ASUS ROG Phone 8 " Smartphone Gaming Ala Smartphone Premium Terkencang Dengan Fitur AI Yang Futuristis "

Mengusung angka 8 menandakan generasi smartphone gaming besutan dari ASUS sudah mencapai di generasi ke delapan. Delapan adalah angka yang melambangkan keseimbangan, yang akhirnya diterapkan di ROG Phone 8 yang benar - benar mengusung berbagai komponen hardware, fitur dan teknologi yang seimbang antara smartphone gaming dengan smartphone premium yang kekinian dengan fitur AI.

Dulu antara smartphone gaming dengan smartphone premium seperti memiliki jurang pemisah yang menandakan bahwa smartphone gaming spesial untuk main game dan smartphone premium untuk style, produktifitas sebagai daily driver. Meskipun sama - sama memiliki perfomance yang terbaik dikelasnya, namun yang terlihat beda pada sisi dimensi, berat, kamera, layar, charger, sistem thermal, kecerahan, material dan fitur spesial.

diagram persamaan smartphone gaming vs smartphone premium
Dari gambar diatas terlihat bahwa smartphone gaming sudah berubah kiblatnya terutama ROG Phone 8, beberapa poin yang ada di smartphone premium sudah bisa ditemui di smartphone gaming ini. Terima kasih RnD ASUS ROG yang terus berinovasi menjadikan smartphone gaming tidak ada jurang pemisah dengan smartphone premium.

Sesuai dengan filosofi angka 8 yang merupakan angka keseimbangan, smartphone gaming ROG Phone 8 tidak hanya diperuntukkan spesial untuk para gamer namun bisa untuk berbagai macam pengguna mulai dari konten kreator, streamer, business dll. Sebenarnya apa saja yang bikin ROG Phone 8 kali ini semakin seimbang keperuntukannya selain gamer, tentu ada alasannya yang saya jelaskan dibawah ini : 

Pasti sebagai smartphone gaming perfomance adalah nomor satu, karena itu ROG Phone 8 mengusung CPU tercepat saat ini besutan dari Qualcomm yaitu Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform dengan Octa Core CPU Kryo yang terdiri dari 1 core Prime 3.3 GHz berbasis Cortex-X4, 5 core Performance 3.2 GHz, serta 2 core Efficiency hingga 2.3 GHz. Ada peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya dimana pada perfomance naik hingga 30% dan 20% untuk efisiensi dayanya.
Untuk performa grafisnya dengan GPU Adreno 750 pada Snapdragon® 8 Gen 3 memberi peningkatan pada performa dan efisiensi kerja hingga 25% dibandingkan Snapdragon® 8 Gen 2. Ada juga teknologi Ray Tracing yang mampu menyokong peningkatan grafisnya hingga 40%.
Meskipun tidak ada perubahan teknologi dari generasi sebelumnya pada sisi RAM tetap mengusung memory type LPDDR5X 8533 Mbps up to 24GB dan sisi storage tetap menggunakan ROM type UFS4.0 up to 1TB yang keduanya merupakan teknologi terbaik untuk smartphone saat ini yang bakal memberi jaminan perfomance dari ROG phone 8 tetap terdepan dan tidak tertandingi.

Serunya di smartphone gaming yaitu pada SoC, RAM, Storage terus melakukan transformasi teknologi yang mengarah pada semakin cepat semakin baik. Kecepatan yang luar biasa ini menghasilkan panas yang tidak biasa pada komponen tersebut, oleh karena itu perlu ada sistem thermal yang mumpuni untuk meredakan panas yang dihasilkan. 

Di smartphone gaming tidak hanya fokus pada perfomance saja namun sistem thermal pun menjadi perhatian khusus dimana transformasi teknologi terus dikembangkan yang membuat RnD ASUS ROG terus mengeluarkan terobosan teknologi sistem thermal di tiap generasi. Semua teknologi  itu diciptakan untuk menunjang buasnya perfomance SoC-RAM-Storage agar bisa diimbangi dengan gemulainya sistem thermal untuk menekan dan membuang panas secara efisien terutama sistem thermal passive yang saling melengkapi dengan sistem thermal active tambahan untuk kebutuhan smartphone yang dipakai bekerja secara masif dan maraton.

Sebagai smartphone gaming dengan perfomance yang kencang panas dari 3 komponen yaitu SoC (CPU+GPU), RAM dan Storage perlu diatasi dengan sistem pendingin yang mumpuni, jangan sampai Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform yang merupakan CPU Mobile terkencang di dunia saat ini menjadi kedodoran perfomancenya gara -gara sistem thermalnya kurang efisien dalam membuang panas. Untuk itu ROG Phone 8 menggunakan sistem thermal generasi ke - 8 yaitu GameCool 8 yang mengadopsi sistem thermal ROG Phone 7 yang terus disempurnakan. Rewind sebentar berikut transformasi sistem pendingin GameCool 6 / 7 / 8 :

ROG Phone 8 mengusung desain tetap seperti ROG Phone 6 dan ROG Phone 7 dengan board SOC berada di posisi tengah smartphone dengan tujuan agar sistem thermal bisa bekerja secara efektif membuang panas, begitu juga kedua tangan tidak cepat gerah dengan titik pusat panas yang di tengah. Di ROG Phone 7 bahkan beberapa media di indonesia begitu takjub dengan cara kerja sistem thermalnya karena saat di test dengan main beberapa game high resolusi smartphone berjalan stabil dan panas di smartphone bisa dikendalikan dengan baik sehingga kedua tangan tidak merasa kegerahan memegangnya.

Apa kata media youtuber tentang ROG Phone 7
ROG Phone 8 dengan sistem thermal GameCool 8 memiliki terobosan sistem thermal yang baru dimana ada komponen namanya Rapid-Cooling Conductor. Komponen ini merupakan sebuah konduktor penghantar panas  (tidak ada gap antara SoC dengan Cover) yang mampu dengan cepat menghantarkan panas dari atas SoC ke semua graphite sheet di cover belakang dengan begitu panas bisa tersalurkan dan bisa tersebar secara merata.

Dengan meratanya panas di graphite sheet cover belakang maka untuk urusan membuang panas dengan efisien bisa dilakukan oleh AeroActive Cooler X yang merupakan sistem thermal aktif dengan keagresifan fannya yang bertugas untuk membuang hawa panas di permukaan cover belakang. Saat AeroActive Cooler X dipasang dengan chip termoelektriknya yang tepat diatas lokasi Rapid Cooling Conductor, bisa bekerja langsung mengenai SoC yang merupakan sumber panas utama pada smartphone gaming.

ROG Phone 8 kali ini mengusung design yang berbeda dengan generasi sebelumnya yang cenderung lebih besar dimensinya dan lebih berat karena mengusung baterai dengan kapasitas besar dan layar yang lebih besar. Dengan perubahan design yang lebih compact pada ROG Phone 8 selain sebagai smartphone gaming juga menyasar sebagai smartphone premium yang bisa digunakan dengan nyaman sebagai daily driver. Akibatnya ROG Phone 8 memiliki dimensi yang 17% lebih kecil, 15% lebih tipis dan 9% lebih ringan dari generasi sebelumnya.
Mengapa ROG Phone 8 adalah smartphone gaming serasa smartphone premium yang didukung dengan fitur tidak kalah keren dengan smartphone premium lainnya. Mulai dari adanya fitur rating IP68 yang merupakan kemampuan standard perlindungan international pada smartphone yang tahan dari air dan debu. Rating IP68 pada ROG Phone 8 artinya bahwa smartphone gaming ini memberi jaminan tahan terhadap air artinya ROG Phone 8 tetap bisa berjalan normal tanpa ada kerusakan bila terkena air atau terendam dalam air dalam jangka waktu tertentu dan itu berlaku juga dengan debu.

Mengusung baterai 5500 mAh mampu bertahan hingga 3,4 jam saat bermain game berat, atau hingga 23 jam dibuat untuk video streaming dan 17 jam dibuat untuk aktifitas IG Scrool. Mendukung adapter USB Power Delivery HyperCharge 65 watt  mampu mengisi baterai selama 39 menit dari kapasitas 0% sampai penuh 100%.

Layaknya smartphone premium juga ditemukan sistem charging wireless 15W yang support Qi Certified yang memungkinkan untuk charge smartphone tanpa perlu ribet colok kabel USB ke port USB di smartphone. Fitur yang banyak ditemukan di smartphone premium untuk menunjang produktifitas tanpa perlu ribet aktifitas colok mencolok cukup taruh di atas atau disandarkan di adapter wireless charging.

Keseimbangan yang ditonjolkan pada ROG Phone 8 menyasar juga pada sisi kamera, dimana dibalik gaharnya smartphone gaming selaras dengan kemampuan kameranya yang andal. Terlihat pada kamera utamanya menggunakan sensor Sony® IMX890 50 MP terbaru yang mampu menghasilkan gambar yang jernih. Lebar lensanya 24 mm juga sangat mendukung untuk photoshot di jalanan yang dinamis dan kemampuan zoom 2X mengubahnya menjadi lensa utama 50 mm yang serbaguna, ideal untuk fotografi potret dan fotografi makanan. 

Kemampuan kamera utama ROG Phone 8 akhirnya juga bisa menaikkan level fotography dan videography penggunanya semakin lengkap berkat adanya fitur 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0 yang menjadikan video menjadi lebih mulus dan hasil foto yang bebas guncangan saat digunakan secara mobile. Pengambilan foto sekarang stabilisasinya lebih kuat mendukung mode pemotretan standar dan portrait, sangat bermanfaat untuk fotografi di kondisi rendah cahaya. Tidak kalah penting stabilitas di video semakin terjamin berkat perangkat keras anti-guncangan OIS dan algoritma perangkat lunak EIS yang telah ditingkatkan yang menggunakan data giroskopis untuk mendeteksi gerakan atau getaran, yang bermanfaat pada dinamisnya area pandang untuk memastikan video tetap stabil.

Pada kamera utama lainnya di seri ROG Phone 8 yang juga pertama kali mendukung kamera dengan lensa 32 MP telefoto 3X optical zoom yang mendukung pengambilan gambar objek yang jauh. Tanpa perlu pakai zoom digital, kemampuan lensa yang dilengkapi dengan OIS internal ini akan menghasilkan foto yang jernih dan tajam, bahkan dalam kondisi minim cahaya dengan mode Night Photography. Fitur kamera lainnya juga mendukung Teknologi ASUS HyperClarity, yaitu dengan menggunakan file yang belum diproses (RAW), dengan mempertahankan setiap detail dalam foto, memberikan gambar yang lebih jelas bahkan pada zoom hingga 30X. Selama perekaman video, kamera telefoto menggunakan EIS adaptif untuk menghasilkan hasil yang stabil hingga zoom 10X.

Ada juga kamera 13 MP ultrawide yang memiliki lensa free-form dan algoritma canggih untuk mengurangi distorsi lensa, sehingga menghasilkan gambar yang memukau namun tetap natural. Seri ROG Phone 8 memberikan kualitas dan kejernihan yang luar biasa dalam setiap pemotretan dan perekaman.

Terakhir, pada kamera depan/swafoto memiliki jenis lensa 32MP Ultrawide yang memiliki Field of View yang telah ditingkatkan dari 73° menjadi 90° untuk membuatnya sempurna untuk swafoto grup. Lensa ini memiliki sensor RGBW yang memastikan gambar yang bersih dengan noise yang lebih sedikit, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

Adanya fitur 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0 yang mampu memberikan kestabilan pengambilan video saat bergerak memberikan tantangan juga karena resiko suara kebisingan angin yang meningkat. Namun berkat adanya OZO Audio mampu meminimalisir kebisingan suara angin yang masuk dalam video layaknya rekaman video dengan kualitas sejernih kristal atau juga bisa mengkap suara surround 3D dengan fidelitas tinggi yang begitu dalam.

Berikut contoh hasil foto dari ROG Phone 8 :

hasil foto zoom ( klik untuk perbesar )


hasil foto wide ( klik untuk perbesar )


hasil foto normal ( klik untuk perbesar )
foto night( klik untuk perbesar )


foto indoor low light ( klik untuk perbesar )

Didukung oleh SoC yang paling kuat saat ini yaitu Snapdragon® 8 Gen 3 juga memiliki fitur yang mampu menghadirkan peningkatan cukup signifikan dalam hal komputasi kecerdasan buatan (AI) yaitu fitur NPU ( Neural Processing Unit ). Namanya NPU Qualcomm Hexagon yang memiliki performa 98% lebih cepat, Efiseinsi daya meningkat hingga 40% per watt dan Qualcomm Sensing Hub yang meningkatkan performa AI 3,5x lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Oh ya apa sih NPU ?

Dalam pemrosesan AI dulunya sangat tergantung pada kemampuan dari CPU dan GPU, namun agar lebih efisensi pada daya dan lebih cepat pemrosesannya saat ini NPU ( Neural Processing Unit ) adalah senjata utamanya karena komponen ini memang khusus dirancang untuk mempercepat operasi yang terkait dengan kecerdasan buatan (AI). Apa saja manfaat NPU pada smartphone :

1. Kinerja AI Meningkat : Memang dirancang khusus untuk mempercepat operasi kecerdasan buatan (AI). Keberadaan NPU menjadikan perangkat seluler dapat melakukan tugas-tugas seperti pengenalan wajah, pemrosesan bahasa alami, dan analisis gambar dengan lebih efisien.

2. Efisiensi Energi : Keberadaan NPU mampu mengurangi beban CPU dan GPU setiap ada tugas-tugas AI. Dengan begitu sangat membantu penghematan pada daya baterai dan memperpanjang masa pakai perangkat.

3. Kecepatan Inference : Keberadaan NPU membuat perangkat seluler mampu melakukan inferensi model AI dengan lebih cepat. Contohnya yang menjadi trend saat ini saat menggunakan fitur kamera untuk mengenali objek atau orang, NPU memiliki peran penting dalam memprosesnya dengan kecepatan tinggi.

4. Peningkatan Kualitas Foto : Keberadaan NPU bisa meningkatkan kualitas hasil foto dengan mengoptimalkan pemrosesan gambar. Contohnya seperti pengurangan noise, peningkatan detail dan penyesuaian warna yang semuanya dilakukan oleh NPU.

5. Dukungan untuk Aplikasi AI : Keberadaan NPU, mempermudah pengembang AI untuk mengoptimalkan aplikasinya tanpa perlu mengorbankan kinerja CPU dan GPU. Seperti aplikasi pada filter wajah, efek AR, dan asisten virtual yang banyak digunakan pengguna smartphone bakal lebih baik kinerjanya berkat NPU.

Pada ROG Phone 8 mengusung smartphone yang melimpah fitur AI, yang bisa menunjang bermain game maupun pada umumnya. Manfaat penggunaan AI bagi gamer seperti mempermudah mengalihkan game ke latar belakang dengan fitur Background Mode atau menangkap momen - momen penting dengan fitur X Capture, menjadikan ROG Phone 8 ini sangat membantu para gamer yang cerdas.

AI Grabber yang begitu intuitif untuk menangkap teks dan X Sense yang bisa meningkatkan pengalaman bermain game dengan memberikan tips dan bantuan saat dibutuhkan. AI Grabber kini juga dapat mengambil teks langsung dari game menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition, dan X Capture serta X Sense 2.0 kini mendukung lebih banyak game terbaru berkat teknologi AI Pattern Recognition.

Ada banyak fitur-fitur lain yang mendukung AI seperti Semantic Search yang merupakan fitur untuk digunakan bahasa alami di Galeri, Launcher, dan Pengaturan. Ada juga AI Wallpaper yang bisa membuat wallpaper tampak menakjubkan berkat menggunakan teknologi Stable Diffusion, dan teknologi AI noise-cancellation yang mampu meredam kebisingan dari dua arah untuk suara sejernih kristal dalam panggilan suara, panggilan video, dan komunikasi dalam game.

Seri ROG Phone 8 mengusung resolusi FHD+ dengan resolusi 1080x2400 pixel yang menjadikan tampilan pada layar sangat padat. Menyuguhkan visual yang menakjubkan berkat menggunakan panel AMOLED fleksibel 6,78 inci (Samsung E6) yang mendukung kecepatan refresh adaptif dengan teknologi LTPO.
Keunggulan teknologi LTPO (Low-Temperature Polycrystalline Oxide)  ini adalah mampu menyesuaikan kecepatan refresh rate secara otomatis dari 1 Hz ~ 120 Hz tergantung pada tugas yang sedang dikerjakan, akibatnya bisa mengurangi konsumsi pemakaian daya pada smartphone. Misalnya saat bermain game yang intens seperti PUBG, Mobile Legends layar akan meningkatkan refresh rate untuk mengikuti pergerakan cepat di permainan game namun saat pengguna membaca teks, melihat foto, dengarkan musik otomatis refresh rate akan turun yang berguna banyak untuk penghematan baterai. 

Selain dinamis pengguna juga bisa memilih kecepatan refresh rate hingga 165 Hz agar bisa bermain game dengan lancar, dan juga kecepatan sampling sentuh hingga 720 Hz untuk respons instan yang menakjubkan. Smartphone gaming ini juga nyaman dibuat aktifitas di outdoor karena tingkat kecerahan layarnya sangat tinggi hingga 2500 nits, menjadikan pengguna dapat bermain game atau menonton film bahkan di bawah sinar matahari tanpa masalah sama sekali. Tampilan visual yang disuguhkan sangat luar biasa yang memiliki standard berkat kolaborasi dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka Pixelworks® untuk akurasi warna terbaik di dunia.

Pada audio ROG Phone 8 juga dilengkapi dengan fitur audio yang mengesankan untuk pengalaman gaming dan hiburan yang lebih baik:

  • Speaker: Dilengkapi dengan dual stereo speaker multi-magnet yang menghasilkan suara berkualitas tinggi.
  • Output Audio: Mendukung Hi-Res Audio hingga 384 kHz / 32-bit untuk output 3.5mm.
  • Dirac Virtuo: Fitur ini memastikan kualitas audio yang optimal untuk headphone.
  • Spatial Sound: Memberikan pengalaman audio yang lebih immersif.
  • AudioWizard: Menyediakan berbagai profil pendengaran untuk disesuaikan dengan preferensi pengguna.
  • Microphone: Dilengkapi dengan dual-microphone yang menggunakan teknologi ASUS Noise Reduction untuk mengurangi gangguan suara.

Dengan fitur-fitur ini, Asus ROG Phone 8 menawarkan kualitas audio yang luar biasa untuk gaming dan hiburan sehari-hari

Seri ROG Phone 8 terbaru memiliki fitur khusus berupa elemen unik yang dapat disesuaikan, mulai dari logo Aura RGB Lighting (ROG Phone 8) dan layar Mini-LED Anime Vision (ROG Phone 8 Pro / Pro Edition), yang memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan personality dan kreativitasnya.
Khusus untuk AniMe Vision adalah layar 341 elemen mini-LED 11x31 dots dapat menampilkan berbagai efek animasi yang bisa diatur sendiri oleh pengguna. Apa saja manfaat AniMe Vision yaitu :

  • Notifikasi Bergerak : Menerima notifikasi dengan ikon animasi apabila ada panggilan, pesan, email, dan pengingat tanpa harus melihat layar.
  • Pengambilan Gambar : Disinkronkan dengan pengambilan foto saat pengaturan hitung mundur pada kamera ASUS dengan menampilkan hitungan mundur sebelum mengambil foto.
  • Waktu Bermain Game dan Kemenangan : Menampilkan waktu bermain game dan merayakan kemenangan yang kompatibel dengan game seperti Honor of Kings dari Tencent, dengan mengubah pencapaian dalam game menjadi lencana animasi.
  • Editor AniMe Vision : Bisa berkreasi dengan mengetuk layar pada skenario tertentu, menambahkan desain tangan, tanda tangan, atau mengimpor desain yang sudah ada dari pengguna lain di web, serta menerapkan animasi filter favorit. 

CPUQualcomm Snapdragon® 8 Gen 3, SM8650, Qcta-core CPUs, 3.3GHz
GPUQualcomm Adreno 750
Sistem OperasiAndroid™ 14 with ROG UI
RAMLPDDR5X UP TO 24GB
ROMUFS4.0 UP TO 1TB
Screen6.78” flexible AMOLED, FHD+, up to 165 Hz refresh rate, LTPO 1~1 20 Hz, peak brightness 2500 nits
Kamera BelakangMain: Sony® IMX890 50 MP - 1/1.56” large sensor size, gimbal OIS
Quad Bayer technology - 12.5 MP, 2 µm large effective pixel size 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, 1/1.56”, f/1.9
Wide: 13 MP, 120° f/2.2, Free-form Lens
Tele: 32 MP, f/2.4, OIS, 3X optical zoom, pixel binning   1.4μm(Actual output photo: 8 MP)
Kamera Depan32 MP   RGBW,pixel binning 1.4 μm(Actual output photo: 8 MP)
AudioSpeaker
Multi-magnet dual stereo speakers

Audio Output
Hi-Res Audio up to 384 kHz / 32-bit for 3.5mm output
Dirac Virtuo for Headphone™ Spatial Sound
AudioWizard with multiple listening profiles

Microphone
Dual-microphones with ASUS Noise Reduction Technology
Battery / Charging5,500 mAh   (typical), Wired 65 W HyperCharge, Wireless 15 W Qi-certified charging
Frequency5G SA&NSA:   n1 / n2 / n3 / n5 / n7 / n8 / n12 / n18 / n20 / n25 / n26 / n28 / n38 / n40 /   n41 / n48 / n66 / n77 / n78 / n79
4G FDD-LTE: B1 / B2 / B3 / B4 / B5 / B7 / B8 / B12 / B17 / B18 /   B19 / B20 / B25 / B26 / B28 / B32 / B66
4G TDD-LTE: B34 / B38 / B39 / B40 / B41 / B42 / B43 / B48
WCDMA: 850 / 900 / 1700 / 1800 / 1900 / 2100MHz
GSM: 850 / 900 / 1800 / 1900MHz
OthersAccelerator,   E-Compass, Proximity, Ambient light sensor, Fingerprint on Display, Gyro   (supports ARCore), AirTrigger, WiFi 7 ready, Bluetooth® 5.3, GPS / GNSS / GLONASS / Galileo / Beidou / QZSS / NavIC,   3.5 mm headset, NFC
Dimensions / Weight163.8 x 76.8 x 8.9mm / 225g
ColorROG Phone 8 Pro   Edition & Pro: Phantom Black
ROG Phone 8: Rebel Grey & Phantom Black

Berikut harga ASUS ROG Phone 8 Series :
  • ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black - Rp. 10.999.000
  • ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey - Rp. 10.999.000
  • ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black - Rp. 14.999.000
  • ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black - Rp. 19.999.000

Biar lebih hemat dapatkan promonya mulai hari ini, ada First Sale Promo dan ada Consumer Launch Sales Promo. 

1. First Sale Promo
Dapatkan Free AeroActive Cooler X untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar ~ 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.

Online : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store
Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.

2. Consumer Launch Sales Promo
Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.

Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 ~ 23 Maret 2024.

"Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien"

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)