Salah Satu Laptop Idaman Asus VivoBook Pro F570ZD " Duet Maut AMD Ryzen dan Nvidia Geforce GTX 1500 Cocok Untuk Video Editing "

Sudah 16 tahun menggeluti pekerjaan dunia komputer, laptop, network dan perangkat IT lainnya, seiring berjalannya waktu pasti dalam rentang waktu itu banyak melewati momen transformasi teknologi IT yang terus berkembang dari berbagai hardware atau perangkat IT lainnya. Salah satu momen dulu saat memiliki komputer sendiri dengan spesifikasi lumayan mumpuni namun harganya lumayan bersaing, yang saat itu beli komputer dengan cara membeli berbagai hardware komputer terpisah dan merakitnya sendiri hingga komputer bisa berjalan normal. Spesifikasi komputer arifdoit dikala itu mindsetnya menggunakan AMD platform, kenapa pakai AMD ? karena saat itu AMD platform bisa diperoleh dengan harga kompetitif, perfomance mumpuni dan gampang di over clock.
Prosesor AMD saat itu bahkan sampai sekarang sebagian besar kondisi un-lock bisa di overclock sebatas kemampuan prosesor dan perangkat pendukung lainnya. Bahkan di AMD platform kala itu ada yang namanya prosesor emas bukan berarti terbuat emas yah...akan tetapi prosesor AMD salah satunya Athlon XP 1700+ ( Throughberd ) yang memiliki kode tertentu dan jarang dapat ditemui, bila memilikinya prosesor ini dinginnya cukup stabil dan sangat mudah diover clock sampai batas tertentu dan kebetulan arifdoit pernah pakai ini prosesor yang didapat dari situs jual bekas online di surabaya. Memakainya cukup lama PC ini tetap nyaman dan stabil menjalankan game, tugas kantor dengan prosesor emas Athlon XP 1700+ Throughberd sampai motherboardnya rusak karena ada komponen yang mengalami keausan.

Mengenang prosesor AMD....seiring berjalannya waktu perkembangan teknologi prosesor yang terus bergerak cepat dan hegemoni prosesor dunia masih dipegang si biru, yang diakui di segmen PC Dekstop dan laptop platform AMD untuk teknologi dan perfomance masih tertinggal. Tentunya AMD tidak hanya tinggal diam saja, mengandalkan inovasi, strategi dan teknologi baru terus dikembangkan untuk menjadikan AMD sebagai pesaing utama Prosesor dan VGA di dunia desktop dan laptop.
Melihat perkembangan teknologi prosesor akhir - akhir tahun ini cukup menarik karena prosesor AMD kembali mengeluarkan taringnya sejak CEO AMD Lisa Su memegang kendali, gebrakan teknologi prosesor AMD yang dikeluarkan untuk pangsa pasar konsumer prosesor dunia menjadikan AMD kembali kepermukaan dalam persaingan prosesor dunia dengan si biru. Strategi AMD dibawah kendali Wanita yang mendapatkan " America's Top 50 Women in Tech " tahun 2018 oleh Forbes menjadikan AMD kembali ke jalur yang benar sebagai penantang abadi hegemoni rajanya prosesor si biru saat ini. Hasilnya Prosesor AMD yang cukup menyita perhatian saat ini adalah Prosesor AMD Ryzen yang hadir untuk lini PC dan Laptop. Memiliki Arsitektur " Zen " Core dengan proses fabrikasi 14 nm, Core dan Thread melimpah, Cache Memory kapasitas besar, mendukung RAM DDR4 dll membuat perfomance prosesor AMD Ryzen saat ini jadi lebih digdaya untuk urusan game, render photo atau video yang menggunakan aplikasi dengan prosesing tinggi multi thread. 

Itulah mengapa sekarang prosesor AMD Ryzen cukup menarik untuk dilirik terutama bagi arifdoit, apalagi untuk penggunaan mobile seperti Laptop yang mudah untuk mobilitas. Memang arifdoit akui sekarang sangat antusias sebagai pengguna laptop, karena laptop sekarang itu perfomancenya tidak beda jauh sama PC dan enaknya kalo buat alat komputasi mobile bisa berpindah - pindah tempat, kalau lagi pingin laptopan di kamar tidur...bisa, sambil menemani istri memasak😋😋😋, di dapur juga pasti bisa, dimanapun bisa tergantung mood arifdoit lagi ingin dimana posisinya.

3x sudah transformasi laptop daily driver dengan prosesor si biru yang dulunya memang hanya untuk aktifitas browsing, photo editing dan kadang - kadang main game kecil. Dengan laptop ke-3 sekarang semakin berbobot aktifitasnya karena ketambahan aktifitas membuat video dan itu cukup menarik sekali untuk memperdalam ilmu videography dan video editing. Kebetulan beberapa tahun terakhir ini sering membuat video untuk dokumentasi acara pernikahan saudara / keluarga, dokumentasi acara kantor, dokumentasi kegiatan, dokumentasi event dll, sepertinya dokumentasi pakai video ini bakal tidak lekang waktu dan bakal menjadi aktifitas rutin kedepannya.
Sekarang eranya teknologi digital menyebabkan perkembangan dokumentasi digital itu sangat penting untuk setiap acara / kegiatan dan juga faktor lagi trendnya share dimedia sosial " youtube.com " yang memudahkan video koleksi arifdoit diakses orang banyak. Video dokumentasi itu identik dengan durasi video lebih panjang dan harus resolusi tinggi, namanya juga video dokumentasi jadi banyak momen yang tidak boleh dilewatkan dan berimbang viewnya. Akhirnya durasi video menjadi panjang dan juga video dibuat beresolusi tinggi agar video ini tetap terjaga kualitasnya saat On Air di youtube.
Kelebihan pasang video di youtube karena bisa memilih kualitas video dari kualitas tertinggi 4K, FullHD 1080p, HD 720p, 480p, 360p tinggal pemirsa memilih, bila ada internet kencang atau paket data melimpah bisa set pakai kualitas tinggi 4K / 1080p / 720p atau sebaliknya 480p / 360p untuk internet lambat  atau paket data menipis.
Saat ini arifdoit dalam editing video mengandalkan laptop lumayan tipis dan mumpuni dengan prosesor si biru yang memiliki 2 Core 4 Thread, RAM 4 GB, VGA perfomance Middle, namun akhir - akhir ini ingin lebih cepat lagi saat digunakan untuk proses editing dan rendering video di Adobe Premier Pro. Konsumsi RAM yang tinggi saat editing video ditambah lagi durasi video dokumentasi lebih dari 30 menit dengan kualitas Full HD makin terasa lama saat diajak kerja render, bahkan sampai berjam - jam dan itu kondisi CPU Full Load 100%, konsumsi RAM 75% ~ 90% yang lama - lama jadi muncul perasaan was - was sama laptop tipis ini karena dibuat kerja berat. Perasaan was -was menunggu lama berjam - jam hasil render video terbayarkan dengan lega, karena hasil render video berjalan sukses padahal hasil output videonya hingga berkapasitas 3 ~ 4 Gb-an.

Ada keinginan untuk mengupgrade laptop yang lebih mumpuni untuk video editing dan salah satunya dari Brand Laptop No.1 di Indonesia yang baru saja mengeluarkan lini terbaru laptopnya yaitu Asus VivoBook Pro F570ZD. Untuk laptop varian VivoBook Pro dengan label " Pro " berarti laptop ini mencerminkan laptop yang lebih power full untuk menghasilkan perfomance yahud seperti ROG namun fiturnya tidak selengkap ROG, selain itu desain laptop ini  memiliki tampang cukup gahar seperti laptop Asus TUF Gaming.
Selama ini Asus VivoBook Pro identik dengan prosesor gahar dari si biru Intel, namun kali ini beda dan juga cukup mengejutkan karena laptop ini hadir dengan prosesor AMD ( kembali bernostalgia sama Prosesor AMD ). Apalagi prosesor yang digunakan ini lagi trend dan fenomenal yaitu AMD Ryzen 2500U dan 2700U. Prosesor besutan AMD ini mampu mencuri perhatian dunia laptop karena kekuatan dari multi core, clock tinggi dan cache prosesor yang melimpah menjadikan perfomance laptop meningkat drastis.

Main Spec. ASUS VivoBook Pro F570ZD
CPU AMD Ryzen™ 5 2500U Mobile Processor (4C/8T, 6MB cache, up to 3.6GHz)
AMD Ryzen™ 7 2700U Mobile Processor (4C/8T, 6MB cache, up to 3.8GHz)
Operating System Windows 10 Home 64-bit
Memory 8GB DDR4 2400MHz SDRAM (onboard) with SO-DIMM socket up to 16GB
Storage SATA 1TB 5400RPM 2.5' HDD
SATA 1TB 5400RPM 2.5' HDD + SATA3 256G M.2 SSD
Display 15.6” Full HD 1920x1080p 16:9, Anti-glare, ultra slim 200nits with 45% NTSC
Graphics Integrated AMD Radeon Vega 8 / AMD Radeon RX Vega 10 Graphics
Nvidia GeForce GTX 1050 with 4GB GDDR5 VRAM
Input/Output 1x Type-C USB3.1 port, 1x USB 3.1, 2x USB 2.0, 1x audio combo jack, 1x HDMI,  1x MicroSD Card Reader, 1x Gigabit LAN
Camera HD Web Camera
Connectivity Dual-band 802.11ac Wi-Fi, Bluetooth 4.2
Audio ASUS SonicMaster stereo audio system with surround-sound,
Array microphone with Cortana voice-recognition support
Battery 3 - Cell 48 Wh Battery
Dimension 37.4 x 25.6 x 2.19 cm (WxDxH)
Weight 1.96 kg with battery
Colors Reaper Black with Lightening Blue edges
Price Ryzen 5 Rp 11.799.000 - Ryzen 7 Rp 13.999.000
Warranty 2 tahun garansi global
Lebih mengejutkan lagi dan baru kali ini merk laptop Asus berani menyandingkan prosesor AMD Ryzen ini dengan VGA dari si Hijau Nvidia, yang selama ini sebagai kompetitor untuk bersaing pada market share VGA komputer maupun laptop. Duet prosesor dan VGA keren ini terwujud pada Asus VivoBook Pro F570ZD, dengan otak pakai Prosesor AMD Ryzen diduetkan dengan VGA Nvidia GTX 1050. Pastinya laptop hasil duet maut ini cukup menarik untuk disimak dan memiliki banyak keunggulan, seperti berikut ini :

1. DUET MAUT=PERFOMANCE AMAZING
ASUS VivoBook Pro F570ZD menggunakan prosesor besutan AMD yang mengandalkan teknologi " Zen " Core yang semua itu ada di AMD Ryzen 5 dan AMD Ryzen 7. Prosesor AMD Ryzen ini adalah prosesor yang menjadi andalan AMD Mobile saat ini, karena memiliki 4 core 8 threads yang menjadikan core laptop sangat melimpah dan core yang melimpah sangat dibutuhkan saat aktifitas game, render foto dan terutama render video cocok sekali buat para content creator.
Selain core yang melimpah kecepatan prosesor sangat mendukung untuk meningkatkan perfomance laptop, untuk prosesor AMD Ryzen 5 2500U memiliki base clock 2 GHz bisa boost ke 3,6 GHz dan Ryzen 7 2700U memiliki base clock 2,2 GHz bisa boost ke 3,8GHz. Selanjutnya L2/L3 cache dari kedua AMD Ryzen ini cukup menjanjikan karena sudah dibekali kapasitas 6 MB ( L2 cache 2 MB dan L3 cache 4 MB ) yang lebih cepat dan efisien dalam komputasi internal CPU. Prosesor AMD Ryzen ini pada Power efisiensi lebih baik ketimbang generasi sebelumnyam karena AMD Ryzen ini dibuat dengan proses fabrikasi 14 nm yang diyakini cukup irit dalam mengeluarkan disipasi daya yang cuma 15W saja, apalagi ada fitur SenseMi yang menjadikan laptop ini cukup pintar dalam menagement daya untuk menyesuaikan beban kerja laptop sesuai aktivitas pengguna.
Asus VivoBook Pro F570ZD yang gahar dengan prosesor AMD Ryzen-nya semakin moncer diduetkan dengan kartu grafis besutan Nvidia yakni GeForce GTX 1050, bahkan bisa dibilang laptop ASUS VivoBook Pro F570 ini adalah laptop pertama yang out of the box berhasil menduetkan keduanya. VGA Nvidia GTX 1050 adalah jajaran VGA Gaming untuk sebuah laptop yang pasti lancar saat aktifitas gaming, render foto dan video. Memiliki spesifikasi keren, mulai dari Chip GP107 pada VGA ini dibuat dengan arsitektur Pascal dengan proses fabrikasi 14 nm dimana efisiensi dayanya lebih baik. Bagi seorang content creator yang berkutat dengan foto dan video sebagai media informasinya, keberadaan 640 CUDA Cores pada VGA GTX 1050 sangat penting karena aplikasi adobe photoshop dan adobe premier pro mendukung penuh keberadaan fitur CUDA yang menjadikan proses render foto dan video jadi lebih cepat dengan kerja paralel memanfaatkan ratusan/ribuan core dalam chip VGA Nvidia GTX 1050 ini.
Bagaimana detail dan hasil benchmark laptop VivoBook Pro F570ZD, berikut hasilnya :
Hasil Benchmark Cinebench R15, laptop ini dari kinerja Prosesor AMD RYZEN 2500U nilai untuk multi core 617cb dan single core 142cb hampir setara dengan core i7-6700HQ, selanjutnya kinerja dari Geforce GTX 1050 68.45 fps.
Hasil benchmark Geekbench, untuk performa single core mencapai 3551 poin dan multi core mencapai 9706 poin. Dari hasil ini performance laptop ini bisa dibilang melampaui dari kinerja prosesor Intel Core i5 seri Broadwell (generasi ke-5) untuk performa single core dan multi-core .
Hasil benchmark PCMark, memiliki score 5122 untuk kategori Essential, score 4561 untuk Productivity dan score 3216 untuk Digital Content Creation jauh lebih baik dibanding prosesor Intel Core i7 generasi Skylake.
Untuk kinerja grafis, benchmark dengan 3DMark FireStrike performa grafisnya memiliki score 5902. Lebih cepat dibanding GeForce GTX 960 yang diduetkan dengan Core i7-6700HQ, bahkan Core i7 generasi terbaru i7-8560 yang disandingkan dengan Nvidia GeForce MX150.

2. AUDIO TERBAIK DENGAN ASUS SONICMASTER
Laptop ASUS vivoBook Pro F570ZD memiliki audio yang sangat jernih karena ada teknologi Sonic Master di dalamnya. SonicMaster adalah hasil pengembangan Asus Golden Ear dengan memadukan perangkat keras dan perangkat lunak pintar yang dirancang untuk memberi Anda kontrol audio penuh untuk suara yang benar-benar luar biasa untuk film, musik, dan game.
Saat editing video keberadaan speaker sangat penting karena antara video dan audio di aplikasi Adobe premier pro bisa di edit / mix bersama, tentunya sebelum dirender pasang audio musik dari sumber lain adalah hal wajar agar hasil video nantinya cukup menarik karena itu kualitas speaker dari sebuah laptop sangat penting agar saat mendengarkan audio dari video lebih jelas dan bersih.

3. DESIGN EYE CATCHING
ASUS VivoBook Pro F570ZD memiliki keunikan dalam chasisnya yaitu ada warna stunning finish with lightning blue edges. Dengan ada-nya warna biru mengkilat di bagian logo, pinggiran case layar dan pinggiran mouse pad menjadikan laptop tampak gahar, digabungkan dengan brush finish pada seluruh body membuat laptop ini eye catching dan tetap elegan.

4. SECURITY DENGAN FINGERPRINT
ASUS VivoBook Pro F570ZD sudah preinstall dengan Windows 10 Original dan seperti laptop ASUS lainnya yang memiliki sensor fingerprint kompatibel dengan fitur Windows Hello. Dukungan Windows Hello dan sensor fingerprint membuat login cepat dan aman tanpa perlu ribet dengan memasukan kata sandi / password setiap login.

5. LAYAR LEGA DAN MEMUKAU
ASUS VivoBook Pro F570ZD memiliki layar yang cukup lega dengan ukuran 15,6 inch, selain lega dukungan resolusi Full HD 1920 x 1080 menjadikan tampilan visual layar cukup memukau. Apalagi layar yang lega ini juga didukung dengan fitur Asus Splendid yang menjadikan visual layar dilaptop semakin kaya warna, lebih dalam dan lebih akurat untuk semua jenis konten.
Memiliki layar yang lega semakin nyaman apabila dilihat dari sudut yang lebar, oleh karena itu layar laptop ini mendukung wide view technology hingga 178°. Tidak ketinggalan layar yang dimiliki laptop ini sudah memiliki panel anti glare, cukup nyaman untuk mata karena tidak ada pantulan dalam layar yang biasanya cukup menggangu saat ada paparan sinar dari luar.

6. KEYBOARD NYAMAN & KEKINIAN
ASUS VivoBook Pro F570ZD memiliki keyboard full size yang nyaman digunakan untuk mengetik dan input data numerik apalagi tombol travel yang dimiliki 1,4 mm memberikan sensasi yang solid dan nyaman. Kenyaman mengetik semakin lengkap dengan dukungan fitur backlit kekinian yang memberikan penerangan cahaya dibawah tombol keyboard yang berguna sekali saat aktivitas mengetik di tempat yang minim cahaya, tidak itu saja fitur backlit ini mendukung ambient light control yang berfungsi untuk mengatur tingkat kecerahan backlit.

7. COOLING MAKSIMAL
ASUS VivoBook Pro F570ZD memiliki pendingin yang didesain cukup comprehensive, mulai dari saluran khusus hirup udara segar / dingin ditempatkan berada diatas keyboard dan sisi bawah laptop dengan tampang seperti pemanggang barbeque ( Cooling Grill ) menjadikan pengambilan udara dingin lebih maksimal. Untuk jalur pembuangan hawa panas didesain ideal untuk kenyamanan karena berada dibelakang laptop, sehingga tidak mengangggu kedua tangan sisi kanan - kiri akibat semburan hawa panas.
Hasil review internal Asus pada saat digunakan full load dengan rendering image 3D agar memaksa keempat core prosesor bekerja di kecepatan 100%, hasilnya prosesor AMD Ryzen 5 pada notebook ini bekerja pada suhu yang tetap relatif terjaga yakni 75° ~ 79° Celsius. Saat bekerja dengan normal, suhunya berada di kisaran 60° ~ 65° Celsius dan kondisi idle, suhunya bisa ditekan hingga 35° ~ 39° C. Cukup adem untuk seukuran laptop AMD.
Sementara itu fitur Asus IceCool juga mendukung kenyamanan telapak tangan saat mengetik karena untuk area palm rest tetap terjaga suhunya, semua itu karena Asus mendesain laptop ini dengan mengedepankan kontrol kipas yang lebih smart, pipeline yang tipis dan desain yang cukup cerdas menjadikan suhu laptop ini terjaga dibawah 36° C.

8. KONEKSI MELIMPAH & KEKINIAN
ASUS VivoBook Pro F570ZD memiliki kelebihan pada koneksi yang melimpah dan kekinian mulai dari USB Type-C 3.1 Gen1 x1 port, USB 3.1 Type-A Gen1 x1 port, USB 2.0 Type-A x2 Port, HDMI x1 port, Gigabit RJ45 x1 port, MicroSD Reader x1 Slot dan Jack Audio. Untuk interkoneksi mengandalkan koneksi kekinian dengan Dual Band 802.11ac yang 6x lebih cepat dari 802.11n dan tidak ketinggalan keberadaan Bluetooth 4.2 sebagai pelengkap.


Notebook besutan Asus ini bisa dibilang adalah pertama kali menduetkan prosesor AMD Ryzen dengan VGA Nvidia GTX 1050 yang notabene prosesornya adalah salah satu prosesor terbaik dari AMD saat ini dan VGA-nya adalah gaming grade graphics mumpuni dari Nvidia. Perpaduan dari Perfomance Prosesor dan fitur VGA yang cocok untuk mendukung para content creator dalam menghasilkan karya photography dan videography. Oh..yaa mengenai prosesor AMD yang identik dengan isue panas tidak perlu khawatir, karena dari pengujian Asus rata-rata suhu prosesor di kisaran angka 60° Celsius dan ini masih relatif aman.
Untuk daya tahan baterai ASUS mengklaim laptop ini mampu bekerja hingga 9 jam, hasil benchmark baterai sanggup memasok daya hingga 2 jam 20 menit dalam kondisi full load non stop dan hingga 10 jam dalam kondisi normal. Menariknya lagi laptop ini juga mendukung teknologi fast charging yang membuat baterai bisa terisi hingga kapasitas 60 % hanya dalam waktu 49 menit saja.
Ada ketertarikan dengan Laptop Keren ini !!......ASUS VivoBook Pro F570 Ryzen 7 dijual secara eksklusif di JD.ID, melalui mobile site di https://m.jd.id/camp/asus-f570zd-r7591t-316210179.html atau desktop site di https://www.jd.id/campaign/asus-f570zd-r7591t-3162.html

Untuk Harga Asus VivoBook Pro F570ZD dengan AMD Ryzen 5 2500U Rp 11.799.000,- dan untuk prosesor AMD Ryzen 2700U Rp 13.999.000,-.

sumber :
https://www.asus.com/id/
https://www.amd-id.com
https://www.murdockcruz.com
https://www.pcmag.com
https://www.ultrabookreview.com
https://www.forbes.com/
http://rumaheditor.com

You might also like

6 comments

  1. Duet maut dan keren beneran,deh ini.
    Wah, sudah 16 tahun pengalaman di bidang ini. Sampai paham betul ya, bagaimana hasil duetnya

    ReplyDelete
  2. Saya mah tahunya prosesor intel bukan AMD, Pak. Baru kali ini tahu tentang AMD berkat ASUS dengan VivoBook Pro F570. Ternyata prosesornya legendaris juga, Pak Arif sebagai pengguna tentu sangat paham. Saya mah mana tahu soal bagian komponen dalam suatu komputer kayak hardisk kotak itu.
    Duet maut AMD dan Nvdia justru memudahkan siapa saja, terutama generasi milenial untuk melakukan kerja komputasi di mana pun secara fleksibel. Perangkat yang ada di ASUS VivoBook benar-benar mengagumkan, bikin mupeng, soalnya tak terduga, sih. Laptop mainstream namun inovatif. :)

    ReplyDelete
  3. Performanya menggiurkan sih Asus VivoBook F570 ini. Meski harganya terbilang level entri untuk laptop gaming dan editing, cuma tampilannya udah kayak laptop pro banget.

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)