Tips Praktis Mencuci Sajadah Agar Bersih Maksimal dan Tak Mudah Rusak

Sebagai umat Islam sudah kewajiban tiap beberapa jam - 5 waktu dalam sehari kita ibadah sholat untuk menghadap kepada yang Maha Pencipta Allah SWT. Sebelum menghadap kepada-Nya perlengkapan ibadah yang kita pakai dipastikan suci dan bersih, terutama sajadah yang merupakan media alas untuk berdiri, bersujud yang dipakai sehari-hari yang harus selalu bersih dan suci. Alangkah nyamannya beribadah bila sajadah yang digunakan untuk beribadah itu bersih dan suci, kita pun bisa beribadah secara khidmat. Dengan kebersihan sajadah yang tetap terjaga tak perlu khawatir mengalami gangguan kesehatan kulit akibat menggunakan perlengkapan ibadah yang kotor.
Salah satu untuk menjadikan sajadah tetap suci dan bersih adalah dengan mencuci sajadah dengan benar, karena mencuci sajadah bukan perkara yang mudah. Mencucinya harus memerlukan cara - cara yang jitu dan tepat, terutama menggunakan sajadah panjang yang bakal menyita lebih banyak waktu ketika dicuci. Kendati demikian, sajadah panjang memang paling nyaman untuk aktivitas beribadah di rumah. 
Jangan resah dulu soal urusan mencuci sajadah panjang, Simak dulu tips - tips berikut ini agar kita tidak kewalahan saat mencuci sajadah :

PERHATIKAN LABEL PADA SAJADAH
Setiap jenis sajadah pasti memiliki label yang memuat keterangan mengenai cara pencuciannya. Ada sajadah yang tidak boleh dicuci dengan air panas bahkan ada pula yang tidak boleh dicuci dengan air. Kita mesti cermat membaca label tersebut sesaat sebelum membersihkan sajadah. Jangan sampai sajadah kesayangan kita rusak karena proses pencucian yang keliru.

WAKTU YANG TEPAT UNTUK MENCUCI 
Sebaiknya kita mencuci sajadah minimal satu minggu sekali. Supaya sajadah kita tetap bersih ketika digunakan. Sajadah yang sudah terlalu lama tidak dicuci pasti akan kusam dan berbau apek. Karena banyak debu dan kotoran lainnya yang melekat kuat pada permukaan sajadah. Kita pun akan kesulitan membersihkan sajadah yang jarang dicuci.

MENGGUNAKAN DETERGEN PENGHILANG NODA KHUSUS
Kalau sajadah kesayangan kita boleh dicuci dengan air, berarti kita bisa menggunakan deterjen penghilang noda. Biasanya deterjen penghilang noda diformulasikan khusus untuk mengangkat noda membandel pada serat-serat kain. Basahi permukaan sajadah kemudian taburkan deterjen penghilang noda secara merata.
Tunggu selama kurang lebih 15 menit supaya kita lebih mudah membersihkan noda-noda pada sajadah tersebut. Kita juga dapat menggunakan sikat bertekstur halus jika sajadah kita tidak terdiri dari serat-serat bulu. Penggunaan sikat sembarangan dapat merusak tekstur bulu pada permukaan sajadah.

MEMBILAS SAJADAH DENGAN AIR MENGALIR
credit to gardener.id
Proses membilas sajadah memang membutuhkan waktu lama. Terutama jika kita mencuci sajadah panjang yang teksturnya berat. Sangat disarankan pada bilasan terakhir sebaiknya menggunakan air yang mengalir dari selang untuk mempermudah proses pencucian dan tetap terjaga kesuciannya. Pastikan air yang keluar dari selang memiliki kekuatan aliran yang sedang agar kita bisa membersihkan seluruh bagian sajadah tanpa harus boros air dan juga cipratan airnya dibawah tidak mengenai kembali sajadah. Pastikan sudah tidak ada busa dan sisa-sisa sabun yang menempel pada sajadah kesayangan kita, karena sisa busa dan sabun ini berpotensi meninggalkan bercak putih yang mengganggu saat sajadah kering.

TEKNIK MENGERINGKAN
Kita tentu tidak bisa mengeringkan sajadah dengan cara memerasnya seperti pakaian biasa. Sajadah panjang yang besar juga belum tentu dapat dikeringkan di mesin cuci. Jadi, sebaiknya kita menjemur sajadah pada jemuran berukuran besar. Sehingga air yang terkandung dalam sajadah akan menetes. Ketika sajadah sudah mulai kering, kita bisa menggelarnya di tempat teduh. Jangan menggelar sajadah langsung di bawah terik sinar matahari, sebab paparan sinar matahari bisa membuat warna sajadah cepat memudar.

Nah itu aja tipsnya cukup mudah sekali......mulai sekarang, jangan malas mencuci sajadah supaya kita senantiasa merasa nyaman sewaktu menggunakannya. Sajadah berkualitas harus dicuci dengan cara yang benar agar kualitasnya senantiasa terjaga.

You might also like

4 comments

Jangan Nyepam Yah..:)