ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku

Bertahun-tahun jenuh menggunakan PC yang listriknya boros, butuh area / ruang agak besar dan tidak bisa dibawa kemana-mana. Pada bulan Februari 2013 akhirnya saya memantapkan hati untuk beralih ke notebook. Persiapan finansial dengan uang tabungan senilai Rp 3.500.000,- dan ditambah Rp 2.000.000,- dari pembagian SHU koperasi kantor, saya rasa cukup untuk beli notebook terbaik. Dengan uang Rp 5.500.000,- banyak sekali pilihan notebook yang masuk pilihan. Dari merk lokal dan brand semua sangat menarik sampai bingung sendiri. Merk Lokal sudah dapat notebook dengan spesifikasi core i5, tapi desain notebooknya tidak cocok dan kurang elegan.

Oh yaa..sebelum memilih notebook saya harus mengukur kebutuhan aplikasi yang nanti saya pakai.


  • Game Football Manager 2012, game favorit mulai dari SMP sampai sekarang ( dulu masih pakai championship manager).
  • Gamehouse, game favorit istri dan anakku.
  • Game Angry Birds, game favorit keluarga.
  • Mozilla Firefox / Google chrome, browser Favoritku.
  • Corel Draw untuk design vector apapun.
  • Adobe Photoshop, photo editing untuk design web.
  • Macromedia Dreamweaver, untuk web editor.
  • Microsoft Office dan OpenOffice, Aplikasi wajib untuk office.
  • Vmware vsphere client, winbox dll, utility untuk IT.

Dengan pertimbangan penggunaan aplikasi yang akan dipakai dan jangka panjang, saya putuskan untuk membeli notebook dengan spesifikasi lumayan tinggi minimal core i3 dan maksimal core i5. Situs bhinneka.com sebagai referensinya untuk perbandingan semua merk notebook, mulai dari harga paling murah sampai dengan harga paling mahal. Seminggu browsing di internet mengerucut ada 4 merk notebook terbaik yang masuk daftar beli yaitu Asus, Lenovo, Acer dan HP. Akhirnya dalam 1 minggu sudah dapat kesimpulan 1 notebook terbaik yang sesuai kriteria saya. Kriteria Notebook terbaik saya utamakan pada sisi harga, spesifikasi, desain, fitur dan after sales. Dari 4 merk notebook terbaik, ada salah satu notebook terbaik dari yang terbaik yang membuat saya mantap untuk saya miliki dan istriku mendukung juga, notebook terbaik itu adalah Asus A46CM.
Asus A46CM dibanding merk lain sesuai dengan kriteria notebook terbaik yang saya idamkan, karena alasan sebagai berikut :

A. HARGA DAN SPESIFIKASI
Harga dan Spesifikasi Asus A46CM cukup kompetitif dengan Rp 5.400.000,- sudah dapat memiliki notebook dengan Spesifikasi Hardware yang mumpuni. Untuk spesifikasi Asus A46CM * sebagai berikut :

- Procesor Intel® Core™ i3 3217U Processor 1,8 GHz.
- Chipset Intel® HM76 Express Chipset.
- RAM DDR3 1600 MHz 4Gb ( 2 x  SO-DIMM Socket, bisa diupgrade jadi 8 Gb ).
- HDD 500Gb.
- VGA Onboard Intel HD4000 dan NVIDIA GT 635 2Gb DDR3 VRAM.
- Optical Super - Multi DVD.
- Slot Card Reader ( SD ).
- HD WebCamera
- Jaringan WIFI 802.11 a/b/g/n, Bluetooth V4.0, NIC 10/100/1000 Base T.
- Interface :

  • 1 x COMBO jack audio
  • 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for eksternal monitor / proyektor
  • 1 x USB 3.0 port(s)
  • 2 x USB 2.0 port(s)
  • 1 x RJ45 jack LAN
  • 1 x HDMI port
- Audio Teknologi Asus SonicMaster.
- Baterai 4 Cell 2950 mAH 44 Whrs.
- Layar 14.0" 16:9 HD (1366x768) LED Backlight.
- Adaptor Output 19 Volt DC - 3,42 A - 65 Watt
- Dimensi 348 x 248 x 210 mm ( WxDxH ).
- Berat 2,0 Kg dengan baterai 4 Cell.
- Garansi 2 Tahun Global.


Spesifikasi Asus A46CM
Detail CPU dan VGA Asus A46C
B. DESAIN
ASUS A46CM adalah Notebook yang unik, karena cuma dengan ketebalan 21 mm   ( ultra tipis - ramping ) dan itu sudah ada Optical DVDRW. Desain ASUS A46CM sangat istimewa, dengan perpaduan warna hitam bertekstur garis-garis dan metal style ditambah lagi bahan casingnya dari alumunium membuat notebook sangat elegan dan premium ( seperti smartphone ).

A46CM tebal 21cm
Asus A46CM Ultra Tipis 21 mm - Bahan alumunium - Design Premium

C. FITUR
Asus A46CM menerapkan Teknologi IceCool dengan bahan casing dari alumunium yang dingin dan desain penempatan komponen sumber panas jauh dari sandaran tangan. Alhasil Asus A46CM bila dipakai secara normal atau berat dan dipakai lama berjam-jam di depan notebook sandaran tangan tetap nyaman-sejuk sehingga tangan tidak gerah kepanasan dan tangan tidak cepat mudah lelah.

Ice Cool
Teknologi IceCool " It's Cool "

Asus A46CM touchpadnya luas dan sangat fungsionalitas, karena Asus menyertakan Teknologi Asus Smart Gesture, menambah fungsi touchpad selain fungsi mouse seperti navigasi, zoom, rotasi, drag, dan lain-lain.

Fitur Gesture
Touchpad Proposional - Luas dan Fungsional

Multimedia Asus A46CM menggunakan teknologi Audio SonicMaster sangat memukau, jernih dan dentuman bass sangat terasa. Kualitas Speaker Asus A46CM sangat superior, saya test dengan memainkan musik dengan pengaturan volume speaker notebook maksimal diikuti pengaturan volume aplikasi windows media player juga maksimal......hasilnya wow musik tidak terdengar pecah.

sensasi sonicmaster
Posisi Speaker ada dibawah
Asus A46CM mendukung fitur instant on 2 detik, dimana notebook dalam kondisi sleep bisa dinyalakan dalam waktu 2 detik. Saya buktikan sendiri dengan stopwatch, bahkan bisa kurang 2 detik ( bisa dilihat video dibawah ini pada detik 00:00:01:93 desktop sudah muncul atau di youtube detik 0:11 ).




C. AFTER SALES
 
Asus merupakan produsen notebook yang dapat diandalkan dan terpercaya, jaminan after salesnya juga sudah tersebar di seluruh indonesia dan dunia. Service Center Resmi ASUS merupakan bukti Asus untuk memberikan layanan  maksimal demi kenyamanan user bila notebooknya ada masalah / problem. Lokasi Service Center Asus bisa di cek di web asus di http://www.asus.com/id/support/Service-Center/Indonesia. Untuk Kota Malang sudah ada Asus Service Center yang berada di alamat dibawah ini.

ASUS Service Center Malang
Jl. Bendungan Sutami 51 Kav. F
Telp. 0341-570516
Buka Senin - Jumat : 09:00 s/d 17:00


REVIEW ASUS A46CM

Asus A46CM sudah dipersenjatai dengan CPU, RAM, HDD dan VGA yang mumpuni. Untuk menjalankan aplikasi yang berat seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, dan Football Manager tidak masalah.
Asus A46CM ada fitur VGA switch yang bisa kita tentukan di control panel NVIDIA, contoh :
  • Aplikasi Microsoft office ditentukan pakai VGA onboard Intel HD4000
  • Aplikasi Firefox / chrome ditentukan pakai VGA onboard Intel HD4000
  • Aplikasi Adobe Photoshop ditentukan pakai VGA Nvidia GT635M
  • Dan lain-lain
  

Dengan ditentukan seperti itu maka sistem otomatis merubah sendiri default VGA berdasarkan aplikasinya.

Asus A46CM disertakan aplikasi Power4gear Hybrid, pengaturan perfomance yang terdiri 4 mode:
  • Battery saving
  • Quiet Office
  • Entertainment
  • High Perfomance
Mode tersebut bisa ditentukan sesuai kebutuhan misal bila saya bekerja dengan batery tanpa charge dengan aplikasi ringan seperti aplikasi office, lihat-lihat gambar cukup diaktifkan mode batery saving / Quiet Office ( butuh perfomance ringan dan baterainya bisa tahan lama ). Dan juga sebaliknya bila kita bermain game atau aplikasi yang berat, tinggal kita aktifkan mode High Perfomance.

Asus A46CM memiliki 86 tombol di keyboard yang sangat halus, responsif dan kuat untuk dipakai. Keyboard Asus A46CM sangat cocok dengan tangan saya yang besar, karena setiap tombol ada jarak pemisah sehingga mengurangi penekanan tombol yang bertabrakan saat saya mengetik.

Tata Letak Keyboard A46CM
86 tombol Lega - Halus - Responsif


Sistem Operasi pertama kali Asus A46CM saya menggunakan Windows 7 Ultimate, selama instalasi semua lancar mulai dari dukungan driver dan aplikasi pendukungngnya. Akhirnya sistem operasi Asus A46CM saya ganti menggunakan Windows 8 yang katanya cepat dalam booting dan shutdown. Asus A46CM iseng-iseng saya test booting / startup masuk windows 8 pada detik ke 14, tampilan windows 8 sudah muncul.......sangat cepat dan memuaskan.



CERITA ASUS A46CM

Saat menggunakan notebook Asus A46CM ada perasaan yang  senang dan nyaman karena desainya yang elegan dan premium. Pernah suatu ketika teman kantor melihat Asus A46CM yang saya gunakan, dia merasa tertarik membelikan notebook untuk kebutuhan anaknya. Teman kantorku memang tidak mengerti detail tentang notebook yang bagus, dia menyerahkan sepenuhnya ke saya untuk dicarikan notebook yang sama dengan punya saya. Dengan pertimbangan uang yang ada akhirnya saya sarankan beli Asus A46CA, dari desain dan fitur sama persis dengan Asus A46CM cuma beda pada Spesifikasinya yaitu dapat RAM DDR3 2Gb dan VGA Intel HD4000. Alhamdulillah saya dapat rejeki amplop ( hehehe...nilai nominalnya rahasia ) dari teman kantorku, padahal cuma merekomendasikan beli notebook Asus A46CA dan bantu instalasi aja. Ternyata teman kantorku mengucapkan terima kasih atas bantuanku, dia puas dengan desain dan perfomance notebook Asus A46CA yang baru dibelinya.

Saya sedang belajar desain web sehingga sedikit mengerti tentang web editing untuk pemula. Sampai sekarang lagi bantu saudara buatkan blog marketing online mobil suzuki. Web suzukiertigamalang.com tersebut sudah online dan lagi proses penambahan item mobil yang akan ditampilkan. Untuk desain webnya menggunakan adobe photoshop dan macromedia dreamweaver. Selama ini pemakaian program desain web di Asus A46CM tidak ada problem dalam menjalankannya dan alhamdulillah lancar. Didukung layar 14 " dengan resolusi 1366 x 768 bagi saya sangat lega dan nyaman dalam mendesain web.

Asus A46CM saya sudah 1 tahun 2 bulan ( Pembelian Februari 2013 ) menemani saya dan keluarga. Bila ada tugas kantor bahan untuk rapat besok pagi, tugas itu saya bawa pulang dan itu saya kerjakan sampai malam, Alhamdulillah tanpa masalah karena ditemani dan disupport oleh notebook Asus A46CM. Begitu juga anak saya Muhammad Uwais Al Qoroni  ( Ois ) habis belajar atau setelah mengerjakan tugas sekolah dia pasti minta main game Angry Bird Series / Gamehouse / Plant vs Zombie.............Alhamdulillah  sampai sekarang tanpa ada kendala apapun, dan saya ambil kesimpulannya bagi saya Asus adalah Notebook Terbaik dan Favoritku.

Main FM 2012
Bermain game Football Manager 2012 ( FM2012 )

OIS sedang asik bermain game
GALLERY

5 Led Indicator

Design elegant

USB 3.0 ada 1 port

Optik DVD

Tombol Power

http://www.asus.com/id/Static_WebPage/ASUS_Blog_Contest/


You might also like

1 comment

  1. Makasih dah sharing info ini ya....
    Jadi tau deh sekarang :D.

    Kunjungan balik dong ke tulisan terbaru saya Pilih Laptop atau Notebook

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)