Tips Cara Daftar Dan Menggunakan Uang Kartu Prakerja

Dimasa pandemi COVID-19 dunia kerja dan usaha mikro menjadi agak suram karena banyak perusahaan / instansi atau usaha mikro yang kena dampak melakukan restrukturisasi. Ada banyak pekerja yang dirumahkan yang ingin bekerja lagi dan pekerja baru yang ingin bekerja jadi tidak tersalurkan keahliannya, berlaku juga untuk usaha mikro yang tergantung dengan daya beli konsumen juga menurun omsetnya. Dunia tidak jadi berakhir karena pandemi COVID-19 oleh karena itu tenaga kerja harus meningkatkan kompetensinya yang difasilitasi oleh negara.

sumber : antaranews

Negara dengan pemerintahannya mengeluarkan sistem program kartu prakerja yang diberikan untuk tenaga kerja yang kena PHK atau kewirausahaan yang ingin meningkatkan kompetensi. Penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan manfaat berupa dana pelatihan kerja serta bantuan untuk kehidupan sehari-hari, utamanya untuk meminimalisir dampak COVID-19 yang menimpa Indonesia serta negara-negara lain beberapa waktu belakangan. Meski begitu, penggunaan uang Kartu Prakerja haruslah bijak mengingat dana yang diberikan terbatas.

Uang Kartu Prakerja
Pemilik Kartu Prakerja benefitnya nanti akan mendapatkan Uang Kartu Prakerja, melalui pemerintah berupa bantuan dana senilai 3,5 juta rupiah kepada setiap penerima Kartu Prakerja yang digunakan untuk mengikuti pelatihan serta untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Uang Kartu Prakerja sebaiknya digunakan untuk kebutuhan primer dan bukan kebutuhan konsumtif yang sifatnya tidak mendesak.

Pembagian Uang Kartu Prakerja
Seperti yang sudah berlangsung, pemerintah membagi uang Kartu Prakerja sebesar 3,5 juta rupiah selama 4 bulan pelatihan. Mekanismenya adalah:

  1. Peserta akan diberikan uang saku 2,4 juta rupiah atau 600 ribu rupiah per bulan (selama 4 bulan)
  2. Kemudian 1 juta rupiah yang akan dialokasikan untuk pelatihan
  3. Terakhir, 150 ribu rupiah akan diberikan sebagai insentif usai pelatihan selama 3 bulan

Cara Daftar dan Menggunakan Uang Kartu Prakerja
Cara daftar kartu prakerja adalah sebagai berikut :

1. Daftar di website Kartu Prakerja prakerja.go.id
Pada tahapan ini, semua peserta harus melakukan penginputan data dan seleksi online. Petugas Pengantar Kerja/Antar Kerja di Disnaker mendampingi peserta untuk mendaftar melalui website secara kolektif dan melakukan seleksi online berdasarkan kemampuan dasar dan motivasi. 

2. Pilih Pelatihan Yang Tersedia Di Daftar Pelatihan Kerja
Peserta harus memilih pelatihan kerja dari Mirta Digital Platform melalui kursus online dengan total dana bantuan Rp 1 juta dan dapatkan dana insentif prakerja senilai Rp 2,4 juta yang akan disalurkan melalui LinkAja, Mitra Resmi Pembayaran Kartu Prakerja. Peserta akan mendapatkan tambahan total Rp 150.000 setelah mengisi 3 survei pasca pelatihan..

3. Ikut Pelatihan Kerja Secara Online Maupun Offline
Peserta mengikuti pelatihan kerja dan peserta kemudian akan dapatkan sertifikat pelatihan kerja dari lembaga penyedia pelatihan setelah lolos tes.

4. Ikut Tes serta memberi penilaian terhadap pelatihan kerja atau kursus
Setelah dinyatakan lolos pelatihan kerja, peserta akan dimintai penilaian atau testimoni. Kemudian, sebagai tunjangan lanjutan, peserta akan menerima insentif yang akan disalurkan melalui mitra pembayaran resmi Kartu Prakerja.

Bagaimana untuk menggunakan Uang kartu prakerja, cukup melalui LinkAja yang merupakan salah satu mitra resmi untuk pencairan uang Kartu Prakerja. Setelah uang Kartu Prakerja cair melalui mitra resmi seperti LinkAja, kamu dapat menggunakannya langsung untuk membayar tagihan, membeli token listrik ataupun membeli pulsa atau paket internet.


sumber :

linkaja.id
prakerja.go.id

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)