From Zero To Hero Seorang IT Dengan ASUS ExpertCenter D5 SFF (D500SA)

Pernah ada iklan lowongan pekerjaan Staff IT yang sempat viral karena job desc yang banyak ditangani dan bagiku juga tidak masuk akal untuk seorang staff IT. Saking viralnya banyak sekali komentar yang begitu menohok dan lucu - lucu yang menjadikan netizen penasaran. Lucunya lagi mungkin karena viral akhirnya job desc tersebut direvisi jadi lebih ringkas dan lebih realistis untuk sebuah pekerjaan seorang staff  IT. 

sumber : https://twitter.com/moxxeee
Sebenarnya dalam dunia pekerjaan untuk seorang IT pekerjaan yang diluar job desc adalah wajar saja. Dalam dunia kerja ada beberapa perusahaan yang profesional dengan job desc karyawannya sehingga untuk sebuah tugas yang dilakukan seorang IT banyak terbagi - bagi secara proposional sesuai dengan tugasnya. Contoh saja bagian IT Hardware job desc hanya mengurusi hardware perangkat keras saja untuk dilingkungan perusahaan, bagian IT software hanya menangani sebuah pembuatan dan perbaikan program / aplikasi saja, bagian IT database hanya menangani monitoring dan maintenance database sebuah aplikasi yang berjalan dilingkungan perusahaan.

Positifnya untuk profesionalitas pekerjaan, job desc seorang staff IT yang terbagi - bagi tugasnya jadi tidak tumpang tindih dan juga tidak saling lempar tanggung jawab untuk menangani pekerjaanya apabila ada perbaikan. Faktanya di Indonesia tidak semua perusahaan yang memiliki seorang pemimpin perusahaan dengan visi dan misi tersebut, ada yang mementingkan profesionalitas pekerjaan karyawannya dan ada juga yang mementingkan fungsionalitas karyawannya.

Kebanyakan perusahaan yang ingin memaksimalkan fungsionalitas karyawannya adalah perusahaan baru atau sebelumnya belum ada IT akhirnya mau melengkapi divisi IT yang managementnya belum memiliki pandangan tentang pekerjaan seorang staf IT¹. Prinsipnya asal operasional perusahaan berjalan lancar dan masih dapat dukungan IT secara maksimal tidak masalah. Divisi IT yang umurnya masih baru biasanya merekrut 1 orang dulu yang nantinya bakal jadi cikal bakal divisi IT yang akan terus berkembang mengikuti perkembangan perusahaan. 

Begitu krusialnya seorang staff IT yang menangani banyak pekerjaan yang berhubungan dengan IT sehingga staff IT yang terkadang seorang single fighter ( 1 orang IT saja ), pasti lelah fisik dan pikiran. Namun dibalik lelahnya seorang seorang IT dalam melaksanakan tugasnya akan tetap terus memberi support sistem IT perusahaan, harapan dia nantinya adalah orang pertama kali yang menjadi saksi bagaimana perusahaan ini merintis dari awal operasional yang nantinya akan terus berkembang menjadi perusahaan besar.

Perusahaan yang terus berkembang dan menjadi besar pasti akan semakin komplek dan banyak pekerjaan IT yang ditangani, oleh karena itu demi kelancaran operasional perusahaan seorang IT harus jitu dalam memilih perangkat IT agar nantinya bisa mempermudah pekerjaanya tanpa perlu ribet akan tingkat kerusakannya yang tinggi yang salah satunya adalah pemilihan perangkat komputer untuk operasional perusahaan.

Sesuai dengan perkembangan perusahaan yang terus meningkat boleh dibilang saat ini setiap karyawan diperusahaan di tiap mejanya dia bekerja pasti ada sebuah PC desktop yang dipergunakan untuk bekerja. Bayangkan bila PC desktopnya perusahaan tersebut ada di semua bagian mulai dari kantor sampai produksi dekat mesin yang semuanya mencapai puluhan sampai ratusan unit pasti seorang IT yang bertanggung jawab kesulitan melaksanakan proses maintenance / perbaikan apabila banyak ditemukan keluhan di PC desktopnya. Untuk meminimalisir keluhan itu perlu menggunakan perangkat PC Desktop kuat menghadapi kondisi lingkungan kerja apapun.

sumber : pngdownload.id

Seorang IT selain menangani perawatan dan perbaikan perangkat komputer juga berperan menjadi decision maker / penentu pilihan yang tepat untuk pengadaan perangkat PC desktop mana yang layak direkomendasikan untuk digunakan di lingkungan perusahaannya. Dalam pemilihan perangkat PC desktop pasti memilih perangkat PC desktop branded yang sudah di desain untuk bisnis, alasannya sebagai berikut :

1. RINGKAS TETAP PERFORMA TINGGI
PC Desktop harus bisa menyesuaikan dengan kondisi ruangan kantor, ada beberapa karyawan yang bekerja didepan komputer memiliki meja dengan space yang minim dengan begitu solusinya adalah perlu menggunakan PC Desktop yang dimensinya ringkas. Selain ringkas performa yang diusung harus berperforma mumpuni agar tidak ada keluhan pada penggunanya.

2. UPGRADE ABLE
PC Desktop harus bisa diupgrade sesuai dengan kebutuhan perusahaan, karena itu bila masanya PC Desktop ini kurang mumpuni namun dengan dukungan upgradeable bisa memperpanjang masa bakti PC Desktop tersebut untuk tetap aktif digunakan. 

3. DURABILITY
PC Desktop branded sudah didesain sedemikian rupa oleh brand tersebut yang pastinya semua komponen yang digunakan terbaik dikelasnya. Mau diletakkan di kantor terjamin suhu ruangannya maupun diproduksi dekat mesin yang kondisnya lebih ekstrem suhunya masih bisa diandalkan dan berumur panjang.

4. SECURITY
Dukungan security / keamananan pada sebuah PC Desktop sangat penting untuk di lingkungan perusahaan karena jangan sampai data penting perusahaan di PC desktop terbaca oleh orang yang tidak berkepentingan dan orang yang tidak bertanggung jawab. 

5. FITUR BUSINESS
PC Desktop yang didesain dengan bisnis pasti memiliki fitur - fitur yang sangat berguna bagi perusahaan khususnya IT, bagaimana agar PC desktop ini mudah untuk dimonitoring, dikendalikan dan mudah maintenancenya.

Salah satu PC Desktop yang terpercaya dari vendor perusahaan komputer terbaik di dunia yang sudah pengalaman malang melintang di dunia hardware komputer adalah ASUS. Kali ini Asus juga memiliki portfolio PC Desktop yang dikenal dengan ASUS ExpertCenter, PC Desktop ini spesial didesign untuk kebutuhan komputasi dilingkungan perusahaan yang memenuhi 5 syarat diatas.

Pada lini Asus ExpertCenter ada salah satu varian yang disiapkan oleh Asus Indonesia yang siap memperlancar sistem komputerisasi di lingkungan perusahaan yaitu ASUS ExpertCenter D5 SFF (D500SA). Bagaimana fitur dan spesifikasi varian Asus ExpertCenter ini, simak preview ulasan berikut ini :

RINGKAS TETAP PERFORMA TINGGI
PC desktop untuk bisnis harus memiliki banyak pilihan, salah satunya adalah ukuran dimensi yang compact / ringkas. Dimensi yang ringkas ini sangat penting karena di perkantoran biasanya meja tiap karyawan yang ada cuma di sekat saja dan bukan sebuah ruangan khusus oleh karena itu membutuhkan PC Desktop yang enak dilihat, tidak mengganggu pekerjaan dan Asus ExpertCenter D5 SFF (D500SA) adalah solusinya. PC desktop yang memiliki desain small form-factor, ExpertCenter D5 SFF (D500SA) dengan dimensi yang ringkas / compact sangat cocok digunakan sebagai perangkat komputasi andalan yang tidak memakan banyak ruang.

PC Desktop Ringkas Dengan Performa Tinggi pada Asus ExpertCenter D5 SFF (D500SA) tetap andal untuk menunjang berbagai kebutuhan bisnis dan itu harus ditunjang dengan performa PC Desktop yang tinggi. ExpertCenter D5 SFF (D500SA) menggunakan prosesor 10th Gen Intel Core, menjadikan ExpertCenter D5 SFF (D500SA) adalah PC desktop kelas bisnis dengan performa mumpuni untuk menunjang berbagai aktivitas kantoran. 

Apabila dikantor ada bagian designer yang membutuhkan kartu grafis mumpuni, ExpertCenter D5 SFF (D500SA) masih bisa jalankan opsi penambahan kartu grafis tambahan dan bisa juga penggunaan SSD 2,5" atau M2 SSD yang menginginkan media simpan yang lebih cepat ketimbang teknologi HDD. Ada juga apabila salah satu karyawan yang sistem kerjanya serba multitasking karena banyak aplikasi yang digunakan secara bersama, PC desktop ExpertCenter D5 SFF (D500SA) juga bisa mendukung opsi upgrade RAM yang mampu hingga 64GB.

Soal konektivitas, ExpertCenter D5 SFF (D500SA) sangat melimpah dilengkapi dengan macam port yang sangat lengkap, mulai di belakang PC ditemukan port USB 2.0 Type-A, DisplayPort dan HDMI, serta port legacy seperti VGA dan PS/2, yang pasti ada port Audio dan gigabit LAN RJ45 yang wajib harus ada. Di panel depannya, PC Desktop ringkas ini juga menyediakan 3.5 mm audio port (input dan output), USB 3.2 Type-A, serta opsi untuk menambahkan smart card reader dan SD card reader.

UPGRADEABLE
Pada Asus ExpertCenter D5 SFF (D500SA) didesain untuk bisa lakukan opsi upgrade dengan mudah sesuai dengan kebutuhan pekerjaan untuk kelancaran perusahaan. Untuk kemudahan upgradeable pada ExpertCenter D5 SFF (D500SA) ada fitur hassle-free upgrade, fitur yang sangat mempermudah seorang IT perusahaan dalam mengupgrade ExpertCenter D5 SFF (D500SA) yang biasanya mengganti SATA HDD ke SATA SSD, serta ODD (Optical Disk Drive) tanpa perlu melibatkan penggunaan alat bantu tambahan seperti obeng plus untuk bongkar pasang HDD/SSD.

Kemampuan upgrade ini sangat penting bagi pelaku bisnis dimana upgrade komponen terutama untuk media penyimpanan (storage) dan ODD lebih sering dilakukan. Selain storage dan ODD, pengguna ExpertCenter D5 SFF (D500SA) juga dapat melakukan upgrade pada RAM, kartu grafis dan WiFi card. Semua itu berkat slot di motherboard yang sudah disediakan apabila nantinya ada kepentingan upgrade pada PC Desktop yang akhirnya tidak perlu ganti komputer lagi, dengan begitu nilai TCO PC Desktop ini bisa ditekan.

DURABILITY
Salah satu kendala dalam bisnis adalah memilih perangkat komputasi yang tepat yang selalu dapat diandalkan dan memiliki biaya operasional yang terjangkau dan ExpertCenter D5 SFF (D500SA) merupakan PC desktop yang dirancang khusus untuk menangani hal tersebut. Tidak hanya hadir dengan berbagai konfigurasi spesifikasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis perusahaan, ExpertCenter D5 SFF (D500SA) juga hadir dengan hardware terbaik di kelasnya yang memiliki durabilitas tinggi. Dengan faktor durability yang tinggi diharapkan umur pakai PC Desktop yang ringkas ini jadi lebih lama dan biaya operasional Total Cost Of Ownership (TCO) bisa ditekan.

ExpertCenter D5 SFF (D500SA) menggunakan case khusus yang telah lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 801G). Artinya, ExpertCenter D5 SFF (D500SA) telah mengantongi sertifikasi dan lolos dalam pengujian ketahanan ekstrem seperti uji getaran, uji jatuh, bahkan hingga uji pengoperasian pada suhu ekstrem. Ini menandakan durabilitas ExpertCenter D5 SFF (D500SA) telah teruji dan siap digunakan setiap waktu di berbagai kondisi untuk mengembangkan bisnis perusahaan.

Sisi hardware untuk durabilitas ExpertCenter D5 SFF (D500SA) pasti menggunakan yang terbaik dikelasnya, terutama pada motherboard ASUS yang sudah menggunakan 100% solid capacitor yang terbukti teruji ketahanannya mampu menyimpan muatan dan mengatur voltase pada area VRM Prosesor. 

Untuk detailnya mengapa begitu penting 100% Solid Capasitor pada motherboard, ceritanya seperti ini :

Pada komputer sumber listrik berasal dari power supply ( PSU ) yang hanya mengeluarkan tegangan DC 12V, 5V dan 3,3V saja. Untuk komponen di motherboard itu mulai dari Prosesor, Chipset, RAM, GPU dan banyak komponen lainnya membutuhkan daya yang kecil, oleh karena itu tugas dari VRM yang menjadikan tegangan yang optimal untuk kebutuhan banyak komponen di motherboard.  

VRM atau Voltage Regulator Module atau Processor Power Module (PPM) merupakan hasil merger beberapa komponen elektronika yang tugas utamanya merubah tegangan 5V dan 12V dari PSU menjadi tegangan yang dibutuhkan Prosessor, GPU, Chipset dan RAM agar bekerja secara optimal. Tugas lainnya selain menurunkan tegangan, VRM ini merangkap tugasnya sebagai regulator yaitu regulasi tegangan. 

Regulasi tegangan ini maksudnya memberi kepastian nilai tegangan listrik yang tetap stabil meskipun ada beban lainnya yang harus diberikan. Dengan begitu tugas VRM sangat - sangat penting agar kestabilan sistem lebih terjamin terutama pada prosessor yang memerlukan beban / load besar hingga mencapai maksimum kapasitasnya, dan itu harus tetap stabil tanpa terjadi penurunan tegangan (Voltage drop) yang sangat mengganggu kestabilan sistem atau bahkan merusak komponen-komponen yang terhubung dengan rail voltase yang diberikan.

Salah satu komponen VRM yang sangat krusial Kapasitor dan Choke yang berfungsi sebagai filtering. Kapasitor dan Choke pada VRM memiliki tugas melakukan filtering sinyal-sinyal yang tidak stabil pada jalur distribusi tegangan listrik serta pula sebagai penstabil tegangan yang dikeluarkan dari VRM. Oleh karena itu pada VRM, penggunaan kapasitor yang berkualitas tinggi adalah suatu kewajiban karena komponen ini yang banyak mendapatkan beban kerja yang berat. 

sumber : astronkomputer.com
Dulu saya masih ingat komputer di kantor gejalanya tiap pagi masuk kerja pasti tidak bisa dinyalakan dan itu harus nunggu beberapa jam kemudian baru bisa nyala, ternyata penyebanya adalah kapasitor elektrolit didaerah VRM ada yang melembung / bocor sehingga harus diganti kapasitornya. Itulah kelemahan kapasitor elektrolit yang sering bocor atau melembung karena tidak kuat menahan beban kerja yang dilakukan VRM, oleh sebab itu kebanyakan motherboard berkualitas tinggi saat ini pasti menggunakan 100% solid kapasitor berbahan dasar polimer yang berkualitas untuk menghindari hal ini. Dengan begitu stabilitas sistem pada motherboard terjamin kinerjanya yang akhirnya dapat memberikan kinerja yang stabil bahkan dalam skenario penggunaan ekstrem juga.

SECURITY
Pada produk PC desktop ASUS ExpertCenter pasti memiliki fitur keamanannya yang tidak ditemukan di PC rakitan biasa. Fitur keamanan ini bisa ditemukan di ExpertCenter D5 SFF (D500SA), karena PC Desktop ini telah didukung dengan banyak lapisan keamanan mulai dari Kensington Security Slot dan Padlock Slot Prevent untuk mencegah pencuri mengambil PC desktop tersebut.
Selain itu juga dilengkapi dengan fitur Trusted Platform Module (TPM) yang menyimpan password dan kunci enkripsi yang pastinya data perusahaan yang sangat penting jadi lebih aman dan tidak bisa dibaca oleh orang luar / orang yang tidak bertanggung jawab. Penggunaan TPM banyak berkolaborasi dengan aplikasi bawaan Asus Business Manager dan Asus Control Center.

FITUR BUSINESS
Fitur Business pada ExpertCenter D5 SFF (D500SA) adalah fitur yang menjadikan keamanan data dan monitoring PC Desktop lebih terjamin. Dan itu menjadikan IT administrator lebih leluasa untuk mengatur kebijakan IT yang diterapkan sesuai dengan  kebijakan perusahaan dalam mengendalikan data yang ada dalam perusahaan. Salah satunya menonaktifkan pemakaian flashdisk di internal perusahaan, pengaturan ini menjadikan port USB pada PC desktop terproteksi untuk flashdisk maupun DVD-RW sehingga menjamin keamanan data bisnis yang ada di dalam PC desktop tidak bisa disalin ke flashdisk maupun ke DVDRW.

Pengaturan USB dan DVDRW agar bisa terproteksi diatur pakai aplikasi bawaaan yang bernama Asus Business Manager yang fiturnya bernama Security Guard. Tidak hanya mengatur port USB proteksi saja ada fitur namanya System Backtrack yang berguna mengembalikan sistem yang sebelumnya lebih optimal. Ada fitur Security Drive yang berfungsi untuk buat virtual drive di PC desktop yang ter-password bisa untuk menampung data - data yang sangat penting agar tidak bisa dilihat pengguna lain. File Shredder berguna untuk menghapus file tanpa perlu ditampung di Recycle Bin. Ada fitur canggih bernama Security Flash yang bisa membuat virtual drive di flashdisk yang terpassword, fitur ini tujuannya agar menjadi tempat backup file yang sangat penting di flashdisk.

Pada ExpertCenter D5 SFF (D500SA) semakin sederhana dan mudah untuk di-manage menggunakan ASUS Control Center, yang merupakan aplikasi untuk memungkinkan IT administrator bisa melakukan manajemen secara terpusat terhadap semua unit ExpertCenter D5 SFF (D500SA) dan ExpertCenter type lainnya yang ada didalam perusahaan. Fitur manajemen pada ASUS Control Center di antaranya adalah bisa remote management, bisa kontrol software dan hardware ditiap PC Desktop ExpertCenter, hingga task scheduling. Dengan Asus Control Center IT juga dipermudah untuk memberi support secara jarak jauh dengan cukup meremote komputer karyawan yang bermasalah, jadi selama bisa disupport secara remote IT tidak perlu susah - susah jauh mendatangi komputer yang bermasalah.

PC Desktop adalah perangkat komputasi yang sangat penting dilingkungan perusahaan, untuk saat ini dan masih belum tergantikan. Untuk Asus ExpertCenter D5 SFF (D500SA) memiliki banyak varian mulai dari Intel core i3 - i5 dan i7, bisa leluasa dalam memilihnya tergantung dari beban pekerjaan yang harus diselesaikan. Selain itu dukungan garansi yang cukup lama 3 tahun memberi jaminan keberlangsungan perangkat PC Desktop ini untuk tetap mendapatkan support bila ada kendala disisi hardware. Dengan semua fitur yang ada pada Asus ExpertCenter D5 SFF (D500SA) seorang IT Staff tepat dalam memilih PC Desktop yang handal yang akhirnya secara tidak langsung juga membantu perusahaan dalam meminimalisir Total Cost of Ownership (TCO) sebuah PC Desktop.


sumber :

¹ https://www.ruangpegawai.com
https://keponih.com
https://twitter.com/moxxeee
https://asuscontrolcenter.asus.com
https://www.asus.com

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)