Oli Motor Terbaik Untuk Sepeda Motor Keluarga

Perlu Oli Motor Terbaik untuk sepeda motor keluarga yang penuh kenangan agar kenangan itu tidak hilang ditelan waktu. Kenangan suka dan duka yang menjadikan sepeda motor ini tidak bisa dipindah tangankan ke orang lain.
Oli Motor Terbaik
Di tahun 2020 ini tidak terasa sepeda motor si Merah ini sudah menemani 9 tahun bagi keluarga kecilku. Rewind dulu memori masa lalu, dulu latar belakang ingin memiliki si merah itu karena kebutuhan wajib akan alat transport roda dua yang dipergunakan untuk mempermudah keluarga dalam mobilitas dan itu menjadi bahan pertimbangan yang matang agar segera memilikinya. 

Dengan dana yang dimiliki cukup sebagai uang muka dan bulan berikutnya di cicil selama 20x. Akhirnya roda dua baru bisa kami miliki dengan merk honda beat berjenis matic dan tidak ketinggalan untuk warna yang dipilih kali ini menjatuhkan pilihan pada warna merah oleh karena itu kenapa kami sebut  " si Merah ".
Oli Motor Terbaik Untuk Sepeda Motor Keluarga
si Merah dengan wingletnya bergaya dengan oli enduro matic

Sebagai alat transportasi roda dua keberadaan si Merah sangat penting, untuk kepentingan keluarga seperti mengantarkan anak sekolah, mengantarkan istri ke pasar, mengantarkan anak-istri ke pusat perbelanjaan / tempat wisata, silaturahmi ke rumah saudara, tiap tahun kalau dibutuhkan supportnya si Merah membantu juga untuk kegiatan sosial dan banyak lainnya yang menjadikan si Merah banyak menyimpan kenangan yang tidak terlupakan. 

Sudah berumur 9 tahun si Merah yang sekarang termasuk sepeda motor berumur, bahkan si Merah pernah ditawar oleh teman kantor untuk membelikan buat anaknya dan kriterianya mau yang sepeda motor matic dengan menggunakan sistem karburator. Menurut dia sepeda motor matic dengan sistem karburator benar merupakan teknologi lama, namun mudah perawatannya dan harga spare partnya masih murah. Tidak seperti sepeda motor matic jaman sekarang yang menggunakan sistem full injeksi yang terkenal irit, akan tetapi perawatannya lebih sulit dan harga spare partnya mahal. 

Akhirnya dengan pertimbangan si Merah ini masih layak untuk digunakan dan masih sangat dibutuhkan dengan halus tawaran teman kantor saya tolak, meskipun juga kami memiliki sepeda motor baru si Merah ini akan tetap menjadi bagian keluarga kami.
Oli Motor Terbaik Untuk Sepeda Motor Keluarga
si Merah sibuk dengan antarkan anak ke sekolah

Oli Motor Terbaik Untuk Sepeda Motor Keluarga
si Merah sibuk antarkan istri ke pasar

Oli Motor Terbaik Untuk Sepeda Motor Keluarga
si Merah sibuk dengan kegiatan sosial di masjid

Ada beberapa cerita si Merah yang cukup menarik sebagai kenangan, seperti : Saat istri saya mengajukan permohonan SIM C ( tanpa lewat calo ) sukses melewati ujian tulis dan ujian praktek. Pada waktu ujian praktek memberanikan diri memakai sepeda motor sendiri yaitu honda scoopy matic punya adik, yang ternyata kakinya turun untuk jaga kesimbangan di kelokan terakhir yang membentuk angka delapan. 

Dari analisa melewati ujian praktek di lap terakhir di angka 8 cukup sulit apalagi menggunakan scoopy yang agak bongsor dan bodi belakangnya yang agak lebar. 2 minggu kedepan saat melanjutkan ujian praktek ulangan memberanikan diri pakai si Merah yang dari bodinya cukup ramping dan tarikan mesinnya cukup bagus. Alhamdulillah Istri akhirnya bisa mendapatkan SIM C yang semuanya didapatkan murni tanpa lewat calo dan pakai strategi yang tepat dalam memilih sepeda motor.

Cerita lainnya yang merupakan cerita sedih, ini merupakan kecelakaan pertama kali dan sangat aneh kejadiannya. Kebetulan saat lagi ada side job mencari perangkat komputer di kota malang dan pada waktu itu sedang berhenti di lampu lalu lintas. Nah saat berhenti lampu lalu itu terlintas bahwa ada tempat lain yang harus dituju, oleh karena itu dengan cepat setang sepeda motor dipindah ambil jalur kiri. 

Celakanya saat itu dengan cepat ada sepeda motor lewat dari belakang yang ternyata belakangnya sedang membonceng seorang cewek yang memiliki tas ditaruh pundak kanannya. Dengan cepatnya langsung cewek tersebut langsung terjatuh kebelakang dan sepeda motor saya juga ikut terjatuh juga. Kejadian kecelakaan yang cukup aneh dimana penyebabnya tali tas cewek itu nyangkut pada spion sebelah kiri si Merah, dengan cepatnya cewek yang dibonceng langsung jatuh kebelakang dan si Merah ikut juga tertarik kedepan yang akhirnya juga jatuh.

Akibat kejadian ini sebagai rasa tanggung jawab cewek ini langsung saya antarkan ke rumah sakit terdekat untuk checkup kondisi luka jatuh dan langsung diberi pengobatan. Alhamdulillah kondisi cewek ini tidak ada luka yang berat, hanya luka kecil saja, Bagaimana dengan si Merah ? cukup parah kondisinya stang kemudinya jadi bengkok kekiri, tapi untung saja sepeda motor ini masih bisa dikendarai pulang meskipun kondisi stang kemudinya yang miring.
Oli Motor Terbaik Untuk Sepeda Motor Keluarga
si Merah lagi angkut printer saat jalankan side job

Salah satu cerita suka dan duka diatas, memang sepeda motor matic si Merah ini manfaatnya selain untuk kepentingan keluarga yang tidak kalah penting manfaatnya bagi saya yang berperan menjadi suami yang memiliki istri dan 1 anak yaitu mencari nafkah. Suami yang secara harfiah memiliki kewajiban sebagai kepala keluarga yang menjadi tulang punggung dalam mencari nafkah untuk keluarga. 

Saya cuma bilang " Alhamdulillah " karena rejeki dari Allah SWT yang turun dimuka bumi harus diraih, yang kenyataanya prosesnya dalam meraih rejeki dipermudah oleh Allah SWT melalui bantuan si Merah. Keberadaan si Merah yang pasti setiap hari berperan penting sebagai alat transport untuk menuju tempat kerja. Bahkan sepulang kerja untuk menambah penghasilan keluarga, ada pekerjaan tambahan yaitu sewaktu - waktu ada panggilan jasa maintenance komputer, pembelian perangkat komputer, laptop dan printer oleh karena itu si Merah di tuntut untuk tetap dalam kondisi prima mulai dari mesin, kelistrikan, rem dan ban agar tidak ada kendala ditengah perjalanan.

Agar tetap kondisi prima si Merah pasti diperlakukan dengan penuh perhatian, mulai dari perawatan yang sangat penting dan rutin yaitu mengganti oli mesin sesuai dengan kilometer di speedometer, ganti ban bila sudah tipis, ganti vbelt bila sudah aus, ganti aki kering bila elektrik starter tidak jalan, ganti limit switch rem depan - belakang untuk kelistrikan dan bola lampu. 

Pada mesin pasti menggunakan Oli Motor Terbaik dan terpercaya, bahkan tidak hanya oli mesin saja perawatan pada sistem pengapian, sistem karburator, sistem bahan bakar juga sangat penting agar sepeda motor tetap awet, mantap akselerasinya dan gasnya stationeri.
Oli Motor Terbaik Untuk Sepeda Motor Keluarga
aplikasi evernote membantu menulis riwayat oli si Merah

Untuk urusan perawatan si Merah, saya cukup detail untuk mencatatnya dengan cara memanfaatkan aplikasi evernote di smartphone. Mulai dari jenis oli apa yang digunakan sebelumnya, tanggal berapa pergantiannya dan kilometer (speedometer) berapa saat ganti oli. Diharapkan nantinya saat ganti oli bisa tepat waktu dan mudah menentukan jenis olinya.
Oli Motor Terbaik Untuk Sepeda Motor Keluarga
Oli Motor Matic Terbaik dengan Pertamina Enduro

Si Merah ini cukup nyaman dalam tarikan dan akselerasi mesinnya, namun kadang sering lupa mesin masih dingin langsung digeber langsung berangkat kerja / antarkan anak. Demi keawetan mesin perlu oli pelumas mesin yang setidaknya cepat meratanya dalam sela - sela gear mesin dan cocok jenis mesin buat si Merah. Setelah baca berbagai referensi sepertinya si Merah cocok dengan oli Enduro Matic SAE 10W-30, kenapa begitu ?.... berikut alasannya :
Oli Motor Terbaik Untuk Sepeda Motor Keluarga
si Merah waktunya ganti oli pakai enduro matic

1. Umur mesin yang sudah 9 tahun namun tarikannya yang ringan menjadikan sepeda motor ini sering dikendarai kondisi mesin dingin. Akhirnya menjatuhkan pilihan pada Oli Motor Matic Enduro Matic SAE 10W-30 karena sangat percaya pada kualitas oli keluaran PERTAMINA dan si Merah butuh oli yang lebih cepat sirkulasinya untuk merasuki sela - sela gear mesin agar sewaktu - waktu motor ini siap untuk langsung dikendarai meskipun mesin kondisi dingin.

2. Enduro Matic SAE 10W-30 memiliki Moly Additive yang berguna untuk memberi proteksi mesin, dengan begitu bisa meminimalisir friksi gesekan gear mesin yang sangat berpotensi pada saat temperature dan kecepatan tinggi.

3. Enduro Matic SAE 10W-30 merupakan Oli Motor yang cocok dengan motor matic yang menggunakan system dry clutch atau kopling kering. Dry clutch atau kopling kering merupakan mekanisme mesin dengan gearbox terpisah dengan mesin, dengan begitu oli pelumas digunakan juga untuk pelumasan transmisi.

4. Enduro Matic SAE 10W-30 mampu menjaga kebersihan mesin dan melindungi dari korosi / keausan mesin yang berlebihan.

5. Enduro Matic SAE 10W-30 memiliki tingkatan mutu JASO MB ( Approved ) standard Jepang yang cocok untuk motor matic 4 langkah, karena jenis oli ini hanya cocok untuk melumasi mesin dan transmisi saja. Selain itu juga memenuhi tingkat performance API SL yang cocok dipergunakan untuk motor - motor yang dibuat tahun - tahun terbaru.

6. Enduro Matic SAE 10W-30 sangat terjangkau, karena Harga Oli Motor matic ini bisa didapatkan di rentang harga Rp 37.000 ~ Rp 45.000.

Dengan oli Enduro Matic SAE 10W-30 sebagai oli andalan memiliki 6 alasan yang menjadikan si Merah sekarang semakin nyaman dan enak tarikan mesinnya, yang bikin terheran - heran kinerja mesin masih tetap stabil. Saat bukaan gas si Merah ini begitu responsif, tidak ketinggalan pada bagian mesin masih bisa diajak kompromi untuk melewati medan apapun.

Si Merah sebagai sepeda motor keluarga dari fungsionalitas masih bisa diharapkan kinerjanya, tapi tahun terus bertambah dan anak semakin besar namun sayang sepeda motor tetap memiliki ukuran yang kecil apalagi sekarang joknya cukup hanya untuk berdua saja. Mau naik sepeda motor bertiga sangat terasa bagian pengemudi terasa tidak nyaman, oleh karena itu waktunya estafet motor keluarga diserahkan kepada sepeda motor yang lebih baik seperti lebih panjang joknya dan memiliki ukuran sepeda motor yang agak besar agar seimbang dengan kondisi anggota keluarga.
Oli Motor Terbaik Untuk Sepeda Motor Keluarga
sepeda motor keluarga pakai oli motor terbaik yaitu pertamina enduro

Akhirnya pada tahun 2019 kemarin bertambah satu lagi sepeda motor yang ukuran fisik dan joknya lebih besar dibandingkan si Merah, diharapkan sepeda motor ini bisa menggonceng / mengajak istri dan anak naik bersama - sama. Sudah terbukti dilihat dari kinerja oli motor pertamina ini sangat bisa dipercaya kemampuannya pasti suatu saat nanti sepeda motor baru ini juga akan menjadi bagian keluarga pengguna Enduro Oli Andalan Semua Motor. Dan si Merah tetap bagian keluarga kecilku untuk mendukung mobilitas istri yang nantinya bakal sibuk dengan urusan rumah tangga.


sumber :
https://motormobil.org
https://lifestyle.kontan.co.id
https://www.pertaminalubricants.com

You might also like

1 comment

  1. Kemarin nyari-nyari rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia saat ini, tapi banyak yang menyarankan oli X-TEN. Sebenarnya belum percaya begitu saja sih, tapi kok teman dekat saya juga nyaranin emang pake X-TEN saja. Jadi bingung pilih mana

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)