PERSIAPAN SAAT PURNA DALAM MENANGKAP PELUANG PEMASUKAN DI ERA DIGITAL DENGAN ASUS VIVOBOOK PRO 14 OLED (M3400)

Tahun 2017 menjadi puncak kebahagiaan dalam hidup saya akhirnya bisa menggunakan laptop yang cukup ideal karena layarnya sudah 15 inch, dual storage dan dari spesifikasinya bakal bisa diajak kerja cepat bikin konten foto dan video. Rencananya ini laptop mau dibuat buat konten di dua blog dan dua channel youtube.

Adanya laptop ini sangat membantu sekali sebagai laptop daily driver karena layarnya yang lega, perfomancenya bisa diandalkan akhirnya semua aktifitas depan laptop bisa dilakukan. Tidak terasa sering merender video dilaptop secara tidak langsung saya telah memforsir terlalu berat laptop ini. Ada teman yang bilang " break to the limit " kalo punya mobil maksimalkan kecepatan mobilmu seberapa kencang mobil yang kau punya. Nah itu juga saya terapkan ke laptopku ini, dibuat render video durasi panjang kualitas Full HD, dengan stabilize video secara software dan hasilnya ada beberapa video yang dishare di youtube dan ada yang video keluarga yang hanya konsumsi keluarga saja.

beberapa karya video di channel youtube

Akhirnya datanglah waktu akhir dari laptop ini akibat sering dibuat render video, tepatnya pada saat render video pendek setoran hafalan surat pendek anak pertamaku buat tugas sekolah. Laptop ini ditengah - tengah proses render video langsung hang, akhirnya saya paksa restart laptopnya tetap tidak mau nyala. Lakukan segala cara mulai pergantian RAM, clear baterai CMOS tetap tidak mau nyala dan akhirnya menyerah. 

Mulai agak panik laptop akhirnya dibawa ke teknisi servis laptop yang lebih kompeten dengan segudang pengalaman dan memiliki peralatan yang lengkap dan hasilnya tetap nihil. Saya sampai bawa ke 2 tempat servis laptop lainnya, siapa tahu ada yang pengalaman dengan masalah laptop saya dan tetap hasilnya nihil.

FIX laptop saya rusak parah karena dari tiga tempat servis laptop ini bilang bahwa Prosesor laptop ini mengalami short sehingga tidak bisa dibetulin, bisanya ganti motherboard yang harganya luar biasa mahal.  Akhirnya dari mengunjungi ke tempat para teknisi servis laptop ini jadi tahu dan sebagian besar mereka kasih saran kalau sering dibuat aktifitas render video disarankan pakai laptop gaming atau pakai PC desktop, karena sistem pendingin laptop gaming lebih bagus dari laptop konsumer. Sistem pendingin laptop gaming pasti memiliki sistem dual fan dan heat pipe yang lebih dari satu dan semua itu tidak ada dilaptopku yang termasuk laptop konsumer yang mana cuma pakai satu fan dan satu heat pipe saja.

Dari kejadian ini saya jadi mengerti akan pentingnya sistem pendingin pada laptop dan sekarang sudah menjadi idealisme saya bahwa laptop yang digunakan untuk editing video harus memiliki sistem pendingin yang mumpuni dan harus memiliki sistem dual fan.

Dari kejadian diatas tetap masih tidak kapok (tidak jera) karena masih ada keinginan memiliki laptop yang mumpuni untuk bikin video lagi. Saat ini hanya berani membuat video pendek itupun pakai smartphone adapun laptop yang ada memiliki spesifikasi rendah untuk render video yaitu Intel Pentium Gold dan tetap saya jaga biar awet tidak akan dibuat editing video karena sistem pendinginnya kurang mendukung.

Umur sudah 43 tahun dalam beberapa tahun kedepan akan masuk masa pensiun, sebagai bekal tetap kreatif saat memasuki pensiun ada keinginan kembangkan blog dan channel youtube yang ada dan satu lagi ingin bangun channel video tutorial di youtube yang topiknya tutorial perbaikan - tips berbagai perangkat, mulai dari laptop, PC, smartphone. Contohnya channel youtube dari luar punya NortridgeFix atau channel lokal teknisi ndeso yang saya lihat cukup menarik untuk dibangun mulai dari awal apalagi perkembangan laptop dan smartphone terus meningkat dan pasti bakal banyak laptop / smartphone yang bermasalah.

role model channel youtube baru 

Dengan adanya channel youtube ini bisa dibilang seperti pepatah sekali mendayung dua tiga pulau dilalui, selain mendapatkan pemasukan dari jasa maintenance laptop, smartphone rusak dari hasil rekaman video perbaikannya bisa dikompilasi lalu upload di youtube untuk menambah daftar konten channel youtube dan bisa dapat pemasukan lainnya dari adsense. 

Pernah posting dahulu kala di youtube dan instagram semacam tutorial perbaiki smartphone dan video cepat pergantian keyboard laptop. Tinggal diperbaiki teknik penyampaian dan terus upload video agar channel youtube bisa berkembang pesat.

Sebagai modal untuk membangun chanel youtube ini pasti membutuhkan perangkat yang mumpuni, nyaman digunakan dan yang penting sistem pendingin yang bagus. Saat ini menurut saya laptop masih tetap sebagai solusi terbaik bila ingin berkecimpung dengan pembuatan video semua itu karena faktor laptop bisa dipakai secara mobilitas akhirnya bisa edit video dimana saja.

Bagi saya untuk kriteria laptop yang sesuai idealisme saya diatas cukup tiga kriteria saja, apa saja itu :

1. Performa Mumpuni

2. Sistem Pendingin Mumpuni

3. Visualisasi Layarnya Mumpuni

Dari tiga kriteria laptop diatas ada salah satu laptop yang menarik perhatian saya karena memenuhi tiga kriteria diatas yaitu Vivobook Pro 14 OLED (M3400). Tentunya ada alasan kenapa laptop ini cocok dengan usaha membangun channel youtube yang akan saya rintis, apa saja itu simak penjelasannya berikut ini :

PERFORMA MUMPUNI ADALAH FAKTOR PENTING
Rumus pakem dari youtube agar terus berkembang sebuah channel youtube harus selalu produktif dan stabil dalam menayangkan videonya agar bisa dilihat oleh subscriber dan publik. Bahkan saya dapat informasi dari orang dalam DKID salah satu chanel youtube dari malang yang berkembang pesat membahas tentang gadget dan laptop bahwa DKID tiap hari harus upload video untuk tayang di channelnya. Aktif mulai tahun 2018 sampai sekarang bisa menghasilkan video kurang lebih 1600 dan terbukti nyata subscribernya sudah tembus 1 juta lebih.

Untuk itu agar tetap produktif dan semangat dalam membuat video perlu laptop yang performanya  harus kencang dan faktor yang mempengaruhi performa laptop ada empat antara lain :


PROSESOR TERBAIK DARI AMD RYZEN H - SERIES
Asus Vivobook Pro 14 OLED ( M3400) " Hadir dengan ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang memiliki full powerful performance core untuk multitasking bahkan video editing. Selain powerful, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian semakin maksimal. Dilengkapi dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming yang tanpa lag. Produktivitas harian dimanapun dan kapanpun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini.”

Prosesor AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile yang biasa digunakan laptop gaming menghasilkan performa yang tinggi juga didukung dengan efisiensi daya yang tinggi. Semua itu berkat arsitektur Zen 3 yang dibuat melalui proses fabrikasi 7nm dimana semakin kecil komponen yang ditanam dalam satu prosesor semakin banyak transistornya yang bisa ditampung semakin menghasilkan efisensi kerja yang baik akhirnya perfomance semakin meningkat juga diimbangi dengan pemakaian daya yang lebih efisien.

Ada 2 varian pada laptop Vivobook Pro 14 OLED (M3400) yang menggunakan prosesor AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile yaitu :

  • AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.4 GHz max boost)
  • AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor (6-core/12-thread, 19MB cache, up to 4.2 GHz max boost)

Dilihat dari spesifikasi prosesor AMD ini jumlah core dan jumlah thread yang dimiliki sangat menggiurkan, karena dalam aplikasi yang digunakan oleh content creator pasti mengandalkan jumlah core di prosesor dan discrete graphic dimana semakin banyak jumlah core yang digunakan semakin cepat dalam proses render videonya.

INTEGRATED GRAPHIC KENCANG DARI AMD Radeon™ Graphics  
Sebagai penunjang untuk proses akselerasi graphic yang juga dibutuhkan dalam proses render video adanya Integrated Graphic AMD Radeon™ Graphics ikut berperan serta dalam menaikkan perfomance proses render video beresolusi tinggi. Apalagi AMD Radeon™ Graphics Vega dari generasi AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile dalam efisiensi daya sangat bisa diandalkan dan itu sangat penting saat bekerja secara mobile yang butuh efisiensi daya bagus.
sebelah kanan GPU dari AMD Ryzen™ 7 5800H dan kiri 5600H

AMD Radeon™ Graphics memiliki komponen GPU yang namanya Stream Processor dimana semakin tinggi nilai stream processor semakin tinggi kinerja dari AMD Radeon™ Graphics ini. Dalam hal ini tugas Prosesor AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile yang bertanggung jawab memproses semua data yang masuk maupun keluar GPU, selanjutnya GPU ini juga yang bertugas kalkulasi permainan grafis visual yang akan ditampilkan ke layar. Contoh dari penggunaan Stream Processors adalah kinerja yang mencakup render pemandangan dalam game, menggambar model karakter, atau menyelesaikan pencahayaan yang kompleks dan shading dalam lingkungan.

RAM DDR4 MELIMPAH DENGAN VARIAN TERTINGGI HINGGA 16GB
RAM merupakan memori jangka pendek yang akan banyak mengakses data atau program yang memiliki kecepatan dan efisiensi sangat tinggi. Berperan serta dalam menentukan perfomance proses pembuatan video menggunakan aplikasi khusus untuk content creator seperti Adobe Premier, Davinci Resolve, Sony vegas, CupCut dll. Aplikasi ini pasti membutuhkan alokasi RAM yang tinggi saat membukanya, apalagi mau kerja multitasking sambil buka microsoft Word, Browser google chrome yang semuanya juga membutuhkan alokasi memori.

Untuk aktifitas editing video RAM 8GB DDR4 merupakan batas minimum saat bekerja menggunakan aplikasi video editing dan Vivobook Pro 14 OLED (M3400) memiliki varian ada yang menggunakan RAM DDR4 8GB dan DDR4 16GB yang bekerja secara dual channel.

STORAGE CEPAT MENGGUNAKAN JENIS M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Storage menjadi faktor terakhir yang membuat laptop ini bisa kencang atau lambat saat menjalankan aplikasi video editing. Sebagai tempat penyimpanan file system OS, data dokumen, foto dan video peran dari storage sangat vital sekali. Perannya dilihat dari tugasnya yang akan mengantarkan laptop ini bakal lebih cepat saat booting awal, buka aplikasi, buka dokumen dan transfer data antar drive.

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) sudah menggunakan storage 512GB type M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD terbukti dari test sangat memukau mampu menghasilkan kecepatan baca 35760 MB/s dan kecepatan tulis 2982 MB/s. Dengan storage cepat tidak akan ada keluhan saat buka aplikasi video editing, import video, preview video, putar video hasil render dan juga didukung aplikasi yang berjalan dibelakang layar tidak membebani resource dari storage laptop ini.

SISTEM PENDINGIN MUMPUNI ADALAH FITUR WAJIB
Dari pengalaman laptopku yang menggunakan sistem pendingin yang memiliki satu heat pipe dan satu fan menjadi pelajaran penting agar laptop tetap awet dan stabil diajak kerja editing video oleh karena itu laptop untuk editing video harus memiliki sistem pendingin yang bagus setidaknya memiliki dua heat pipe dan dua fan.

Sebelum bahas sistem pendingin gambar berikut adalah sistem kerja pendingin laptop dengan heat pipe dan fan :

Setiap sistem pendingin di laptop pasti ada heat pipe yang terdiri dua bagian namanya evaporator yang merupakan bagian menyerap panas dan kondensor yang merupakan bagian membuang panas. Dilaptop sumber panas dari CPU dan GPU akan ditransfer ke heat pipe bagian evaporator, karena ada panas didalam heat pipe akan terjadi proses penguapan. Penguapan di heat pipe bagian evaporator akan menimbulkan tekanan yang mengakibatkan uap ini mengalir ke heat pipe bagian kondensor yang memiliki suhu lebih rendah. 

Di heat pipe bagian kondensor ini uap akan mengembun jadi cair sekaligus membuang kalor / panas melalui heat spreader selanjutnya menggunakan prinsip kapilaritas cairan ini akan kembali ke heat pipe bagian evaporator. Di heat spreader ini panas yang mengumpul langsung dibuang panasnya melalui hembusan angin yang bersumber dari fan dan proses ini akan berjalan terus - menerus secara alami.

Dari proses diatas pemirsa sudah tahu bagaimana cara kerja sistem pendingin di laptop, oleh karena itu agar sistem pendingin bisa bekerja secara efektif yan perlu ditekankan pada :

  1. Bagaimana panas dari CPU dan GPU cepat ditransfer ke heat pipe.
  2. Bagaimana panas dari heat pipe ke heat spreader langsung dibuang keluar dengan cepat oleh hembusan udara dari fan.
Sudah tahu cara kerja sistem pendingin di laptop, akhirnya tahu mengapa sistem pendingin dua heat pipe dengan dua fan lebih baik dibandingkan dari satu heat pipe dengan satu fan, alasannya :
  • Untuk sistem pendingin yang menggunakan satu heat pipe dengan satu fan, sumber panas dari CPU - GPU akan ditransfer ke satu heat pipe lalu diteruskan ke heat spreader dan dibuang langsung oleh hembusan udara dari fan, artinya panas dari CPU - GPU mengumpul ke satu heat pipe dan satu heat spreader, akan mudah terjadi bottle neck pembuangan panas di heat spreader apabila sistem sedang bekerja full load karena hanya satu fan saja yang menghembuskan udara untuk membuang panas di heat spreader.     
  • Sistem pendingin dua heat pipe dengan dua fan, lebih unggul dalam pembagian transfer panas dari CPU - GPU ke heat pipe evaporator pertama dan kedua. Kemudian panas ini akan ditransfer langsung menuju dua heat pipe kondensor yang ujungnya ada heat spreader lalu tiap fan akan menghembuskan udara untuk membuang panas di heat spreader. Keunggulan Sistem pendingin ini lebih merata pembagian panasnya ke heat pipe pertama - kedua dan lebih cepat pembuangan panasnya karena ada dua heat pipe condensor dengan dua heat spreader dan dibuang hawa panasnya oleh dua fan.
sistem pendingin Vivobook Pro 14 OLED (M3400) 2 heat pipe - 2 fan(foto bawah)
Pada Vivobook Pro 14 OLED (M3400) untuk sistem pendinginnya menggunakan Dual-Fan Cooling System With ASUS IceCool Plus dimana sistem kerjanya dua heat pipe evaporator yang saling menyatu dengan CPU - GPU ini akan menyerap panas dan ditransfer ke heat pipe condensor. Panas di heat pipe condensor akan diteruskan ke masing - masing heat spreader yang memiliki banyak penampang / kisi - kisi fin dengan begitu penampang heat spreader semakin luas dan mudah membuang panasnya terkena humbusan udara dari fan.

Tidak ketinggalan bahan yang digunakan dua kipas pada sistem pendingin dibuat khusus dari Liquid Crystal Epoxy Polymer (SCP) yang didesain memiliki 86 bilah di setiap kipasnya. Dual fan pada sistem pendingin ASUS IceCool Plus ini mampu mengalirkan aliran udara 16% lebih baik sehingga Vivobook Pro 14 OLED (M3400) bekerja optimal dan stabil..

Dengan adanya sistem pendingin menggunakan Dual-Fan Cooling System With ASUS IceCool Plus akan membuat suhu panas di CPU - GPU Vivobook Pro 14 OLED (M3400) tertahan tidak cepat naik ( tidak ada throttle yang beresiko perfomance laptop kedodoran ) dan akibatnya perfomance laptop lebih stabil. Keberadaan sistem pendingin ini sangat bermanfaat bagi laptop yang digunakan sangat lama dan digunakan secara maraton untuk mengedit video untuk mengejar target agar tetap produktif dalam membuat konten video, dengan begitu perfomance laptop tetap stabil dan tentunya komponen laptop lebih awet tahan lama.

VISUALISASI LAYAR YANG MUMPUNI ADALAH KEBUTUHAN UNTUK MATA 
Perfomance laptop yang kencang dan stabil membuat proses pembuatan video semakin cepat, jadi semangat untuk terus produksi konten video agar channel youtube terus berkembang. Untuk terus berkembang membangun channel youtube pasti butuh perjuangan tiap harinya agar diusahakan selalu terbitkan video untuk tayang di channel youtube. Akibatnya aktifitas editing video didepan laptop juga semakin meningkat, oleh karena itu agar mata saya tetap nyaman dan sehat karena berada didepan layar laptop membutuhkan layar laptop yang mumpuni ramah dengan mata.
banyak fitur di layar ASUS OLED
Saat ini solusi terbaik untuk layar laptop yang nyaman dan sehat bagi mata adalah menggunakan teknologi layar ASUS OLED. Layar ASUS OLED ini juga bisa ditemukan pada laptop Vivobook Pro 14 OLED (M3400) bahkan banyak fitur yang disematkan pada Layar OLED yang menjadikan layar laptop ini semakin sempurna. Fitur apa saja yang ada di ASUS OLED yang cukup menarik, antara lain berikut ini  :

ASUS OLED
Layar ASUS OLED sangat kentara dengan kualitas visualnya yang memukau dan tajam, semua itu berkat teknologi yang banyak disematkan pada laptop ini. Mulai dari color gamut 100% DCI-P3 yang menjadikan cakupan warnanya layar ASUS OLED semakin luas dibandingkan metode sRGb. Keberadaan fitur DisplayHDR™ 600 True Black semakin menjadikan warna pada layar terlihat hitam pekat.

PANTONE VALIDATED
Layar ASUS OLED ini sudah mengantongi sertifikasi Pantone Valideted Display, yang reproduksi warnanya diakui sebagai standard warna dunia untuk perfilman, percetakan, advertising, industri.

BRIGHTNESS
Penggunaan layar ASUS OLED menyebabkan kecerahan layar juga semakin meningkat karena kecerahannya sangat tinggi sampai 600 nits. Kecerahan yang sangat tinggi ini tentunya sangat membantu apabila laptop ini dibuat kerja di area outdoor dimana cahaya matahari begitu melimpah, dengan kecerahan layar yang tinggi masih bisa mengimbangi agar gambar dan tulisan dilayar laptop masih bisa terlihat.

HIGH RESOLUTION
Layar 14 inch dengan ratio layar 16:10 menjadikan layar semakin luas dan padat berkat resolusi 2,8K 2880x1800 pixel menjadikan layar semakin padat dan jelas. Cocok buat editing video yang aplikasinya syarat dengan menu yang banyak dan padat, dengan begitu tampilan interfacenya terlihat lega. 

NANOEDGE DESIGN
Memiliki bezel yang tipis di tiga sisi layar menjadikan laptop semakin ringkas namun masih bisa menampung layar ukuran 14 inch.

RESPONSE TIME
Refresh rate tinggi 90 Hz dan response time layar hingga 0,2 ms yang sangat cepat memanjakan mata karena menjadikan layar bebas blur saat melihat video dan game.

EYE CARE
Layarnya sudah bersertifikat TÜV Rheinland untuk mengurangi emisi cahaya biru dan anti flicker. Mencegah mata dari kerusakan mata karena cahaya biru dan anti flicker mencegah mata dari kelelahan karena tidak ada kedipan pada layar. 
sistem kerja EYE CARE

Saya yang berumur 43 tahun dan berkacamata minus pasti inginnya mata tetap sehat dan minus tidak bertambah. Sering berada didepan layar laptop sangat beresiko mata cepat lelah dan kemungkinan minus bisa bertambah. Adanya ASUS EYE CARE merupakan solusi agar produktifitas di depan laptop tetap terjaga namun mata juga tetap terjaga kesehatannya.

SPESIFIKASI LENGKAP

Main Spec. Vivobook Pro 14 OLED (M3400)
CPU AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.4 GHz max boost)
AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor (6-core/12-thread, 19MB cache, up to 4.2 GHz max boost)
Operating System Windows 11 Home
Memory 16GB DDR4
8GB DDR4
Storage 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Display 14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 600nits,
DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black
Graphics AMD Radeon™ Graphics
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
Connectivity Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5
Camera 720p HD camera with privacy shutter
Audio Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified audio
Battery 50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension 31.58 x 22.63 x 1.89 ~ 1.92 cm
Weight 1.4 Kg
Colors Solar Silver, Cosmos Blue
Price Rp11.299.000 (Ryzen 5 / 8GB RAM / 512GB SSD)
Rp11.799.000 (Ryzen 5 / 16GB RAM / 512GB SSD)
Rp12.799.000 (Ryzen 7 / 16GB RAM / 512GB SSD)
Warranty 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Vivobook Pro 14 OLED (M3400)
Banyak fitur lainnya dilaptop Vivobook Pro 14 OLED (M3400) yang memiliki bobot cukup ringan 1,4 kg ini yang bakal banyak digunakan untuk daily driver, mulai dari konektifitas yang cepat pada Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5 dan lengkap, fitur audio mulai dari speaker yang didukung oleh Harman Kardon dan microphonenya yang mendukung AI Noise Canceling juga nantinya sangat berguna apabila saat rekam video didepan laptop karena suara bising dibelakang bakal tereliminasi.

Keamanan dilaptop sangat terbantu adanya sensor fingerprint di tombol power yang bisa mempercepat saat login ke desktop dan ada webcam kualitas tinggi 720p didukung fitur webcam shield berupa tombol slide yang bisa menutupi webcam secara fisik apabila webcam terkena hack.

Itulah alasan mengapa saya sangat cocok dengan laptop Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini karena sesuai dengan tiga kriteria laptop idealisme saya dan banyak fitur lainnya yang banyak ditemui di laptop ini akan sangat berguna sebagai gear untuk terus mengembangkan channel youtube yang baru. Dengan merintis mulai sekarang setidaknya dimasa pensiun akan semakin meningkat produktifitas membuat videonya karena akan banyak waktu yang kosong di masa pensiun.


sumber :
https://www.kingston.com/
https://yogyakomtek.net/
https://hybrid.co.id/
https://www.murdockcruz.com
http://anggafauzian.blogspot.com/
https://www.kompasiana.com/
https://www.sainshack.com
https://www.travelerien.com
https://www.asus.com/id/Laptops/For-Home/Vivobook/Vivobook-Pro-14-OLED-M3400/
https://edgeup.asus.com
https://www.jagatreview.com

You might also like

4 comments

  1. Laptop dengan performa luar biasa nih kak. Mantabbbb ya buat garap apapun hehhee

    ReplyDelete
  2. semoga dapat ganti yang lebih baik ya mas laptopnya. Emang sekarang kalau dipikir2 enak punya laptop gaming ya. Biar bisa dipakai buat apa saja hehe

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)