Think BIG Screen You Get BIG Benefits Bersama Asus VivoBook 15 A516

Dulu pernah dalam perjalanan ke pusat kota untuk belanja bulanan menggunakan sepeda motor, pasti melewati papan iklan reklame yang saya kurang tahu ini iklan apa. Tulisan di papan iklan reklame yang berada ditengah jalan kembar ini adalah tulisan yang memberi pesan inspiratif dan cukup mengena buat orang yang ingin terus maju dan berkembang. Penempatan papan iklan reklame yang cukup strategis secara tidak langsung akan langsung memberi marketing dibawah sadar yang cukup mengena, bagaimana tidak mengena karena tulisan dijalan kembar ini sering kebaca karena jalan ini adalah jalan yang sering dilewati dan jalan utama antar kota.

ilustrasi - sumber : jambiupdate.co - istock
Tulisan ini adalah sebuah quote " If You Think Big You Get Big " yang sampai sekarang masih teringat dan sangat mengena sekali quote ini. Sebenarnya apa arti tulisan ini yang kurang lebih sebagai berikut :

" Jika Kamu Berpikir Secara Besar Kamu Dapat Sesuatu Yang Besar " dengan berpikir besar diiringi dengan tindakan yang besar akan terasa besar manfaatnya. Berpikir besar bisa dicontohkan oleh para pejuang dan pendiri bangsa indonesia yang terus berpikir besar dan berjuang dalam berbagai hal dengan harapan kedepannya negara indonesia bisa merdeka dari jajahan belanda dan selanjutnya terus berkembang yang nantinya akan diteruskan generasi selanjutnya.

Sebenarnya tulisan quote diatas bisa banyak diaplikasikan diberbagai hal misal di pemerintahan agar sukses mengayomi rakyatnya, di perusahaan sukses mengayomi karyawannya, di keluarga seorang ayah mengayomi anak istrinya dan bahkan juga sampai urusan terkecil salah satu contohnya adalah dalam pemilihan laptop. Kalimat Quotenya jadi seperti ini " If You Think Big Screen You Get Big Benefits " artinya kurang lebih seperti ini " Jika Kamu Berpikir Pakai Layar Yang Luas Kamu Akan Dapat Manfaat Yang Besar ". Apa salahnya pakai Ilmu cucoklogi yang terbukti dalam penerapannya bisa di bilang " Mengena Banget " artinya dalam menentukan laptop perlu dipikirkan juga faktor layar yang luas jika ingin mendapatkan manfaat yang sangat besar ".

Sebenarnya manfaat layar monitor yang luas apa sih ? saya ambil dari gbr.pepperdine.edu, kurang lebih sebagai berikut penjelasannya :

1. Tampilan Yang Lebih Luas

It's True....salah satu contoh adalah main game pasti lebih enak pakai layar yang lebih luas, karena seorang pemain akan lebih banyak menerima informasi lebih banyak dari layar yang luas untuk bisa mengatur strategi selanjutnya ketimbang pakai layar yang lebih kecil.

2. Lebih Produktif
Layar yang luas jadi mudah dalam beraktifitas didepan laptop terutama bisa mengurangi penggunaan manajemen jendela. Kebiasaan kerja secara multi tasking jadi sering gonta - ganti jendela akan banyak menguras waktu dalam mengatur window mana dulu yang dikerjakan. Dengan layar yang luas bisa meminimalisir pengaturan jendela tersebut, bahkan 90% dengan layar yang luas dan lebar mengurangi tugas pengaturan window dilayar.

3. Mengurangi Stress
Saat bekerja didepan laptop momen yang paling tidak disuka adalah mengingat sesuatu apa yang akan diketik dari saduran file dokumen lainnya, karena disebabkan oleh keterbatasan monitor yang digunakan berukuran kecil. Ketimbang memori otak kerja keras mengingat - ingat bisa diakali dengan sering gonta - ganti jendela aplikasi yang dibutuhkan namun tetap saja banyak waktu terbuang untuk gonta - ganti jendela. Beda cerita lagi apabila menggunakan layar yang lebih luas tampilan data muncul semua dari dua aplikasi yang berjalan bersama dan bersandingan sehingga pengguna tidak perlu ribet sering mengingat - ingat data apa yang akan dimasukan maupun gonta - ganti jendela.

Memilih laptop yang memiliki spesifikasi tertentu pasti yang sebagai acuan adalah laptop dengan perfomance mumpuni sebagai pilihan utama. Namun kenyatannya dibalik laptop dengan performa kencang ada point penting pada spesifikasi laptop yang tidak mempengaruhi perfomance sebuah laptop namun secara tidak langsung selalu memberi pengaruh kenyamanan dan kelegaan bagi penggunanya dalam menyuguhkan visual kepada penggunanya saat didepan laptop yaitu ukuran layar laptop.

Ukuran layar laptop yang mainstream sekarang adalah ukuran 14", karena ukuran layar laptop ini adalah ukuran standart yang seimbang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Namun bila disuruh memilih pastinya pengguna akan cenderung memilih layar yang lebih luas dan lega, analoginya seperti dirumah pasti lebih nyaman bila memiliki layar TV LED yang lebih besar ketimbang lebih kecil karena lebih lega dan pas dimata begitu juga pengguna PC desktop pasti menggunakan layar yang lebih besar karena lebih nyaman dipakai untuk desain, browsing, mengetik, gaming.

Perlu digaris bawahi layar TV LED dan layar PC Desktop sangat nyaman dengan layar monitor yang besar, karena perangkatnya fix ditempat tidak dibawa kemana - mana. Lain cerita dengan laptop yang keuntungannya bisa dibawa kemana - mana namun jadi dilema karena semakin besar layar laptop akan berbanding lurus dengan bobot laptop yang semakin berat dan semakin ribet saat dimasukan dalam tas.

Dulu pertama kali saya pernah pakai laptop ukuran 14" yang rasa cukup nyaman dipakai untuk daily driver, seperti aktifitas browsing, lihat film, mengetik, editing photo dan video. Lama - lama laptop ini terasa kurang nyaman karena saat aktifitas editing foto dan video yang aplikasinya sarat dengan menu yang berjibun jadi ribet. Beberapa tahun kemudian akhirnya bisa upgrade laptop yang pakai layar 15,6", puas dengan layarnya yang luas namun agak menyesal karena beratnya minta ampun kurang lebih 2,5 kg. 

Bagi saya laptop yang enak dipakai itu faktor utamanya adalah layar yang luas dan nyaman dipakai saat gunakan aplikasi yang sarat dengan menu yang berjibun, sebaliknya dengan berat segitu tidak direkomendasikan buat yang sering akitifitasnya mobile ( sering bawa laptop kemana - kemana ) karena bawanya nih laptop lumayan berat😭😭😭. Pernah laptop ini saya bawa ke jakarta dengan tas dipundak, bayangkan saat dibandara saya jadi sering menurunkan tas yang berisi laptop ini, karena begitu beratnya laptop ini.

Mungkin keluhan saya dulu pasti sama dengan pengguna laptop 15,6" lainnya yaitu berat laptop 2,5 kg yang menjadi problematika tersendiri bagi pengguna yang menginginkan laptop dengan layar berukuran luas. Apa tidak ada solusinya buat yang ingin laptop ukuran layar lebih luas tapi ramah di bobot laptop ?

ADA.....Bukan ASUS namanya kalo tidak terus berinovasi, yang jargonnya dikenal dengan " IN SEARCH OF INCREDIBLE ". Teknologi apa sih yang dimiliki ASUS yang bisa memberi harapan bagi pengguna yang suka layar lebar nan luas tapi ramah di bobot ?

" NANO EDGE DISPLAY is Forever"

Inilah teknologi ASUS yang menjadikan sebuah laptop bisa sesuai dengan quote " Think BIG Screen You Get Big Benefits". Nano Edge Display merupakan lompatan teknologi pada layar laptop yang menjadikan impian memiliki layar laptop yang luas dan lebar bisa diimbangi dengan bobot yang ringan. Sebenarnya apa sih rahasia Nano Edge Display ? bagaimana sebegitu besar pengaruhnya mematahkan mitos " Layar Semakin Besar Pasti Bobot Laptop Semakin Berat ".

Dulu laptop 14" dan 15" memiliki rangka / chasis pada layar yang sesuai standartnya dan itu identik dengan bezel pada layar sisi atas, kanan dan kiri yang tebal. Nah akhirnya RnD ASUS bisa menemukan rangka/chasis yang bisa memberikan ruang buat layar 15,6" seperti dirangka layar 14" dengan cara memangkas lebih tipis bezel sebelah atas, kanan dan kiri, dengan begitu dimensi model laptop pakai Nano Edge Display dengan layar 15,6" setara dengan dimensi model laptop lama dengan layar 14"..... 😎😎😎.

perbandingan bezel laptop 15"
Pada Nano Edge Display tidak hanya bezelnya saja yang tipis ada juga Anti Glare pada panel layar yang menjadikan pengguna tidak silau atau penglihatannya terganggu akibat pantulan pada layar. Dengan Anti Glare aktifitas pengguna di depan laptop jadi dimanjakan, apalagi layar juga lebih luas pecinta film jadi lebih betah, browsing internet lebih nyaman, editor photo / video lebih naik produktifitasnya.

Terakhir berkat Nano Edge Display pengguna laptop yang menginginkan laptop layar luas dengan ukuran layar 15,6" bisa tersenyum puas, karena laptop ini lebih nyaman bisa diajak mobilitas. Drastis bobot laptop yang sebelumnya 2,5 kg bisa turun hingga 1,8 kg.....Good Job Rnd Asus.

“ Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

THINK BIG SCREEN IS ASUS VIVOBOOK 15 A516

Asus baru saja meluncurkan seri laptop konsumer varian VivoBook Series yang mengedepankan penggunakan layar luas 15,6" yaitu Asus VivoBook 15 A516. Nih laptop yang memberi jawaban akan kebutuhan laptop dengan layar yang luas 15,6" dengan bobot laptop yang semakin ringan 1,8 kg untuk seukuran laptop 15".  Selain layar luas dan bobot yang ringan pengguna bakal dapat apa saja bila menggunakan Asus VivoBook 15 A516 :

BIG SCREEN + PERFOMANCE IS MORE INCREDIBLE

Asus VivoBook 15 A516 series memiliki layar resolusi FullHD 1920x1080 dan view angle hingga 178° perpaduan resolusi tinggi dan view angle yang luas memberikan visualisasi laptop semakin sempurna. Selain menawarkan banyak pilihan untuk urusan perfomance, mau yang entry level hingga best perfomance bisa ditemukan di VivoBook 15 A516 series. Dari sisi prosesor ada seri yang menggunakan Intel Celeron N4020 yang memiliki cache 4MB dengan kecepatan 1,2 GHz ~ 2,8 GHz, dari cache mengalami peningkatan dari seri sebelumnya. Ada juga seri yang menggunakan Intel Core i3-1005G1 yang memiliki cache 4MB dengan kecepatan 1,2 GHz ~ 3,4 GHz dan seri tertinggi menggunakan Intel core i5-1035G1 yang memiliki cache 6MB dengan kecepatan 1 GHz ~ 3,6 GHz. Dari varian tersebut diatas pengguna leluasa dalam menentukan pilihan karena semua lini prosesor Intel ada tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dari penggunaan laptop tersebut.

“ Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”

Selain prosesor untuk perfomance bisa ditentukan juga dengan keandalan dari chip grafis yang digunakan. Big Screen aka layar yang luas merupakan laptop yang diidamkan seorang editor photo maupun video karena itu keberadaan chip grafis dari Nvidia GeForce MX330 sangat diperlukan. Terutama teknologi 384 CUDA Core pada Nvidia Geforce MX330 diyakini sangat membantu proses render photo maupun video.

Penggunaan RAM DDR4 up to 8GB pada Asus VivoBook 15 A516 yang melimpah menjadikan kerja multitasking lebih halus. Seperti yang sudah dijelaskan diatas Big Screen menjadikan pengguna laptop lebih produktif, banyak aplikasi yang bisa dibuka berbarengan, 2 jendela aplikasi semisal microsoft word bersandingan sambil buka aplikasi browser google chrome sangat nyaman jalan bersama tanpa perlu gantian jendela. Bisa juga sedang ngeblog sambil jaga mood menulis buka 2 jendela aplikasi google chrome di jendela pertama sambil buka aplikasi GOM player di jendela dua agar tidak ketinggalan lihat drakor vincenzo dan semua bisa memungkinkan karena didukung layar yang luas.

E-A-R HDD data di HDD lebih aman dari goncangan
Terakhir untuk perfomance sebuah laptop tidak lengkap bila tidak diiringi dengan kecepatan sebuah storage, kecepatan HDD sebagai penyebab bottleneck sistem laptop mulai tergantikan dengan adanya M2.SSD PCIe. Asus VivoBook 15 A516 memiliki fitur dual storage karena bisa ditemukan slot M2.SSD PCIe dan Port SATA menjadikan laptop lebih leluasa dalam memilih, mau kencang storage sistem harus pakai M2.SS PCIe dan mau tambah kapasitas storage bisa tambah HDD di port SATA. Demi keamanan data HDD saat terjadi goncangan dalam paket pembelian laptop juga disertakan E-A-R HDD Protection yang mampu menahan goncangan piringan HDD agar data tetap aman.

VIVOBOOK 15 A516 READY FOR WORK

Think BIG Screen berdampak pada produktifitas pengguna laptop semakin meningkat bukanlah mitos !!!

VivoBook 15 A516 series mengusung layar 15,6" yang luas adalah idaman setiap pengguna, didesain untuk menunjang produktifitas tetap terjaga dan semakin meningkat. Disetiap lini laptop VivoBook 15 A516 series pasti memiliki keyboard numerik diarea khusus yang bakal tidak ditemukan pada laptop layar 14". Minusnya pengguna laptop layar 14" bakal menggunakan USB keyboard numerik tambahan...nah kan jadi ribet dan tidak ergonomis kemana - mana di tas bawa usb keyboard numerik. 

Memanfaatkan layar 15,6" yang luas menjalankan 2 aplikasi sekaligus microsoft word dan microsoft excel, jendela aplikasi tersebut disusun berdampingan agar lebih cepat dalam mengerjakan laporan. Microsoft excel untuk mengisi data tabel angka agar bisa menghasilkan diagram, kemudian tabel dan diagram tersebut disalin ke microsoft word untuk disusun rapi menjadi sebuah laporan.

Dengan VivoBook 15 A516 semua itu bisa dikerjakan dengan mudah apalagi dukungan keyboardnya yang ada backlitnya jadi memanjakan pengguna agar tetap bisa produktif mengetik meskipun berada dilingkungan kerja yang minim cahaya. Selain itu key travel 1,4mm pada keyboard juga semakin memberi kenyamanan dan pengalaman yang menyenangkan pengguna dalam hal mengetik.

VivoBook 15 A516 menariknya lagi sudah pre-installed Windows 10 dan Microsoft Office Home & Student 2019 original, jadi tidak perlu ribet untuk install program office lainnya yang penuh iklan. Pada Windows 10 bisa manfaatkan fitur windows hello untuk bisa aplikasikan sensor fingerprint yang ada di area mousepad untuk mempermudah, mempercepat dan lebih aman saat login masuk desktop.

“ Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.”

Untuk produktifitas tetap terjaga dimanapun berada dirumah, dikantor, dicafe laptop harus siap untuk disandingkan dengan perangkat luar. Dirumah transfer data dari smartphone, flashdisk dan HDD eksternal bisa dilakukan dengan cepat karena VivoBook 15 A516 sudah mendukung port USB Type-C dan USB Type-A versi 3.2 yang kecepatannya 10x lebih cepat dibandingkan USB 2.0. Tetap USB 2.0 masih bisa ditemukan di VivoBook 15 A516, port USB ini dibutuhkan untuk perangkat luar yang tidak perlu kecepatan tinggi seperti printer, mouse wireless dll. Port HDMI juga sangat dibutuhkan untuk kegiatan presentasi menggunakan proyektor, yang sering dilakukan di kantor, sekolah dan banyak lainnya.


Setiap laptop Asus bakal mendapatkan aplikasi utility bawaan MyASUS yang sangat berguna untuk mendapatkan informasi mengenai hardware, garansi laptop, pengaturan laptop dan Link to MyAsus. Kata terakhir Link to MyAsus menjadi point yang penting, karena utility ini ternyata banyak sekali manfaatnya, antara lain :

File Transfer
Sering kesusahan salin file foto dari whatsapp di smartphone yang harus mencari jumlahnya sampai ribuan ke laptop ? Salah satu solusinya bisa gunakan Link to MyAsus. Aplikasi ini memberi kemudahan transfer file antara smartphone asus dengan VivoBook 15 A516 layaknya memiliki dua jendela bisa saling copy paste dengan mudah.

URL Transfer
Sering kita browsing internet dilaptop untuk mencari bahan materi presentasi, karena sedang perjalanan lebih nyaman bacanya pakai smartphone. Disaat kondisi seperti ini pasti butuh tool bagaimana caranya agar URL yang telah dibuka di laptop tidak kehilangan jejak bisa juga dibuka dismartphone. Solusinya dengan URL Transfer yang mana secara instant apa yang dibuka dilaptop terbuka langsung di browser smartphone ( dibutuhkan browser microsoft edge ).
Mirror
Pasti ribet dan menggangu sekali bila saat didepan laptop ada notifikasi whatsapp masuk di smartphone yang akhirnya harus buka dulu di smartphone. Lain cerita bila pakai fitur mirror Link to MyAsus cukup pairing antara laptop dengan smartphone otomatis layar smartphone bisa muncul juga di layar laptop. Disaat inilah begitu terasa kegunaan layar luas 15,6" yang masih nyaman dilihat tampilan layar smartphone dan aplikasi lainnya bersandingan dalam satu layar laptop, tentunya pengguna semakin produktif saat berada didepan dilaptop namun responsibility komunikasi whatspapp masih terjaga.
Hands Free Phone Calls
Saat aktif mengetik didepan laptop, namun mendadak penting harus menelpon kolega otomatis konsentrasi terpecah karena menggunakan smartphone. Dengan Link to MyAsus dipermudah dengan cukup tampilan dilayar jalankan fitur Hand-s free Phone calls, dengan mudahnya menelpon dengan memanfaatkan microphone dan speaker dilaptop. Selain itu dilaptop juga bisa mengeksplore kontak yang ada dismartphone dengan mudah tidak perlu ribet menghapal dan menulis nomor kontak yang ada.
Screen Extender
Kesulitan saat kerja multitasking dengan layar yang luas 15,6" dan tidak memiliki hardware tambahan untuk expand monitor, di Link to MyAsus dipermudah dengan fitur namanya Screen Extender. Cukup dengan smartphone atau tablet dengan mudahnya expansi monitor tambahan di samping laptop.
Remote File Access
Sudah posisi dirumah lupa copy file dari PC kantor untuk bahan presentasi besok ke smartphone, dengan Link to MyAsus cukup dipermudah cukup jalankan fitur Remote File Access masih bisa copy file yang diinginkan tanpa perlu on site dikantor.

SPESIFIKASI

Main Spec. VivoBook 15 (A516)
CPU Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)
Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)
Operating System Windows 10
Memory Up to 8GB DDR4 RAM
Storage 256GB PCIe® Gen3 x2 SSD
512GB PCIe® Gen3 x2 SSD
1TB HDD + 256GB PCIe® Gen3 x2 SSD
Display 15.6”, FHD (1920 x 1080) 16:9, Anti-glare
15.6”, HD (1366 x 768) 16:9, Anti-glare
Graphics NVIDIA GeForce MX330 (optional)
Intel UHD Graphics
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
Camera VGA Web Camera
Connectivity Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1
Audio SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone
Battery 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
Dimension 36.02 x 23.49 x 1.99 ~ 1.99 cm
Weight 1,8 Kg
Colors Transparent Silver, Slate Grey
Price Rp5.299.000 (Celeron N4020/HD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD)
Rp5.399.000 (Celeron N4020/FHD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD)
Rp7.599.000 (Core i3/HD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD + 1TB HDD)
Rp7.899.000 (Core i3/FHD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD + 1TB HDD)
Rp7.799.000 (Core i3/FHD/GeForce MX330/4GB/256GB SSD)
Rp8.199.000 (Core i3/FHD/GeForce MX330/4GB/512GB SSD)
Rp10.999.000 (Core i5/FHD/GeForce MX330/4+4GB/256GB SSD + 1TB HDD)
Rp11.099.000 (Core i5/FHD/GeForce MX330/8GB/256GB SSD + 1TB HDD)
Warranty 2 tahun garansi global

“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com

sumber :

Asus Indonesia

You might also like

12 comments

  1. Bezel tipis dan Anti Glare nya bikin ngiler sih. Pasti nyaman banget kerja di luar ruangan pake laptop ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali...kunci bisa bikin laptop layar luas tapi berat bisa ditekan

      Delete
  2. Laptop ini ideal banget jadi sidekick buat PC desktopku

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali Om Yahya....dengan layar yang luas cocok buat mata yang butuh layar luas

      Delete
  3. Big screen Big Benefit, aku rasanya setuju ya. Makin ke sini, makin banyak peluang, makin banyak harus natap screen. Wkwkwk
    "Mata Dewasa" butuh layar lebih lebar

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget....mata dewasa butuh layar lebar

      Delete
  4. Pasti ini Mas, dapat keuntungan banget kalau miliki laptop dengan layar lebih luas buat ini itu jadi gampang banget

    ReplyDelete
  5. Beberapa kali ngetes pake laptop ASUS seri terbaru, desain ergolift dan bezel tipisnya menjadi kelebihan. Hanya saja selama ini baru sampai pake yang ukuran layarnya 14 inch, sedangkan 15 inch baru ada rencana pake begitu selesai membaca tulisan ini.

    ReplyDelete
  6. nice...asus family, pingin juga memiliki...eh mencobanya

    ReplyDelete
  7. Semuanya harus big, kaya Asus serba mantap spek dan performanya

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)