Asus Zenfone 9 " Smartphone Paling Ringkas Dengan Fitur Terbaik "

Perkembangan smartphone saat ini apabila diperhatikan lebih seksama sepertinya produsen smarpthone jor-joran menggunakan layar yang ukurannya identik lebih luas. Memang sih layar yang luas dan lega itu dibuat untuk buka aplikasi media sosial, perpesanan, video streaming dan main game jadi lebih nyaman.

Dibalik layar smartphone yang luas dan lega tentunya ada kelebihan dan kekurangannya, untuk hal ini adalah sesuatu yang wajar. Setiap ada pilihan pasti ada beberapa pertimbangan yang matang, karena dari pilihan itu apa yang nantinya keuntungan dan kekurangan yang didapatkan.

Ada beberapa tipe pengguna yang tentunya sangat antusias akan begitu pentingnya sebuah ukuran layar, terutama layar yang pas saat digenggam tangan. Trend ukuran layar smartphone yang luas menjadikan tipe pengguna yang antusias dengan smartphone compact aka ringkas yang pas saat digunakan menjadi kesulitan dalam menentukan pilihan.

Salah satu smartphone yang bisa menjadi pilihan yang didesain untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang antusias pada smartphone dengan ukuran compact aka ringkas adalah smartphone terbaru besutan dari ASUS yaitu Asus Zenfone 9. Smartphone yang ringkas ini adalah jawaban bagi pengguna yang memenuhi kreteria sebagai berikut :

1. Pengguna yang tidak mau ribet dengan smartphonenya apabila dimasukan pada saku baju takut jatuh atau bila di taruh di saku celana sangat dirasakan mengganggu pergerakan tubuh bahasa kerennya Praktis. Bagi pengguna smartphone yang kerjanya sering mobile smartphone merupakan perangkat yang sangat dibutuhkan dan pastinya setelah digunakan membutuhkan tempat untuk menaruhnya bisa di saku baju maupun di saku celana.

sumber : cewekbanget.grid.id
Bayangkan smartphone dengan layar yang luas setelah menjawab telpon smartphone ditaruh di saku baju depan menjadikan smartphone terlihat menonjol dan beresiko jatuh bila ada aktifitas yang mengharuskan tubuh untuk membungkuk. Begitu juga dengan kondisi smartphone ditaruh di saku celana maka akan terasa menonjol, saat ada aktifitas yang mengharuskan tubuh untuk jongkok dan itu sangat terasa ada ganjalan yang mengganggu karena ada smartphone disaku celana yang membuat tidak nyaman penggunanya.      

2. Pengguna yang tidak mau ribet dengan aktifitas mengetik membalas perpesanan, update status dan buka kunci layar harus menggunakan dua tangan bahasa kerennya Ergonomi. Saat menggunakan smartphone yang mengutamakan kelihaian dalam menggunakannya, memerlukan kedua tangan adalah sebuah kekurangan yang menjadikan penggunaan smartphone menjadi tidak mudah atau tidak efisien.

sumber : www.dailyrecord.co.uk

Menggunakan smartphone harus memerlukan kedua tangan untuk mengoperasikannya adalah aktifitas yang tidak lazim akhirnya dalam hal produktifitas menjadi kendala tersendiri. Berbeda lagi apabila menggunakan smartphone cukup dengan satu tangan, misalnya tangan kanan mengoperasikan smartphone tangan kiri bisa untuk berpegangan pada gantungan saat berdiri di bis untuk jaga keseimbangan. Mengambil foto untuk dokumentasi ditempat sulit, tangan kiri memegang penyangga keamanan tubuh dan tangan kanan mengoperasikan aplikasi kamera pada smartphone.       

3. Pengguna yang  takut dengan layar luas menjadikan kerusakan pada layar smartphone jadi cepat rusak karena memiliki penampang layar yang lebih luas sehingga saat jatuh berpotensi kena langsung pada benda keras bahasa kerennya ringkih / rapuh. 

sumber : www.freepik.com

Asus Zenfone 9 seperti istilah kecil - kecil cabe rawit dimana dibalik smartphone yang compact ternyata memiliki spesifikasi dan fitur unggulan yang tidak kalah dengan smartphone premium yang mengusung layar yang luas. Langsung aja kita explore lebih dalam apa saja yang bisa kita temui pada Asus Zenfone 9 bisa dibaca penjelasannya dibawah ini.

MENGAPA ZENFONE 9 ADALAH SMARTPHONE RINGKAS
Didesain dengan dimensi yang ringkas menjadikan smartphone ini nyaman dan pas digenggam cukup dengan satu tangan saat mengoperasikannya. Smartphone yang mudah untuk dimasukan saku baju dan saku celana ini memiliki ukuran dimensi (PxLxT) 146.5 x 68.1 x 9.1 mm dan pastinya bobot jadi lebih ringan menjadi 169 gr.

Smartphone yang ringkas merupakan idaman bagi pengguna yang mendambakan sebuah perangkat yang sangat menunjang produktifitas dalam aktifitas sehari - hari. Cukup dengan satu tangan mengoperasikan sebuah smartphone adalah sebuah keputusan yang tepat untuk menjaga produktifitas dan keefektifan dalam beraktifitas. 

SMARTPHONE RINGKAS DENGAN PERFORMA TINGGI DIDUKUNG SISTEM PENDINGIN MUMPUNI.
Meskipun memiliki desain yang ringkas Zenfone 9 ini mengusung CPU besutan dari Qualcomm® Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform yang memberi jaminan komputasi smartphone semakin cepat dalam menjalankan semua aplikasi, main game, membuka foto dan video pasti berjalan dengan mulus. Kecepatan CPU yang mampu menghantarkan clock speed hingga 3,2 GHz mejadikan perfomance smartphone naik 10% dan efisiensi naik 30% lebih baik dari generasi sebelumnya. Didukung dengan RAM LPDDR5 Up to 16GB dan penggunaan storage UFS 3.1 up to 256GB semakin menambah kecepatan saat banyak membuka aplikasi dan membuka data foto - video semakin smooth.

Perfomance yang disuguhkan dari Qualcomm® Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform terbukti sangat kencang bahkan dari hasil uji aplikasi benchmark Antutu Zenfone 9 tembus diangka 1 jutaan yang artinya smartphone ringkas yang nyaman dioperasikan dengan tangan satu meskipun memiliki dimensi yang kecil masih bisa menyuguhkan perfomance terbaiknya untuk menjalankan aplikasi dan game berat setara dengan smartphone premium atau smartphone gaming terbaik lainnya.

Faktor penting lainnya agar tidak terjadi throttling pada perfomance smartphone dibutuhkan sistem pendingin yang mumpuni, oleh karena itu sebagai smartphone yang compact aka ringkas sistem pendingin Zenfone 9 didesain tidak pelit pada komponen yang digunakan untuk mendukung sistem pendingin pasif agar berjalan efektif yaitu adanya Vapor Chamber ( ruang uap untuk mengalihkan panas ) dan  tembaga komponen penyebar panas, didukung dengan lembaran grafite yang memiliki ukuran lebih luas dan tidak ketinggalan penggunaan pasta thermal yang tepat, menjadikan Zenfone 9 lebih dingin meskipun digeber pada perfomance yang tinggi.

SMARTPHONE RINGKAS DENGAN VISUAL LAYAR TERBAIK
Smartphone ringkas ini untuk layarnya mengusung spesifikasi yang terbaik dengan alasan sebagai berikut : 

Ukuran layar yang diusung 5.9-inch dengan rasio 20:9 resolusi FHD+ (2400 x 1080) dengan kerapatan densitas pixel hingga 445 ppi, refresh rate 120Hz, touch sampling rate 240HZ dan response time 1ms yang sangat smooth untuk main game maupun lihat foto maupun video. Menggunakan teknologi Samsung AMOLED display yang sangat terkenal dengan suguhan warnanya yang memukau. Untuk penggunaan aktifitas diluar ruangan smartphone ringkas ini didukung dengan kecerahan layar 1100 nits maximum brightness yang pasti bakal tidak terganggu saat membaca pesan dan melihat gambar dilayar smartphone saat diluar terkena langsung paparan sinar matahari.

Suguhan warnanya pada layar memiliki Color accuracy, Delta-E < 1 yang mendekati kenyataan, panel color yang 112% DCI-P3, 151.9% sRGB color gamut bikin takjub keakuratan warnanya. Untuk penyuka hiburan film yang didukung HDR Zenfone 9 didukung oleh teknologi layar yang memenuhi sertifikasi HDR 10 and HDR10+. 

Untuk kesehatan mata layar Zenfone 9 sudah bersertifikasi dari SGS Eye Care Display untuk mengurangi paparan radiasi sinar biru / blue light yang nantinya akan memberi kenyamanan penggunanya saat berlama - lama melihat layar smartphone.

Layarnya juga mendukung Always-on display dimana saat layar kondisi mati masih bisa meyuguhkan informasi berupa jam, tanggal, notifikasi yang menjadikan smartphone lebih interaktif. 

SMARTPHONE RINGKAS DENGAN AUDIO MEMUKAU
Dari sisi multimedia untuk mendukung penggunanya agar tetap semakin betah dalam menggunakan smartphone, perlu diimbangi dengan suguhan audio yang memukau dan semua itu berkat adanya Sound Dirac dari swedia. Dengan sound Dirac kemampuan pada teknologi HD Sound mampu melakukan koreksi pada impulse dan frequency response suara, ada peningkatan pada bass dan volume, sehingga menghasilkan sound yang lebih kuat, bass yang lebih terasa, dan bebas distorsi.

Speaker Zenfone 9 memiliki dual speaker yang dilapisi dengan Dbass foam ball untuk memberikan kedalaman suara lebih ekstra. Tiap speakernya ini sudah diperkuat dengan Qualcomm Aqstic WSA8835 AMP yang lebih powerful. Menurut hasil pengujian internal ASUS Zenfone 9 mampu menghasilkan suara dentuman bass 50% lebih besar dibandingkan kompetitor. 

Tidak ketinggalan agar tidak ada delay suara adanya port jack audio untuk headphone 3.5mm sangat penting karena bakal dipuaskan dengan output Hi-res Audio yang mampu dihasilkan oleh ponsel yang ringkas ini. Kerennya lagi Port audio jack ini sudah menggunakan teknologi Qualcomm® AqsticTM WCD9385 DAC terbaru dan menghasilkan dynamic range dan low distortion yang luar biasa.

Pada Zenfone 9 juga dilengkapi aplikasi AudioWizard yang bisa diset dengan cepat di quick setting, untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas audio pada Zenfone 9. Pada interfacenya bisa menampilkan 10-band equalizer yang mudah diatur serta pilihan audio style: Dynamic, Music, Cinema, dan Game.

SMARTPHONE RINGKAS DENGAN KAMERA MUMPUNI
Sebagai smartphone yang ringkas Asus Zenfone 9 pada sektor kamera tidak ketinggalan sensor kamera belakang maupun kamera depan diperkuat dengan lini sensor kamera besutan dari Sony. Kenapa smartphone ini cocok sekali untuk pengguna yang sering beraktifitas mengambil foto maupun video ?

Pada sisi belakang ada kamera utama dengan resolusi 50MP ultra-wide angle dengan SONY IMX766 yang sudah memiliki teknologi 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer dan Autofocus sangat menunjang dalam pengambilan gambar agar lebih stabil dan terbebas dari guncangan. Untuk rekam video kamera ini mampu merekam video kualitas 8K/24fps dengan didukung fitur stabilizer OIS/EIS. Kemampuan lainnya kamera ini juga mampu merekam foto dengan resolus 16MP dengan kemampuan light sensitivity yang lebih tinggi berkat menggunakan filter warna Quad Bayer dan perekaman video hingga resolusi 50MP pada kondisi terang banyak cahaya.  

Selanjutnya pada kamera kedua dengan resolusi 12MP jenis sensor kamera ultra-wide besutan dari  SONY IMX363 yang mendukung fotografi makro dan disertai fitur autofocus. Kamera ini mampu merekam video kualaitas 4K/60fps dengan stabilizer EIS dan kemampuan koreksi distorsi yang real-time dan berfungsi juga sebagai kamera makro kemamampuanya bisa merekam foto makro dengan fokus sampai jarak 4 cm.

Pada kamera depan atau kamera selfie Zenfone 9 merupakan ponsel pertama yang menggunakan sensor SONY IMX663 dengan kemampuan dapat melakukan autofocus dengan cepat berkat adanya fitur dual PDAF. Kamera selfie ini mampu mengambil foto dengan resolusi hingga 12MP dan merekam video dengan resolusi 4K/30fps atau FHD/60fps dengan stabilizer EIS. Tidak hanya mampu melakukan zoom, pengguna juga bisa melakukan selfie dengan tingkat kedalaman yang tinggi dan lebih tajam.  

Fitur lainnya pada kamera Zenfone 9 yang canggih layaknya kamera profesonal, pengguna bisa melakukan perekaman foto dan video dalam mode profesional. Pada mode profesional pengguna akan memiliki banyak pilihan kustomisasi dan setup pada kamera untuk menghasilkan foto maupun video yang diinginkan. Aktifkan Mode profesional pengguna bisa mendapatkan banyak manfaat mulai dari pengaturan manual sisi focus, ISO, kecepatan shutter, EV, dan white balance, serta pengambilan foto dalam format RAW. ASUS juga menyediakan fitur baru Light-trail mode (BETA) yang memungkinkan pengguna menggunakan manual shutter atau melakukan pengaturan shutter time untuk merekam objek bergerak dan menghasilkan efek cahaya yang menarik, seperti lalu lintas malam hari, light graffiti, memotret air terjun, dan sebagainya.

SMARTPHONE RINGKAS DENGAN BATERAI LIFE TERBAIK
Zenfone 9 yang memiliki kapasitas baterai cukup besar 4300 mAh untuk seukuran smartphone dengan bodynya yang compact dan itu sangat membantu untuk meningkatkan baterai life smartphone dalam menjalankan sistem pada smartphone. 

Dari hasil uji internal asus Zenfone 9 memiliki baterai life yang cukup bagus, ujinya dengan cara :

1. Baterai Life hingga 1,9 hari dalam kondisi pengujian penggunaan normal dimana, dalam 1,9 hari itu melakukan beberapa aktifitas selama 90 menit untuk telpon, kirim 500 sms kali, selama 80 menit jalankan musik streaming, selama 30 menit jalankan youtube, selama 30 menit jalankan TikTok, selama 60 menit main game, dilakukan 20x ambil foto dan 120 detik rekam video. 

2. Baterai Life hingga 18,5 jam dengan kondisi putar video dengan cara putar video dengan kecerahan 200 nits, dengan refresh rate 60 Hz FullHD, volume speaker diatur 50% dan putar video kualitas FullHD terus menerus diputar dengan aplikasi VLC Video Player. 

Dari hasil uji diatas cukup menarik karena dengan body yang compact baterai life yang dihasilkan masih bisa dibuat aktifitas bekerja selama 8 jam tanpa perlu charge. Kemampuan baterai zenfone 9 ini semuanya berkat teknologi yang digunakan karena efisien pada daya dan design smartphone yang mampu dimaksimalkan untuk menampung baterai sebesar 4300 mAh.

Untuk pengisian daya cepat juga bisa ditemukan karena adapternya sudah mendukung HyperCharge 30 watt yang kuat dan teknologi pengisian cepat dan didukung dengan teknologi FFC Technology reduces the trickle-charging time agar baterai tetap awet saat sering dicharge kondisi 100%.

SMARTPHONE RINGKAS DENGAN KEAMANAN TERBAIK
Bagi yang suka renang dikolam renang terkadang takut smartphonenya terjatuh ke dalam kolam dan bagi yang banyak aktifitas diluar saat memakai smartphone tiba - tiba hujan turun. Pasti semua pada takut smartphonenya akan cepat rusak bila kena air dan itu tidak berlaku dengan Zenfone 9 yang sudah memiliki rating IP65/IP68 dengan kamampuan water and dust resistance.

Tidak ketinggalan untuk keamanan dari layar smartphone yang memiliki ukuran 5,9 inch jadi lebih aman saat terjatuh di benda keras, namun tetap didukung dengan teknologi keamanan layar Corning® Gorilla® Glass Victus™ yang sangat terkenal akan kekuatannya dari gesekan, benturan dengan benda keras.

SPESIFIKASI LENGKAP

Operating System Android 12
Processor Qualcomm® Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform
Qualcomm® Adreno™ 730
Memory LPDDR5 8GB/16GB
Storage UFS3.1 128GB / 256GB
Display 5.9-inch 20:9 (2400 x 1080) 120Hz Samsung AMOLED display - 1100 nits maximum brightness - Color accuracy, Delta-E < 1 - 112% DCI-P3, 151.9% sRGB color gamut - Corning® Gorilla® Glass Victus™ - Supports Always-on display - HDR 10 and HDR10+ certified
Main Camera 50 MP Sony® IMX766 flagship sensor - 1/1.56" large sensor, 1.0µm pixel size - Quad Bayer technology - 12.5 MP, 2.0 µm large effective pixel size - 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer - F1.9 aperture - 2x2 OCL PDAF - Single LED flash - 23.8 mm equivalent focal length in 35 mm film camera
Ultrawide Camera 12MP Sony®IMX363 flagship sensor - 1/2.55" sensor, 1.4 µm pixel size - F2.2 aperture - 113 ̊ field of view - Supports 4 cm macro shot - Dual PDAF - Real-time distortion correction - 14.4 mm equivalent focal length in 35 mm film camera
Camera modes Photo, Video, Portrait, Pro (RAW file support, up to 32 seconds long exposure), Pro video, Light Trail(Beta)*, Panorama, Night, Timelapse, Slo-mo *Light Trail mode is currently in beta. Quality may vary. Official Light Trail mode will be introduced at a future date.
Front Camera 12 MP Sony® IMX663 flagship sensor - 1/2.93" sensor - F2.45 aperture - Dual PDAF - 27.5 mm equivalent to 35 mm film camera
Audio Speaker - Dual stereo speakers with Dirac HD Sound - Multi-magnet stereo speakers with Qualcomm WSA8835 smart amplifiers for louder, deeper and less distorted sound effect
Audio Output Hi-Res Audio 192k Hz / 24-bit standard for 3.5mm output - Qualcomm Audio CODEC (WCD9380) - AudioWizard with multiple listening profiles
Microphone Two microphones with OZO Audio Noise Reduction Technology
Video Recording Rear Camera
8K UHD (7680 x 4320) video at 24 fps + EIS
4K UHD (3840 x 2160) video at 30 / 60 fps + EIS
1080p FHD video recording at 30 / 60 fps with HyperSteady
720p HD video recordingat at 30 / 60 fps
Time Lapse (4K UHD video)
Slow Motion video (4K UHD at 120 fps / 1080p FHD at 240 fps / 720p at 480 fps)
Take still photo while recording video (do not support in 8K video recording)
Front Camera
4K/30fps or FHD/60fps
Wireless Technology Supports aptX and aptX HD
Integrated WiFi 6/6E* (802.11 a/b/g/n/ac/ax, 2x2 MIMO)
Supports Tri-band 2.4 GHz / 5 GHz/ 6 GHz WiFi
Bluetooth® 5.2 (BR/EDR + LE), supports LDAC, AAC, Qualcomm® aptX™, aptX™ HD, aptX™ Adaptive, aptX™ Lossless
WiFi Direct
NFC
*WiFi 6E availability and features are dependent on regulatory limitations.
Navigation GNSS support GPS (L1/L5), Glonass (L1), Galileo (E1/E5a), BeiDou(B1i/B1c/B2a), QZSS (L1/L5) and NavIC
SIM Cards Dual slots
Dual slots: 5G*+5G or 4G dual-SIM / dual-standby support
Slot 1 dan Slot 2: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card
Sensor E-compass-Proximity Sensor-Ambient Light Sensor-Hall Sensor-Accelerator-Gyro(Support ARCore)-Side fingerprint-Accelerator-E-Compass-Proximity-Ambient light sensor-Fingerprint sensor-Gyro (Support ARCore)-Hall sensor
Battery 4300mAh (typ) battery
Power Adapter USB power adapter (30W)-Output: +3.3-11.0 V 3.0 A, supports up to 30.0W, PD3.0 PPS / Direct Charge / QC4.0 adapter-USB power adapter (30.0 W)
Weight and Dimension 169g, 146.5 x 68.1 x 9.1 mm
Design Midnight Black-Moonlight White-Sunset Red-Starry Blue
IP65/IP68* *The device has been tested for water resistance using IEC 60529 standard and has achieved an IP65/IP68 rating. Water and dust resistance can deteriorate over time in normal usage, or if the device is damaged, repaired or taken apart. The device should never be completely submerged underwater, and should not be allowed to come into contact with seawater, brine, chlorinated water or drinks.

Zenfone 9 yang resmi di Indonesia diluncurkan dengan beberapa varian kapasitas penyimpanan dan empat varian warna. Untuk Zenfone 9 varian dengan RAM dan kapasitas penyimpanan 6GB/128GB bisa didapatkan dengan harga Rp7.999.000 dalam empat warna pilihan : Midnight Black, Moonlight White, Sunset Red, dan Starry Blue. Sedangkan, Zenfone 9 dengan RAM dan kapasitas penyimpanan 8GB/256GB bisa didapatkan dengan harga Rp9.999.000 yang hanya ada dua pilihan warna : Midnight Black dan Moonlight White. Terakhir, untuk Zenfone 9 dengan RAM dan kapasitas penyimpanan 16GB/256GB dibanderol dengan harga Rp11.999.00 dalam satu warna, Midnight Black.

Smartphone yang ringkas ini akan menjadi smartphone terbaik dengan desain yang ringkas dan buat kalian yang mau beli Zenfone 9, sudah bisa kalian dapatkan melalui partner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain Erafone, Tokopedia, ASUS Exclusive Store, ASUS Online Store.

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition di Blog Widyanti Yuliandari


sumber :
https://www.widyantiyuliandari.com/2022/11/10/zenfone-9-blog-writing-competition/

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)