Gunakan Fitur Tanpa Kartu atau Cardless Agar ATM Terhindar Dari Skimming

Per 1 april 2021 semua ATM milik bank pemerintah dan swasta beralih ke chip, yang secara teori lebih aman dari ATM jenis magnetik strip. Dengan meggunakan ATM jenis chip diharapkan kedepannya tidak ada lagi kasus ATM nasabah yang dibobol dengan menggunakan sistem Skimming. Peralihan ATM pakai strip magnetik ke ATM pakai chip berjalan mulus akan tetapi dari arifdoIT selaku nasabah bank BCA yang sudah menggunakan ATM chip menemukan kalau ATM chip ini masih menggunakan teknologi strip magnetik juga.
sumber : bca.co.id

Menurut informasi kompas mengapa ATM chip masih menggunakan strip magnetik, karena masih banyak mesin EDC yang ada tempat pembayaran di mall, toko, restoran masih menggunakan pembacaan ATM jenis strip magnetik. Sebuah dilema untuk penerapan ATM chip, diharapkan nasabah aman dalam bertransaksi di ATM dan EDC, namun kenyatannya kasus kejahatan ATM chip milik nasabah yang dibobol penjahat kembali bermunculan.

Sebagai nasabah yang menggunakan ATM chip tentunya harus tetap waspada akan kelemahan ATM chip + magnetik strip ini. Berikut tips dari arifdoIT, segala upaya agar ATM chip yang kita miliki setidaknya aman dari kejahatan skimming.

1. Pilih Mesin ATM Dengan Lokasi Yang Aman
Demi memberi kemudahan untuk nasabah bank dalam mengambil uang tunai, pihak bank banyak memasang mesin ATM di tempat publik umum yang strategis dan juga pastinya ada di kantor banknya sendiri. Penempatan mesin ATM ini menurut arifdoIT ada yang aman dan tidak aman, meskipun ada CCTV dalam bilik ATM apabila mesin ATM itu ada didalam pengawasan bisa oleh satpam, pegawai lain bisa dipastikan aman misal ATM di kantor bank yang pasti aman karena di awasi oleh satpam security bank tersebut. 

Mesin ATM di pusat minimarket seperti alfa, indomaret bisa dibilang aman karena adanya pegawai minimarket didalam secara tidak langsung turut serta membantu pengawasan ATM. Untuk lokasi mesin ATM yang kurang aman contohnya berada dilokasi yang kurang pengawasan seperti di Ruko, POM Bensin dan banyak lokasi lain yang tanpa pengawasan.

2. Gunakan Fitur Cardless
Agar tetap aman dalam mengambil uang tunai di mesin ATM gunakan fitur Cardless yang sudah banyak ditemukan di aplikasi mobile banking. Untuk mobile banking BCA sudah mendukung fitur cardless dan penggunaannya cukup mudah, tinggal transaksi di aplikasi mobile banking BCA pilih cardless (No.1) lalu pilih tarik tunai (No.2).
Selanjutnya tinggal pilih nominalnya yang mau di tarik tunai (No.3) dan untuk pengguna ATM BCA bisa masukan sendiri jumlah nominalnya tapi tidak boleh lebih dari 1.250.000. Langkah selanjutnya setelah pilih nominal tekan OK (No.4) dan dilanjutkan isi PIN.
Sistem mobile banking akan mengeluarkan notifikasi berupa kode OTP yang muncul di aplikasi mobile banking BCA (No.5) untuk pengambilan uang dan masa berlakunya kode OTP tarik tunai secara cardless di ATM BCA diberi waktu cuma 1 jam saja.

PROSES PENGAMBILAN UANG TUNAI DI ATM

  1. Saat ambil uang tunai di ATM BCA tanpa perlu menggunakan kartu ATM langsung pilih TRANSAKSI TANPA KARTU di menu pojok kanan bawah.
    sumber : bca.co.id

  2. Lalu isi nomor HP pemilik kartu ATM
  3. Tekan BENAR
  4. Masukkan kode OTP yang muncul saat transaksi cardless di aplikasi mobile banking
  5. Langsung uang tunai akan keluar sendiri yang jumlahnya sesuai dengan permintaan aplikasi mobile banking BCA.
  6. Di smartphone akan keluar notifikasi keterangan berhasil tarik tunai uang tunai sesuai dengan permintaan.
  7. Mudah dan cepat tanpa perlu masukkan kartu ATM.👍👍👍.

Manfaat lain pengambilan uang tunai di ATM secara Cardless selain untuk keamanan ada manfaat lainnya, antara lain :

  1. Bisa untuk transfer uang kepada orang yang tidak memiliki ATM, cukup infokan nomor HP si pengirim uang transfer dan kode OTP kepada orang yang terpercaya maka langsung bisa ambil uang tunai secara langsung di mesin ATM sesuai dengan bank si pengirim uang transfer.
  2. Hindari Antrian, tahu sendiri setiap habis gajian pasti ATM BCA pada antri buat ambil uang tunai dan penyebabnya adalah lamanya pada proses pengambilan uang tunai, mulai dari masukkan kartu ATM, masukkan PIN, masukan nominal uang dan terakhir menunggu kartu ATM keluar. Dengan cardless terbukti efektif mengurangi tahapan proses seperti diatas, cukup masukkan masukan nomor HP pemilik, nomot OTP dan uang langsung bisa keluar sesuai permintaan.
Semoga bermanfaat


sumber:

https://money.kompas.com/read/2020/01/24/155021826/kartu-atm-sudah-chip-tapi-masih-kena-skimming-kok-bisa?page=all
https://finance.detik.com/moneter/d-4482330/kartu-atm-sudah-chip-tapi-masih-kena-skimming-harus-bagaimana 

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)