Menjaga Asa Daya Tahan Tubuh Di Masa Pagebluk Covid-19 Bersama ROG Phone 3

Masa pagebluk merupakan kata yang tepat untuk kondisi sekarang ini, diambil dari bahasa jawa kata pagebluk memiliki arti wabah (penyakit) atau epidemi. Tidak dipungkiri sejak adanya wabah covid-19 sebagian besar belahan dunia manapun ikut terkena dampak yang cukup signifikan. Covid-19 yang menyerang paru-paru manusia mengakibatkan fungsi paru - paru tidak berfungsi karena didalam paru - paru banyak cairan yang mengakibatkan manusia gagal bernapas dan dalang pelakunya semuanya itu adalah virus corona. 

Karakter virus ini terkenal dengan kecepatan penularannya yang begitu masif  karena orang yang punya sumber penyakit covid-19 bisa menularkan melewati droplet air liurnya melalui mulut, droplet udara melalui pernapasan hidungnya oleh karena sangat riskan bila ada kegiatan yang bergerumbul / berdekatan dengan orang yang beresiko sebagai pembawa atau orang positif covid-19. 

Untuk yang terbaru dan sampai sekarang masih terus bertambah penularan covid-19 yang terjadi di berbagai negara dan khusunya negara indonesia. Wabah covid-19 bisa dibilang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian dan yang sembuh bisa cacat di paru-paru namun bila ditangani dengan benar, cepat dan tepat covid-19 bisa dikategorikan tidak berbahaya bahkan ada yang bilang lebih berbahaya penyakit TBC. Ini dibuktikan dari data situs worldometers.info/coronavirus/ per 26 Oktober 2020 jumlah orang diseluruh dunia yang pernah terpapar covid-19 mencapai 43,372 juta jiwa, yang masih terkena paparan covid-19 10,297 juta jiwa, yang meninggal 1,159 juta jiwa dan yang sembuh 31,195 juta jiwa. Dilihat dari angka tersebut covid-19 adalah virus yang sangat berbahaya karena penyebarannya sangat masif, karena dalam 12 bulan bisa mencapai angka 43,372 juta jiwa yang terpapar covid-19 dan turut sedihnya yang meninggal cukup tinggi hingga 1,159 juta jiwa.

Dibalik angka jumlah kasus orang yang pernah terpapar dan meninggal cukup tinggi, masih ada secercah harapan bahwa epidemi covid-19 yang luar biasa dampaknya ini masih bisa dilawan / disembuhkan ini terbukti dari angka tingkat kesembuhan mencapai 31,195 juta. Diambil sisi positifnya saja karena covid-19 bagaimanapun juga bakal terus mengancam manusia setiap waktu, dimana saja dan kapan saja, oleh karena itu kesampingkan angka jumlah kasus pernah terpapar dan jumlah kematian akibat covid-19 yang cukup tinggi karena membuat orang under estimate.

Sisi positifnya pada angka kesembuhan yang juga cukup tinggi merupakan bukti nyata dan memberi energi positif bahwa tidak perlu ada rasa takut untuk selalu beraktifitas diluar asal sesuai protokol kesehatan 3M dan menjaga daya tahan tubuh tetap baik. Semua dilakukan karena wabah covid-19 yang disebabkan virus corona ini sampai sekarang oleh dunia medis belum ditemukan obat khusus untuk penawarnya dan untuk vaksinnya juga masih OTW ( On The Way ) untuk digunakan secara massal perkiraan tahun 2021.

Tindakan pencegahannya setiap orang harus melaksanakan protokol kesehatan 3M dimana saja yang terdiri dari Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Memakai Masker. Dengan menerapkan 3M setidaknya kita sudah turut serta berkontribusi untuk menghentikan proses penularan virus ke orang lain dan menolak virus masuk yang berpotensi mengenai diri sendiri. Apa penjelasan protokol kesehatan 3M, berikut penjelasannya :

1. Mencuci Tangan dengan air dan sabun selama 20 detik sangat efektif membunuh virus yang ada ditelapak tangan dengan begitu mengurangi resiko setiap orang yang telapak tangannya tidak terasa telah memegang droplet sumber virus di berbagai media perantara ditempat umum seperti gagang pintu, kaca di kendaraan umum, ATM maupun droplet berasal dari bersentuhan dengan orang yang positif covid-19. Virus ini memiliki potensi masuk kedalam tubuh karena telapak tangan berpotensi besar untuk memegang hidung karena gatal maupun masuk mulut karena memegang makanan.

2. Menjaga Jarak memberi arti harus bisa memposisikan diri untuk tidak berada ditempat yang banyak kerumunan orang, bila tidak bisa dihindari diusahakan untuk tetap menjaga jaraknya dengan orang lain lebih dari 1 meter.

3. Memakai Masker yang memenuhi standart turut serta untuk membentengi diri sendiri mencegah virus masuk lewat hidung dan mulut. Bagi yang tidak merasa positif terkena positif covid-19 ( Orang Tanpa Gejala ) memakai masker memberi andil untuk tidak menularkan virus kepada lainnya karena dengan begitu droplet yang berasal dari mulut dan hidung tidak sampai mengenai orang lain.

Selain melaksanakan 3M diatas penting juga untuk menjaga daya tahan tubuh atau imun tubuh agar tubuh kita kuat sehingga bila ada virus yang masuk anti bodi tubuh manusia masih punya power untuk bisa menanggulangi virus corona. Pentingnya menjaga daya tahan tubuh karena sampai sekarang secara medis belum ada obat penawarnya untuk virus corona ini. Bagaimana menjaga daya tahan tubuh agar tetap terjaga, caranya ikuti 5 anjuran dari bos WHO yang sebagai berikut :

1. Menjaga pola hidup dan makan-makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh
2. Batasi konsumsi alkohol dan yang mengandung kandungan gula
3. Jangan merokok, karena bisa meningkatkan resiko penyakit lain ketika terjangkit COVID-19
4. Tetap berolahraga, minimal 30 menit untuk dewasa dan sejam untuk anak-anak. Kegiatan ini bisa dilakukan di rumah. Bila perusahaan mengizinkan karyawan kerja dari rumah, jangan terlalu lama duduk dalam posisi yang sama.
5. Terakhir, jaga kesehatan mental untuk menghindari stres, panik atau bingung di saat genting seperti ini. Dengarkan musik, membaca buku dan bermain game bisa jadi alternatif kegiatan untuk menghibur kalian. Terlebih, bermain game kini bisa dimainkan berbarengan dan memiliki fitur komunikasi yang memadai. salah satu pernyataan dirjen WHO Tedros Dhanom Ghebreyesus di media briefing 20 maret 2020. sumber : esports.id

Di masa pagebluk covid-19 ini perlu kedisiplinan warga untuk menjalankan protokol 3M, bila tidak disiplin beresiko penularan covid-19 semakin meningkat. Bila semakin meningkat penularannya di suatu daerah maka kepala daerah setempat yang bertanggung jawab mengeluarkan kebijakan untuk menekan penularan covid-19 yang biasanya menjalankan lockdown wilayah. Berlaku juga tempat di lingkungan instansi pemerintah, layanan publik, perusahaan, sekolah, desa dan banyak tempat lainnya yang juga menerapkan lockdown bila kondisinya orang yang positif di tempat itu cukup memprihatinkan. 

Dengan diterapkannya lockdown secara langsung pada orang yang terpapar covid-19 maupun yang tidak terpapar covid-19 karena memiliki kedekatan harus melakukan isolasi mandiri di rumah sendiri atau di tempat yang disediakan pemerintah atau di rumah sakit rujukan. Tidak hanya itu saja untuk warga sekitar rumah / karyawan / yang terkena dampak secara tidak langsung juga harus menjalankan isolasi mandiri dirumah. Kadang efek dari isolasi mandiri dirumah bisa menyebabkan kesehatan mental terganggu, karena diliputi rasa bosan yang muncul, perasaan takut dampak dari covid-19 dan efek sosial dijauhi oleh warga. Dengan begitu akan mengakibatkan kondisi mental jadi drop yang berakibat anti bodi dalam tubuh ikut lemah yang berpotensi virus corona maupun virus lainnya jadi lebih kuat dalam tubuh manusia. Kondisi seperti inilah yang harus dihindari jangan sampai orang yang positif dan negatif covid-19 sebelumnya kondisi masih baik akhirnya tambah buruk akibat isolasi mandiri tersebut.

sumber : freepik - esports.id

Dari 5 anjuran bos WHO diatas anjuran no.5 dengarkan musik, baca buku dan main game dirumah adalah salah satu solusi untuk media hiburan dimasa pagebluk saat ini. Bila dilaksanakan secara tidak langsung ikut membantu mencegah penularan covid-19 karena saat dengarkan lagu, baca buku dan main game pasti memberi kesenangan yang akhirnya ikut menyumbang kondisi mental yang tidak stress / tidak tertekan dan akhirnya daya tahan tubuh manusia tetap terjaga.

Kali ini saya akan menitik beratkan dengan pernyataan bos WHO salah satunya main game sebagai solusi untuk menghilangkan rasa bosan dan stress agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Perihal main game sebenarnya semua tergantung pada dua faktor yaitu perangkat game yang digunakan dan game apa yang dimainkan. Namun dari dua faktor ini yang menjadi pertimbangan utama adalah perangkat gamenya karena pastinya dari semua game yang bisa dimainkan juga dipengaruhi oleh kemampuan dari perangkat game tersebut. 

Perangkat game yang ada sekarang bisa dengan PC, Play Station, Xbox, Nintendo, Smartphone dll yang semuanya ada kekurangan dan kelebihannya. Saat ini perangkat game yang paling menyita perhatian adalah smartphone gaming ROG Phone 3, tentunya banyak pertimbangan kenapa ROG Phone 3 adalah perangkat game yang terbaik saat ini dan layak untuk dimiliki dimasa pagebluk covid-19, berikut pertimbangannya :

1. PERFOMANCE MONSTER DAN STABIL
ROG Phone 3 sesuai tradisi smartphone ultimate gaming pertama kali yang menggunakan generasi terbaru SoC mobile tercepat besutan dari Qualcomm yaitu Snapdragon 865 Plus (7nm). Termasuk segmen snapdragon elite gaming yang didalamnya memiliki CPU powerfull yang juga mendukung 5G mobile platform pasti memberikan sensasi permainan gaming premium bagi pengguna ROG Phone 3. Kecepatan CPU 3,1 GHz yang dihasilkan memberi kecepatan yang sangat kencang menjadikan ROG Phone 3 bisa menjalankan game apapun dengan lancar. CPU kencang duet dengan GPU Adreno 650 645 Mhz yang memiliki perfomance grafis paling powerfull untuk menghasilkan perfomance smartphone gaming yang tidak tertandingi, bermain game dengan frame rate tinggi menjadikan permainan game lebih smooth dalam setiap pergerakannya.

CPU dan GPU perfomance monster tentunya harus di imbangi dengan sistem pendingin yang mumpuni karena itu ROG Phone 3 menggunakan sistem pendingin GameCool 3 dengan Advanced 3D Vapor Chamber apalagi heatsinknya didalam 6x lebih besar dibandingkan ROG Phone 2. Ditambah pendingin tambahan AeroActive Cooler 3 yang rpm kipas pendinginnya 40% lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya bisa menjaga kestabilan perfomance ROG Phone 3 agar tidak sampai menurun.


2. MENGGUNAKAN DISPLAY LAYAR TERBAIK
ROG Phone 3 dilihat dari spesifikasi display yang digunakan benar - benar memukau bahkan kalau dilihat secara detail spesifikasi akurasi warnanya layar ROG Phone 3 = layar laptop Asus ProArt StudioBook One ( laptopnya sultan pakai harga 176 juta ).  Menggunakan layar Amoled yang terkenal dengan ketajaman warnanya dan lebih hemat energi didukung pula teknologit 10 bit dan HDR10+ menjadikan layar mampu menyuguhkan konten secara detail dengan warna yang akurat cocok buat pengguna yang suka dengan nonton video melalui provider Netflix. Satu lagi jaminan akurasi warna layar ROG Phone 3 dengan mengadopsi layar yang memiliki nilai Delta E < 1 artinya warna layar yang semakin kecil nilai delta E-nya semakin mendekati warna sesungguhnya, itulah layar ROG Phone 3 sama dengan layar laptop sultan ProArt StudioBook One.

Memiliki ukuran layar 6,59" resolusi 2340x1080 pixel yang nyaman dan tajam untuk display game, apalagi kecerahan warnanya yang brutal mulai dari 650 ~ 1000 nits menjadikan ROG Phone 3 sangat nyaman saat dibawa di outdoor yang masih jelas bila kena paparan lebih cahaya matahari. Sebagai senjata bagi para gamer layar dengan refresh rate 144 Hz - response time 1ms menjadikan ROG Phone 3 adalah the next level smartphone gaming, karena terbukti semakin tinggi refresh rate display semakin halus tampilannya saat main game apalagi response time layar 1ms membuat setiap aksi penggunanya dapat ditampilkan secara cepat dilayar.

Layar ROG Phone 3 juga memiliki touch latency 25ms yang diatas kertas lebih cepat dari generasi sebelumnya. Semakin kecil touch latency artinya sistem semakin cepat menerima inputan dari sentuhan / touch pada layar dengan begitu kecepatan touch latency ini bagi pengguna merupakan senjata utama untuk menjadi pemenang dalam permainan.

3. MENGGUNAKAN BATERAI 6000 mAh DENGAN FITUR LENGKAP
ROG Phone 3 didesain untuk memberi kenyamanan saat bermain game dan faktor baterai sangat penting. Dengan baterai 6000 mAh yang tertanam memberi kelegaan bagi penggunanya karena tidak perlu repot sering charge. Apakah baterai besar 6000 mAh lambat buat proses charging-nya ? tenang saja di ROG Phone 3 sudah memiliki teknologi ROG 30W HyperCharging dan Quick Charge 4.0 yang mampu mengisi baterai lebih cepat.

Selain itu di ROG Phone 3 dilengkapi pengaturan baterai secara khusus yang namanya Asus Power Master 3 yang memungkinkan pengguna untuk bisa menyesuaikan sendiri mode penggunaan baterainya. Selain itu memiliki mode yang bisa membatasi proses pengisian baterai, yang nantinya bermanfaat untuk menjadikan baterai lebih panjang durabilitasnya.

4. SPESIAL DESAIN UNTUK GAMER SEJATI
Pada ROG Phone 3 bisa ditemukan seperti apa idealnya smartphone gaming, karena sebagai pioner smartphone gaming sudah dipikirkan desainnya pada tiga generasi ROG Phone yang optimal pada mode landscape. Dengan model landscape smartphone gaming ini lebih maksimal, lebih ergonomis dan lebih nyaman saat bermain game dalam jangka waktu lama.

Layaknya konsol game canggih adanya fitur AirTrigger kembali hadir dengan fitur yang lebih baru. Fitur AirTrigger 3 kali ini mendapat tambahan gesture baru yang dapat digunakan saat bermain game termasuk swipe dan dual-partition button emulation yang memungkinkan penggunanya memiliki kontrol penuh terhadap semua game yang dimainkan. ROG Phone 3 juga memiliki motion sensor yang dapat digunakan sebagai kontrol tambahan. Motion Sensor memungkinkan gamer berinteraksi dengan cara menggerakkan smartphone ke depan dan belakang. Sama seperti AirTrigger 3, motion sensor juga dapat diprogram untuk dapat disesuaikan dengan game yang sedang dimainkan.

Memaksimalkan desain mode landscape ROG Phone 3 kali ini berbeda dengan sebelumnya, generasi sebelumnya masih ditemukan jack audio 3,5 mm ada di sisi bawah mode normal / ada di sisi kanan saat mode landscape dan jack audio 3,5 mm ini saat main game dengan menggunakan headset bikin tidak maksimal karena mengganggu grip tangan kanan. Pada ROG Phone 3 memaksimalkannya dengan menggunakan side-mounted USB-C sebagai fasilitas untuk mengkoneksikan audio jack 3,5 mm ( paketan bawaanya sudah dapat kabel USB-C to jack audio 3,5 mm ), berbagai aksesoris dan tentunya charger daya. 

Aksesoris tambahan seperti AeroActive Cooler 3 dapat dipasang melalui port khusus tersebut dan menawarkan konektivitas ekstra berupa 3.5 mm audio jack dan konektor untuk pengisian daya. AeroActive Cooler 3 juga menawarkan solusi pendinginan aktif untuk mendinginkan ROG Phone 3 sehingga tetap nyaman saat digunakan untuk bermain game dalam durasi yang panjang apalagi dengan adanya AeroActive Cooler 3 bisa mengaktifkan X-Mode Level 3 untuk bisa memaksimalkan perfomance ROG Phone 3 yang  lebih tinggi.

Pada sisi audio juga sangat penting untuk bermain game karena dentuman suara efek saat main game berpengaruh pada suasana menjiwai masuk dalam permainan. Kali ini ROG Phone 3 menggandeng Dirac untuk menghadirkan kualitas audio yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Bukti nyata ROG Phone 3 mendapatkan skor sangat tinggi 75 poin oleh DXOMARK Audio Review. DXOMARK menjelaskan ROG Phone 3 berhasil menaikkan standar kualitas audio pada smartphone berkat kualitas audio yang sangat seimbang dan berkualitas tinggi.

Dengan Dual Front facing stereo speaker yang mampu menghasilkan suara yang kencang, pengguna juga akan disuguhkan dengan kualitas audio terbaik saat bermain game berkat Game Mode terbaru yang dapat meningkatkan efek suara di dalam game dan membuat pengalaman bermain lebih nyata. ROG Phone 3 juga telah mendukung teknologi Qualcomm aptX™ Adaptive yang akan memberikan gamer kualitas suara terbaik dengan minim latency saat menggunakan headphone nirkabel melalui Bluetooth.

5. THE KING SMARTPHONE GAMING FOR IMMERSION GAME
Kenapa ROG Phone 3 adalah The King Smartphone Gaming, karena tidak ada merk smartphone gaming lainnya yang memikirkan aksesoris tambahan sedetail ROG Phone 3. Pada ROG Phone 3 hadir dengan kelengkapan aksesori gaming yang dapat meningkatkan Immersion game atau pengalaman bermain game menarik buat penggunanya. Bagaimana yang telah memiliki aksesori ROG Phone 2 ? tidak perlu khawatir karena sebagian besar aksesori gaming ROG Phone 2 masih dapat digunakan di ROG Phone 3. Apa saja aksesori terbaru yang bisa menemani ROG Phone 3 :

ROG Kunai 3 Gamepad
Bagi yang suka kontrol gamenya layaknya konsol game menggunakan ROG Kunai 3 Gamepad adalah jawabannya. Kenyataannya ada beberapa pengguna yang suka menggunakan kontrol fisik karena lebih baik kontrolernya meskipun ROG Phone 3 telah menyediakan pengalaman bermain game yang lebih baik dari smartphone lainnya berkat kehadiran fitur AirTrigger 3. ROG Kunai 3 Gamepad Memiliki desain baru yang lebih kokoh sekaligus fleksibel ( bisa 3 mode : handheld mode, mobility mode, All-in-One Mode) juga didukung fitur key mapping melalui Game Genie dan telah kompatibel dengan berbagai game. Daftar game yang kompatibel dapat dilihat melalui aplikasi Armoury Crate.

TwinView Dock 3
TwinView Dock 3 tetap hadir untuk menemani ROG Phone 3 agar pengguna bisa mendapatkan pengalaman bermain game menggunakan dua layar sekaligus. Masih tetap dilengkapi dengan kipas dan baterai berkapasitas 5.000mAh, kali ini TwinView Dock 3 sudah dilengkapi dengan layar Amoled 6,59" FullHD+ yang memiliki refresh rate 144Hz atau sama dengan ROG Phone 3. Daftar game yang kompatibel dengan TwinView Dock 3 dapat dilihat melalui aplikasi Armoury Crate. Sekedar informasi dari situs gamepress.com bagi yang suka game Asphalt 9: legend, Modern Combat 5 : Blackout, Dungeon Hunter 5 dan Dungeon Hunter Champions bakal lebih maksimal dan dapat sensasi berbeda saat main game tersebut menggunakan TwinView Dock 3.
 
ROG Clip
Aksesoris controller keren yang support controller DualShock 4, XBOX One atau Google Stadia, dengan ROG Clip pengguna bisa menghubungkan controller tersebut secara mudah dengan ROG Phone 3. Cukup pasangkan ROG Clip di salah satu controller tersebut dan tempatkan ROG Phone 3 di dudukan yang telah disediakan. Bermain di ROG Phone 3 pun kini sama nyamannya dengan bermain di konsol.

AeroActive Cooler 3
AeroActive Cooler adalah aksesoris utama tidak bisa dipisahkan dari ROG Phone. Dengan AeroActive Cooler 3 menawarkan performa pendinginan yang lebih baik dan tingkat kebisingan yang lebih rendah. Selain itu, AeroActive Cooler 3 juga dilengkapi dengan port USB Type-C untuk pengisian daya serta 3.5mm audio jack untuk menghubungkan headphone.

Lighting Armour Case
ROG Phone 3 bisa makin stylish dengan Gunakan Lighting Armour Case terbaru untuk dapat menampilkan logo ROG dengan tampilan mirip AniMe Matrix yang ada di laptop ROG Zephyrus G14. Lighting Armour Case juga kompatibel dengan fitur Aura RGB dan dapat dikustomasi melalui aplikasi Armoury Crate.

Glass Screen Protector
Agar ROG Phone 3 selalu terlindungi, ASUS juga menyediakan aksesori Glass Screen Protector yang dirancang khusus untuk melindungi layar sehingga terhindar dari goresan. Aksesori Glass Screen Protector juga dilengkapi dengan teknologi anti bakteri sehingga dapat melindungi gamer yang menggunakannya, di masa panggebluk gini aksesoris ini cocok sekali untuk memberi extra perlindungan untuk tangan pengguna yang resiko terpapar covid-19.

Terkeren dari aksesoris diatas adalah layaknya tokoh transformer optimus prime bisa bergabung dengan senjata lainnya, yang akhirnya optimus prime bisa terbang adalah ROG Kunai 3 Gamepad dan ROG TwinView Dock 3 bisa gabung jadi satu menjadi konsol game yang lebih powerfull......Bravo ROG Phone. 

6. SPESIFIKASI

ROG Phone 3
Processor 3.1 GHz Qualcomm® Snapdragon™ 865 Plus 5G Mobile Platform with 7nm, 64-bit Octa-core Processor
GPU Qualcomm® Adreno™ 650
UI Android™ 10 with ROG UI
Display 6.59” 19.5:9 2340x1080 (391ppi) 144Hz/1ms AMOLED HDR10+ certified;
270Hz touch sampling rate, 25ms touch latency;
650nits HBM brightness & 1000 nits peak brightness, 113% DCI-P3 Delta E average <1%;
1.07 billion colors; 1,000,000:1 contrast ratio;
Front 2.5D Corning® Gorilla® 6 Glass;
TÜV Low Blue Light (Hardware Solution) and Flicker Reduced certifications for eye comfort;
Capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports Glove touch)
Memory/Storage LPDDR5/UFS3.1
8GB/128GB
12GB/256GB
SD storage no SD-card reader; NTFS support for external HDD
Sensor Accelerator, E-Compass, Proximity, Hall sensor*2, Ambient light sensor, in-display fingerprint sensor, Gyro, Ultrasonic sensors for AirTrigger 3 and grip press
Main Rear Camera 64MP SONY IMX686 sensor, 0.8 µm pixel size – Quad Bayer technology with 16MP, 1.6 µm large effective pixel size, F1.8, 1/1.7” sensor, 2x1 OCL PDAF, LED flash
Second Rear Camera 13MP, 125˚ ultra-wide, F2.4, Real-time distortion correction, 11mm equivalent focal length in 35mm film camera
Third Rear Camera 5MP Macro, F2.0
Front Camera 24MP, 0.9µm, Quad Bayer Technology, F2.0,
27mm equivalent focal length in 35mm film camera
Video Recording 8K (7680 by 4320) @ 30 fps (main rear camera)
4K (3840 by 2160) @ 30/60 fps (main rear camera), @ 30 fps (second rear camera)
1080p @ 30/60 fps; 720p @ 30 fps
3-axis electronic image stabilization for rear cameras
Time Lapse (4K)
Slow Motion video (4K @ 120 fps; 1080p @ 240/120 fps; 720p @ 480 fps)
Take still photo while recording video
Speaker Dual front-facing speakers with GameFX & Dirac HD Sound
7-magnet stereo speaker with dual NXP TFA9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect
Audio Output Hi-Res audio 192kHz/24-bit standard (USB-C™ output) that is 4 times better than CD quality
GameFX audio system for improved in-game audio experience
New AudioWizard with multiple listening profiles tuned by Dirac
Microphone Quad microphones with ASUS Noise Reduction Technology
Wireless Technology WLAN 802.11a/b/g/n/ac/ax 2.4 & 5GHz and Wi-Fi 6
2x2 MIMO, Bluetooth 5.1
Wi-Fi Direct support
Navigation GNSS support GPS(L1/L5), Glonass(L1), Galileo(E1/E5a),
BeiDou(B1/B2a), QZSS(L1/L5) and NavIC(L5)
SIM Cards Dual SIM dual standby
Slot 1: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card
Slot 2: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card
5G+4G or 4G dual SIM dual standby support
Data rate
Support EN-DC(6DL+FR1, 4DL+2FR1)
FR1: DL up to 4.4Gbps / UL 542Mbps
LTE 6CA DL Cat20 up to 2.0Gbps / UL Cat13 up to 150Mbps
DC-HSPA+: DL 42Mbps / UL 5.76Mbps
4x4 MIMO and CA with 4x4 MIMO support
Bands
5G (Bands N1, N2, N3, N5, N28, N41, N66, N71, N77, N78, N79)FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 13, 17, 18, 19, 20, 25, 26, 28, 29, 30, 32, 66, 71)TD-LTE (Bands 34, 38, 39, 40, 41, 42, 48)WCDMA (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 19)EDGE/GPRS/GSM (850, 900, 1800, 1900MHz)CDMA (Bands BC0) (CN and HK only)TD-SCDMA (Bands 34, 38) (CN and HK only)
Interface Side-port: 48 pin Customized/Type C connector USB3.1 gen2/DP 1.4(4K)/Fast Charging (QC3.0+QC4.0/PD3.0) / Direct Charge
Bottom-port: Type C connector USB2.0/Fast Charging (QC3.0/PD3.0)/Direct Charge
NFC Support (Card mode support in power off)
OS Android™ 10
Battery 6.000mAh
Charger Output: 10V 3A, supports up to 30W QC4.0 / PD3.0 / Direct Charge adapter
Dimensions 171mm, 78mm, 9.85mm
Weight 240 grams

ROG Phone 3 di Indonesia dijual dalam dalam dua varian yaitu model yang menggunakan penyimpanan 128GB dan RAM 8GB, serta penyimpanan 256GB dan RAM 12GB. Keduanya dibanderol dengan harga Rp9.999.000 (128/8) dan Rp14.999.000 (256/12).

Di masa pagebluk covid-19 bermain game secara wajar bisa menghilangkan rasa stress dan bosan saat tinggal dalam rumah, namun bila rasa bosan dan stress muncul perlu hiburan untuk menghilangkannya. Main game pakai ROG Phone 3 salah satu jawaban untuk menghilangkan rasa bosan dan stress, karena semua permainan bisa dijalankan dengan lancar dan dapat immersion dalam permainan tersebut. Hati senang, stress dan rasa bosan jadi hilang akhirnya secara tidak langsung daya tahan tubuh terus tetap terjaga dengan baik.

Menjadi pemenang adalah keinginan yang harus kita raih, bersama ROG Phone 3 smartphone gamingnya para pemenang, pemenang dalam permainan dan pemenang sebenarnya dalam masa pagebluk covid-19 karena menjaga asa daya tahan tubuh tetap terjaga adalah tujuan utama agar kedepannya terus mejadi pemenang melawan covid-19 sampai selesai.

source :
esports.id
asus.com/id

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)