sering mendapat MVP karena terbanyak kill musuh disetiap tournament.

DESAIN SMARTPHONE GAMING
Sebagai smartphone gaming pasti desainnya spesial memiliki ukuran dimensi 171 x 78 x 9.9 mm yang mana identik dengan ukuran yang memanjang, karena dengan desain yang memanjang ini saat bermain game pasti lebih leluasa dan nyaman di posisi landscape karena cocok dengan pegangan di grip tangan kanan dan kiri. Dipenggunaan sehari - hari desain memanjang ini terlihat mencolok apabila ditaruh disaku baju depan, tapi meskipun mencolok keuntungannya kamera di ROG Phone 3 ini tidak tertutup saku.

Saat pandemi Covid-19 selama 2 tahun kemarin dikantorku sedang menggalakan penggunaan wajib pakai masker dengan benar. Setiap waktu ada jadwal keliling area perusahaan untuk memastikan pelaksanaan aturan penggunaan masker dilapangan sudah dijalankan dengan benar oleh semua karyawan. Terkadang ada dilema saat keliling apabila menemukan karyawan yang tidak pakai masker langsung ditindak, oleh karena itu perlu ada trik agar saat keliling ada bukti langsung bahwa karyawan itu melakukan pelanggaran tidak melaksanakan penggunaan masker dengan benar. 

Trik ini memanfaatkan ROG Phone 3 sebagai alat rekam video dengan ditaruh disaku depan, dengan begitu saat rekam video tidak terlalu mencolok ketimbang rekam video pakai tangan langsung dan juga videonya nanti akan menjadi sebuah bukti ke HRD bila ada penyimpangan. Merekam video sambil jalan menggunakan ROG Phone 3 seperti ilustrasi gambar dibawah posisi kamera masih aman untuk merekam video kondisi tenaga kerja dilapangan.

ilustrasi ROG Phone 3 ditaruh disaku baju depan

Biar aman rekam video saat dimasukan saku baju depan dilayar ROG Phone 3 harus kondisi off agar layar tidak kepencet - pencet saat dibuat jalan, karena aplikasi kamera bawaannya tidak mendukung rekam video saat kondisi layar off. Untung ada aplikasi rekam video pihak ketiga yang bisa merekam video yang aplikasinya jalan di background, dengan begitu aman saat ditaruh disaku tidak akan terganggu aplikasinya saat rekam video.

Hasilnya.....setelah keliling area perusahaan akhirnya bisa menemukan personil di area mesin yang tidak menjalankan dengan benar penggunaan maskernya. Dengan menunjukan hasil rekaman video sangat mudah mengidentifikasi siapa saja personil yang melanggar dan videonya diberikan ke bagian HRD untuk segera ditindaklanjuti pelanggaran ini.

Smartphone gaming canggih ini mau dipakai di indoor dan outdoor tidak masalah namun harus dijaga kalau pas kondisi hujan rintik - rintik, terpaksa harus masuk kedalam ruangan agar tidak terkena percikan air yang bisa bikin masalah smartphone. ROG Phone 3 belum mendukung IPX4 rating yang menjadi rujukan smartphone tahan dari percikan atau tetesan air atau tidak.

ROG Phone 3 didesain tidak memiliki port Jack audio 3,5", agar bisa menggunakan jack audio ini disediakan converter bawaannya berupa USB Type-C to Audio Jack 3,5". Jadi agak ribet memakainya karena untuk pakai jack audio harus menancapkan converternya dulu baru bisa dan juga kabel conveter ini dimensinya yang kecil menjadikannya barang kecil ini berisiko hilang. 

BATERAI KAPASITAS BESAR
Smartphone gaming pasti didesain agar saat main game tidak ribet sering cari colokan listrik untuk charge smartphone. Di ROG Phone 3 memiliki baterai dengan kapasitas 6000 mAh yang pasti long lasting baterainya lebih baik saat main game maupun bekerja. Pernah saat liburan dirumah dibuat main game PUBG dengan menggunakan koneksi data 4G LTE kurang lebih ada 4 jam baterai masih bisa bertahan.

Saat bekerja mulai dari pagi kondisi 100% sampai pulang kerja kondisi baterai masih tertinggal 60%~70% dilanjutkan aktifitas dirumah akhirnya baru besok paginya di charge lagi. Secara tidak langsung kapasitas baterai yang besar dengan berbagai kondisi kerja dikantor seperti ada meeting, ada perbaikan dilapangan tidak akan ribet cari colokan listrik buat charge smartphone ini. Oleh karena itu saya saat berangkat ke kantor cuma bawa kabel USB saja dan tidak pernah membawa power adapter yang bikin sesak tas bawaan. 

Fitur Bypass Charging
Ada fitur menarik yang menurut saya juga begitu penting untuk keawetan smartphone dan baterai di ROG Phone 3 yaitu fitur Bypass Charging. Fitur ini bisa ditemukan di game genie yang mampu memilah proses charging, apakah proses charging hanya untuk system saja atau sekalian charge baterai. Apabila Bypass charging diaktifkan ada dua pilihan Regular charging ( menyuplai power ke sistem dan baterai ) atau Bypass charging ( menyuplai power ke sistem saja ). Pengaruhnya saat pilih regular charging smartphone akan terasa panas karena saat main game power akan menyuplai ke sistem dan baterai, penyebab panasnya ini karena penggunaan power menyuplai baterai pasti menyebabkan panas apalagi dipakai main game yang kinerja CPU - GPU meningkat akan mengeluarkan panas. Berbeda dengan mengaktifkan Bypass Charging power akan menyuplai sistem saja dan baterai tetap tidak akan terkuras powernya dan tidak panas berlebih.  

INTERKONEKSI CANGGIH
Di area lingkungan perusahaan pasti ada area hotspot yang merupakan fasilitas dari kantor untuk mempermudah karyawan dalam berkomunikasi. Pasti ada area tertentu yang dikeluhkan merupakan area blank spot karena mayoritas smartphone karyawan lain tidak tercover oleh hotspot, canggihnya ini ROG Phone 3 masih bisa tercover oleh hotspot meskipun kekuatan signal WiFi lumayan bagus.

Adanya WiFi 6 di ROG Phone 3 juga sangat penting untuk kompatibiltas interkoneksi dengan hotspot yang digunakan. Mau main game dan bekerja di area spot yang menggunakan teknologi lama sampai baru mulai dari WiFi pakai frekuensi 2,4GHz/ 5GHz /6 GHz masih bisa terkoneksi. Dengan begitu saat mau masuk cafe atau area hotspot lainnya tidak akan ada kendala yang disebabkan kompatibilitas antar smartphone dengan router.

KAMERA HEBAT
Smartphone gaming ROG Phone 3 tidak hanya gahar di perfomance namun disisi kameranya sudah bagus sekali, bahkan untuk ambil foto dan video apapun sangat bisa diandalkan. Hasil foto dan video bagus - bagus semua, terima kasih kepada sensor kamera Sony IMX686 64MP yang digunakan karena mampu menyuguhkan sensasi hasil foto dan video yang keren - keren, bahkan di indoor yang cahaya tergolong minim masih bisa mendapatkan foto yang jelas.
foto untuk keperluan kantor dan acara koperasi

foto milky way oleh ROG Phone 3 

Untuk aktifitas dikantor sering dihandalkan ROG Phone 3 ini untuk dokumentasi kepentingan perusahaan bahkan saat acara rapat tahunan koperasi karyawan saja semua momen di dokumentasikan dengan baik. Bahkan terakhir foto terbaik saat weekend healing ke Gunung bromo bersama rekan - rekan kantor mendapatkan foto milky way indahnya langit di bromo.

Akhirnya sudah 2 tahun ditemani ROG Phone 3 dan tetap smartphone gaming ini masih bisa diandalkan, banyak fitur yang dimiliki terbukti mampu meningkatkan produktifitas saat bekerja dan ada beberapa fitur yang belum ada. Semoga pada ROG Phone generasi berikutnya bisa ditambahkan, itulah mengapa setiap ada launching ROG Phone generasi terbaru akan menjadi sorotan karena akan dibandingkan dengan sebelumnya. Ada improvement apa saja yang menjadikan smartphone gaming ini cukup menarik minat para ROGER.

SELAMAT DATANG ROG PHONE 6
Pada 21 September 2022 akhirnya keluar generasi terbaru smartphone gaming ROG Phone yaitu ROG Phone 6 yang hadir di Indonesia dengan mengusung beberapa fitur baru yang tidak ditemui di generasi sebelumnya dan pastinya perfomance ROG Phone 6 semakin buas.
ROG Phone 6 the best smartphone gaming

Dari ROG Phone 3 dilanjutkan dengan generasi terbaru ROG Phone 6 sesuai dengan harapan apakah smartphone gaming ini bisa lebih meningkatkan produktifitas dan kesenangan bagi saya seorang sebagai pekerja kantoran. Dari fitur yang diusung pasti bisa karena ada beberapa fitur yang saya temukan merupakan improvement dari generasi sebelumnya. Apa saja itu berikut penjelasannya :

PERFOMANCE SEMAKIN BUAS dan STABIL
Menggunakan CPU Qualcomm Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile dan GPU Adreno 730 menjadikan ROG Phone 6 semakin terdepan dari sisi perfomance karena ada peningkatan 10% dan dari sisi efisiensi daya ada peningkatan 30%. dari generasi sebelumnya Perfomance semakin meningkat juga didukung dengan keberadaan RAM LPDDR5 dengan kapasitas hingga 18GB dan ROM menggunakan UFS 3.1 hingga 512GB. 

hasil benchmark ROG Phone 6

Dari ROG Phone 3 ke ROG Phone 6 Perfomance bisa meningkat hampir 2 kali lipat bila Antutu benchmark menjadi sebuah patokan. Begitu luar biasa perfomance dari ROG Phone 6 ini pasti produktifitas dan sensasi main game juga semakin meningkat. Tidak ada ada namanya ngelag semua aplikasi dan game bakal dibabat habis.

Pada waktu ada pekerjaan yang menumpuk saat istirahat pasti ingin menghilangkan kepenatan dengan cara main game PUBG mobile, dengan ROG Phone 6 pasti main PUBG mobile lebih smooth dengan setingan rata kanan. Membuka aplikasi perpesanan, media sosial dan aplikasi pendukung lainnya untuk menunjang produktifitas semakin lancar terutama perpindahan antar aplikasi yang menumpuk berjalan dibelakang.

Perfomance buas dari CPU-GPU-RAM dan ROM agar tetap stabil perlu didukung dengan sistem pendingin yang memukau agar sistem tidak kejadian throttling ( perfomance menurun akibat beban load yang terus menerus ). ROG Phone 6 ini sudah menggunakan sistem pendingin terbaru yaitu GameCool 6 yang didesain lebih optimal dalam menyerap dan membuang panas dari CPU. GameCool 6 ini didesain dengan memperbesar luas area penampang graphite shite untuk membuang panas dan penampang vapor chamber untuk menangkap panas, apalagi penggunaan Boron Nitride Thermal Compound lebih efisien dalam mentransfer panas dari chip CPU ke vapor chamber.

tear down sistem pendingin gamecool 6

Buat yang antusias main game dan sering bermain game secara maraton perlu didukung dengan sistem pendingin aktif agar sistem lebih stabil tidak mengalami penurunan perfomance. Kerennya ROG phone 6 didukung pula oleh sistem pendingin aktif yaitu AeroActive Cooler 6 yang memiliki desain yang cukup menarik apabila dipasang semakin meningkatkan kegokilan ROG Phone 6.

AeroActive Cooler 6 untuk ROG Phone 6 ini semakin canggih karena memiliki banyak layer yang memiliki peranan penting untuk bisa memaksimalkan sistem pendingin aktif ini, seperti terlihat desain penampang AeroActive Cooler 6 dibawah ini bila dibongkar satu persatu. Kemampuan AeroActive Cooler 6 ini sudah menggunakan sistem pendingin termoelektrik (peltier) dengan basis AI dan ada fan yang mampu memberikan aliran udara segar mendinginkan cooling fins dan diteruskan ke peltier - cooper plate dan thermally conductive pad langsung menuju surface area diback case persis diatas CPU. Dengan begitu kemampuannya AeroActve Cooler 6 bisa mendinginkan area CPU hingga suhu 25 derajat celsius.
teardown AeroActive Cooler 6

hasil pengujianAeroActive Cooler 6 sumber : nasilemaktech.com dan www.xda-developers.com

Didukung dengan 4 mode yang oleh pengguna bisa mengaktifkannya di aplikasi fitur Armoury Crate, yaitu:
  1. Mode Smart : Secara otomatis menyesuaikan dengan suhu telepon
  2. Mode Cool : Menyalakan fan saja
  3. Mode Frosty : Menyalakan fan dan pendingin termoelektrik (alias TEC atau pendingin peltier)
  4. Mode Frozen : Menaikkan kecepatan kipas secara maksimal dan menyalakan pendingin termoelektrik juga dan mode frozen ini akan mengharuskan pengisi daya dicolokkan ke port USB-C AeroActive Cooler.

LAYAR SEMAKIN RESPONSIF dan TETAP AMAN BAGI MATA

ROG Phone 6 memiliki layar yang sangat responsif dan semakin mempesona dengan adanya beberapa peningkatan. Mengusung layar Samsung AMOLED ukuran 6,78 inch semakin gokil karena sudah mendukung refresh rate hingga 165 Hz, yang berpengaruh pada kehalusan dan detailnya gambar pada layar. Memilik kecerahan layar 829 nits sebuah peningkatan yang sangat bermanfaat untuk pemakaian daily driver yang akan beraktifitas di luar ruangan terkena cahaya matahari, karena tulisan dan gambar semakin terlihat jelas tidak kalah dengan terangnya cahaya matahari sehingga tidak perlu mencari lokasi dalam ruangan untuk melihat layar smartphone. 

layar paling responsif pada ROG Phone 6

Pada touchscreen untuk Touch Sampling Rate ada peningkatan hingga 720 Hz dari generasi sebelumnya, angka ini menunjukkan kemampuan layar touch screen bisa menerima 720 sentuhan dalam 1 detik yang bagus dalam merespon semua sentuhan pada layar touchscreen. Selanjutnya touch latency juga ada kenaikan menjadi 23ms, yang akan memberi sensasi tersendiri dimana kecepatan respon yang lebih baik dari touchscreen untuk menjalankan suatu perintah pada sistem game.

Kualitas warnanya mendekati kenyataan sangat bagus berkat kemampuan dari Layar Samsung AMOLED yang memiliki akurasi warna Delta-E<1. Memiliki fitur HDR10+ yang akan menjadikan tampilan lebih hidup dengan kualitas bentangan warna yang semakin luas. Tidak lupa layar ROG Phone 6 dilindungi oleh layar kuat Corning® Gorilla® Glass Victus™ dan dari semua fitur yang ada demi dilayar untuk menjaga kesehatan mata perlu ada Eye Care Display. Fitur ini yang akan mengurangi bahaya cahaya biru sampai 6,5% dan ROG Phone 6 ini sudah memiliki sertifkasi dari SGS untuk Eye Care Display.

DESAIN SEMAKIN MENARIK dan ADA IMPROVEMENT
Main game di ROG Phone 6 ini juga semakin menarik berkat adanya AirTrigger 6, dimana pengguna bisa aktifkan mappingnya hingga 14 touch point dilayar smartphone dan ada 4 di AeroActive Cooler 6. AirTrigger 6 ini semacam tombol tambahan dengan memaksimalkan ergonomi tangan saat memegang Smartphone gaming posisi landscape. Sambil memegang smartphone bagaimana caranya agar jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan jari kelingking dimaksimalkan agar bisa membantu menekan tombol dengan mudah, dengan begitu saat main game bisa lebih kompetitif.
Air Trigger 6 ROG Phone 6

Improvement Air Trigger 6
Motion control ROG phone 6
ROG Phone 6 memiliki desain yang menarik dengan dimensi 173.0 x 77.0 x10.3 mm yang cenderung memanjang, cocok sekali saat digunakan untuk inspeksi mendadak dilapanagan dan main game dalam mode landscape karena pas dengan grip tangan saat dipegang. Untuk ROG Phone 6 memiliki 2 warna storm white dan phantom black, untuk ROG Phone 6 Pro hanya memiliki satu warna Storm white. AirTrigger 6 didukung sensor ultrasonik ada peningkatan semakin banyaknya gerakan yang didukung mulai dari gerakan Dual Action, Press and Lift dan Gyroscope Aiming yang nantinya bakal bermanfaat penggunannya saat main game.
Kunai 3 Gamepad

Dukungan aksoseris game yang lengkap sangat membantu immersive saat main game layaknya menggunakan konsole seperti Kunai 3 GamePad yang bisa berfungsi menjadi 3 mode yaitu Handheld Mode, All-in-one Mode dan Mobility Mode. Jarang ada sebuah smartphone gaming yang didukung aksesories game selengkap di ROG Phone 6.

interface Game Genie dan aktifkan fitur Bypass charging

Adanya side mount port sangat mendukung untuk kenyamanan bermain sambil menjalankan Bypass Charging. Semua sudah tahu main game sambil charge sangat tidak disarankan karena dapat merusak board dan baterai karena akan menghasilkan panas berlebih pada port dan baterai. Untuk mencegah itu apabila ingin main game tapi tidak ingin menguras baterai bisa aktifkan Bypass Charging yang ada di Game Genie maka power yang masuk dari adapater akan menyokong kebutuhan sistem saja dan tidak mengisi baterai. Dengan begitu main game sambil colok adapter di side port tidak akan menggangu grip tangan, main game lancar, baterai dan board semakin awet dan nyaman tidak ada panas berlebih di tubuh smartphone yang bikin tidak nyaman dipegang saat main game.  

logo ROG Fearless Eye dalam Aura RGB
Identik dengan logo ROG fearless eye di back case yang bisa nyala RGB, kali ini berbeda dengan menggunakan logo ROG memakai LED dot matrix yang menyala 2 warna berbeda saat gradasi. Sesuaikan mood dengan memanfaatkan 8 mood lighting template bawaan yang mau ditunjukan pada orang lain dan hebatnya bisa menyuguhkan 16,77 juta warna kombinasi LED dot matrix yang bisa dipilih sesuai keinginan.

ROG Phone 6 support IPX4 Rating
Fitur yang patut ditunggu pada ROG Phone 6 yaitu sudah memiliki fitur IPX4 rating yang tahan apabila terkena cipratan air. Fitur yang baru pertama kali di dunia ada di sebuah smartphone gaming ini sangat penting apabila pengguna seperti saya saat diluar ada hujan rintik-rintik tetap masih berani menggunakan smartphone gaming ini untuk menjawab telpon, ambil foto untuk dokumentasi dan membalas chat. Catatan IPX4 Rating hanya tahan dengan percikan air biasa, tidak untuk air laut, air garam dan air chlorinasi. 

Audio di ROG Phone 6 tetap dijaga kualitasnya dengan adanya fitur speaker ganda simetris yang mampu menghasilkan suara yang stereo dan seimbang. Kolaborasi dengan Audio Dirac menjadikan kualitas suara lebih optimal, GameFX yang bisa memilih berbagai skenario menyesuaikan dengan kondisi. Adanya teknologi Snapdragon Sound™ dan aptX™ Adaptive codec membuat audio memiliki resolusi tinggi dan saat koneksi headset bluetooth menggunakan pemrosesan latensi super rendah untuk mengurangi delay suara dari smartphone ke headset bluetooth. Fitur dari Snapdragon Sound™  dengan teknologi aptX™ Lossless untuk menjaga agar semua konten yang asli, sedikit demi sedikit, mampu menghasilkan musik yang identik dengan rekaman aslinya. 
ROG Phone 6 memiliki audio for gamers

Tidak ketinggalan adanya port jack audio 3,5" sangat membantu apabila ingin mendengarkan audio dari film dan musik langsung colok tanpa perlu converter lagi. Saat main game agar lebih real suara yang diterima tanpa ada delay ketimbang memakai bluetooth menggunakan headset audio adalah solusinya. 

Untuk interkoneksi di ROG Phone 6 sudah mendukung WiFi tercepat saat ini WiFi 6E (802.11a/b/g/n/ac/ax), mendukung Dual WLAN 2x2 MIMO dan supports jaringan dengan frekuensi 2.4GHz/ 5GHz/ 6GHz. Mendukung koneksi Bluetooth versi 5.2 yang unggul dalam latency yang kecil untuk mengurangi delay audio dan memiliki dual SIM Card yang semuanya bisa mendukung koneksi 5G.  Untuk yang mau kedepannya tidak akan pernah ganti smartphone, ROG Phone 6 sangat bagus untuk pemakaian jangka panjang. 

FITUR PENGISIAN BATERAI SEMAKIN MEMBAIK
Memiliki baterai kapasitas 6000 mAh yang penempatannya didesain dibagi dua tiap 3000 mAh dipisah oleh modul CPU sehingga memaksimalkan sistem pendingin AeroActive Cooler 6 konsentrasi menghembuskan udara dingin tepat diatas CPU. Kapasitas baterai yang besar memberi kenyamanan saat main game karena tidak perlu ribet cari colokan listrik untuk charge baterai. 

ROG Phone 6 memiliki baterai 6000 mAh

Main game akan lebih cepat menguras baterai karena semua kinerja CPU-GPU-RAM-ROM-WiFi akan dioptimalkan untuk menyokong game tetap berjalan dengan lancar. Keberadaan baterai dengan kapasitas besar 6000 mAh sangat berguna agar saat smartphone dibutuhkan untuk aktifitas lainnya masih bisa digunakan. Bahkan apabila ada waktu untuk charge agar cepat langsung dipakai fitur ROG Phone 6 yaitu Hyper Charge 65 Watt sangat membantu proses charging dari 0% ~ 100% dalam waktu 42 menit.  

KAMERA SEMAKIN BAGUS
Keberadaan kamera utama dengan sensor Sony IMX766 Resolusi 50MP menjadikan ROG Phone 6 tetap menjaga kualitas kamera bahkan ada kenaikan. Memiliki triple kamera belakang dan satu kamera depan yang semakin meningkat kemampuannya dalam mengambil sudut yang lebar tetapi tetap terjaga kualitas hasil fotonya apalagi saat mode HDR10+ aktif. Adanya kamera kedua 13MP ultrawide yang mampu mengambil foto dengan sudut 125 derajat dan kamera makro menambah kegunaannya saat mengambil objek foto berbagai kondisi. Kamera depan 12 MP kualitas tinggi sangat dibutuhkan saat foto selfie dan aktifitas video streaming.

Kamera dengan sensor Sony IMX766 Resolusi 50MP dengan sangat yakin akan lebih baik karena mampu mengambil photo saat kondisi minim cahaya (low light) dan kemampuan ini sangat dibutuhkan karena tidak perlu memakai penerangan tambahan saat mengambil foto dan video. 

Mendukung perekaman video kualitas 8K UHD (7680 x 4320) dengan kemampuan 24fps, memiliki stabilizer kamera EIS 3-axis dan mendukung perekaman video mode HDR10+ yang akan menghasilkan video yang lebih bagus.
ROG Phone 6 pakai sensor kamera Sony IMX766 Resolusi 50MP

Itulah penjelasan mulai dari awal memakai ROG Phone 3 yang merupakan smartphone spesial untuk gaming namun juga memberi effort maksimal bila digunakan untuk daily driver dan bekerja, dilanjutkan dengan preview upgrade ke ROG Phone 6. Dengan berbagai fitur unggulan di ROG Phone 6 banyak mengalami peningkatan dan tetap terjaga kualitasnya, karena fitur ini pasti banyak berguna sangat terbantu untuk meningkatkan produktifitas kerja dan terutama saat bermain game. Fitur di ROG Phone 6 yang sudah memiliki IPX4 rating yang artinya akan tahan bila terkena percikan air merupakan improvement yang ditunggu - tunggu saat ini. 

ROG Phone seperti layaknya sebuah laptop gaming ROG terbaik yang menggunakan hardware terbaik mulai dari CPU-GPU tipe high perfomance, RAM LPDDR5 tercepat berkapasitas besar dan Storage / ROM UFS3.1 seperti PCIe SSD NVMe yang berkerja secara satu kesatuan menyuguhkan kecepatan tertinggi untuk menghasilkan perfomance terbaiknya. Responsif layar touchscreen yang meningkat pasti digunakan sebagai control penuh saat main game dan itu sangat berpengaruh besar agar menjadi pemenang disetiap permainan. 

Perfomance buasnya pasti menghasilkan panas yang harus diredam oleh sistem pendingin yang mumpuni oleh karena itu keberadaan sistem pendingin aktif adalah solusinya. Dilaptop menerapakan sistem pendingin dengan banyak heat pipe dan 2 - 3 fan yang bekerja secara maksimal untuk meredam panas. Begitu juga di ROG Phone 6 keberadaan sistem pendingin Game Cool 6 yang merupakan sistem pendingin pasif terbaik di sebuah smartphone gaming. Didukung juga dengan adanya AeroActive Cooler 6 yang mampu bekerja secara masif mengalirkan angin segar ke penampang back case ROG Phone 6 efektif akan mendinginkan CPU tepat diatasnya agar menghasilkan smartphone gaming yang minim throttling saat bekerja full load dan dalam jangka waktu lama. Tidak hanya main game saja bahkan saat dibutuhkan untuk aktifitas edit dan proses render video keberadaan AeroActive Cooler 6 juga sangat membantu proses render cepat selesai dan menjaga keawetan sebuah smartphone gaming.

Buat kalian yang mau beli ROG Phone 6 PRO, kalian juga udah mulai bisa pre-order di tanggal 24 Oktober - 10 November 2022. Untuk pemesanan awal ini, kalian akan mendapatkan banyak promo menarik antara lain Free Aero Active Cooler 6 + Devil Case + Exclusive Backpack ROGXONIC Esports selama persediaan masih ada, dengan total keuntungan hingga Rp.2.000.000. Untuk ROG Phone 6 PRO ini bisa kalian dapetin dengan harga Rp 18,999,000 eksklusif hanya di Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace dan Tokopedia.  Info selengkapnya kamu bisa cek disini ya : https://rog.asus.com/id/phones/rog-phone-6-model/  

Nah, kalau buat ROG Phone 6 sekarang udah tersedia  di partner-partner penjualan ROG Phone 6 yang bisa kalian dapetin langsung di Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace, dan  JD.ID langsung dengan harga Rp 10,999,000 untuk variant 8/256GB dan ROG Phone 6 12/256GB dengan harga Rp 13,999,000.  So, tunggu apalagi buruan beli sebelum kehabisan!

"Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 6 Blog Writing Competition di Blog Katerina Travelerien"


sumber :

travelerien.com/2022/10/asus-rog-phone-6-blog-writing-competition.html
rog.asus.com/event/rog-phone-6/id/
androidheadlines.com
rog.asus.com/id/phones/rog-phone-6-model/
NotebookCheck.net
gsmarena.com
nasilemaktech.com
xda-developers.com

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)