Hal Ini Bisa Anda Lakukan Jika Laptop Mendadak Mati

credit to dearmrchristian.com
Apakah anda panik ketika laptop mendadak mati ? Jangan khawatir, hal ini biasa terjadi disebabkan over-resources pada memory laptop, dan mungkin terjadi overheat atau kepanasan. Bahkan power management laptop anda tidak lancar sehingga dapat mati secara mendadak. Hal yang pertama anda lakukan adalah mengecek terlebih dahulu penyebab dari matinya laptop anda, diusahakan jangan terburu buru membawanya ke teknisi atau jasa service komputer. Setelah anda mengetahui penyebabnya, maka anda bisa melakukan tindakan setelahnya. Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan ketika laptop anda mendadak mati berdasarkan penyebabnya :

1. Overheat atau Kepanasan
Suhu laptop yang sangat panas dapat mengakibatkan laptop anda mendadak mati. Hal ini disebabkan karena anda meletakan laptop anda di tempat yang terlalu empuk seperti di sofa, bantal bahkan tempat tidur karena jika diletakkan ditempat seperti itu sirkulasi udara menjadi buruk, sehingga udara panas sulit keluar untuk digantikan dengan udara yang baru, sehingga udara panas yang ada didalam laptop juga menyebabkan perangkat perangkat keras di dalamnya seperti hardisk menjadi panas. Jika anda mengalami hal ini cara mengatasi adalah anda bisa meletakkan laptop pada permukaan yang rata dan keras seperti meja, sehingga sirkulasi udara di laptop anda tidak terganggu. Apabila laptop masih panas, gunakan cooling pad agar sirkulasi udara cepat berganti dengan yang baru.

2. RAM Bermasalah
Pada saat menggunakan komputer anda membutuhkan performa RAM yang baik, jika RAM anda bermasalah tentu aktifitas penggunaan anda akan terganggu, apabila pada kondisi seperti ini hardware komputer bekerja lebih keras dan mengakibatkan komputer cepat panas. Penyebabnya adalah RAM yang digunakan di komputer tersebut berdebu. Cara mengatasi hal ini dengan membersihkan debu yang menempel pada RAM dengan menggunakan penghapus untuk membersihkannya. Untuk cara membersihkannya adalah cukup dengan bersihkan pada bagian pin kuningan RAM hingga bersih, jangan menggunakan tangan karena tangan yang berminyak dapat meninggalkan bekas pada RAM. Cara lain adalah dengan mengganti RAM baru anda ke tingkat yang lebih tinggi.

3. Pasta Prosesor Mengering
Jika komputer atau laptop anda yang sudah berumur cukup lama, pasta yang ada pada prosesor sudah mengering. Prosesor merupakan sumber panas hal ini yang membuat anda tidak bisa mengandalkan pasta selamanya dan bila sudah waktunya pasta itu harus diganti, jika hal ini adalah penyebabnya anda bisa memberikan pasta kembali ke prosesor anda secara merata. 

4. Berdebu
Jika komputer atau laptop anda kotor dan berdebu akan terjadi overheat atau panas karena debu di dalamnya dapat menghambat sirkulasi udara sehingga akan cepat panas. Maka rawatlah komputer atau laptop anda dan sering bersihkan dengan lap kering ketika laptop anda sudah mulai kotor. Bila ingin membersihkan debu dengan detail bisa menggunakan kuas cat ukuran kecil yang kering untuk membersihkan debu yang menempel di kisi - kisi kipas, heat sink dan lubang sirkulasi udara di casing, dengan tindakan ini setidaknya komputer atau laptop anda akan kembali bersih terbebas dari debu penyebab masalah komputer atau laptop anda.

5. Mainboard Bermasalah
Jika mainboard anda yang sudah berumur lebih dari 5 tahun dan sudah lama tidak digunakan, maka hal ini bisa menyebabkan laptop atau komputer anda akan mati ketika sedang digunakan untuk pekerjaan yang berat. Solusi yang tepat adalah sebaiknya anda mengganti mainboard dengan yang baru, karena apabila mainboard sudah rusak atau tidak bisa digunakan kembali akan sangat sulit untuk bisa bekerja dengan optimal kembali.

Itulah ulasan mengenai langkah atau solusi yang tepat jika laptop anda mendadak mati, jika anda tertarik untuk membeli laptop atau hardware, silahkan kunjungi Mataharimall karena terdapat berbagai macam koleksi terlengkap baik untuk komputer maupun laptop dengan harga yang tentunya terjangkau.

You might also like

5 comments

  1. kalo saya seringnya overheat karena make laptopnya di kasur. katanya exhaustnya jadi ga jalan. sekarang lagi mau dibenerin dulu, hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya ibu ayu...dak rekomended kalo langsung taruh dikasur, mending belikan meja belajar kecil bisa di pakai aktifitas untuk taruh laptop dan bisa dibawa diatas kasur juga

      Delete

Jangan Nyepam Yah..:)