Blogging Semakin Kreatif Bersama ASUSPRO B8230

Blogging kreatif itu menyenangkan
Perkembangan dunia blog sekarang trendnya mengarah pada artikel yang kreatif, karena dulunya blog hanya mengedepankan tulisan dengan ditambah sedikit dukungan grafis. Menitikberatkan pada artikel yang kreatif, membuat para penulis blog ( blogger ) harus memutar otak untuk menghasilkan artikel kreatif yang bermutu dan nantinya bisa diterima para pemirsa netizen. Artikel kreatif yang bermutu itu layaknya sebuah maha karya yang dibuat oleh seorang blogger, padahal dibalik artikel kreatif yang bermutu proses pembuatannya membutuhkan sebuah perjuangan / pengorbanan waktu dan pikiran.
Maha karya seorang blogger dalam membuatnya pasti membutuhkan partner yang nantinya sebagai media untuk menterjemahkan ide - ide berupa tulisan, grafis dan video yang dikumpulkan menjadi satu dalam sebuah artikel. Partner itu adalah sebuah Notebook atau PC yang bisa dibilang adalah partner setia blogger, karena akan menemani blogger dari pagi sampai malam dalam menuntaskan sebuah artikel yang kreatif. Mencari partner setia ini syaratnya harus memiliki Otak Prosesor yang mumpuni dan tidak ada tandingannya, hasilnya dari berbagai sumber informasi manapun bahwa saat ini hanya prosesor dari Intel saja yang memenuhi persyaratan itu yaitu Prosesor Intel Core i3 / Intel Core i5 / Intel Core i7, yang mana merupakan prosesor terbaik di dunia bagi perangkat notebook, PC dan Server.
Partner setia blogger notebook atau PC ?
Nah...bagaimana dengan blogger, mau pilih Notebook atau PC ?
Memilih partner setia itu harus tepat pilihannya karena untuk jangka panjang bagi blogger, dengan beberapa alasan yang kuat pastinya pilihan itu jatuh pada sebuah notebook yang cocok sebagai partner setia ( versi arifdoit.com ).

Kenapa harus notebook ? berikut ini 4 alasan kuat kenapa sih notebook merupakan partner setia para blogger.
1. Portabilitas
Notebook itu enaknya bisa dibawa kemana-mana, karena blogger biasanya itu kalo cari ide tidak melulu di dalam rumah. Mencari ide itu bisa dibanyak lokasi atau tempat misal keliling pasar tradisional, duduk di cafe, jalan - jalan di sawah, pantai dan banyak lokasi / tempat yang bisa mood booster seorang blogger. Nah...kadang biar tidak langsung hilang ide cemerlangnya blogger biasanya menulis langsung di notebook dan lumayan juga bisa tercatat idenya, ketimbang idenya hilang dan juga  “ time is money “  mengingat - ingat kembali ide yang hilang itu bikin sebel juga butuh waktu yang lama loh 😭😭.
2. Perfomance
Notebook saat ini dari sisi perfomance tidak kalah dibandingkan dengan PC bahkan hampir sama, keberadaan notebook sangat berguna bila sudah dapat ide dan tulisan yang cemerlang. Nah…Ide ini harus segera diterjemahkan kedalam blog berupa tulisan, grafis dan video, karena tuntutan blog sekarang itu harus kreatif mulai tulisan harus keren, grafis yang oke dan video yang gokil, nah jangan sampai notebooknya itu tidak menjangkau ide-ide cemerlang para blogger. Maksudnya notebook tidak menjangkau ide cemerlang itu tidak lain tidak bukan notebooknya tidak memiliki kapabilitas diajak ngebut wus-wus untuk mengerjakan grafis dan video yang keren. Jangan sampai blogging itu menjadi suatu beban bagi blogger karena keterbatasan notebook, jalani blogging dengan senang pasti akan banyak menghasilkan artikel yang bermutu. Keberadaan notebook dengan perfomance yang mumpuni membuat para blogger bakal tersenyum manis bila tulisan, grafis dan videonya bisa selesai dengan tepat waktu.
3. Media Simpan
Artikel blogger yang suka membahas mengenai food, traveling dan mungkin sembarang topik pasti didalam artikelnya terdapat foto dan video yang mendukung artikel tersebut. Foto dan video yang didapatkan dari hasil kamera apapun pasti membutuhkan media simpan untuk dikoleksi dan dikelola agar mudah untuk diedit sesuai dengan artikel yang akan dibuat.
4. Ringan dan Kuat
Notebook yang keren pastinya memiliki bobot yang ringan sekaligus kuat, karena dibuat dengan ukuran fisik yang kecil, compact dan dibuat dari bahan yang berkualitas tinggi. Notebook ringan dan kuat paling nyaman dibawa kemana-mana bagi para blogger, karena itu Notebook adalah solusi pilihan yang paling tepat bagi para bloger ketimbang PC.

Diatas adalah 4 alasan kuat kenapa blogger itu harus menggunakan notebook sebagai penunjang aktivitas ngeblog, sebagai penulis blog arifdoit.com salah satu pilihan notebook idaman dan terbaik adalah notebook keluaran Asus Indonesia yaitu ASUSPRO B8230. Dari sekian banyak notebook yang beredar dipasaran menurut penulis ASUSPRO B8230 merupakan pilihan yang tepat bila dilihat dari sisi perfomance, durabilitas, security dan fiturnya yang lengkap. Berikut ini alasan kuat mengapa ASUSPRO B8230 merupakan notebook pilihan yang tepat dijadikan sebagai partner setia blogger :
ASUSPRO B8230 Notebook Idaman Blogger

1. PERFOMANCE TIDAK TERTANDINGI
a. Dukungan Prosesor Intel Generasi-6 " Sky Lake "
Dalam membuat konten blog yang kreatif tidak terbayangkan bila poin no.2 diatas itu benar - benar terjadi, ide - ide kreatif blogger bakal tidak kesampaian. Dalam hal ini sangat penting sebuah notebook menggunakan prosesor yang memiliki perfomance monster, karena bakal tidak ada cerita seorang blogger yang galau karena notebooknya lambat, bikin grafis tidak semangat, bikin video kurang kreatif, tidak bisa ini - tidak bisa itu….boom ( bloggernya nangis dipojok kamar ). Sekedar informasi bahwa prosesor intel generasi 6 dengan kode “ Sky Lake “ adalah lini prosesor intel yang di release tahun 2015 dengan proses fabrikasi 14nm FinFET transistor. Proses fabrikasi yang semakin kecil membuat prosesor ini mampu menampung lebih banyak transistor didalamnya, akhirnya perfomance yang dikeluarkan semakin meningkat dan disipasi dayanya semakin kecil / irit 15W dibanding prosesor intel generasi sebelumnya.
Intel Skylake semakin irit dan perfomance tinggi
ASUSPRO B8230 Notebook Idaman Blogger
Pada Notebook ASUSPRO B8230 memiliki 2 type yang hanya dibedakan dengan otak prosesornya saja yaitu Intel Core i5 6200U dan Intel Core i7 6500U yang sama-sama masuk dalam kategori prosesor ULV ( Ultra Low Voltage ). Kedua jenis prosesor yang beda type ini sama - sama memiliki 2 core namun dipadukan dengan teknologi Hyper Threading jalannya layaknya notebook yang memiliki 4 core ( 2 core + 4 Thread ).
ASUSPRO B8230 Notebook Idaman Blogger
b. Dukungan GPU Mumpuni
Termasuk kategori prosesor ULV Prosesor Skylake terintegrasi grafis Intel HD 520 ( Skylake GT2 Gen9 ), yang kemampuannya bisa menyuguhkan tampilan 4K. Dari perfomance graphic sebenarnya sudah sangat powerfull hampir setara dengan grafis Nvidia GeForce 820M. Berikut grafis detail dan perfomance dari Graphic Intel HD 520.
ASUSPRO B8230 Notebook Idaman Blogger
c. Dukungan RAM Cepat dan Irit
Saat ini trendnya notebook mengarah pada perfomance yang tinggi namun membutuhkan daya yang semakin kecil, selain prosesor dan grafis dibutuhkan juga dukungan dari kinerja RAM yang sangat cepat. Notebook ASUSPRO B8230 memiliki spesifikasi yang mumpuni karena sudah didukung oleh teknologi RAM DDR4, dengan kapasitas 4GB DDR4 2133 MHz yang bisa diupgrade hingga 20GB dimana semakin kencang frekuensinya namun kebutuhan dayanya lebih kecil dan itu sangat berpengaruh banyak akan perfomance notebook yang semakin meningkat dan tentunya juga semakin irit.
ASUSPRO B8230 Notebook Idaman Blogger
d. Dukungan Storage Cepat
Storage yang digunakan ASUSPRO B8230 memiliki kapasitas 256GB dengan menggunakan interface SATA3 M.2 SSD, storage yang termasuk kategori NGFF ( Next Generation Form Factor ) dimana ukuran fisiknya yang kecil namun perfomancenya sangat tinggi.
ASUSPRO B8230 Notebook Idaman Blogger
“ Kecil - Kecil Cabe Rawit “ pantas disematkan buat storage SSD yang menggunakan interface SATA3 M.2, loh kok bisa begitu yah ? menurut informasi yang didapatkan dari mbah google dengan mengarah ke site photographylife.com, secara umum storage ini mampu menghasilkan kecepatan yang sangat luar biasa sekali dibandingkan dengan hard drive dan SSD drive. Berikut data perbandingan hasil benchmark HDD, SSD dan M.2 SSD :
ASUSPRO B8230 Notebook Idaman Blogger
e. Dukungan Bobot Ringan
Bobot 1,33 kg dengan baterai pada notebook ini termasuk sangat ringan sekali, karena ringan bobotnya membuat sangat mudah dibawa kemana - mana bagi seorang blogger. Notebook ringan itu juga merupakan idaman bagi para blogger yang salah satunya menyukai aktivitas traveling, karena sebagai partner setia notebook ini bisa dibawa saat melancong ke dalam dan luar negeri  tanpa ada keluhan pada masalah bobot notebook.
ASUSPRO B8230 Notebook Idaman Blogger
f. Dukungan Layar Memukau
ASUSPRO B8230 merupakan lini produk dari Asus yang mengedepankan kenyamanan, karena memiliki ukuran layar yang cukupan 12.5” ( 16:9 ) dengan resolusi Full HD ( 1920 x 1080 ).  Kenyamanan seorang blogger saat didepan notebook akan terasa, karena tampilan full HD pada layar notebook ini sangat halus dan solid. Blogger juga akan semakin betah saat berada di depan ASUSPRO B8230 karena layarnya sudah didukung dengan Anti-Glare yang berfungsi untuk mencegah pantulan / refleksi pada layar yang berlebih, ini akan membuat pandangan mata jadi tidak terganggu oleh pantulan / refleksi dan juga anti-glare membuat layar terbebas dari jejak sidik jari yang membikin layar tampak kotor. Layar memukau ditunjang juga dengan engsel yang kuat dan kemampuan layarnya yang dibuka hingga dibuka 180 derajat, dengan begitu memberikan opsi - opsi untuk mengatur posisi layar yang pas.
ASUSPRO B8230 Notebook Idaman Blogger

2. DURABILITY ( DAYA TAHAN )
Masalah durability / daya tahan ASUSPRO B8230 menjadi pembeda dan lebih unggul dibandingkan type notebook lainnya, karena dibuat melalui proses yang berkualitas tinggi dengan standar militer MIL-STD 810G dan melewati uji tes ketahanan yang sangat ketat. Cover yang terbuat dari bahan alumunium yang ringan dan tough carbon yang kuat semakin meningkatkan durability sebuah notebook ASUSPRO B8230. Durability yang terjamin memberi keyakinan bagi blogger apabila mengalami musibah notebooknya terjatuh ( semoga tidak terjadi...sih ), akhirnya hardware didalamnya masih mendapatkan perlindungan dari casing luar yang kuat dengan begitu terhindar dari resiko kerusakan hardware.
ASUSPRO B8230 Notebook Idaman Blogger

3. SECURITY / KEAMANAN
ASUSPRO B8230 Notebook Idaman Blogger
Notebook ASUSPRO B8230 dibuat untuk memenuhi kebutuhan akan keamanan di lingkungan enterprise dan bagi blogger keamanan data juga sangat bermanfaat untuk memproteksi maha karya seorang blogger agar tidak bocor atau tersebar ke ranah dunia maya oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Bayangkan bila notebook seorang blogger diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab, terus data dan password blog juga tersimpan di dalam notebook. Blogger pasti bakal tidak bisa tidur dengan nyaman, karena rasa was-was dan takut bila data pada notebook disalahgunakan ke hal-hal negatif yang akibatnya nanti bisa menjatuhkan reputasi blognya. Sebenarnya rasa was-was itu tidak akan muncul apabila notebooknya memiliki security yang handal seperti di ASUSPRO B8230, security itu antara lain :
a. Sensor Fingerprint
Keberadaan sensor fingerprint merupakan tingkat keamanan yang paling simpel dan efisien aman, karena teknologi biometrik ini yang memanfaatkan sidik jari bisa digunakan untuk membuka login notebook. Tanpa sidik jari yang cocok notebook ini tidak akan bisa meloloskan login masuk untuk mengakses data di notebook ini.
b. Trusted Platform Module ( TPM )
Berupa chip yang terintegrasi dengan motherboard fungsinya mampu mengengkripsi data tingkat tinggi, dengan begitu data sensitif akan aman dari resiko orang yang membaca password tanpa izin. Keberadaan hardware TPM yang dikombinasi dengan sistem BIOS, sistem operasi dan paket software yang ada akan memberikan tingkat keamanan yang menyeluruh pada proteksi file, pada proteksi email dan akhirnya privasi sangat terjamin.
c. Smart Card Reader
Fitur keamanan ini mengedepankan identitas pengguna yang tepat, karena autentikasinya berdasarkan identitas pengguna yang oleh sistem di notebook akan menyesuaikan data yang akan ditampilkan dan aplikasi yang diperbolehkan. Fitur ini bisa digunakan untuk proses login ke notebook dan memungkinkan juga untuk digunakan proses transaksi online.

4. FITUR YANG LENGKAP
Fitur - fitur pada sebuah notebook ASUSPRO B8230 bisa dibilang sangat lengkap untuk sebuah notebook yang memiliki ukuran kecil dan keren ini. Apa saja itu fitur yang keren itu :
ASUSPRO B8230 Notebook Idaman Blogger
a. Keyboard Nyaman
ASUSPRO B8230 memiliki keyboard backlit yang nyaman dan sangat membantu sekali bila mengetik di tempat yang gelap. Keyboard ergonomis ini memiliki travel distance dengan kedalaman tombol sebesar 2 mm dan jarak antar tombol sebesar 19.05 mm, karena itu kenyamanan dan kemudahan saat mengetik jadi terasa banget yang membuat jari pengguna menjadi tidak mudah lelah. Selain itu fitur keren pada keyboardnya yang ternyata sudah mendukung spill resistant artinya apabila keyboard kena tumpahan air maka air tumpahan ini akan terbuang lewat jalur khusus akhirnya air tidak tidak akan masuk ke dalam notebook yang beresiko merusak motherboard.
b. Integrasi Mouse Intuitif
Keberadaan mouse sensepoint dan tombol touchpad yang terpisah jarak 50 mm, semakin nyaman digunakan dalam satu tangan untuk operasi pemilihan dan scrolling.
c. Smart Gesture
Keberadaan smart gesture yang aplikatif sangat membantu dalam operasional mouse dengan jari, selain itu juga didukung dengan area touchpad yang luas.
d. Asus Business Manager
ASUSPRO B8230 Notebook Idaman Blogger
Paket aplikasi / utility yang ada dalam ASUSPRO B8230 ini untuk mempermudah pengguna menjaga performance dan mengontrol notebook dalam satu interface, antara lain  :
-    Mengatur penggunaan daya notebook
-    Mengupdate driver terbaru agar kinerja notebook semakin baik
-    Mengelola keamanan pada USB dan Fingerprint
-    Melindungi data dengan metode backup dan recovery
-    Mengatur penggunaan layanan hotspot
-    Memberi perlindungan pada Hard Drive.
e. Maintenance dan Upgrade Yang Mudah
ASUSPRO B8230 Notebook Idaman Blogger
Dibalik notebook yang kokoh dan super keren, mempermudah proses maintenance dan upgrade perangkat sangat diperlukan. Untuk itu Asus mendesain notebook ini dengan minim screws yang mana cover dibawah notebook saat dibuka sudah menjangkau banyak hardware seperti baterai, RAM dan storage yang siap diupgrade / direplace.

Itulah diatas paparan dari penulis yang bisa menjadi rujukan bila ingin mencari notebook idaman yang difungsikan sebagai partner setia bagi blogger, diharapkan nantinya blogger bisa menentukan pilihan yang tepat dan akhirnya bisa terus mengeluarkan postingan artikel – artikel yang kreatif sekaligus keren.

Menjadi blogger bukan merupakan pekerjaan yang gampang, karena dia bakal mempelajari banyak ilmu untuk memperdalam materi artikel yang akan ditulis, seperti mencari sumber referensi terpercaya untuk artikel terkait, menulis agar tata letak kalimat tulisan yang baik agar enak dibaca, SEO bila dibutuhkan dan terakhir tentunya adalah menambah kreatifitas artikel dilengkapi dengan grafis dan video tentunya belajar aplikasi pengolah grafis dan video. 
Selanjutnya penulis arifdoit.com akan berikan tips ringan yang barangkali bisa membantu untuk menghasilkan artikel kreatif dan keren. Diharapkan setelah memiliki partner setia yang bisa berupa PC atau Notebook, blogger bisa fokus pada konten artikel yang kreatif. Berikut tips - tips ringan bagaimana agar bisa menghasilkan artikel kreatif versi arifdoit.com, antara lain  :
Blogging kreatif hanya untuk kesenangan
1. POINT OF VIEW
Menentukan tujuan dibuatnya artikel sangat penting agar apa yang disampaikan dari artikelnya bisa diterima pemahamannya oleh pemirsa. Tahap inilah yang diperlukan bagi blogger untuk mencari ide – ide artikel yang keren dan itu bisa dilakukan disembarang tempat manapun asal sangat mendukung untuk menaikkan mood ( booster mood  ).

2. EXPLORE REFERENSI
Mendalami sebuah materi yang akan disampaikan di artikel sangat penting, karena itu dibutuhkan sumber referensi yang terpercaya. Mulailah banyak browsing untuk mendapatkan banyak informasi yang mendukung dalamnya materi, agar pemirsa nantinya bisa memperoleh informasi – informasi yang berharga dari sebuah artikel blogger.

3. MENULIS
Hasil explore referensi dari berbagai sumber yang digunakan untuk melengkapi dan memperdalam materi artikel, dilanjutkan dengan merangkai kata – kata menjadi sebuah kalimat atau kata lainnya mengarang indah. Inilah salah satu proses yang agak lama karena merangkai kata atau kalimat yang sesuai dan enak dibaca pemirsa memerlukan sebuah pemikiran yang komplek. Rangkaian kata – kata inilah mulai dari awal sampai akhir yang membentuk alur cerita yang mudah dimengerti  dan tepat sasaran. Untuk mengarang indah bisa secara offline dengan mengetik langsung dengan aplikasi menulis seperti Ms. word, Openoffice writer dan banyak lainnya, kemudian mengetik secara online berupa langsung di interface postingan di blogger atau wordpress.

4. KREATIF DENGAN ANIMASI, GRAFIS DAN VIDEO
Artikel terasa garing membacanya bila didalamnya cuma ada tulisan saja dengan sedikit infografis, karena itu untuk menghindarinya perlu ada kreatifitas pada artikel agar meningkatkan informasi menarik bagi pemirsa dan tidak membosankan saat membaca artikel blog. Kreatifitas artikel blog saat ini hanya memerlukan tambahan infografis dan bahkan video yang mendukung dari untaian kalimat disebagian artikel yang ada. Demi blog tidak apa – apa korban pikiran dan waktu untuk mempelajari aplikasi pengolah foto dan video, karena nantinya pasti akan kembali ke blogger sendiri benefitnya. Untuk mempelajari aplikasi pengolah foto dan video, pastikan aplikasi tersebut sangat familiar dan banyak tutorialnya di internet, karena bila ada case di aplikasi tersebut bisa langsung terpecahkan dengan cepat.  
Blogging kreatif hanya untuk kesenangan
Ada yang bilang bila sudah bermain pada artikel yang kreatif masalah akan timbul saat artikel banyak menampilkan grafis dan juga video yang mengakibatkan pada perfomance blog yang menurun, seperti lama loadingnya saat menampilan grafis dan videonya. Sebenarnya problem artikel kreatif akan memberatkan perfomance blog tidak usah dipermasalahkan, karena faktanya jaringan internet cepat seperti fiber optic dan 4G LTE sebagian besar sudah merata dinikmati kecepatannya di kota - kota besar dan kota - kota kecil di indonesia. Kecepatan jaringan internet ini akan menyelesaikan dengan cepat loading blog artikel yang kreatif, tanpa ada grafis dan video yang tidak bisa dimunculkan. 

5. TAMPIL BEDA
Boleh sekali - kali melihat / mengintip blog - blog kreatif yang keren untuk mencari inspirasi, diharapkan bisa memperoleh ide - ide yang berbeda, lebih fresh dan bahkan lebih baik dari blog - blog yang dijadikan inspirasi ( asal jangan plagiat ).

Semoga tips blogging dengan kreatif diatas bisa bermanfaat bagi pemirsa, dengan begitu diharapkan banyak yang bermunculan blogger-blogger kreatif yang terus mengeluarkan karyanya agar dunia blog semakin berwarna dan bisa sebagai sumber inspirasi blogger lainnya.

#EkspresikanDirimu #ASUSINTEL

" Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia ".


source / picture from :
http://bloggerperempuan.com/ASUS/
http://www.business2community.com
http://blog.creativelive.com
http://www.blogherald.com
http://www.jagatreview.com
http://www.anandtech.com
http://www.notebookcheck.ne
https://photographylife.com
http://laptoping.com
http://www.crucial.com
http://www.pemmzchannel.com
http://gizmodo.com

You might also like

37 comments

  1. Jadi pengen beli,, laptop dirumah udah jadul😄, diajak maen 30 menit udah kepanasan hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saatnya upgrade mas ilham...asuspro recomended banget itu

      Delete
  2. ASUSPRO B series ini memang gahar dan tangguh. Sangat menggoda sekali untuk digunakan sehari-hari :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASUSPRO B8230 SSD M.2 itu loh buanter banget mas Firman, jadi pingin

      Delete
  3. Mas Arif selalu mantap nih kalau review gadget
    Salut saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih belajar mbak rahmah....terutama dalam tulisan

      Delete
  4. Waaah.. lengkap ulasannya.. semoga menang Mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin....masih belajar menulis yang keren seperti blognya mbak fauziah

      Delete
  5. Wow keren banget infografisnya mas.. Lengkap lagi ada grafiknya segala.. Goodluck yah!
    btw aku juga ikutan lombanya nih hehe mampir2 yahh ^^

    heyyyyyjudeeeee.wordpress.com

    ReplyDelete
  6. Beh, lengkap banget, jadi minder.. Hahahaha... ^_^

    Mampir2 bro di blog gw yang masih cupu ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima mas irfan sudah mampir....aku masih belajar nulis juga nih mas irfan

      Delete
  7. Pengen punya ASUS PRO buat bisa gantiin notebook yang sudh usang..
    kayak ny menunjang banget untuk di jadikan temen ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. recomended mas febri...durabilitunya it loh keren banget

      Delete
  8. Cocok inimah buat blogger yang sering dateng ke event. Udah enteng, kenceng pulak :D

    ReplyDelete
  9. Saya juga pake Netbook Asus dan Hp nya juga Asus,tapi mau beli baru Laptop aja deh,kayak nya lebih enak pake Leti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget...laptop asus recomended banget terutama yang type ASUSPRO

      Delete
  10. Wah kalau Mas Arif punya Asus Pro B8230 ini pasti maki gahar deh bikin review2nya gadgetnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas ihwan....asuspro yang pokonya anti lelet dah, ndak bingung urusan laptop tinggal ngurusi ide dan tulisan saja

      Delete
  11. Bagus banget Asusu buat menemani perjalana ngebloging ya...

    ReplyDelete
  12. Keren kang lengkap pisan :) gudluck ya

    ReplyDelete
  13. Keren pisan lepinya. Jadi pengen, :)

    ReplyDelete
  14. Wow reviewnya komplit. IT banget :))

    ReplyDelete
  15. Wow...yang ini ringan banget ternyata ya...

    ReplyDelete
  16. Betul sekali....cocok buat traveler

    ReplyDelete
  17. notebook ini emang kecil2 cabe rawit ya

    ReplyDelete
  18. Sekilas speknya biasa, tapi ternyata fiturnya lengkap yak :D

    ReplyDelete
  19. Kalau punya laptop baru bloggingjadi terasa segar dan banyak ide yak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya laptop ini ndak mikir perfomance laptopnya, tapi fokus di kontent aja mas

      Delete
  20. jadi ... neeeee.. pingin nihhh..... ringan dan powernya tuhhh... bikin ngilerrr...

    ReplyDelete
  21. Terimakasih ya untuk informasinya,
    Jika berkenan, ditunggu kunjungan baliknya ke : Laptop yang Cocok untuk Kebutuhan Mendesain atau Toko Komputer Online Terpercaya

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)