Tips Lancar Menghadapi Interview

sumber : baguserek.blogspot
Mencari pekerjaan bagi pemula adalah momentum yang penuh emosional mulai dari panggilan test dan terutama sesi interview adalah hal yang paling ditakutkan. Padahal interview merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan sebagaimana perusahaan yang biasanya diwakili oleh bagian HRD untuk menggali informasi potensi apa yang dimiliki pelamar. Pada sesi interview ini yang juga memiliki bobot nilai terbanyak yang jadi tolak ukur apakah Anda layak atau tidak bekerja di perusahaan tersebut. Nah untuk menghadapi sesi Interview, berikut tips lancar interview dalam melamar pekerjaan :

1. CV ADALAH SENJATAMU
Sebelum hari tiba untuk interview, Anda perlu mempersiapkan CV (Curriculum Vitae). CV ini akan menjadi senjata dalam membuktikan prestasi dan juga meningkatkan daya jual Anda. Buatlah CV yang jujur, padat, dan atraktif. Jangan lupa lampirkan portofolio dan bukti-bukti profesionalisme Anda. 

2. GALI INFORMASI PERUSAHAANNYA DULU
Carilah informasi tentang perusahaan tempat yang akan Anda melamar terlebih dahulu. Tidak sedikit, ketika interview perusahaan tersebut akan menanyakan kepada pelamar mengenai latar belakang perusahaannya. Sedikit pengetahuan Anda tentang perusahaan tersebut akan menunjukkan minat Anda untuk bergabung.
sumber : liputan6.com

3. PAKAIAN MENUNJUKAN JATI DIRI
Memilih busana yang tepat ketika interview merupakan tips penting yang harus Anda lakukan. Gunakan busana kemeja lengan pendek atau panjang, celana panjang, serta sepatu kerja. Pastikan busana Anda rapi dan bersih ketika interview.

4. DATANG ON TIME
Datang pada tepat waktu adalah cara pertama pewawancara untuk menilai seberapa bagus management waktu yang Anda miliki. Tidak ontime menandakan Anda memiliki management waktu yang buruk. Usahakan datang tiga puluh menit sebelum interview.

5. USAHAKAN MEMBERI JAWABAN YANG TEPAT
Jika Anda sudah beberapa kali menghadapi interview, pastinya sudah hafal seputar dengan pertanyaan umum yang sering ditanyakan. Jawablah pertanyaan tersebut secara sistematis, padat dan tepat. Jangan bertele-tele dan membuat pernyataan yang menimbulkan pertanyaan. 

Itulah beberapa tips lancar interview. Pastikan Anda sudah menyiapkan segalanya sebelum interview. Dan kebanyakan perusahaan akan mencari pelamar yang aktif dalam menggunakan bahasa Inggris. Jika Anda belum mahir, maka carilah beberapa rekomendasi les bahasa Inggris. Cantumkan dalam CV Anda, sertifikat bahasa Inggris yang dimiliki. Karena itu bisa menjadi nilai positif yang menandakan Anda siap menghadapi tantangan dari dalam dan luar negeri. Selamat mencoba. 

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)