Kenapa Harus Asus VivoBook Pro ?


Jadi ingat video ini yang bisa bikin tertawa sendiri, seorang anak di pekanbaru yang masih mengenyam dunia pendidikan di Sekolah Dasar. Saat ada kunjungan Presiden Jokowi di perhelatan acara Hari Anak Nasional 23 Juli 2017 di Pekanbaru, pada acara itu ada Presiden Jokowi meminta satu orang anak untuk maju ke depan. Banyak yang berebutan maju kedepan akhirnya Presiden Jokowi menunjuk seorang anak yang paling semangat dan paling kencang teriaknya dibelakang,  akhirnya beliau tunjuk salah satu anak bernama Rafi Fadilah kelas 6C dari SD 36 Pekanbaru. Kemudian Presiden Jokowi bertanya pada anak ini yang memiliki nama panggilan Rafi :
Presiden Jokowi : Rafi.....
Rafi : Ya Pak...
Presiden Jokowi : Saya mau bertanya pada Rafi....
Rafi : Apa Pak...
Presiden Jokowi : Cita-citanya pingin jadi apa ?
Rafi : Jadi Youtubers Pak.....
Jawaban lugu dari Rafi bikin suasana acara jadi ramai penuh gerr dan Presiden Jokowi tertawa lepas dan kaget akan jawaban Rafi 😀😀😀. Selanjutnya Presiden Jokowi melanjutkan pertanyaan lagi....
Presiden Jokowi : Coba ceritakan......kalau youtube itu seperti apa sih ? kok pingin jadi Youtubers...
Rafi : Karena saya.......Youtubers itu kalau banyak subscribernya kita akan menghasilkan uang..😀😀😀
Sekali lagi Presiden Jokowi dibuat tertawa lepas dan suasana acara jadi ramai akan jawaban Rafi yang dengan polosnya menjawab pertanyaan dari Presiden Jokowi.
Itulah intermezo dimana sekarang seorang " Youtubers " adalah suatu pekerjaan yang menjanjikan di jaman era digital saat ini. Sekarang memang diakui di era pertumbuhan ekonomi kreatif yang juga terus digalakkan oleh pemerintah dan sektor pendukung lainnya, salah satunya youtubers dimana tiap orang bisa berkreasi melalui video yang contentnya dibuat dengan imajinasinya sendiri untuk layak dipertontonkan ke masyarakat umum lewat media sosial youtube dengan harapan penonton tersebut menjadi terhibur sekaligus bisa mendapat informasi yang bermanfaat. Semakin banyak video yang menarik di chanel youtubenya maka semakin banyak subscriber ( bahasa lainnya follower ) yang ingin terus mengikuti perkembangan video yang akan ditayangkan, dari situlah youtubers akan mendapat pemasukan bahkan bisa mendapat endorsment dari produk tertentu untuk pasang iklan di chanel youtubenya.
Youtubers itu bisa digolongkan adalah seorang content creator yang berkutat dengan banyak photo, video dan narasi, semua itu digabung jadi satu menjadi sebuah video yang menarik dan informatif. Semua orang bisa jadi youtuber, segala umur dan segala profesi bisa berkreasi dengan segala momen untuk jadi video yang menarik asal memiliki imajinasi, kreatifitas, ketekunan dan ditunjang penuh dengan perangkat yang memadai. Dalam pembuatan video yang menarik dan informatif pasti memerlukan perangkat yang memadai mulai kamera, lighting, tripod dan pastinya sebuah notebook / PC yang harus mendukung. Salah satu perangkat finishing yang menjadikan video enak dilihat dan enak didengar bagi penontonnya adalah sebuah notebook / PC yang sangat vital keberadaannya, terutama bagi seorang profesional youtubers. Perfomance dari sebuah notebook / PC sangat diandalkan agar disaat proses pembuatan video bisa memperoleh kenyamanan, kelancaran dan kecepatan dari sebuah Notebook / PC.

Kenapa Asus VivoBook Pro ?

Dengan pertimbangan portabilitas / bisa dibawa kemana-mana di saat Youtubers tidak dapat ide atau membutuhkan suasana yang mendukung, pengerjaan editing photo / video bisa dilakukan berbagai tempat misal di wifi corner, cafe, di rumah teman yang mana tempat ini sangat mendukung untuk kenyamanan berkreasi. Penggunaan notebook yang mumpuni adalah solusi yang tepat bagi seorang content creator seperti youtubers, karena dia akan berkutat dengan seluk beluk dari sebuah aplikasi photo dan video editing. Aplikasi ini pastinya akan membutuhkan spesifikasi tinggi dari sebuah perangkat notebook mulai dari Prosesor, VGA, RAM dan Storage, oleh karena itu untuk menghadapi tuntutan dari sebuah aplikasi photo / video editing ASUS banyak menghadirkan lini produk notebook unggulannya. Salah satu notebook dari Asus yang cocok untuk seorang content creator seperti youtubers adalah Asus VivoBook Pro 15 N580VD, notebook ini memiliki spesifikasi powerfull untuk kebutuhan editing photo/video disamping itu harganya juga paling bersahabat dibanding ultrabook Asus ZenBook Pro.
ASUS VivoBook Pro 15 N580VD aka Asus VivoBook Pro bisa dibilang adalah sebuah ultrabook tipis dan ringan yang memiliki performa unggulan namun juga ditambahi dengan desain khas dari ultrabook premium Asus ZenBook. Harganya yang bersahabat semakin menarik, karena seluruh fitur terbaru milik Windows 10, mulai dari Cortana dan Windows Hello sudah didukung jika penggunanya membutuhkan.
" Notebook tersebut sangat cocok untuk kalangan penggemar multimedia dan video editing karena form factornya yang ringan serta performanya yang bagus " ungkap Benjamin Yeh selaku Regional Director ASUS South East Asia.
Dari tampilan ASUS VivoBook Pro sangat menarik, terutama dalam hal desain dan dimensinya yang ramping. Bagaimana performa notebook ini lebih lanjut ? berikut preview-nya :

PRO SPESIFIKASI
Asus VivoBook Pro Terbaik di Kelas Notebook Multimedia

PRO PERFORMANCE
Kinerja Adalah Segalanya
ASUS VivoBook Pro dari sisi spesifikasi sangat cocok dengan Industri kreatif saat ini yang menuntut kecepatan dalam menyajikan content video yang terbaru dan fresh di media sosial youtube, diharapkan video ini bisa menaikkan viewnya karena chanel lainnya belum ada yang mempublishnya. Dari sisi perfomance sebuah notebook pasti yang diperhatikan adalah kemampuan dari sebuah Prosesor, VGA, RAM dan Storage yang tertanam di notebook itu. Langsung aja VivoBook Pro ini sudah menggunakan prosesor Intel Kaby Lake Gen-7 core i7-7700HQ, merupakan prosesor Quad Core yang terkenal memiliki perfomance mumpuni. Didukung dengan teknologi hyper threading dari 4 core yang ada bisa bekerja dengan 8 thread, dengan begitu prosesor ini semakin meningkat perfomancenya karena layaknya bekerja dengan 8 core. Frekuensi dasar 2,8 Ghz yang bisa boost maksimal di 3,8 Ghz apalagi L3 cachenya 6 MB menjadikan kekuatan tersendiri yang akan melahap segala tantangan beratnya pemakaian aplikasi photo / video editing. Dibalik kedigdayaan prosesor ini tetap disipasi daya yang dipakai sangat irit karena hanya membutuhkan 45 W saja.
Berpasangan dengan VGA Nvidia Geforce GTX 1050 bahu - membahu memberi kekuatan untuk menuntaskan tugas rendering photo dan video yang selama ini terkenal membutuhkan resource yang tinggi. VGA ini menggunakan arsitektur Pascal dengan proses fabrikasi 14 nm yang terkenal hemat daya namun tetap handal menjadikan VGA mobile ini bisa bersanding sama kemampuannya dengan yang versi desktop.
Asus VivoBook Pro Terbaik di Kelas Notebook Multimedia
Begitu juga dengan RAM yang digunakan di notebook ini sudah menggunakan teknologi DDR4-2400 Mhz yang terkenal irit daya dengan densitynya yang tinggi. Dimana dalam 1 slot RAM bisa menampung RAM dengan kapasitas 8GB / 16GB dengan begitu sebuah notebook bila memiliki 2 slot RAM bila ingin dimaksimalkan perfomancenya bisa diupgrade hingga 16 GB / 32 GB. Semakin tinggi RAM yang terinstal di sebuah notebook memberikan kenyamanan untuk bekerja secara multi tasking. Bekerja bersamaan buka editing photo, buka browser, buka aplikasi word sambil render video tidak akan masalah saking besarnya density RAM di notebook ini.
Tidak lengkap sebuah notebook yang memiliki Prosesor, VGA, RAM dengan spesifikasi tinggi bilamana storagenya masih menggunakan teknologi HDD di systemya. Sekarang sudah jamannya teknologi M2. SSD yang bisa mendongkrak kecepatan system hingga 5x di proses readnya dan 2x di proses writenya. Sangat ideal bila storage yang menggunakan teknologi M2. SSD mejadikan sebuah notebook tidak akan mengalami botleneck saat proses booting, buka banyak aplikasi dan proses rendering. Sebagai notebook yang spesial untuk multimedia tidak luput dari keberadaan HDD 1TB yang sangat bermanfaat bila ingin menaruh file photo, video, film dan lagu yang membutuhkan kapasitas storage yang cukup besar.
Asus VivoBook Pro Terbaik di Kelas Notebook Multimedia

PRO DESIGN
Elegan dengan Balutan Alumunium
ASUS VivoBook Pro sebenarnya adalah notebook seri mainstream dari ASUS yang mendapatkan banyak peningkatan agar perfomancenya bisa mendekati ultrabook bahkan spesifikasinya hampir sama dengan notebook gaming ASUS ROG. Beberapa peningkatan desain dapat ditemukan dari dimensinya. Memiliki ketebalan hanya 19.2 mm dan bobotnya notebook ini sendiri yang cuma 2 kg menambah keistimewaannya dalam hal portabilitas, apalagi mau dibawa kemana-mana tak perlu dikeluhkan akan beratnya, yang biasa terjadi pada sebuah notebook yang gahar. Bahkan apabila ada tuntutan project on site dengan membawa banyak peralatan pendukung dalam membuat video dengan mudahnya notebook ini dibawa kemanapun untuk membantu pekerjaan atau project yang sedang dikerjakan, salah satu contohnya mobilitas saat project on site harus membawa kamera, dua lensa, tripod, ball head, slider, powerbank dan notebook ini sendiri. Semuanya masih muat dalam satu tas cukup besar dan tidak perlu membebani pundak youtubers itu sendiri.
Asus VivoBook Pro Terbaik di Kelas Notebook Multimedia
Seperti notebook premium hampir semua body dari ASUS VivoBook Pro diselimuti dari bahan alumunium alloy yang mana bahan material ini begitu kuat dan tahan dari benturan sekaligus ringan. Tidak hanya pada LID cover saja di sekeliling area workspace dan keyboardnya, semua dibuat dari bahan tersebut. Sebenarnya selain kuat dan tahan dari benturan material allumunium alloy itu menjadikan notebook ini terasa dingin bila dipegang ( tahukan bahwa allumunium adalah salah satu bahan yang dingin dan mudah membuang panas ), karena terasa sangat nyaman buat telapak tangan saat berlama-lama depan notebook. Selanjutnya kinerja dari engsel Asus VivoBook Pro sangat ringan untuk buka tutup LID cover dengan menggunakan satu tangan, itulah salah satu ciri bahwa engsel notebook Asus VivoBook Pro memiliki kualitas yang bagus dan kuat.
Asus VivoBook Pro Terbaik di Kelas Notebook Multimedia
Display notebook ini memiliki bentang layar 15,6" dengan resolusi ideal Full HD, resolusi 1920x1080 ini merupakan resolusi ideal buat youtubers yang berkutat dengan aplikasi photo / video editing yang dasarnya membutuhkan luasnya pixel layar agar semua menu,tool pada aplikasi bisa muncul semua tanpa scrool layar. Apalagi jarak antara layar dan bodi sebesar 72,3 persen, jika dibandingkan dengan ZenBook Pro atau tipe ZenBook lainnya, screen to body rationya memang tidak terlalu tipis. Panel layarnya juga memiliki kecerahan sebesar 300 nits, 282 ppi dan coverage area warna atau sRGB hingga 100 persen. 
Notebook dengan perfomance terbaik divarian VivoBook series ini juga memiliki fitur fingerprint yang terletak pada pojok kanan atas di area touchpadnya. Responbility dari fingerprint-nya ini juga sangat cepat, hanya tinggal meletakan jari dan seketika notebook sudah ter-unlock masuk ke desktop. Terima kasih pada Windows Hello yang merupakan fitur unggulan dari windows 10 bisa memaksimalkan fungsi sensor fingerprint untuk dibuat login secara biometrik dan ucapkan bye bye login dengan mengetik password.
Asus VivoBook Pro Terbaik di Kelas Notebook Multimedia
Pada sisi keyboard Asus VivoBook Pro mengusung keyboard full size yang memiliki travel distance jarak 1,4 mm yang tentunya saat memakainya sangat ergonomis dan terasa nyaman saat dipakai mengetik. Selain itu tombol numericalnya juga tersedia di grup sisi sebelah kanan dan tidak ketinggalan layaknya notebook premium fitur backlit pada keyboard menjadi pelengkap kesempurnaan keyboard di notebook ini.
Asus VivoBook Pro Terbaik di Kelas Notebook Multimedia
Sementara itu untuk meningkatkan produktifitas, macam port I/O yang disuguhkan di Asus VivoBook Pro ini cukup lengkap, antara lain 1 buah VGA port, 1 buah USB 3.0, 1 buah USB type-C, 2 buah USB 2.0, Gigabit LAN, HDMI, fingerprint, SD card reader dan Kensington lock. Dengan perkembangan teknologi monitor mulai marak mendukung resolusi layar 4K, USB type-C di notebook ini bisa menjadi media untuk menampilkan ke layar eksternal dengan kualitas 4K.
Tidak lupa notebook ini juga memanfaatkan konekvititas jaringan Wi-Fi berjenis 802.11ac dual band. Fitur nirkabel kekinian yang bisa menghantarkan kecepatan transfer hingga 867 Mbps yang 6x lebih cepat dari 802.11n, bagaimana sistem kerja Wi-Fi 802.11ac dual band...berikut videonya.

PRO COOLING
Dua Kipas Hasilkan Performa Pendinginan Berkelas
Asus VivoBook Pro Terbaik di Kelas Notebook Multimedia
Menggunakan hardware Prosesor dan VGA yang memiliki performance monster fitur coolingnya harus sangat canggih. Pada Asus VivoBook Pro kedua hardware yang biasa menghasilkan sumber panas berlebih didinginkan oleh dual fan dan desain heat pipe yang mampu bekerja efisien. Dual fan ini akan menarik udara segar dari lubang samping bawah yang selanjutnya digunakan untuk mendinginkan heat pipe yang terhubung dengan 2 komponen sumber panas dan akhirnya panas diheat pipe dikeluarkan melalui exhaust yang terletak di belakang notebook atau persis dibawa LID cover. Cara tersebut akan memberikan pendinginan yang maksimum saat keadaan full load dan kerennya suara fan juga minim noise.

PRO VISUAL
Segudang Fitur Optimalisasi Visual
Asus VivoBook Pro memiliki komponen hardware yang mumpuni untuk mengoptimalisasi pada tampilan visualnya, ASUS tampaknya tidak lantas puas begitu saja. Untuk menyempurnakan Asus mengembangkan sebuah 3 software khusus. Software tersebut antara lain bernama ASUS Splendid Technology, Tru2Life Video dan TruVivid. Dimulai dengan software bernama Asus Splendid yang mampu mengoptimalisasikan berbagai kondisi gambar agar dapat ditampilkan dengan sebaik mungkin. Sehingga, apapun aktivitas yang Anda lakukan, baik menyaksikan film ataupun melihat foto, semua tampak lebih hidup.
Asus VivoBook Pro Terbaik di Kelas Notebook Multimedia
Di dalam Asus Splendid terdapat empat buah mode yang bisa dipergunakan pengguna untuk mengatur layar agar nyaman saat dipergunakan. Empat mode tersebut antara lain, Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode.
Normal Mode adalah mode dimana LCD telah diprogram (setting) secara lebih optimal untuk kenyamanan tampilan visual. Penggunaan mode ini cocok untuk bekerja sehari hari, seperti mengedit dokumen dan melihat gambar. 
Eye Care Mode adalah mode dimana kecerahan pada cahaya biru di layar akan direduksi untuk menghindari cedera pada retina mata. Mode ini dirancang untuk keperluan penggunaan laptop dalam waktu yang lama. Mode ini juga merupakan fitur teknologi terbaru yang telah dirancang oleh para engineer ASUS, dengan mempertimbangkan faktor kesehatan pada mata tadi. Cahaya biru pada layar akan dikurangi hingga 33 persen. Seperti diketahui ketika komputer dalam keadaan hidup (bekerja) display akan menampilkan cahaya biru pada rentang spektrum 450-495 nm. Cahaya biru merupakan salah satu penyebab degenerasi makula dan cedera retina. Dengan fitur Eye Care di dalam Splendid, cahaya pada panel LCD akan dibuat lebih kuning (redup) untuk mengurangi dampak cedera tersebut. 
Vivid Mode adalah mode dimana pengguna akan mendapatkan kontras warna, serta ketajaman gambar yang lebih tinggi dari sebelumnya. Itu berguna untuk memberikan pengalaman visual yang lebih hidup untuk melihat gambar seperti pemandangan di dalam film, foto dan lainnya. 
Manual Mode adalah mode dimana pengguna dapat dengan bebas mengatur kecerahan dan tampilan pada layar sesuai dengan preferensi yang diinginkan.
Sedangkan TruVivid adalah sebuah teknologi untuk menyempurnakan kejernihan, kecerahan dan tingkat responsifitas pada layar. Teknologi ini mentransformasi desain yang umumnya diberikan pada layar perangkat pintar. Desain konvensional pada sebuah gadget umumnya tersusun atas empat lapisan antara lain, pelindung kaca, panel sentuh, celah udara dan modul LCD. 
Nah, pada TruVivid, ada bagian yang dieliminasi dan digabungkan sehingga hanya menyisakan dua lapisan yakni pelindung kaca dan panel sentuh dan LCD. Hal ini memberikan dampak positif berupa tampilan yang lebih jelas, dimana nilai transparasi optiknya bisa mencapai diatas 94 persen dibandingkan desain panel layar perangkat pintar konvensional. Hal ini juga dapat mereduksi reflection rate (tingkat pantulan bayangan) di layar mencapai 67 persen.
Terakhir adalah teknologi bernama ASUS Tru2Life Video yang diklaim akan selalu mampu menyajikan tampilan gambar bergerak yang mengagumkan pada perangkat ini. Tru2Life dikembangkan menggunakan teknologi pengolah gambar terbaru yang dapat Anda temukan pada perangkat televise high-end modern. Fitur ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran yang realistis terhadap sebuah video. Caranya  dengan meningkatkan kontras hingga 200 persen untuk memberikan ketajaman warna yang akurat dan detil. 

PRO AUDIO
Suara Jernih Disokong Harman Kardon
ASUS menggandeng pabrikan audio asal Amerika Harman/Kardon untuk menyokong kualitas audio yang memukan di lini notebook Asus VivoBook Pro. Mereka menyatakan kalau keluaran suara pada perangkat ini dua kali lebih kencang dari notebook premium pada umumnya. 
Asus VivoBook Pro Terbaik di Kelas Notebook Multimedia
ASUS meletakan dua buah speaker pada VivoBook yakni berada pada sisi bawah bersebelahan dengan exhaust untuk masuknya udara dengan ruang sebesar 8cc beserta teknologi smart amplifier. Dengan adanya 2 speaker besar didukung oleh audio harman kardon membuat ASUS VivoBook Pro adalah notebook yang cocok untuk dijadikan pilihan bagi yang konsentrasi untuk multimedia. 
Smart Amp diklaim ASUS, mampu memaksimalkan kualitas audio yang kencang namun tetap jernih dan terdengar enak. Teknologi ASUS Smart Amp membuat Asus VivoBook Pro menghasilkan volume audio 3,2 kali lebih kencang, 2,5 kali lipat lebih nge-bass, 3 kali lebih bertenaga dari notebook ASUS lain, yang belum mengadopsi teknologi tersebut.
Untuk input, microphone yang tersedia pada Asus VivoBook Pro juga sudah sangat kompatibel dengan Cortana voice command milik Windows 10. Dengan Cortana, pengguna bisa memerintahkan notebook untuk membuka atau menjalankan aplikasi, cukup dengan menyebut: “Hey Cortana” tanpa harus repot-repot mengetik.
Dari sisi audio output, Internal Asus sudah mengujinya dengan memaksimalkan volume hingga batas tertinggi, dentuman suara yang dikeluarkan terasa sangat bagus dan bulat serta tidak pecah. Tak hanya itu, kualitas keluaran suara pun dapat diatur lebih lanjut sesuai keinginan pengguna dengan aplikasi AudioWizard. Melalui AudioWizard, pengguna dapat men-setting suara ke dalam lima buah mode, yakni music mode, movie mode, recording mode, gaming mode, speech mode, atau juga mematikannya. 


source & picture :
https://techinstyle.asus.com
https://www.asus.com/id/
http://edgeup.asus.com
https://www.youtube.com/watch?v=40RZR-NeBN4
http://laptopmedia.com
https://www.notebookcheck.net
https://www.intel.com
http://gpuboss.com

You might also like

12 comments

  1. Wahh Zenbook Pro masuk dalam list jugaa ^^

    ReplyDelete
  2. Wiihhhhh speknya gokillll kalo punya ini bisa kenceng banget ngedit videonyaaa

    ReplyDelete
  3. Gokil, ini kan memang laptop dengan tenaga untuk konten kreator seperti kita-kita.

    Ditambah dengan i7 dan ram gede tentunya pasti enak banget.

    ReplyDelete
  4. i7... i5 ajah gue belm punyaaa,,, heheh

    ReplyDelete
  5. Buat blogger dan vloger kayaknya gak harus bawa camera dan ltop kmn2, udah ada vivobook soalny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget....bobotnya masih lumayan ringan

      Delete
  6. baru tau nih dengan dual fannya

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)