MENGENAL SISTEM KERJA LOAD BANK

Load Bank adalah Perangkat atau mesin yang mengembangkan sebuah beban listrik, berlaku beban ke sumber daya listrik dan mengubah atau menghilangkan output daya yang dihasilkan dari sumber. Load Bank menyimulasikan beban nyata dengan menggunakan komponen pengonversi energi listrik menjadi  energi panas. Listrik yang masuk ke Load Bank tidak digunakan untuk pekerjaan nyata apapun kecuali menghasilkan panas. Karena itu, komponen yang biasa digunakan adalah heater atau pemanas.

sumber : sewatama.com
sumber : sewatama.com
Biasanya, agar pemanas tersebut tidak overheating, sebagian kecil listrik juga dipakai untuk memutar kipas untuk mendinginkan panas yang dihasilkan oleh semua heater itu. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan Loadbank Berkualitas dan dengan menggunakan Layanan sewatama banyak terdapat rekomendasi load bank.

Ada pula bentuk load bank yang lebih sederhana, yang menggunakan air bercampur garam. Listrik dari genset dimasukkan ke dalam air garam. Listrik akan mengalir melalui air dan memanaskannya.

Alat ini sangat sederhana, dan bisa dibuat dengan sangat mudah. Cukup gunakan drum kosong, isi dengan air hingga ketinggian 70%, campurkan garam secukupnya, lalu alirkan listrik tiap fasa dari generator ke dalam air melalui Bus Bar tembaga. Semakin banyak luas penambang bus bar yang masuk ke dalam air, semakin besar pula beban yang ditanggung genset.

Namun kelemahan Load Bank air garam ini adalah gelembung-gelembung udara yang muncul saat air mulai mendidih. Gelembung-gelembung ini mengganggu transfer listrik, sehingga simulasi beban load bank menjadi tidak bisa terkendali dengan baik. Karena itu, load bank air garam biasanya hanya digunakan untuk genset kapasitas kecil (di bawah 200KVA) dan hanya dalam waktu singkat.

FITUR LOAD BANK
Load Bank tidak sekedar menyimulasikan beban, namun juga ‘pergerakan’ beban. Dalam pemakaian riil, genset akan menghadapi beban kejut, beban turun naik, juga beban overload. Genset yang prima seharusnya bisa menghadapi semua pergerakan beban tersebut.

Load Bank yang lebih canggih lagi bisa mensimulasikan Power Factor. Load Bank semacam ini biasanya dilengkapi dengan serangkaian Capacitor Bank atau Inductor Bank, yang tentunya akan menambah biayanya, namun memungkinkan kita menguji genset dengan lebih lengkap.

CARA MENDAPATKAN LOAD BANK
Kini banyak sekali vendor dari luar maupun dalam negeri yang bisa membuatkan Load Bank untuk Anda. Jika Anda butuh yang sederhana saja, Load Bank air garam mungkin bisa jadi pilihan Anda. Namun untuk pengujian secara lengkap dan dalam durasi lama, Anda perlu pertimbangkan Load Bank yang lebih canggih agar bisa menemukan Loadbank Berkualitas dan untuk mendapatkannya, Anda dapat menyewa kepada Layanan sewatama yang sekarang banyak bertebaran di kota kota besar.

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)