[Review] Manisnya Marshmallow Pada Asus Zenfone Selfie

Android Marshmallow di Asus Zenfone Selfie
picture : android.com
Sejak november 2015 diluncurkannya Asus Zen Selfie masih menggunakan OS Android 5.0 Lollipop. Sesuai roadmap asus akhirnya memenuhi janjinya untuk memberikan Zen Selfie update yang berkesinambungan dengan diluncurkannya secara resmi OS android 6.0 Marshmallow di awal bulan juli 2016. Informasi resmi releasenya OS Marshmallow bisa didapat di Forum resmi Asus Zentalk dengan versi terbaru 21.40.0.1692 OTA (Android M), yang ternyata belum ada update OTA tetapi bisa di download manual di Official Website Asus.
release note android 6.0
source : Asus Zentalk

Dari gambar release note Asus Zentalk diatas untuk android M di Zen Selfie, asus mulai mempertimbangkan untuk membersihkan aplikasi-aplikasi preloaded yang jarang dipakai ( menurut saya ). Tapi dari release note tersebut ada yang bikin galau pada daftar aplikasi yang tidak preloaded di marshmallow salah satunya aplikasi PCLink dan Remote Link yang merupakan aplikasi sangat spesial di Asus zenfone, tetapi untunglah setelah di update aplikasi tersebut masih bisa dijalankan. 
Merasakan manisnya marshmallow di Zen Selfie, kali ini penulis akan mengulas beberapa informasi baru ( versi penulis ) pada Zen Selfie yang jalan di OS android M.....selamat membaca dan semoga bermanfaat.
baca juga:
Review Asus Zenfone 2 Selfie

1. STATUS ANDROID ZENSELFIE
status andorid M di zen selfie
status Zen Selfie
Mengusung android 6.0.1 marshmallow Asus Zenfone 2 Selfie semakin ramah pada baterai, security meningkat, aplikasi preload lebih ringkas dan lebih smart.

2. TAMPILAN MENU SETTING BERBEDA
Interface menu setting berbeda di android M
tampilan menu setting berbeda sedikit
Tampilan di menu setting sebagian besar masih sama dengan versi android L sebelumnya, namun ada beberapa menu yang berbeda dan lebih spesifik antara lain Storage & USB, Memory, Themes.

3. TAMPILAN MENU POWER SAVER DAN BATERAI LEBIH LENGKAP
Menu Power saver dan battery
tampilan menu Power saver dan battery 
Tampilan interface di power saver lebih fresh, informatif dan powerfull dengan begitu pengguna semakin banyak pilihan dalam pengaturannya. Pada sisi baterai informasi yang disampaikan tetap sama dengan versi sebelumnya, namun ada fitur baru yang penulis anggap belum ada di versi sebelumnya yaitu baterai optimization yang berfungsi untuk optimisasi baterai yang lebih spesifik pada aplikasi yang terinstall.

4. TAMPILAN MOBILE MANAGER DAN BOOST LEBIH LENGKAP
Tampilan recent app dan mobile manager
tampilan recent app dan mobile manager
Pada tampilan recent app pada versi android L untuk menghapus semua aplikasi yang berjalan cukup tekan clear recent app. Pada versi android M asus membuatnya lebih simple / ringkas karena clear recent app sama persis dengan proses boost dengan ada animasi mobil cepat formula. Selain itu penulis juga tidak bisa menemui widget task manager yang biasanya ditaruh di home screen untuk mengetahui aplikasi yang sedang berjalan. Pada android M kali ini asus sepertinya membuat aplikasi yang lebih fungsionalitas dan tidak tumpang tindih fungsinya, setidaknya asus perhatian dengan banyak fitur-fitur yang tidak kepakai.

5. TAMPILAN MENU RAM DAN STORAGE LEBIH SIMPEL
tampilan menu storae dan memory
tampilan menu storage dan memory
Tampilan menu Storage dan Memory di android M lebih fresh dan informatif terutama pada memory yang dibuat menu tersendiri, yang sebelumnya pada android L memory jadi satu di menu apps. Pada menu Storage & Usb tampilannya lebih spesifik dan simpel salah satunya penggolongan antara video dan picture yang terpisah di android M. Pada menu Memory informasi yang disajikan lebih spesifik dan ringkas, yang mana bisa dilihat pemakaian memorynya berdasarkan waktu.

6. MANAGEMENT NOTIFIKASI LEBIH DETAIL
tool baru notifikasi management
tool baru notifikasi management
Pada android M terdapat pula tool untuk pengaturan / management notifikasi, yang mana tool ini tidak ada sebelumnya di android L. Tool ini lebih powerfull untuk mengatur notifikasi yang ingin diaktifkan atau dinonaktifkan, untuk menampilkan tool ini bisa melalui panel notifikasi di quick menu dan mobile manager.

7. MANAGEMENT KONEKSI USB LEBIH SPESIFIK
menu koneksi USB
menu koneksi USB 
Management koneksi USB di android M lebih fungsionalitas dan spesifik, karena setiap menancapkan kabel USB ke laptop atau PC pengguna disuguhi tampilan menu untuk memilih mode charging / file transfers / Photo Transfer (PTP) / MIDI. Untuk mode MIDI merupakan fitur baru cuma ada di android M yang mendukung koneksi USB MIDI, cocok sekali buat pengguna yang suka main perangkat audio yang membutukan koneksi USB MIDI.

8. PERFOMANCE ANTUTU MENINGKAT
score Android L antutu V6.0
score Android L antutu V6.0
score android M antutu V6.1.4
score android M antutu V6.1.4
Berdasarkan aplikasi benchmark Antutu V6.1.4 ternyata Zen Selfie mengalami kenaikan score terutama di poin 3D, entah ini pengaruh dari system android M atau karena algoritma antutu yang berbeda. Pada android M score antutu lebih baik dari andorid L berbanding lurus dengan penulis rasakan selama pemakaian zenselfie, dimana smartphone ini makin gegas dan nyaman pada multitasking.

9. MANAGEMENT KONEKSI DATA
android M hanya salah satu SIM bisa 3G/4G
android M hanya salah satu SIM bisa 3G/4G
2G/3G/4G pada SIM 1 u/ Data Service
2G/3G/4G pada SIM 1 u/ Data Service
2G/3G/4G bila SIM 2 u/ Data Service
2G/3G/4G bila SIM 2 u/ Data Service
Penulis sempat gusar pada pengaturan data service di SIM1 dan SIM2, pada versi sebelumnya penulis tidak pernah menemui pesan " Only one SIM can set on 3G or above network ". Pada versi android L pada pengaturan Preferred network type di SIM1 dan SIM2 bisa di set 2G/3G/4G, dengan begitu penulis dengan leluasa pengunaan data 3G/4G pada SIM1 dan SIM2. Di android M ternyata SIM1 dan SIM2 tidak bisa di set 2G/3G/4G, salah satu SIM pasti otomatis berubah ke 2G. Sebenarnya ini sama saja dengan android L sebelumnya, karena penulis ternyata tetap bisa leluasa merasakan kecepatan 3G/4G di SIM1 dan SIM2, hanya saja Asus mengkondisikan SIM yang tidak dipakai data service di set ke 2G. Dengan kondisi ini menurut penulis pengguna zen selfie dalam penggunaan data service pada SIM1/SIM2 cukup mengaturnya di menu Dual SIM Card Setting, tanpa perlu seting di menu network setting-preffered network type.........cukup simple-kan!!.

10. KONEKSI DATA STABIL DAN RESPONSIF
Test speed Data XL
Test speed Data XL 
Selain itu penulis juga bisa merasakan 4G dengan menggunakan operator XL di daerah randuagung singosari malang, padahal sebelumnya di android L cuma dapat H+........ Apakah ini pengaruh karena system android-nya atau XL sebenarnya sudah mengcover daerah tempat tinggal penulis ?  Dari hasil ujicoba test kecepatan hanya dapat kecepatan seperti di 3G dengan download 2.3 Mbps dan Upload dibawah 512 Kb :(.....oh yaa ternyata penulis belum langganan paket 4G-nya :), namun yang bikin bingung juga kenapa kalau menggunakan Telkomsel dapat H+ aja di android L dan android M. Penulis juga merasakan setiap menyalakan data dari OFF ke ON notifikasi WA, FB, Gmail cepat keluar padahal sebelumnya di android L kadang - kadang harus sering matikan dan nyalakan Data Service.

11. VIDEO

Android M pada Asus Zen Selfie memberikan tampilan menu dan tool yang lebih fresh dan lengkap, didukung penggunaan RAM yang lega membikin Zenselfie semakin gegas terutama pada multitasking. Di android M sangat penting memiliki internal storage yang besar karena fitur perpindahan aplikasi ke memori SD Card dinonaktifkan sementara ini bisa diakali dengan menggunakan aplikasi Link2SD tapi harus kondisi di root Zen selfie-nya, tidak lupa juga asus mulai mensinergikan dengan aplikasi google seperti google calendar, google messenger. Penulis sementara ini cukup optimis dengan perfomance android M, untuk bug versi penulis sementara ini belum ditemukan tetapi bila nantinya ada bug semoga asus bisa segera mengeluarkan update terbarunya.

source:
https://www.android.com

You might also like

20 comments

  1. Ah aku jadi pengen icip marshmallow juga nih :3

    Nungguin OTA bakal lama gak ya?

    ReplyDelete
  2. Mas Pandu bisa download manual....linknya ada diartikelku diatas

    ReplyDelete
  3. ah kalau begini jadi pengen langsung incip-incip nih... hajar

    ReplyDelete
  4. Mas mau tanya, kalo mas sendiri lebih prefer pake aplikasi bawaan atau dari pihak ketiga? Misalnya cleaner mending pake CM atau bawaan Zen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bersihkan junk files saya prefer ke CM, kalau boost ram bisa pakai bawaan asus.....kesimpulannya app bawaan dan pihak ketiga perlu direview dulu bila aplikasi bawaan mencukupi tidak perlu install aplikasi pihak ketiga.

      Delete
  5. Jeleknya android M di zen selfie adalah semua aplikasi tersimpan di memori internal dan tdk bisa di pindahkan ke microSD. Jadi tdk bisa simpan banyak aplikasi ke zen selfie, siapa tau ada solusi min. Mohon bantuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini .... problem ini merupakan issue pengguna asus seluruh dunia, kita tunggu app atau updatean yang bisa mengatasi problem ini

      Delete
  6. Mas,, kenapa yaa jaringannya nda bs d lock 4g lewat *#*#4636#*#*? Padahal sebelum update marsmallow bisa?

    ReplyDelete
  7. Waduh...tlong mas..bgamana mrngatasi Versi 6.0 M zen selfie,app nga bsa dpindah ke microSD,bsa2 App nya terbts dong,klo kt mau app yg lain,jd mudah berat Ram ny...bgmana mas selusiny..,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ikuyi langkah ini
      http://www.asus.com/zentalk/id/forum.php?mod=viewthread&tid=108546&page=1#pid481010

      Delete
  8. Mas, kalau internal 16gb untuk update marshmallow, mampu ga yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mampu kok...asal freenya jangan dibawah 2 gb an

      Delete
  9. ada yg pasti bisa nge root asus selfi OS 6.0.1 gk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tutorial ini http://www.asus-zenfone.com/2016/10/how-to-root-asus-zenfone-selfie-zd551kl-marshmallow.html

      Delete
  10. mas tapi ko dipengaturanku user di deket battrai tidak ada knpa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. update awal...mestinya ada, tapi di update selanjutnya bisa saja user dihapus oleh asus

      Delete
  11. Kenapa ya asus zen selfieku tidak bisa aktif 2simcard? Di bolak balik tetap za pasti ada 1sinyal yg mati jd cm bisa 1sim.
    apa karna tidak bisa pake 4G & 3G bersamaan? Trus salah 1sim jd 2G??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jalan bareng kok, bila satu slot aktif ke 4G slot lainya bisa 2G aja....tapi bisa diswitch kedua2nya untuk jalan 4G

      Delete

Jangan Nyepam Yah..:)