Satu Lagi Hidden Gems Game Online Menarik di Solitaire.org

Tiba - tiba di depan laptop ingin main game jadul dahulu kala yang tidak perlu banyak menguras pikiran tapi tetap menghibur. Kalau tidak salah ingat gamenya ini sangat terkenal dahulu kala karena bawaan sistem operasi besutan microsoft yaitu windows 3.0 dan nama gamenya adalah solitaire.

Game ringan yang awal mulanya dibuat oleh Wes Cherry di tahun 1990-an, dia adalah seorang anak magang di microsoft yang didaulat untuk mengembangkan game tersebut. Game ini juga memiliki misi mulia supaya membiasakan pengguna OS Microsoft Windows 3.0 agar terlatih menggunakan mouse karena dikala itu mouse merupakan teknologi baru yang perlu ada penetrasi penggunaannya ke kalayak ramai agar pemakai windows 3.0 terbiasa menggunakan mouse.

awal game solitaire besutan microsoft di OS windows 3.0 sumber : yahoo.com

Sebenarnya cara kerja permainan game kartu ringan ini cuma mengumpulkan dan mungurutkan kartu yang sejenis dari yang terbesar mulai dari kartu king sampai terkecil kartu angka 2 di area base. Tentunya tidak mudah mengurutkannya pasti ada tantangannya disinilah serunya game solitaire, karena kartu yang sudah terbuka di area tableau dan kartu yang dikeluarkan di area tumpukan tidak sesuai kalau mau dipindah dan diurutkan di area base.

Untuk memainkan game ini di sistem operasi microsoft terbaru yaitu windows 10 atau windows 11 game solitaire tidak termasuk game bawaan, oleh karena itu harus install game tersendiri dari luar yaitu melalui microsoft store atau main secara online di browser. Akhirnya keinginan untuk main game solitaire sangat menggebu, terpaksa harus meminta bantuan mesin pencari untuk mencarikan game online solitaire.

Dari hasil pencarian muncul banyak penyedia game online solitaire di mesin pencari akhirnya menemukan situs penyedia game solitaire yang menurut saya cukup menarik karena di situs tersebut tidak banyak iklan yang lalu lalang bertebaran di depan yang menurut saya iklan tersebut cukup mengganggu saat asyik main game solitaire dan situs game tersebut adalah solitaire.org.

solitaire.org

Di halaman utama portal game ini langsung disuguhi game solitaire dan itu bisa langsung dimainkan. Bisa dimainkan dikomputer atau laptop dan tentu saja juga di smartphone. Di smartphone saja game ini juga bisa dimainkan berupa web app jadi bermainnya bisa secara full screen tanpa ada frame diatas yang biasanya adalah addres bar alamat situs.

main game solitaire di komputer/laptop atau di smartphone

Bermain solitaire tugas pemain hanya memindah lalu mengurutkan kartu di area tableau dan juga membuka kartu di area tableau, untuk urutannya kartu ini harus dicampur dengan jenis kartu lainnya asal warnanya harus bergantian. Selanjutnya bila kartu di area tableau sudah urut dan sudah mendapatkan kartu AS bisa dikumpulkan di area base dan diurut sesuai dengan jenis dan warnanya seperti gambar dibawah ini dengan begitu hasil poin yang didapat sangat tinggi.

contoh kamu bisa menyelesaikan tantangan game solitaire

Perlu diketahui bermain game solitaire memiliki sistem poin, tentunya semakin cepat mengumpulan dan mengurutkan kartunya tiap jenis di area base akan semakin tinggi poinnya, namun tidak semudah itu perlu ada strategi dan segala cara agar kartunya bisa terkumpul sejenis.

area permainan game solitaire

Ada aturan poin tersendiri di game solitaire antara lain sebagai berikut : 

1. Pindahkan kartu dari area tableau atau area tumpukan kartu ke area Base +10 poin
2. Pindahkan dan urutkan kartu dari area tumpukan kartu ke area tableau +5 poin
3. Perpindahan kartu diantara area tableau dan juga membuka kartu dibawahnya  +5 poin
4. Kembalikan kartu dari area base ke area tableau -15 poin
5. Setiap sepuluh detik -2 poin

Game solitaire ini bisa diatur permainannya dan itu bisa diklik menu di pojok kiri atas area game solitaire. Bisa diatur mau main 1 draw atau 3 draw, artinya setiap klik tumpukan kartu yang mau di draw ada satu yang di keluarkan bila di option list draw 3 tidak di checklist, namun bila di checklist draw 3 maka setiap draw akan keluar 3 kartu sekaligus. Tentunya paling mudah levelnya adalah draw 1 dan level selanjutnya draw 3

setting dan statistik game solitaire

Serukan main game solitaire ini karena disitu kita harus bermain dengan waktu agar poin tidak berkurang banyak karena setiap sepuluh detik poin akan berkurang 2, oleh karena itu harus segera menemukan solusi dan lakukan pergerakan kartu. 

Game BattleShips

Portal game ini ternyata tidak hanya bermain game solitaire saja namun banyak juga game jadul lainnya yang tidak kalah menantang. Selain solitaire ternyata saya juga mulai suka dengan game action kalau dilihat dari nama gamenya, namun game ini berbeda tidak seperti perkiraan yang ada di otakku layaknya main game perperangan antar kapal perang.
battleships

Diawal permainan kita harus menyusun strategi posisi kapal diatas matriks yang mana kita memiliki 5 kapal perang yang panjangnya terdiri 5 blok matriks, 4 blok matriks, 2x 3 blok matriks dan yang terkecil 2 blok matriks. Kapal-kapal perang ini kita atur bisa posisi horisontal atau vertikal dengan cara double klik mouse lalu taruh di matriks di lokasi yang dimau cukup klik satu kali dan rilis kapal perangnya dilokasi itu tinggal klik centang hijau diatas.
susun strategi

Main game ini kita bermusuhan dengan komputer, cuma diberi 3 kesempatan untuk meluncurkan rudal untuk menyerang lokasi kapal perang musuh yang ditampilannya hanya muncul blok matriks kosong dan itu bergantian dengan musuh. Anggap saja kita bermain melawan musuh yang saling memiliki teknologi siluman yang tidak kelihatan sebagai pemain harus menembakan 3 rudal tersebut sesuai dengan insting / naluri kita. Dari 3 rudal yang diluncurkan apabila salah satu mengenai kapal perang musuh disitu bisa sebagai petunjuk karena muncul tanda silang sebagai informasi deck kapal ada yang terkena rudal. Dari situ tinggal dilanjutkan mau serang dengan rudal lainya diposisi kanan-kiri-atas-bawah dari tanda silang tersebut.
tampilan battleships antara pemain dengan musuh

Kita dibilang sudah menghancurkan sebuah kapal perang bila kapal tersebut sudah mengeluarkan ledakan yang besar lalu dilanjutkan serang setiap matriks dan bergantian dengan musuh bila sudah meluncurkan tiga rudal. Game yang cukup menarik kombinasi antara strategi dan keberuntungan, siapa yang cepat menemukan lokasi kapal dan bisa menghancurkan 5 kapal dialah pemenangnya.
kamulah pemenangnya

Dari ulasan game solitaire dan battleships diatas bisa dimainkan di portal game di solitaire.org yang merupakan portal berbagai game online jadul yang ringan dan kerennya tanpa ada iklan terselubung yang muncul. Ada banyak game jadul di portal game solitaire.org tidak hanya 2 game yang saya ulas diatas masih banyak game lainnya mulai dari zuma, sudoku, minesweeper dan banyak game jadul lainnya yang keren - keren.

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)