Behind The Scene Video Undangan Augmented Reality Asus Zenfinity 2017

16 Mei 2017 Asus Indonesia punya event Asus Zenfinity 2017 yang bakal melaunching 2 smartphone unggulannya yaitu Asus Zenfone Zoom S dan Zenfone Live, kebetulan saya sebagai founder blog arifdoit.com dan ONOtekno.com diberi kesempatan untuk menghadiri event tersebut. Salah satu yang ditunggu - tunggu dalam acara ini adalah undangan resmi dari Asus Indonesia yang kata teman-teman blogger sangat spesial undangannya. Saat teman-teman blogger mendapatkan undangan Zenfinity 2017 sempat terbesit dalam pikiran....wah kali ini undangan dari Asus datang ndak yah.....dari pengalaman event sebelum-sebelumnya setiap ada undangan pasti telat dan tidak sampai ke tangan, mulai dari acara Zenfestival 2015 yang undangannya telat diterima setelah acara selesai dan saat balik ke malang baru dapat undangan dan kemudian zenvolution 2016 tidak terima undangan sama sekali walau sudah balik ke malang. Malamnya di grup WA BLUS pada ramai bahas undangan Zenfinity 2017, besoknya tepatnya kurang 4 hari sebelum hari H ternyata undangan Zenfinity benar-benar datang sampai di kantor...hmmm kali ini tepat waktu undangannya tapi sepertinya dari JNE sendiri kurang hati - hari jaga undangan ini terlihat undangan ini kelipat agak ditengah.
Behind The Scene Video Undangan Augmented Reality Asus Zenfinity 2017
Setelah saya baca ternyata undangan ini disarankan untuk download aplikasi Zenfinity2017 di google playstore dan rasakan sensasinya dari teknologi AR ( Augmented Reality ). Dalam undangan ini sangat keren, bila kita menggunakan aplikasi Asus Zenfinity 2017 terus scan undangan tersebut nantinya bakal muncul sebuah pertunjukan / animasi keren yang akan menampilakan isi undangan tersebut.
A post shared by Arif Budi Hartoyo (@oisarifdotcom) on

Wah - wah sempat terbesit dalam pikiran undangan model kayak gini kalau dipakai undangan sunatan dan pernikahan bakal jadi heboh dan trend baru nih....ahhh ngelantur 😁tapi bakal repot juga tuh kalo di malang pakai undangan kayak gini, kudu download programnya dulu terus bisa baca isinya, karena tidak semua penerima undangan pada ngerti teknologi dan bisa tidak dibaca undangan ini karena bikin ribet para penerima undangan 😨 dan satu lagi harus disiapkan juga aplikasinya di google playstore biar bisa didownload untuk umum.
Dalam rangka meramaikan event Asus Zenfinity 2017 Asus juga mengadakan AR experience dengan undangan ini agar kreatifitas para penerima undangan muncul dengan membuat dokumentasi berupa foto maupun video akan kecanggihan undangan ini. Dengan menggunakan hashtag #AsusARexperience hasil kreatifitas penerima undangan bisa di posting di media sosial instagram saja. Dengan diberi waktu cuma 3 hari sangat sempit untuk mencari ide konsep yang fresh dan berbeda dengan yang lain. Akhirnya terbesit membuat konsep ide dengan scan undangan AR dengan background tempat wisata yang dekat-dekat saja yaitu candi singosari. Namun setelah dipikir - pikir ulang ternyata kurang greget bila backgroundnya cuma candi singosari, perlu juga menonjolkan daerah wisata malang lainnya seperti kampung warna - warni jodipan, alun-alun malang, stasiun kota malang dam  alun - alun batu.
Akhirnya pada sabtu sore H-2 segera berangkat ke kota malang untuk mencari kripik tempe sebagai oleh - oleh khas malang buat acara BLUS sekaligus mengambil video untuk scan AR dengan background kampung warna jodipan, stasiun kota malang, Alun-alun malang dan kalau sempat ke batu. Terjebak macet akhirnya sampai di kampung warna-warni jodipan dengan kondisi agak gelap dan mau masuk maghrib, tapi saya putuskan sholat maghrib dulu. Setelah menunaikan ibadah sholat maghrib mulai beraksi pasang tripod dan siap scan udangan AR dengan mencoba beberapa sudut dan pencahayaan tambahan....hasilnya gagal total, ternyata aplikasi ZenFinity 2017 ini tidak bisa / susah scan AR meskipun diberi cahaya tambahan dan juga background kampung warna-warninya jadi tidak kelihatan.
Behind The Scene Video Undangan Augmented Reality Asus Zenfinity 2017
Diputuskan akhirnya minggu besok pagi harus pagi-pagi berangkat lagi untuk mengambil videonya, sebelum pulang coba mampir dulu ke stasiun kota malang yang viewnya bagus banget kalo malam hari. Akhirnya sampai juga di stasiun kota, cuma beberapa menit karena sama kampung warna-warni jodipan sangat dekat bahkan bersebelahan. Kalau malam hari stasiun kota malam viewnya benar-benar cakep...sayang pencahayaan sangat kurang sekali, namun akhirnya saya menemukan posisi yang pas yaitu dibawah monitor display yang sangat besar lumayan buat membantu pencahayaan. Akhirnya scan AR di stasiun kota malang bisa diambil 30%, karena sering mengalami kegagalan dan juga kondisi cahaya kurang mendukung untuk di stasiun kota.
Behind The Scene Video Undangan Augmented Reality Asus Zenfinity 2017
Besok paginya dilakukan capture video di kampung jodipan, alun-alun malang, candi singosari dan alun-alun batu. Sampai di kampung jodipan saya berdiri diatas jembatan dan ambil view tulisan kampung warna - warni jodipan, ternyata tidak semudah yang dibayangkan aplikasi Zenfinity 2017 ini tidak ada pengaturan fokus hanya menggunakan fokus fix paling jauh dan saya harus meraba-raba posisi undangan yang pas agar bisa terbaca AR-nya. Selain masalah fokus kena cahaya matahari terlalu banyak juga sangat mengganggu proses scan karena kertasnya putih plus kena sinar matahari langsung akhirnya kertas undangan nampak putih, jadi tulisannya di undagan tidak kentara. Alhamdulillah meskipun susah payah ambil video scan AR karena kendala fokus dan paparan cahaya matahari, dengan posisi yang pas 100% jalannya AR bisa sampai selesai dan tercapture sempurna videonya.
Behind The Scene Video Undangan Augmented Reality Asus Zenfinity 2017
Selanjutnya di alun-alun malang juga dengan mengambil view tulisan alun-alun malang dan kondisi yang sangat rindang tanpa kena langsung cahaya matahari, ambil 3 view sempat kesusahan untuk scan AR undangan ini namun akhirnya bisa berjalan 100% scan AR-nya. Dari susahnya scan AR undangan akhirnya ambil view alun-alun batu di cancel dan fokus langsung ke candi singosari sekaligus pulang.
Behind The Scene Video Undangan Augmented Reality Asus Zenfinity 2017
Sampai di candi singosari segera ambil view yang jauh agar background candi singosari bisa kena / masuk di video, coba berkali - kali scan AR tetap gagal total karena kondisi kena cahaya matahari dan di tempat rindang pun masih gagal, alhamdulillah akhirnya scan AR bisa jalan 100% dan dicapture dengan posisi di 2 depan pintu candi yang tidak kena langsung sinar matahari. Berikut kompilasi proses pengambilan video scan AR undangan zenfinity 2017 di 4 tempat wisata malang.
Di instagram bisa mengupload video dengan batas waktu maksimal 1 menit saja, karena itu perlu proses editing agar bisa sesuai 1 menit video kompilasi ini. Rencana malamnya video kompilasi ini akan dibuat sebelum berangkat ke jakarta besok pagi. Sangat disayangkan karena ada urusan mendadak dikantor untuk mennanggulangi ransomware wanna crypt, edit video ditunda harus fokus dulu urusan kantor dan rencana editing video dikerjakan besok siang di jakarta setelah sampai di hotel. Kita boleh berencana namun kondisi dilapangan berbeda dijakarta-pun tetap tidak bisa lepas dengan urusan kantor dan urusan lainnya, sempatnya dimalam hari akhirnya proses editing video kompilasi selesai jam 12 malam dan segera diupload sambil ditinggal tidur. Berikut hasil kompilasi video yang digabung menjadi satu dengan durasi 1 menit.
Bangun tidur mau sholat shubuh....Cilakak 😭😭😭upload tadi malam gagal harus dikirim ulang, padahal waktunya sudah habis pula karena siang nanti sudah acara launchingnya, dari hal itu akhirnya saya tidak berharap untuk bisa bersaing dengan peserta liannya yang hasilnya bagus-bagus. Berselang waktu diakhir acara zenfinity 2017 event Asus AR Experience diumumkan pada penutupan acara gala diner, terus hasilnya gimana apakah menang ? 😢😢😢 hehehe...alhamdulillah tidak masuk nominasi pemenang. Meskipun tidak menjadi salah satu pemenang sudah bisa datang diacara grand launching zenfone zoom s dan zenfone live merupakan sensasi tersendiri (menghibur diri). Sekalian juga artikel ini dibuat sebagai dokumentasi bagaimana proses pembuatan video scan AR undangan Zenfinity 2017 yang diikutkan di event Asus AR experience.

You might also like

6 comments

  1. sampai sekarang, undanganku belum dapet di rumah.. nyasar kemana yaa.. haha tapi semoga #kotakkayu gak nyasar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahaha....sama dulu-dulu undanganku ada yang telat dan zonk, alhamdulillah kalo kotak kayu selama ini ndak nyasar dan kalo telat ndak papa yang penting selamet :-bd

      Delete
  2. Wah perjuangannya lumayan capek ya Mas, semoga nanti dapat balasan berupa kotakkayu he3

    ReplyDelete
  3. Undangannya keren. Ada AR nya.
    Mantab banget asus ini..

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)