Ketahui, Cegah dan Obati Penyakit Hipertensi " The Silent Killer "

Setiap oarang pasti menginginkan agar dari kecil hingga tua tetap memiliki kesehatan yang terjaga dengan baik. Ada pepatah yang begitu mudah diingat dan bila diingat kita sebagai manusia harus tetap konsisten jaga kesehatan yaitu " Kesehatan mahal harganya ". Memang bila dilihat tidak semua masyarakat yang peduli dengan kesehatannya dengan makan sembarangan, kurang olahraga dan tidak menerapkan pola hidup sehat akibatnya berbagai macam penyakit banyak ditemukan saat usia masuk ke 40 tahunan keatas.

sumber : pngdownload.id
Dari banyak penyakit yang ada ada salah satu penyakit yang banyak diidap masyarakat pada umumnya yaitu Hipertensi. Menurut Data World Health Organization (WHO) pada tahun 2015, bahwa sekitar 1,13 miliar orang di muka bumi mengidap hipertensi, yang artinya bila dianalogikan 1 dari 3 orang di dunia mengidap hipertensi. Parahnya lagi jumlah pengidap hipertensi tiap tahunnya terus meningkat dan menurut analisa diperkirakan pada tahun 2025 akan ada 1,5 miliar orang yang terkena hipertensi dan sedihnya setiap tahunnya 9,4 juta orang meninggal akibat hipertensi dan komplikasinya 

Apa sih penyakit Hipertensi aka Darah Tinggi ?

Hipertensi atau darah tinggi bisa diartikan dengan kekuatan tekanan darah dalam tubuh yang memiliki sirkulasi darah terhadap dinding arteri tubuh. Tekanan ini tergantung dari resistensi pembuluh darah dan seberapa kuat jantung bekerja dalam tubuh, Semakin banyak darah yang dipompa jantung namun kondisi arteri semakin sempit berakibat semakin tinggi tekanan darahnya.

Adapun seseorang yang terkena hipertensi, memiliki beberapa gejala / keluhan seperti berikut :

  • Sakit Kepala
  • Lemas
  • Gangguan Penglihatan
  • Nyeri di dada
  • Sesak Napas
  • Aritmia / gangguan pada irama jantung
  • Ada darah dalam urine
Adapun seseorang yang berpotensi terkena hipertensi disebabkan oleh beberapa faktor - faktor pemicu yang resiko munculnya hipertensi, antara lain :

  • Berusia di atas 65 tahun.
  • Mengonsumsi banyak garam.
  • Kelebihan berat badan / obesitas.
  • Memiliki keluarga dengan hipertensi / keturunan.
  • Kurang makan buah dan sayuran.
  • Jarang berolahraga.
  • Minum terlalu banyak kopi (atau minuman lain yang mengandung kafein).
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras.

Berbahayanya hipertensi ini karena bisa dibilang penyakit ini adalah gerbang untuk memicu penyakit lainnya / komplikasi, seperti penyakit jantung, gagal ginjal, diabetes dan stroke. Diperparahnya juga hipertensi bisa termasuk dalam " the silent killer " karena mengenainya pada orang tidak terasa atau tanpa keluhan dan baru diketahuinya setelah terjadi komplikasi. 

Menurut Dokter dari Perhimpunan Hipertensi Indonesia Dr. Tunggul Situmorang SpPD-KGH,FINASIM bahwa tekanan darah merupakan penyebab utama kematian di dunia tapi juga menjadi beban utama sehingga ini menjadi masalah global.

'' Semua organ yang memiliki pembuluh darah akan dirusak oleh hipertensi seperti otak,'' katanya.

Selain otak organ-organ tubuh yang menjadi daftar target lainnya yaitu mata, jantung, ginjal, dan dapat juga berakibat kepada pembuluh darah arteri perifer.

PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN PENYAKIT HIPERTENSI

Begitu berbahayanya penyakit hipertensi yang sangat penting dari beberapa risiko penyakit hipertensi diatas masih bisa dicegah dengan :

1. Self Awareness
Hipertensi adalah penyakit yang tidak kelihatan gejala keluhannya oleh karena itu bila menginjak usia 40 tahunan keatas perlu ada Self Awareness dengan rutin dengan melakukan pengecekan tekanan darah. Pengecekan tekanan darah ini bisa dilakukan di klinik, puskesmas, dokter dan bila memungkinkan memiliki sendiri alat pengecekan tekanan darah otomatis yang mulai banyak dijual di apotik, toko online maupun di toko alat kesehatan.
sumber : halodoc
2. Pola Hidup Sehat
Menerapkan pola hidup sehat adalah penting karena merupakan gerbang untuk mencegah penyakit hipertensi dan penyakit lainnya. Mulai dengan mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan gizi yang baik seperti buah - buahan, mengurangi makanan yang mengandung garam berlebih ( asin ), mengurangi minuman yang berkafein, berhenti merokok, mengurangi berat badan yang berlebih ( bagi yang obesitas), mengurangi minuman beralkohol dan bersoda dan olahraga secara teratur.
sumber : p2ptm.kemkes.go.id/

3. Pengobatan Hipertensi Sangat Penting
Bagi yang sudah tahu mengidap hipertensi tetap lakukan tindakan pencegahan diatas dan tidak lupa untuk siap sedia obat darah tinggi yang sewaktu - waktu darurat sangat dibutuhkan.
Memang namanya manusia bisa lupa dan tidak tahan akan godaan makanan yang merupakan pantangan bagi pengidap hipertensi. Untuk informasi mengenai obat darah tinggi bisa mengakses portalnya Halodoc atau mendownload aplikasinya di smartphone yang berbasis android dan iOS.
Perlu diketahui Halodoc merupakan portal dan aplikasi yang menyajikan informasi kesehatan apapun, bahkan tidak hanya informasi saja untuk membeli obatnya-pun bisa dilakukan di Halodoc. Untuk konsultasi melalui chat percakapan dengan dokter umum atau spesialis juga bisa dilakukan. Selain dokter mau mencari informasi rumah sakit yang terdekat juga bisa dilakukan cukup dengan mengaktifkan / mengijinkan akses lokasi di smartphone atau komputer maka dengan cepatnya informasi rumah sakit terdekat akan muncul.


sumber :
halodoc.com/kesehatan/hipertensi
kemkes.go.id/article/view/19051700002/hipertensi-penyakit-paling-banyak-diidap-masyarakat.html

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)