ASUS ROG GX800 " Notebook Elitnya Gamer dan Tidak Pelit Pada Spek "

Memiliki notebook yang perfomancenya super canggih, spek dewa dan overclocker sangat perlu sekali untuk menunjang aktifitas yang membutuhkan resource tinggi. Saat ini notebook yang bisa memenuhi kriteria tersebut hanya bisa ditemukan pada Notebook Gamer fenomenal yaitu ASUS ROG GX800. Memiliki notebook gamer fenomenal ini bisa dibilang sangat prestisius layaknya memiliki mobil sport tercepat di dunia Hennessey Venom GT, dimana antara kecepatan dan fitur yang melimpah bisa ditemukan pada ASUS ROG GX800 ini. Pastinya perpaduan kecepatan yang diperoleh dengan harga yang ada di ASUS ROG GX800 memang berbanding lurus, karena semua komponen hardwarenya yang digunakan adalah komponen terbaik di muka bumi ini. Sekilas ASUS ROG GX800 ini sudah menggunakan prosesor terbaru yang powerfull Intel KabyLake Generasi 7 Core i7-7820HK yang mana prosesor ini mampu menghasilkan perfomance yang tiada tandingannya untuk menuntaskan game berat, aplikasi render video, render animasi dan tidak ketinggalan pula ternyata prosesor ini lebih hemat daya.......sangat menakjubkan.
ASUS ROG GX800 " Notebook Elitnya Gamer dan Tidak Pelit Pada Spek "
Dengan menggunakan komponen hardware yang terbaik dimuka bumi ini ASUS ROG GX800 yang merupakan penyempurnaan dari ASUS ROG GX700 versi sebelumnya dan itu banyak mengalami peningkatan pada spesifikasi komponen yang penting. Tampang luarnya mengusung warna grey metalic yang tampak sangar dan elegan ditambah pula logo ASUS ROG yang bisa nyala di posisi tengah. Tanpa panjang lebar kali ini penulis akan membeberkan dengan lengkap kemampuan ASUS ROG GX800 yang sangat fenomenal pada perfomance dan harganya ini, sebelumnya penulis hanya memberitahu jangan kaget dan ternganga bila membaca artikel ini........selamat membaca dan semoga bermanfaat.

1. SPESIFIKASI
Sebagai pembukaan penulis akan mulai dengan spesifikasi dari ASUS ROG GX800 agar punya gambaran secara umum akan kemampuan dari Notebook Gamer ini.
spesifikasi dari ASUS ROG GX800

2. PROSESOR TERBARU DAN TERBAIK DARI INTEL
Sebagai otak yang memproses dan memerintah segala proses komputasi, prosesor Intel generasi 7 ini semakin baik dibanding generasi 6 pada performance akan tetapi daya yang dikeluarkan tetap irit sama dengan prosesor generasi 6 skylake. Prosesor KabyLake ini dibuat dengan proses fabrikasi 14nm+ yang telah melalui proses optimalisasi dari versi sebelumnya sehingga kemampuan clock prosesor KabyLake lebih tinggi dibanding Skylake. Pada ASUS ROG GX800 didesain dengan prosesor Quad Core Intel Core i7- 7820HK dengan base clock 2,9 GHz dengan turbo boost clock hingga 3,9 GHz. Prosesor intel yang digunakan memiliki kode HK yang artinya unlocked, dengan begitu prosesor ini clocknya dibuat tidak terkunci sehingga sangat mudah untuk di overclock hingga batas maksimal tertinggi clock yang dicapai. Dengan kemampuan prosesornya yang mampu dioverclock Asus mengklaim kecepatan yang mampu diraih hingga 4,4 GHz.....hmmm sangat tinggi sekali clocknya. Manfaat dari clock prosesor yang tinggi sangat terasa manfaatnya saat bermain game yang mana grafis yang disuguhkan meningkatkan FPS ( Frame per Second ) dengan begitu jalannya game semakin halus dan lancar. Clock prosesor yang tinggi  juga sangat membantu saat proses rendering 3D/Video dan aplikasi lainnya yang syarat dengan resource tinggi  akhir semua itu imbasnya semua aktifitas mampu dikerjakan dengan lebih cepat.
ASUS ROG GX800 didesain dengan prosesor Quad Core Intel Core i7- 7820HK

3. DUAL GRAPHICS VGA TERBAIK DARI NVIDIA
Tidak main – main kenapa notebook gamer ini sangat fenomenal selain menggunakan prosesor core i7-7820HK, pada ASUS ROG GX800 juga menggunakan dual graphics Nvidia kasta tertinggi yaitu Nvidia GTX 1080 SLI. Dibuat dengan proses fabrikasi 16nm FinFET yang memiliki arsitektur pascal keberadaan Nvidia GTX1080 yang merupakan salah satu VGA paling gahar saat ini, dengan memanfaatkan kemampuan SLI mampu berjalan dengan dual graphics dengan begitu performancenya juga meningkat hampir 2 kali lipat. Nvidia GTX 1080 SLI ini memiliki kemampuan sangat tinggi dengan CUDA Core 2560, Base Clock 1607 MHz dengan Boost Clock hingga 1733 MHz, Pipelines 5120 unified, Memori Interface Width 2 x 256 bit, Memory Bandwidth 32 GBps, Memory Speed 10 Gbps, RAM 2 x 8192 MB GDDR5, Virtual Reality Ready, Nvidia G-Sync, Vulkan API, OPEN GL dan lain-lain. Gabungan 2 card Nvidia GTX 1080 ini membuat tampilan semakin halus, mampu menjalankan game terberat apapun dan mendukung layar besar kualitas 4K. Dukungan Nvidia G-Sync yang  merupakan sebuah fitur ditempatkan pada layar dari NVIDIA dimana fitur G-SYNC ini memperhalus gerakan gambar dengan menyesuaikan refresh rate layar dengan refresh rate yang dihasilkan oleh GPU, sehingga layar yang sudah menggunakan teknologi ini bisa dipastikan memiliki gerakan yang lebih mulus dan mampu mengeliminasi gerakan patah-patah (screen tearing) yang diakibatkan oleh ketidak-cocokan refresh rate antara layar dan GPU.
ASUS ROG GX800 juga menggunakan dual graphics Nvidia kasta tertinggi yaitu Nvidia GTX 1080 SLI

4. RAM TERCEPAT DAN MELIMPAH
ASUS ROG GX800 dibekali dengan RAM 64GB DDR4 yang mampu dioverclock hingga frekuensi 2800 MHz, semakin cepat frekuensi RAM pastinya mengimbangi kecepatan prosesor dan VGA agar tidak terjadi bottleneck pada proses komputasi notebook, karena teruji efektifitas frekuensi tinggi pada RAM 2800 MHz akan semakin mempercepat performa access time pada memori control pada chipset. Selain itu kapasitas RAM yang melimpah mampu menjalankan banyak aplikasi / multitasking dengan halus tanpa rasa takut akan RAM yang kedodoran.
ASUS ROG GX800 dibekali dengan RAM 64GB DDR4 yang mampu dioverclock hingga frekuensi 2800 MHz

5. STORAGE TERCEPAT DAN KAPASITAS BESAR
Storage ASUS ROG GX800 sudah dilengkapi dengan salah satu SSD tercepat abad ini yaitu Samsung SM951 yang merupakan SSD dengan fitur NVMe ( Non Volatile Memory Express ). Storage SSD ini memanfaatkan 3 slot PCIe Gen4 M.2 yang mana kecepatannya 4x lebih cepat dibandingkan SATA3, apalagi didukung dengan RAID 0 semakin mempercepat performance dari PCIe Gen4 ini.  Adanya storage 3 x 512GB SSD NVMe Samsung SM951 yang di RAID 0 meningkatkan kapasitas storage dengan total 1,5 TB, wow...sangat besar untuk ukuran sebuah notebook dan yang pasti sangat cepat.
ASUS ROG GX800 sudah dilengkapi dengan salah satu SSD tercepat abad ini yaitu Samsung SM951 yang merupakan SSD dengan fitur NVMe

6. LAYAR LEGA DENGAN TAMPILAN TERBAIK SAAT INI
ASUS ROG GX800 merupakan notebook gamer pertama kali yang mengusung layar besar dengan ukuran 18,4” dan didukung juga dengan resolusi layar 4K Ultra HD (3840x2160). Selain disuguhi layar dengan tingkat resolusi 4K yang memukau, layar pada ASUS ROG GX800 juga dilengkapi dengan sentuhan finishing matte yang bisa mengurangi pantulan sinar pada layar agar mata pengguna / gamer tidak cepat lelah saat berlama-lama didepan layar notebook. Layar sudah lega dan nyaman ditambah pula dengan teknologi IPS ( In-Plane Switching ) yang mampu menawarkan akurasi dan reproduksi gambar yang lebih baik, sehingga sangat cocok untuk view fotografi, desain grafis, konten 3D Game dan pembuatan film. Bila sudah menggunakan teknologi layar IPS maka kemampuan layar semakin meningkat pada sudut penglihatan hingga 178 derajat, dengan begitu pengguna bisa mencari posisi terbaik saat menghadap layar secara vertical maupun horizontal di 178 derajat dan bila saat mempertontonkan bermain game pada khalayak umum yang melihatnya.
ASUS ROG GX800 pertama kali yang mengusung layar besar dengan ukuran 18,4”- 4K - IPS - Matte Panel
Teknologi G-SYNC dari Nvidia dipadu dengan layar besar berkualitas 4K dengan kemampuan frekuensi 60Hz bisa memberi sensasi yang sangat memukau bagi mata para gamer / pengguna, karena teknologi ini G-SYNC ini mampu menyesuakan refresh rate layar dengan refresh rate dari GPU dengan begitu semua tampilan di layar akan bergerak lebih mulus dan tidak akan terjadi lagi gerakan patah-patah ( screen tearing ) karena tidak sinkron refresh rate pada layar dan GPU.

7. KEYBOARD KUAT DAN NYAMAN
Notebook gamer pasti identik dengan keyboard yang nyaman dan kuat, kali ini ASUS ROG GX800 sudah dipersenjatai dengan keyboard MechTAG ( Mechanical Tactile Advanced Gaming ) yang terbukti sangat membantu kenyamanan bila bermain game dan yang pasti juga lebih awet. Keyboard mechanical identik dengan tombolnya yang sangat tebal namun pada ASUS ROG GX800 didesain lebih tidak menonjol tombolnya sehingga kelihatan lebih rapi bila dilihat dari atas. Didukung dengan fitur 30 key roll over anti ghosting sekaligus tombol keyboard ASUS ROG GX800 terasa sangat halus dan empuk terutama pada tombol WASD yang dibuat warna berbeda dengan tombol lainnya karena ditambahi warna putih pada border tombol. Keyboard ASUS ROG sebelumnya identik dengan led backlight warna merah, namun untuk ASUS ROG GX800 dibekali dengan warna RGB ( Red Green Blue ) yang bisa dirubah sesuai selera dan pengaturannya dengan tool ROG AURA di interface ASUS GAMING CENTER.
ASUS ROG GX800 sudah dipersenjatai dengan keyboard MechTAG ( Mechanical Tactile Advanced Gaming ) - RGB LED - Anti Ghosting
Menambah kerennya notebook gamer ini juga dibekali display ASUS ROG yang bisa menyala sendiri saat dinyalakan, dengan posisi berada dibawah keyboard sebelah kanan ternyata warna led display ASUS ROG ini juga bisa diatur sendiri sesuai selera di interface ASUS GAMING CENTER.
Tombol untuk memanggil ASUS GAMING CENTER, 3 tombol makro dan pengaturan volume tidak ketinggalan juga berbeda dibanding sebelumnya yang sekarang berarada di pojok kiri atas dekat dengan tombol ESC.  Untuk mouse built in yang ada pada ASUS ROG GX800 memiliki area trackpad yang cukup responsive dan luas sehingga mempunyai daya jelajah yang cukup luas, untuk tombol trackpadnya juga sangat nyaman karena memiliki tombol yang sangat empuk. Pada paket pembelian ASUS ROG GX800 juga disertakan mouse ASUS ROG Gladius yang mana mouse gaming ini memiliki fitur pengaturan DPI-nya yang bisa di set hingga 6400 DPI, sangat cocok bila digunakan bermain game bergenre FPS ( First Person Shooter ).

8. THERMAL SYSTEM LEBIH MAKSIMAL DENGAN HYDRO OVERCLOCKING SYSTEM
Perfomance dari notebook gamer ini layaknya sejajar dengan sebuah PC desktop yang mampu dioverclock dengan mudah karena itu notebook ASUS ROG GX800 ini dipersenjatai dengan adanya docking hydro overclocking system yang berfungsi untuk mendinginkan sumber panas yang berasal dari kerjanya 2 VGA dan 1 CPU. Dengan adanya system pendingin ini kemampuan overclock dari ASUS ROG GX800 dijamin pasti berjalan dengan lancar dan stabil digeber maksimal perfomancenya pada prosesor core i7-7820HK hingga clock 4,4GHz dan Frekuensi RAM hingga 2800 MHz.
ASUS ROG GX800 ini dipersenjatai dengan adanya docking hydro overclocking system yang berfungsi untuk mendinginkan sumber panas yang berasal dari kerjanya 2 VGA dan 1 CPU.
Meskipun memiliki berat 4,7 Kg pada docking hydro Overclocking System saja, namun sistem kerja pendingin ini terbukti efektif mendinginkan sumber panas dari VGA dan CPU. Sistem pendingin ini bekerja dengan cara mengalirkan cairan yang berasal dari tangki melalui tabung selang yang didorong oleh pompa menuju ke dalam perangkat untuk mendinginkan sumber panas pada sistem yang sedang bekerja. Apabila selesai menunaikan tugasnya, cairan panas yang telah mendinginkan sistem tersebut dialirkan lagi keluar sistem dan kembali menuju docking untuk didinginkan temperaturenya dengan radiator dan kemudian panasnya akan dibuang keluar melalui lubang ventilasi pada radiator. Sistem pendingin inipun sangat mudah digunakan, karena pengguna hanya tinggal mengaitkan konektor yang ada di docking dengan notebook.
Notebook gamer ini bisa saja berjalan tanpa menggunakan docking hydro Overclocking System karena di dalam notebook ini sudah terdapat dual fan yang cukup besar daya putarnya dan dari kipas tersebut dapat disesuikan sendiri agar bisa memberikan hasil yang maksimal. Saat menggunakan untuk bermain game berat tanpa docking, setidaknya harus menyetel fan-nya maksimal diangka 100 persen. Akibatnya akan memberikan kondisi berupa suara yang cukup berisik, wajar saja karena tenaga dan daya putar kipas memang harus besar untuk menenangkan berbagai komponen buas didalamnya.

9. PORT TERCEPAT DAN MELIMPAH
Port yang tersedia pada notebook gamer ini sangat lengkap dan juga ada yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi, mulai dari port HDMI 2.0 yang mampu menyuguhkan tampilan ke layar monitor kualitas 4K dengan fresh rate 60Hz, Display port 1.3 yang mampu menyuguhkan tampilan ke layar monitor kualitas 8K dengan fresh rate 60 Hz atau dual monitor kualitas 4K fresh rate 60 Hz, 3 port USB 3.0 yang universal dan cepat transfer ratenya, Jack Microphone, Jack Headphone, Jack untuk antenna WiFi external yang memberi daya tangkap yang lebih kuat dan luas, slot MicroSD, port RJ45, 2 port USB 3.1 type C yang telah mendukung Thunderbolt 3.0. Khusus USB type C dengan thunderbolt 3.0 mampu menghantarkan data dengan sangat cepat hingga 40 Gbps, tidak hanya untuk transfer data ternyata thunderbolt 3.0 juga bisa untuk display port untuk 2 Layar kualitas 4K, Charging notebook dengan kemampuan hingga 100W dan bila digunakan peer to peer layaknya kabel jaringan mampu menghasil kecepatan transfer data hingga 10GbE.
Port I/O sangat lengkap dan melimpah ruah

10. MULTIMEDIA TERBAIK DIKELASNYA
Mulai dari mic pada ASUS ROG GX800 sudah ditanam fitur dual array microphone yang mampu menangkap suara yang jernih, tanpa ada distorsi suara berisik yang berasal dari luar. Fitur ini sangat pas dibuat untuk percakapan antar gamer bila mengikuti kompetisi game yang berada diluar / outdoor yang biasa menghasilkan suara yang ramai dan berisik. Teknologi Noise Surpression juga berperan serta untuk memfilter suara yang tidak perlu seperti suara ketukan keyboard, suara kipas dan suara lain yang akhirnya lawan bicara bisa menerima percakapan dengan sangat jernih.
Dalam  permainan masalah audio sangat penting dengan tampilan visual karena itu ASUS ROG GX800 dilengkapi 4 speaker yang menghasilkan frekuensi tinggi dan frekuensi rendah untuk keseimbangan audio yang lebih baik. Memang pertama kali laptop gaming di dunia dengan dua 34mm x 11mm 2W pada tweeter di bawah layar untuk menghasilkan suara langsung kena ke arah pengguna agar bisa merasakan kedalaman audio dalam bermain game. Dua 28Ø 2W speaker squawker dibawah keyboard untuk memantulkan suara dari meja, menambah volume dan kedalaman efek audio.
4 Speaker yang sangat nyaman didengarkan

11. APLIKASI TAMBAHAN YANG POWERFULL
Notebook gamer yang canggih ini pastinya untuk memanfaatkan semua fitur yang ada memerlukan aplikasi / tool yang muncul dalam 1 interface yaitu GAMING CENTER. Pada aplikasi Game Center ini pengguna akan disuguhi informasi hardware dan kondisi notebook, pengaturan macro keyboard, ROG AURA, Profil Mode Perfomance ( overclock yang sangat mudah ) dan banyak pengaturan lainnya.
GAMING CENTER ASUS ROG GX800

GAMING CENTER ASUS ROG GX800

GAMING CENTER ASUS ROG GX800

GAMING CENTER ASUS ROG GX800
ASUS GAME FIRST III, pada aplikasi ini mampu mengoptimalisai koneksi internet yang dibutuhkan dengan memprioritaskan jalur koneksi internet game online dan untuk koneksi internet lainnya pastinya sementara bisa dikesampingkan dulu agar tidak menggangu proses bermain game onlinenya.
ASUS GAME FIRST III ASUS ROG GX800
SONIC STUDIO II, merupakan rangkaian audio yang menawarkan 6 kontrol audio: Reverb, Bass Boost, Equalizer, Voice Clarity, Smart EQ (Smart Volume), dan Surround. Surround didedikasikan untuk headset 2-channel dan menawarkan salah satu dari teknologi surround virtual terbaik untuk permainan game.
SONIC STUDIO II ASUS ROG GX800
ROG AURA, interface yang menampilkan serangkaian kumpulan setting dan kustomisasi efek led keyboard. Ada 9 kumpulan setting mulai dari static, breathing, color cycle, wave, star, rain, reactive, laser, ripple dan disediakan juga 3 slot penyimpanan efek yang dikustomisasi, semua itu pengguna dengan leluasa mengaturnya dengan warna dan effect pada tiap tombol.
ROG AURA ASUS ROG GX800

ROG AURA ASUS ROG GX800

12. PERFOMANCE
Segala komponen terbaik dimuka bumi disematkan di Notebook Gamer ASUS ROG GX800 ini, bagaimana perfomance dari notebook kelas wahid ini bila dilihat dari 3 Mode yang yang disediakan, detailnya sebagai berikut :
A. MODE STANDART
Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Standart

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Standart

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Standart

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Standart

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Standart

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Standart

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Standart

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Standart

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Standart

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Standart

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Standart

GAME MODE STANDART
Menjalankan Game ASUS ROG GX800 Mode Standart

Menjalankan Game ASUS ROG GX800 Mode Standart

Menjalankan Game ASUS ROG GX800 Mode Standart

Menjalankan Game ASUS ROG GX800 Mode Standart

B. MODE OPTIMIZE
Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Optimize

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Optimize


Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Optimize

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Optimize

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Optimize

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Optimize

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Optimize

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Optimize

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Optimize

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Optimize

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Optimize

GAME MODE OPTIMIZE
Menjalankan Game ASUS ROG GX800 Mode Optimize

Menjalankan Game ASUS ROG GX800 Mode Optimize

Menjalankan Game ASUS ROG GX800 Mode Optimize

Menjalankan Game ASUS ROG GX800 Mode Optimize

C. MODE EXTREME
Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Extreme

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Extreme

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Extreme

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Extreme

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Extreme

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Extreme

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Extreme

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Extreme

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Extreme

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Extreme

Benchmark ASUS ROG GX800 Mode Extreme

GAME MODE EXTREME
Menjalankan Game ASUS ROG GX800 Mode Extreme

Menjalankan Game ASUS ROG GX800 Mode Extreme

Menjalankan Game ASUS ROG GX800 Mode Extreme

Menjalankan Game ASUS ROG GX800 Mode Extreme

Kemampuan dari ASUS ROG GX800 terbukti bisa menyuguhkan performa yang tiada tandingannya, kondisi tanpa dioverclock sudah cukup mumpuni apalagi dioverclock perfomancenya semakin yahud. Keberadaan docking hydro overclocking system sebenarnya fleksibel bisa dipakai maupun tidak karena dengan adanya dual fan sekaligus penampang jalur dual copper yang lebar masih bisa mendinginkan sumber panas dari 1 CPU dan dual VGA. ASUS ROG GX800 yang didukung prosesor core i7-7820HK dengan kondisi unlock sangat mudah digeber / overclock sampai batas maksimal kemampuan komponen ini dan juga untuk mengoverclocknya sangat mudah tanpa ribet melalui BIOS, cukup memanfaatkan fitur di aplikasi tool GAMING CENTER notebook gahar ini bisa dioverclock on the fly dengan mudah. Dengan semua komponen hardware terbaiknya, fitur segudang dan kelengkapan bawaan yang melimpah Notebook Gamer paling gahar keluaran Asus Indonesia di banderol dengan harga Rp. 95.499.000.....hmmm harga yang cukup fantastis, namun bila ditarik kembali apa saja yang bisa dilakukan oleh ASUS ROG GX800 diatas bisa dibilang harga tersebut cukup wajar. Seorang gamer, video maker, animator, photo editor, 3D maker yang membutuhkan kinerja tinggi perangkat komputasinya bisa sebagai pilihan menggunakan notebook ASUS ROG GX800 yang gahar dan prestisius ini.


source:
PR Asus Indonesia
http://www.kitguru.net
https://www.asus.com/us
http://www.geeks3d.com
http://top10for.com
http://www.notebookcheck.net
http://www.jagatreview.com
http://www.techspot.com
http://www.hardwarezone.com.sg

You might also like

16 comments

  1. Sayang harganya setinggi langit. Andai bisa punya laptop ini, pasti udah bisa puas main game dan produktif produksi konten digital yang butuh komputer spek tinggi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas albert....yang banyak duit bisa berpaling pada laptop ini

      Delete
  2. Aku baru ini deh tau ada notebook harganya hampir 100jt. Dan bisa pegang2 pula kemaren oas launching. Haha. Norak memang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mbak noe beruntung bisa pegang2 notebooknya sultan

      Delete
  3. Ini notebook benar-benar gamer banget Mas Arif, cocoklah untuk saya #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga mas bai bisa kesampaian punya notebook gahar ini

      Delete
  4. Mbok ya nol nya dikurangin satu, biar aku bisa beli ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkkk....moga2 pas beli salah input kasirnya mas

      Delete
  5. Kayaknya harus nambang minyak dulu nih baru bisa kebeli... adapternya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya....jadi TKI di timur tengah dulu yah

      Delete
  6. Asus ROG pengen banget .
    harganya itu aduhayyy

    ReplyDelete
  7. Bah, Mantab tuh buat game.
    Nunggu dapat duit bejibun dulubaru beli

    ReplyDelete
  8. Impian dari sekolah dulu ampe sekarang belum kebeli ..

    btw ,kalo ada yang mau kasih siap nampung kok :D

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)