Seputar Foto RAW Pada Asus Zenfone 3

Asus mengeluarkan update terbarunya per-tanggal 12 Oktober 2017 dengan nomor NRD90M.WW_Phone-14.2020.1709.68-20171003. Seperti biasa informasi update terbaru ini oleh asus tidak diberi penjelasan secara detail di updateanya, namun bisa di cek detailnya di release notes Asus Zentalk. Di release notes bilangnya ada improve di kamera, stabilitas gallery dan perfomance system, nah yang arifdoit suka itu kalau ada kata-kata improve kamera karena selalu bikin penasaran.
Seputar Foto RAW Pada Asus Zenfone 3
Setelah update baru deh kepoin nih zenfone 3 di fitur kamera apa ada yang berubah / ditambah ?
Akhirnya ketemu dah.....di pengaturan muncul menu " Save RAW file " di mode manual, inilah fitur yang sudah lama ditunggu - tunggu bagi para Zenfonegrapher. Perlu diketahui Asus Zenfone menerapkan foto format RAW dalam Adobe dengan extensi DNG ( Digital Negative ).
" Pada foto format JPEG, saat kamera mengambil foto, foto langsung diolah oleh kamera sebelum disimpan ke kartu memori. Berarti warna, kontras, white balance, hingga ketajaman, semua sudah ditentukan. Sementara pada RAW, detail informasi ini disimpan bersama gambar secara terpisah dan bukannya langsung diaplikasikan, dengan harapan Anda bisa mengolahnya nanti di software seperti Adobe Photoshop atau Lightroom " source : http://digitalcamera.co.id
Itulah sedikit penjelasan diatas tentang foto format RAW.....kali ini arifdoit akan ulas seputar foto RAW yang berada di Asus Zenfone 3 yang  kebetulan arifdoit adalah pengguna Zenfone 3 ZE520KL, langsung aja deh.....berikut ulasannya :
Baca juga :
Review Asus Zenfone 3 ZE520KL | 20 Alasan Kudu Memiliki Asus Zenfone 3 ZE552KL
1. Foto format RAW sebelumnya sudah diterapkan di Asus Zenfone 3 Deluxe, Zenfone 3 Zoom S kali ini Asus Zenfone 3 ZE520KL dan ZE552KL dapat update berbarengan, informasi detailnya bisa di cek release notes Asus Zentalk.
Seputar Foto RAW Pada Asus Zenfone 3


2. Foto RAW bisa digunakan di mode manual saja dan untuk mengaktifkannya ada di menu seting pilih" Save RAW File ".
Seputar Foto RAW Pada Asus Zenfone 3

3. Hasil foto RAW bisa cepat menguras free space storage, karena setiap satu kali jepretan menghasilkan dua file. File satu merupakan file JPG yang sudah diolah komposisinya oleh aplikasi kamera dan file dua adalah file RAW DNG yang murni belum diolah, kapasitas filenya saja sampai 30 Mb-an.
Seputar Foto RAW Pada Asus Zenfone 3

Seputar Foto RAW Pada Asus Zenfone 3

4. Untuk melihat hasil foto RAW dengan app gallery, dimana pada tiap thumbnail foto RAW ada kode khusus "RAW" di pojok kiri atas dan apabila dibuka dipojok kanan atas ada kode "RAW".

5. Pengolahan / editing photo RAW bisa dikerjakan di app Snapseed - Adobe Lightroom - Adobe Photoshop Express ( selama ini arifdoit hanya pakai app itu saja, selain itu belum pernah pakai ).
Seputar Foto RAW Pada Asus Zenfone 3

6. Setiap foto RAW bila dilihat di gallery namun EXIF-nya tidak kelihatan, hanya muncul informasi Resolution, File Size dan lokasi foto di storage. Terus pingin ikutan lomba foto gimana dong ? 😭😭😭...tenang saja setelah dilakukan editing di Snapseed / Adobe Lightroom otomatis EXIF akan muncul tanpa perlu disesali.
Seputar Foto RAW Pada Asus Zenfone 3

7. Di gallery ada pengaturan " Show RAW images " untuk memunculkan file foto RAW, bila dimatikan pada thumbnail akan muncul  " RAW JPG " dan bila dibuka pada pojok kanan atas ada kode "RAW/JPG". Maksudnya kode RAW JPG ini adalah foto kedua format JPG yang dihasilkan saat aktifkan Mode RAW di mode manual.
Seputar Foto RAW Pada Asus Zenfone 3


Semoga Bermanfaat

You might also like

8 comments

  1. Waini bagus lah kalau file aslinya tetap kesimpan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mbak...bisa lebih profesional mbak farida

      Delete
  2. wah keren makin canggih aja hp Asus sekarang,camera nya jernih cocok banget buat selfi2.

    ReplyDelete
  3. Kereen tapi ukuran filenya makin besar ya Mas.

    ReplyDelete
  4. jadi makin banyak nih alternatif buat hasilin foto yang keren-keren

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)