Salah Satu Cerita Penyebab CPU Acer Veriton Tidak Bisa Shutdown

Hanya sekedar share pengalaman ceritanya arifdoit ada order carikan CPU BuiltUp bekas yang mumpuni untuk dijadikan partner mesin cutting stiker. Awal - awal setup dan instalasi CPU Acer Veriton Core i5 650 - RAM DDR3 4GB - HDD 500GB posisi dirumah, tidak mengalami kendala apapun bahkan dengan pede mengabari kepada pemilik CPU bahwa komputernya siap untuk running production di rumah pemilik sebenarnya.
Mesin Cutting Pakai Kabel Serial Bikin Tidak Bisa Shutdown CPU Acer Veriton
Posisi dirumah pemilik CPU Acer Veriton dan sudah siap runnig production, tinggal pasang berbagai perangkat mulai kabel power, keyboard, transmiter wireless mouse, USB Bluetooth dan kabel data serial untuk mesin cutting stiker. CPU berjalan normal dan mesin cutting stiker bisa jalan sesuai dengan kemauan pemiliknya, namun diakhir - akhir pengerjaan siap - siap untuk balik lagi kerumah, masalah baru muncul dengan kentara yang menyebabkan arifdoit tidak bisa pulang lebih cepat. Masalah itu adalah CPU Acer Veriton ini tidak mau shutdown secara hakiki, ujung - ujungnya CPU saat proses shutdown jadi seperti proses restart CPU😢😢😢.
Mulailah arifdoit agak kebingungan kenapa CPU ini jadi bermasalah, padahal dirumah CPU ini tidak ada kendala apapun. Cari di google masalah tidak bisa shutdown bisa karena masalah driver tidak cocok, karena sebelumnya saat pasang CPU sempat utak - atik driver bluetooth dan driver printer jinka. Berbagai cara sudah dilakukan mulai dari uninstall driver dan aplikasi yang tidak kepakai, ganti keyboard, ganti kabel power, ganti mouse dan semua itu dilakukan tanpa menghasilkan hasil positif.
Mesin Cutting Jinka Pakai Kabel Serial Bikin Tidak Bisa Shutdown CPU Acer Veriton
Ternyata ada satu yang belum disentuh sama sekali yaitu kabel data dari mesin cuting stiker yang sebenarnya bagi arifdoit tidak ada hubungannya sama sekali. Setelah kabel data mesin cutting stiker dicopot, akhirnya ketemu permasalahannya kalau kabel data dari mesin cuting stiker ini adalah sebagai tersangka utama penyebab CPU tidak bisa shutdown😘😘😘. Apabila direwind lagi kronologinya kenapa saat CPU di rumah arifdoit tanpa kabel data mesin cuting stiker fine-fine saja bisa shutdown akan tetapi dirumah pemilik CPU malah bermasalah analoginya..... kabel data sebagai tersangka utama adalah masuk akal. 
Kenapa kok bisa CPU BuiltUp Acer Veriton ini tidak bisa shutdown....analisanya sih seperti begini...👀👀👀. Ternyata di CPU BuiltUp Acer Veriton ada pengaturan BIOS yang memiliki fitur bisa menghidupkan CPU melalui perintah ring modem yaitu dimenu " Power On by Modem Ring " kebetulan di BIOS-nya status Enabled. Jadi ingat jaman dulu koneksi internet masih pakai telkomnet instan yang mengandalkan modem analog 56k, koneksinya masih menggunakan kabel data serial dan modem ini menancap di port COM CPU. Kebetulan port COM CPU Acer Veriton ini digunakan untuk kabel datanya mesin cuting stiker, entah posisi mesin cuting stiker OFF/ON bisa dianggap semacam ada ring/dial up dari modem analog dan karena tidak tahu seluk beluk mesin cuting stiker anggap saja analisa ini 90% benar...hahaha😋😋😋.
Setingan BIOS agar bisa Shutdown CPU Acer Veriton
Setelah menemukan jawaban dari permasalahan CPU ini dan pada setingan BIOS perlu ada action merubah status opsi " Power On by Modem Ring " dari " Enabled " menjadi " Disabled " saja. Akhir cerita tulisan diatas adalah sekedar share pengalaman saja mungkin saja artikel ini bermanfaat bagi semua pengguna mesin cuting stiker yang masih menggunakan kabel data serial dan pada BIOS CPU masih ada opsi " Power On by Modem Ring " dengan status Enabled yang ternyata bikin masalah CPU tidak bisa shutdown......SEMOGA BERMANFAAT🙏🙏🙏.

You might also like

4 comments

  1. This is helpful, nonetheless it can be crucial so that you can check out the following website: fridge compressor scrap suppliers

    ReplyDelete
  2. Intel produces motherboards with their own chipsets, yet purchasing a motherboard brand, for example, Gigabyte, Biostar, and ASUS implies getting a board with either a VIA, Nvidia, SIS, or Intel brand chipset. Lian Li Lancool II

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)