[Review] HP 15-ba004ax " Notebook AMD Pertama Support RAM DDR4 "

Penulis kali ini kebetulan membantu carikan notebook buat siswa SMK TKJ yang permintaan notebooknya tertulis di secarik kertas kecil dengan coretan kode " HP 15-ba004ax ". Sekilas dalam benak pikiran penulis " wah layarnya berarti 15" apa ndak berat nih laptop ? " bikin penasaran segera penulis cari di google seperti apa spesifikasinya notebook HP ini, kok siswa TKJ pingin banget pada notebook type HP 15-ba004ax ini. Alhasil dari pencarian mbah google menampilkan bahwa notebook ini menggunakan Prosesor AMD A10-9600P, sudah menggunakan RAM DDR4 kapasitas 8 GB dan HDD 1TB......spek gamer banget nih notebook 😀.
HP 15-ba004ax " Notebook Prosesor AMD Pertama Support RAM DDR4 "

Mulai hunting di internet dan toko notebook di malang, karena termasuk harga mahal penulis utamakan cari di malang aja karena takut beresiko beli online kalau ada apa-apa bisa berabe nih. Notebook ini bagi penulis dianggap barang langka karena seluruh toko notebook di malang tidak ada yang ready dan HP store malang-surabaya-jakarta stok kosong. Dapat informasi dari staff HP store malang bahwa notebook ini limited edition namun sangat banyak peminatnya, dari penjelasan dia di malang sebelumnya sudah masuk sejumlah 2 unit namun barangnya langsung ludes diborong orang.
Setelah beberapa hari tidak dapat informasi yang pasti di toko-toko notebook di malang tentang ketersediaan notebook ini dan juga notebooknya ini keburu waktu mau dipakai untuk ujian UAS minggu depannya. Akhirnya penulis mengambil keputusan " terpaksa " dan mengucapkan " Bismillah " semoga dilancarkan dalam mengaiz rezeki, karena penulis membeli notebook HP 15-ba004ax secara online dari bukalapak.com dengan merchant toko notebook di solo. Selanjutnya dengan pertimbangan notebook ini segera akan dipakai dipilihlah pengiriman tercepat menggunakan JNE Yes yang diperkirakan 1 ~ 2 hari sampai tujuan yang mana lebih mahal 10 ribuan dari JNE Reguler yang di perkirakan perlu 3 ~ 6 hari sampai. Alhamdulillah hari ke-dua di pagi harinya notebook pesanan sampai ditangan juga dan segera penulis lakukan pengechekan apakah ada cacat pada notebook ini. Alhamdulillah hasil pengechekan Notebook ini tidak ada cacat dan karena notebook ini preinstalled-nya tanpa ada OS yang terinstall....segera penulis mencari pinjaman OS windows 10 64 bit.
HP 15-ba004ax " Notebook Prosesor AMD Pertama Support RAM DDR4 "
Kondisi Notebook sampai tujuan
Itulah behind the scene penulis mendapatkan Notebook HP 15-ba004ax tanpa panjang lebar.......penulis kembali ke point of view artikel ini untuk mereview ringan HP 15-ba004ax yang mumpung ada depan mata dan punya waktu singkat untuk mereviewnya dan sekalian penulis update blog dan share ke pemirsa hasil review ringan ini......semoga bermanfaat yah..😉😉😉.

1. UNBOXING
Menurut penulis notebook HP-15-ba004ax merupakan jajaran notebook konsumer,  dari perlengkapan yang diberikan standard seperti notebook konsumer lainya. Saat dibuka didalam box hanya ditemukan berupa 1 tas, buku petunjuk/garansi, Notebook dan Adaptor Charge.
HP 15-ba004ax " Notebook Prosesor AMD Pertama Support RAM DDR4 "
Unboxing HP 15-ba004ax


2. SPESIFIKASI
Notebook HP 15-ba004ax
Prosesor              : AMD® A10-9600P Processor Clock 2,4 GHz ~ Turbo Boost 3,3 GHz
                              10 Compute ( 4 Core + 6 Core GPU ).
Sistem Operasi    : DOS
Chipset                : AMD K15 IMC
Memori               : 1x 8 GB DDR4-2133 MHz Single Channel, upto 16 GB (2 x 8 GB-Dual Channel )
Display                : 15.6" diagonal HD SVA BrightView WLED-backlit (1366 x 768)
Grafis                  : AMD Radeon™ R5 Graphics 512MB - DDR3 Integrated
                              AMD Radeon™ R8 M445DX 2GB - DDR3 dedicated Dual Graphic
Storage                : HDD SATA 1 TB 5400 rpm
Drive Optik         : Super-Multi DVD
Card Reader        : 1 multi-format SD media card reader
Kamera                : HP TrueVision HD Camera with integrated digital microphone
Networking         : WiFi 802.11 b/g/n
                               Built-in Bluetooth™ V4.0
                               10/100 BASE-T Ethernet LAN
Interface              :  1 x COMBO audio jack
                               1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin
                               1 x USB 3.0 port
                               2 x USB 2.0 port
                               1 x RJ45 Jack for LAN
                               1 x HDMI port
Audio                  : Dual speakers; DTS Studio Sound™         
Baterai                 : 4-cell, 41 Wh Li-ion
Adaptor Daya      : 65 W AC power adapter
Dimensi               : 38.43 x 25.46 x 2.43 cm (WxDxH)
Berat                    : 2.19 kg (dengan baterai 4 cell)
Jaminan               : 1 tahun garansi hardware global.

3. AMD A10  9600P Gen-7 Lebih Powerfull dan Efisien
HP 15-ba004ax " Notebook Prosesor AMD Pertama Support RAM DDR4 "
CPU-Z HP 15-ba004ax
HP 15-ba004ax merupakan notebook yang CPU-nya menggunakan Prosesor AMD A10 9600P yang dibuat dengan proses fabrikasi 28 nm. Prosesor AMD A10 9600P  dengan codename " Bristol Bridge " merupakan keluaran AMD gen-7 yang perfomance dan efisiensi dayanya lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Bawaan Notebook ini tertanam 1 keping RAM 8GB yang mendukung teknologi DDR4 berjalan di single channel, pada DDR4 secara tertulis lebih efisien pada daya yang mana hanya membutuhkan tegangan 1,2 Volt dibanding DDR3 yang membutuhkan 1,5 Volt. Selain itu pada DDR4 secara tertulis mampu menaikkan perfomance notebook dikarenakan dukungan frekuensinya yang lebih tinggi antara 2133 Mhz ~ 4266 Mhz, bandingkan DDR3 hanya memiliki frekuensi antara 1600 Mhz ~ 2133 Mhz.
Salah satu fiturnya adalah adanya turbo core technology yang mampu mendongkrak kecepatan dasar dari 2,4 GHz naik hingga 3,3 GHz. Tidak hanya turbo core technology, berikut beberapa fitur yang tertanam pada AMD 7th Gen " Bristol Bridge " :
1. Virtual Super Resolution(VSR) : Fitur yang memungkinkan pemirsa menikmati resolusi hingga 4K pada layar 1080p.
2. AMD FreeSync™ Technology : Fitur yang mampu mengatasi tearing dan suttering, sehingga gambar menjadi lebih mulus dan tanpa lag.
3. AMD Start Now Technology : Fitur yang berfungsi mempercepat start-up dan multitasking secara mulus dan cepat.
4. AMD Perfect Picture Technology : Fitur yang mampu meningkatkan kualitas video, warna, kontras dan resolusi secara otomatis.
5. HEVC : Teknologi HEVC yang terdapat dalam prosessor AMD APU 7th Gen mampu menjalankan video hingga resolusi 4K dengan lancar.
6. Advancer Power Management Technology : Fitur yang otomatis memberikan performa grafis saat di butuhkan dan menonaktifkannya saat tidak di butuhkan untuk menghemat daya.
7. AMD Turbo Core Technology : Fitur yang meningkatkan performa secara otomatis bila sedang menjalankan aplikasi berat dan membutuhkan kinerja lebih tinggi.
8. Support API DirectX 12 dan API VulkanTM  : AMD APU 7th Gen ada future-proof yang mendukung API DirectX 12 dan VulkanTM yang nantinya bakal mendominasi game-game masa depan.
HP 15-ba004ax " Notebook Prosesor AMD Pertama Support RAM DDR4 "
GPU-Z HP 15-ba004ax
AMD yang terkenal identik dengan GPU Radeon yang mumpuni pada grafis untuk multimedia dan game, terus mengeluarkan teknologi terbarunya. Notebook HP 15-ba004ax yang salah satunya mencicipi  teknologi AMD generasi-7 yang dilengkapi dengan konfigurasi grafis unit Dual Graphics Radeon R8 M445DX. Dual Graphics Radeon R8 M445DX merupakan teknologi perpaduan dari IGP AMD APU Radeon R5 Graphics dan GPU Discrete Radeon R7 M440, yang secara jalan bersamaan mampu meningkatkan perfomance notebook hingga 40%.
HP 15-ba004ax " Notebook Prosesor AMD Pertama Support RAM DDR4 "
Pengaturan GPU di AMD Radeon Setting
Menurut informasi dari amd-id.com untuk mengaktifkan dual graphics bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan tool AMD Radeon setting dengan mengaktifkan fitur pada :
1. AMD Radeon Settings di bagian tab “Gaming” klik ke opsi “Global Setting”.
2. Aktifkan “ AMD CrossFire ” ke ON, dan juga “ Frame Pacing ” agar performa tetap terjaga saat Dual  Graphics di aktifkan. “ Frame Pacing ” digunakan untuk mereduksi masalah stuttering dan tearing yang sering terjadi di game lama karena belum mendukung penuh dengan fitur “ AMD CrossFire ”.

4. Review Umum
HP 15-ba004ax " Notebook Prosesor AMD Pertama Support RAM DDR4 "
Port dan Desain HP 15-ba004ax
HP 15-ba004ax memiliki diagonal layar 15.6" yang lega dengan dukungan HD SVA BrightView WLED-backlit resolusi 1366 x 768. Tampilan casing luar di belakang layar tergurai garis - garis tegas yang identik dengan logo HP di tengahnya, namun dibalik besar layarnya 15,6" berat 2,19 Kg dari notebook HP 15-ba004ax penulis anggap masih dalam batas normal nyaman dibawa kemana-mana.
HP 15-ba004ax " Notebook Prosesor AMD Pertama Support RAM DDR4 "
Layout keyboard HP 15-ba004ax
Untuk notebook dengan layar 15,6" pasti identik dengan adanya keyboard numerical, menurut penulis notebook ini sangat cocok juga bila dipakai penggunaannya pada perhitungan accounting yang membutuhkan kecepatan mengetik dengan angka. Penulis sangat sayangkan di keyboard pada tombol navigasi panah atas-bawah terlalu rapat dengan space sangat tipis sekali, resikonya saat ketik atau main game bakal resiko double pencet. Pada sisi indikator LED pada tombol Caps Lock sangat informatif karena LED indikatornya bisa ditemui di tombol Caps Lock sendiri yang bisa nyala saat Caps Lock nyala. Selain itu pada colokan charger didekatnya bisa ditemui LED indikator bila saat charger warna LED jadi orange dan warna putih bila kondisi baterai sudah 100%.
HP 15-ba004ax " Notebook Prosesor AMD Pertama Support RAM DDR4 "
Adaptor dan baterai HP 15-ba004ax
Dari sisi baterai notebook HP 15-ba004ax masih menggunakan baterai Li-Ion yang removable, dengan kapasitas 2850 mAh 41 Wh, penulis sudah mencobanya mampu menyokong notebook hampir 5 jam saat digunakan browsing-standby.
Karena terburu waktu untuk benchmark penulis tidak sempat melakukan banyak percobaan aplikasi benchmark dan jalankan game terkini, cukup dengan mencoba aplikasi benchmark Passmark dan Crystal Disk Mark. yang hasilnya cukup bagus.
HP 15-ba004ax " Notebook Prosesor AMD Pertama Support RAM DDR4 "
Hasil benchmark Crystal Disk Mark dan Passmark
Pada sisi multimedia notebook HP 15-ba004ax sudah mendukung dual speaker dengan kualitas Audio DTS, yang mana dengan kualitas DTS output speaker notebook ini cukup nyaman didengar bila diajak bermain game, melihat film, mendengarkan lagu dan lain-lain.
HP 15-ba004ax " Notebook Prosesor AMD Pertama Support RAM DDR4 "
Pengaturan Speaker DTS
Notebook HP 15-ba004ax memiliki tool universal AMD Radeon Setting yang bisa mengetahui informasi notebook mulai device GPU, CPU, software dan system Notebook. Tool ini sangat berguna banyak bila user ingin mengatur kapabilitas GPU dengan fitur-fitur lainnya agar perfomance dan kualitas grafis notebook dapat naik.
HP 15-ba004ax " Notebook Prosesor AMD Pertama Support RAM DDR4 "
Papan Informasi di AMD Radeon Setting

Notebook HP 15-ba004ax adalah Notebook AMD yang menggunakan prosesor AMD A10 9600P Gen-7 yang pertama kali mendukung teknologi terbaru salah satunya adalah mendukung teknologi RAM DDR4 dan Dual Graphics. Implementasi penggunaan teknologi dual graphics yang terus mengalami peningkatan terbukti memberi angin segar bagi para gamer untuk bisa menikmati game - game terkini tanpa ada kendala lagging. Dengan spesifikasi yang hampir mendekati sebuah notebook gamer, kelemahan di notebook ini adalah pada sisi keyboard yang mana pada tombol navigasi atas bawah sangat berisiko double pencet dan masalah ini bisa di atasi dengan menambah keyboard gaming ekternal yang pastinya lebih nyaman dan juga keyboard di notebook lebih awet. Belum banyak vendor notebook yang bermain dengan AMD Generasi -7, penulis lihat hanya HP dan Acer yang telah resmi mengeluarkan dipasaran dengan harga terjangkau untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan salah satunya Notebook HP 15-ba004ax ini.

source :
amd-id.com
hp.com
jagatreview.com
notebookcheck.net

You might also like

18 comments

  1. maksud harga terjangkau yang bagaimana nih gan? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diantara notebook AMD yang mendukung DDR4 sementara ini HP 15-ba004ax adalah yang paling terjangkau agan Yugo

      Delete
  2. mas . dpet tidak cd drivernya kira kira ? soalnya juga mau beli. tapi harus siap siap cd windows juga "D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada cd driver....harus download di web HP
      CD windows juga disiapkan bila mau install karena masih dos

      Delete
  3. Gan, saya kan juga abis minang laptop hp ba004ax juga, nah pas saya install CPUZ disitu kok kebacanya AMD A8 - 9600 dengan code name bristol ridge, tapi ada logo AMD 10nya gan. Trus di segi Graphics kebacanya Radeon5 padahal di spek Radeon8. Itu bagaimana gan? apakah punya agan juga gitu? Thanks ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas prasetyo sama dengan diatas sama dengan diatas bisa karena CPU-Z / GPU-Z belum update databasenya

      Delete
  4. artikelnya sangat bermanfaat dan mambantu sekali.
    cek artikel serupa di :
    Rumah Pena | Graha Pena Gunadarma

    ReplyDelete
  5. pengalman pakai laptop yang ada VGAnya, kena artifak jadi murah banget kalo dijual huhu

    ReplyDelete
  6. Driver vga nya ada dua ya??, Yg satu dri amd satu lagi dri brang HP nya kan??,Kalo boleh tau link nya ap ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. drivernya bawaan AMD, bisa download disini https://support.hp.com/us-en/drivers/selfservice/hp-15-ba000-notebook-pc-series/10862317/model/11612753

      Delete
    2. Bagi link dua dua nya gamgan

      Delete
  7. itu pake ram nya kalo diupgrade bisa pake yg 16gb ga ya sekepingnya. penginnya upgrade ke 32gb

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak bisa gan, karena dari spek up to 16gb dengan 2x8gb

      Delete
  8. Gan ini bisa di pasangin m.2 tidak?

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)