Tips Agar Notebook Asus E202 Makin Gegas

ASUS E202 adalah lini produk Notebook Asus yang spesial dipergunakan buat pengguna yang sering beraktifitas khusunya dengan aplikasi office, browsing dan aplikasi lainnya yang tidak perlu membutuhkan resource tinggi. Notebook gokil ini bisa dibilang sangat fenomenal untuk sebuah notebook layar 12" yang memiliki fitur lengkap dan harga terjangkau, salah satunya adanya fitur port USB Type-C dan Wifi type ac yang hanya ditemukan pada Notebook sekelas premium.
Tips Agar Notebook Asus E202 Makin Gegas
Dibalik fiturnya yang sangat fenomenal, dari performa yang mengandalkan prosesor intel apollo N3050, RAM Tanam 2GB ( tidak bisa di upgrade ) dan HDD 500GB tetaplah ASUS E202 merupakan notebook yang perlu dilakukan tuning pada sisi hardware dan software. Penulis kebetulan memiliki Notebook ini yang sudah bundle dengan Windows 10 64 bit, saat dinyalakan notebook tinggal melakukan setup awal dan saat berjalan normal semua driver dan aplikasi bawaan sudah terinstall sangat lengkap. Setelah selesai setup awal akhirnya semua driver dan aplikasi bawaan terinstall semua, setelah dirasakan beberapa menit dan jam terasa banget kalau notebook ini terasa lambat saat startup dan membuka aplikasi.


Baca juga Oli Motor Terbaik Untuk Sepeda motor keluarga Pakai Enduro
Penulis penasaran apa yang bikin lambat ini notebook, karena yang terinstall hanya aplikasi bawaan yang standart dan belum terinstall banyak aplikasi lainnya. Setelah lakukan analisa, akhirnya penulis lakukan beberapa hal yang ternyata lumayan bisa membuat ASUS E202 semakin gegas, apa aja itu akan penulis jabarkan dibawah ini :

1. UNINSTALL APLIKASI TIDAK TERPAKAI
Tips Agar Notebook Asus E202 Makin Gegas
Saat setup awal Notebook Asus E202 yang sudah preinstalled windows 10 64 bit ini akan menginstall driver, aplikasi tambahan dan antivirus, dengan begitu user tidak perlu bingung untuk mencari driver lagi. Menggunakan RAM tanam 2GB yang tidak bisa diupgrade terpaksa harus mengurangi aplikasi yang dipandang tidak dipergunakan.

2. UNINSTALL ANTIVIRUS
Pada setup awal ternyata juga menginstall antivirus tambahan yaitu McAfee Internet Security, karena ada antivirus bawaan windows 10 yaitu Windows Defender antivirus Mcafee internet security bisa dihapus. Menurut penulis lakukan tindakan ini ternyata sangat berpengaruh bisa menaikkan perfomance Asus E202 ( agar semakin aman jangan lupa untuk sering update windows defendernya ).

3. MATIKAN STARTUP TIDAK PENTING
Terakhir kurangi aplikasi yang berjalan dibelakang layar dengan mengaturnya di pilihan startup, pengaturan ini bisa dilihat di task manager dan pilih tabulasi Start-up.  Cari dan matikan aplikasi / fitur yang dirasa tidak perlu dengan mengubah satusnya ke disable.

Selain cara diatas ada cara lain agar Asus E202 ini bisa lebih gegas lagi, namun cara ini perlu ada biaya tambahan untuknya yaitu upgrade / ganti storage HDD dengan type SSD. Cara ini setidaknya bisa menaikkan perfomance lebih cepat 5X dibandingkan sebelumnya dan tentunya notebook menjadi lebih hemat energi, lebih ringan dan tahan banting. Upgrade ke SSD merupakan opsi terbaik namun dari sisi harga per kapasitas sangat tidak disarankan, ada opsi lain yaitu upgrade menggunakan storage jenis Flash Accelerated Drive dari sisi harga per kapasitas masih lebih baik dibandingkan penggunaan SSD.
Baca juga
4 Alasan Mengapa PC / Notebook Saatnya Beralih Menggunakan Flash Accelerated Drive Seagate Firecuda

You might also like

12 comments

  1. ganti storage HDD dengan type SSD. .

    Masih blm faham sama statemen ini. Itu maksdnya gimana gan? Harddisk nya ganti atau di tambah?

    ReplyDelete
  2. @Digi iya betul HDD-nya diganti SSD pasti lebih kencang

    ReplyDelete
  3. Minta saran merk SSD dong mas hehe...
    saya ndak ngerti harus beli ssd yg mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SSD merk adata juga bagus tapi sebetulnya semua merk bagus yang penting jaminan garansinya jelas dan lebih aman bawa sekalian laptopnya ke toko untuk upgrade ke ssd

      Delete
  4. Saya mengalami problem serupa, pernah saya coba instal mascam2 OS dari win 7 ,win 8.namun masih lelet.Saya akhirnya bdralih ke linux OS.distro Trisquel mini.dan..performanya jadi super.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih udah share tentang Asus E202 :)

    ReplyDelete
  6. Mantao gan. Tapi akhirnya saya malah beralih ke linux mint xfce. Agak kaget juga, saking smooth nya. XD

    ReplyDelete
  7. Upgrade ram ke 4 gb kira2 bisa gak ya ? Saya punya 2gb bawaan aslinya. Please info ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya gak bisa, karena ram bawaanya on board, karena itu sekarang kalo beli laptop minimal ram 4GB takutnya ramnya onboard dan no slot tambah ram.

      Delete

Jangan Nyepam Yah..:)