Kamera Andalanku Siap Beraksi !!

Giveaway aku dan kamera ponsel

Preview dulu yah.....saat ini masyarakat digital sangat dimanjakan akan teknologi yang mendukung banget perkembangan teknologi digital, salah satunya teknologi digital yang lagi booming di tengah masyarakat digital adalah smartphone. Smartphone sebenarnya merupakan perangkat yang memiliki fungsi dasar sebagai media komunikasi telpon dan pesan, namun kini terus bergulirnya perkembangan teknologi smartphone menambah fungsi smartphone semakin komplek dan lengkap. Salah satu fungsi smartphone yang tidak luput sebagai acuan untuk menjadikan suatu pilihan pengguna selain perfomance adalah pada kualitas kamera.
Saat ini berbagai merk smartphone berlomba-lomba memberikan fitur - fitur kamera yang mumpuni dan berkualitas tinggi mendekati kamera DLSR, meskipun hasil fotonya tidak setara dengan kamera DLSR setidaknya kamera di smartphone memiliki keunggulan-keunggulan, antara lain :
  1. Harga. Harga smartphone yang bersaing antara 2 juta-an sampai dengan 5 juta-an membuat pengguna bisa memilih dengan leluasa smartphone yang memiliki kualitas kamera mumpuni, dibanding harga kamera DLSR yang bisa sampai 5 juta keatas untuk mendapatkannya.
  2. Nyaman. Ukuran smartphone yang pas ditangan akan memudahkan bagi penggunanya dalam setiap momen untuk mengambil foto tersebut, dibanding kamera DLSR yang bongsor dan sangat mencolok ditempat keramaian.
  3. Fleksibel. Smartphone yang lebih lengkap dengan aplikasi dan koneksi internet, dengan mudahnya untuk diedit dengan aplikasi photo editor dan dishare di media social / gadget lain, dibanding kamera DLSR pasti pemirsa bisa bayangkan begitu ribet sekali.
  4. Playback. Smartphone dengan foto management dan layar yang lebih baik bisa memberi keleluasaan penggunanya untuk melihat / mereview hasil jepretan kamera, dibanding kamera DLSR yang memiliki ukuran layar preview yang lebih kecil sangat repot untuk melihat / mereviewnya.
  5. Selfie. Demam selfie diseluruh dunia yang memungkinkan kamera depan dan belakang smartphone digunakan dengan maksimal untuk memperoleh hasil foto selfie yang bagus, dibanding kamera DLSR yang tidak terbayangkan / konyol kalau dibuat selfie.
  6. Evolusi. Sensor kamera smartphone terus berevolusi mulai dari resolusi yang terus diperbaiki ( sekarang bisa sampai 23MP lho.. ), sensor kamera yang canggih seperti OIS ( Object Image Stabilizer ), AutoFocus ( Laser dan Phase detection ), Zoom Lensa Fisik dan lain-lain.
Setelah preview tulisan diatas ...... saatnya penulis ungkapkan portfolio kamera smartphone penulis pernah pakai, yang selama ini menemani penulis untuk menyalurkan passion pada dunia smartphonegraphy  :
  1. Asus Padfone S ( Januari 2015 ~ November 2015 )
  2. Asus Zenfone 2 Selfie ( November 2015 ~ Sekarang )
Tunggu - tunggu semuanya pada pakai smartphone Asus, memang apa sih kelebihannya ?
All in One Asus PixelMaster
Kamera dengan Asus PixelMaster siap diajak beraksi
Asus merupakan salah satu produsen smartphone yang benar - benar antusias memberikan fitur yang lengkap dan kekinian pada sisi kameranya yang terkenal dengan Teknologi Asus Pixelmaster. Teknologi unik Asus Pixelmaster ini merupakan kombinasi hardware, lensa kamera dan software yang mampu memberikan pengalaman baru bagi penulis bahwa betapa mudahnya mendapatkan hasil foto yang keren dan mendekati profesional.

Pada Asus Pixelmaster V2.0 itu memiliki 19 mode kombinasi photography dan videography yang semuanya tinggal dipilih sesuaikan dengan kondisinya " Ibarat mau maju di medan perang, penulis sebagai tentara ( pemburu object foto ) dengan leluasa menentukan mode / senjata pilihannya untuk menaklukan musuh / mendapatkan objek dengan berbagai kondisi apapun yang memungkinkan ".
ASUS PADFONE KAMERANYA EXCELLENT
Awal cerita menggunakan kamera smartphone adalah pada Asus Padfone yang penulis sangat sukai karena perfomance dan kameranya yang memiliki resolusi kamera utama 13 Megapiksel, lensa 5 elemen, aperture f/2.0, Asus Pixelmaster V1.0 dan komposisi kamera ini sudah melebihi ekspetasi penulis. Penulis senang photography dengan object yang unik, landscape, people dan sosial, enaknya dengan kamera smartphone semua object itu bisa diambil tanpa memerlukan waktu khusus, misal disaat antarkan istri ke pasar sambil menunggu istri keliling belanja, penulis sempatkan keliling pasar juga untuk mendapatkan momen yang tepat untuk digunakan sebagai object. Waktu lain saat pagi-pagi sambil menunggu sarapan pagi matang penulis sempatkan ambil object di sawah dekat rumah, karena pada saat pagi hari itu kondisi bunga-bunga sangat segar bila dijadikan object dan juga pada saat matahari terbit merupakan object yang sangat luar biasa untuk diabadikan.
hasil foto "keliling dipasar dan beli lupis langsung jepret"
hasil foto "keliling dipasar dan beli lupis langsung jepret"

hasil foto "segarnya pagi hari disawah"
hasil foto "segarnya pagi hari disawah"
Biar memiliki tantangan penulis coba-coba mengikuti event - event photography siapa tahu dapat rejeki dari event ini, berikut beberapa contoh hasil kamera padfone yang saya abadikan dan saya publish di komunitas asus zentalk, malah ada beberapa foto yang mendapatkan badge essence dari moderator saat ada event Zen is Your eyes 2015 meskipun tidak juara di event tersebut.
hasil foto "iseng-iseng dapat object cakep di kapal feri dermaga surabaya"
hasil foto "iseng-iseng dapat object cakep di kapal feri dermaga surabaya"

hasil foto "salah satu foto dapat badge essence di zentalk panen padi di sawah dan iseng-iseng shot masjid cheng hoo "
hasil foto "salah satu foto dapat badge essence di zentalk panen padi di sawah dan iseng-iseng shot masjid cheng hoo "

Event lain yang diadakan oleh admin grup FB Asus Padfone Indonesia dengan mengadakan lomba foto dengan tema pemandangan, mencoba ingin ikut dengan bongkar-bongkar arsip foto di padfone akhirnya penulis menemukan foto yang diambil saat dipinggir sawah dan waktu itu pas lagi ngreyen sepeda motor matic ( bahasa Indonesia ngereyen itu apa yah ?….. kalo dijelaskan itu mengkondisikan mesin sepeda motor dengan dibuat jalan-jalan ringan sampai beberapa kilometer agar nantinya mesin motor siap untuk dipakai kerja normal / berat ).
hasil foto "iseng - iseng ikut lomba foto grup FB padfone indonesia"
hasil foto "iseng - iseng ikut lomba foto di grup FB padfone indonesia"
Dengan maksud mengambil foto pemandangan sawah dengan latar-belakang gunung, lalu tanpa sengaja ada petani dan sapi lewat mau berangkat kesawah yang kemudian melewati view kamera dan untung saja momen itu berhasil diabadikan di kamera padfone penulis. Foto pemandangan tersebut pernah penulis posting di facebook dan ternyata beberapa teman ada yang suka dengan foto itu yang terkesan alami dan indonesia banget. Akhirnya foto pemandangan itu coba penulis ikutkan di lomba itu yang akhirnya bisa mendapatkan juara 1 dengan hadiah pulsa Rp 100.000, meskipun lomba foto ini diadakan internal buat grup pengguna asus padfone penulis tetap yakin bahwa kamera padfone ini sangat bagus dan tidak kalah bersaing kualitasnya dengan merk lainnya.

ASUS ZENFONE KAMERANYA BISA DIANDALKAN
Cerita selanjutnya....sejak diluncurkannya Asus Zenfone generasi ke-2 aplikasi kamera Asus Pixelmaster V2.0 mengalami peningkatan / perbaikan fitur dari versi sebelumnya. Oleh sebab itu penulis semakin penasaran pada keandalan Asus Pixelmaster terbaru versi 2.0 karena adanya mode manual, yang mana pada mode manual pengguna diberi keleluasaan untuk mengatur secara manual pada ISO, Exposure, Shutter Speed dan Focus…....wah dengan berharap nantinya kalau ada rejeki penulis ingin upgrade ke Asus Zenfone 2 biar bisa mencicipi keandalan kamera asus pixelmaster V2.0.
Asus Zenfestival 2015
Asus Zenfestival 2015, shot w/padfone

Hampir setahun menikmati kamera yang excellent di Asus Padfone, alhamdulillah penulis akhirnya bisa kesampaian mencicipi keandalan kamera Asus Pixelmaster V2.0 yang terdapat di Asus Zenfone Selfie. Tepatnya pada event Asus Zenfestival 2015 penulis mendapatkan 1 unit smartphone Asus Zenfone Selfie yang pada saat itu barusan di launching oleh Asus Indonesia. Pada event Asus Zenfestival 2015 sebenarnya Asus Indonesia melaunching banyak produk smartphonenya seperti Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG, ZE550KG,ZE500KL, ZE550KL, ZE601KL, Zenfone Max ZC550KL, Zenfone Selfie ZD551KL, Zenfone 2 Deluxe dan Zenfone 2 Deluxe Special Edition.
Jurus - jurus Sakti pada Asus Zenfone Selfie
Fitur kamera Andalan dan spesifikasi pada Asus Zenfone Selfie, shot w/padfone
Pada keluarga Asus Zenfone 2, Zenfone 2 Laser, Zenfone Max dan Zenfone Selfie merupakan generasi ke-2 keluarga Asus Zenfone, karena sama – sama menggunakan interface ZenUI V2.0, Audio SonicMaster V2.0 dan Kamera Asus Pixelmaster V2.0. Beda dengan Asus Zenfone 2 ternyata kamera utama Zenfone 2 Laser, Zenfone Max dan Zenfone Selfie memiliki teknologi laser auto focus yang mampu mendapatkan focus object yang jernih dan cepat hingga 0.03 s.
Kali ini penulis kerucutkan kata-kata zenfone selfie, zenfone 2, zenfone 2 laser dan zenfone max dengan kata-kata asus zenfone karena semuanya sama-sama menggunakan teknologi kamera asus pixelmaster V2.0 dan kebetulan penulis menggunakan salah satunya yaitu asus zenfone selfie. Sebenarnya kenapa sih pada artikel ini penulis beri judul " Kamera Andalanku Siap Beraksi !!......berikut ini penulis akan jelaskan alasannya :
1. Asus Pixelmaster V2.0
Asus Pixelmaster V2.0
Asus Pixelmaster V2.0
Pada Asus Zenfone memiliki 19 mode kamera andalan antara lain 17 mode untuk foto dan 2 mode untuk video, yang menurut penulis merupakan aplikasi kamera terlengkap dibanding merk smartphone lainnya. Bayangkan dengan cukup 1 aplikasi kamera bawaan asus zenfone penulis bisa merasakan berbagai pengalaman baru dalam mengambil berbagai macam kondisi objek foto.

2. Laser auto focus dengan kecepatan hingga 0,03 s
Laser auto focus dengan kecepatan hingga 0,03 s
Fungsi laser auto focus bisa untuk ukur jarak
Merupakan fitur menangkap focus objek paling cepat pada kamera utama asus zenfone, dengan laser auto focus memberikan kemudahan bagi penulis dalam mengambil object foto macro / jarak dekat max. 6 cm dan selain itu fungsinya bisa juga dibuat ukur jarak / ruler. Oh yaa...BTW….perlu diketahui teknologi laser auto focus selama ini adalah teknologi kamera yang sebelumnya dimiliki oleh smartphone premium dengan harga yang mahal, namun sekarang smartphone asus zenfone merubah mainstream teknologi ini dengan harga smartphone terendah yang di kisaran 1,6 juta s/d harga tertinggi 3,5 juta sudah bisa mencicipi teknologi ini.
Makro Asus Zenfone
Hewan kecil difoto jara dekat ( macro )

Makro Asus Zenfone
Lebah saat terbang di foto dari jarak terdekat

3. Mode Super Resolution
Mode Super Resolution
Mode Super Resolution bisa sampai 52MP
Merupakan mode kamera andalan yang merubah algoritma resolusi kamera 4x lebih besar, dengan begitu bila hasil foto diperbesar tidak pecah. Bila kamera menggunakan resolusi 13MP maka dengan mode super resolution akan menjadi resolusi 52MP.
Mode Super Resolution
Hasil foto lebih halus

4. Mode Manual
Mode Manual
Mode Manual tampilan menu pengaturan lebih detail
Merupakan mode kamera andalan yang mana penulis disuguhi banyak opsi pengaturan manual meliputi ISO, Shutter, exposure, dan Focus. Mode ini yang paling penulis sukai, karena dengan menggunakan kamera smartphone Asus Zenfone bisa mendekati hasilnya dengan kamera profesional DLSR.
Mode Manual Long Shuter Speed
Mode Manual Long Shuter Speed dengan pengambilan foto yang pas bisa menghasilkan foto " Lightning Trail "

Mode Manual Short Shuter Speed
Mode Manual Short Shuter Speed bisa menangkap objek foto dengan cepat, tanpa ada efek blur


5. Mode Low Light
Perbandingan Mode Low Light - Mode Night - Mode Auto
Perbandingan Mode Low Light - Mode Night - Mode Auto
Merupakan mode kamera andalan yang menggabungkan keempat piksel yang berdekatan serta pemrosesan citra yang digunakan, pengguna bisa mendapatkan gambar dengan kecerahan 4 kali lebih baik serta kontras warna hingga 2 kali lipat dari ponsel kamera biasa. source : http://android-indonesia.com

6. Mode Depth of Field
Mode Depth of  Field
Mode Depth of  Field

Merupakan mode kamera andalan yang memberikan sentuhan ala kamera DLSR, yang mampu memberi fokus yang tegas pada objek dengan backgroud belakang yang diblurkan.
foto hasil Mode Depth of  Field
Foto hasil Mode Depth of  Field



Asus Zenfone penulis mulai menambah daftar track recordnya dengan merambah ke videography, bertepatan dengan aktivitas diluar dengan mengikuti touring / mbolang ( Tawon Rimba ) menemani Pak Sony ( Teman Kantor ) dengan mengendarai mobil Jip / 4WD. Touring penuh dengan sensasi yang tidak terlupakan ini dengan melewati jalan yang penuh lumpur dan halang rintangan yang tidak memungkinkan untuk dilewati mobil biasa, melewati hutan dengan kondisi jalan yang susah dilalui mobil biasa dan semua itu dengan satu tujuan menaikkan adrenalin sambil menikmati indahnya objek wisata (pantai, air terjun dll). Momen seperti itu tidak lupa penulis iseng - iseng dokumentasikan semuanya lewat foto dan video dengan menggunakan Asus Zenfone.
Sensasi lumpur dan jalan terjal sebelum ke Air Terjun Cobantundo
hasil foto :  Sensasi lumpur dan jalan terjal sebelum ke Air Terjun Cobantundo

menuju ke lokasi air terjun cobantundo dengan jalan kaki
hasil foto : menuju ke lokasi air terjun cobantundo dengan jalan kaki
Dokumentasi video dan foto semuanya menggunakan aplikasi kamera Asus Pixelmaster pada Asus Zenfone, kemudian pada videonya menggunakan resolusi Full HD. Hasil beberapa videonya diblend dengan beberapa foto menggunakan aplikasi video editor di media smartphone Asus Zenfone. Perlu diketahui proses video editing di smartphone sangat memerlukan extra kesabaran dan ketelitian dibanding video editing di PC, karena keterbatasan pada ukuran layar yang kecil 5,5". Alhamdulillah.....akhirnya semua keterbatasan itu bisa dilewati dengan selesainya video tersebut.....namanya masih belajar bikin video masih banyak kekurangan dan perlu koreksi di video tersebut. Sebenarnya cukup mudah dan bisa diandalkan untuk membuat video di smartphone, karena cukup ditunjang dari hasil foto dan video yang bagus sekaligus disinergikan dengan ide-ide cemerlang pasti bisa menghasilkan video yang bagus. Berikut ini penulis pernah mengeluarkan 2 video amatiran yang murni dari hasil gear Asus Zenfone dan berhasil tayang di media sosial Youtube.com, berikut hasil videonya :

Hasil video Mode Time Lapse di Asus Zenfone

Hasil Blend Video dan Foto Touring Tawon Rimba ke Pantai Jonggring Saloko & Pantai Modangan

Kemampuan kamera Asus Zenfone dalam video dan foto penulis akui sangat bisa diandalkan, karena semuanya menggunakan aplikasi kamera asus pixelmaster. Di asus zenfone penulis sangat diuntungkan juga dengan aplikasi preloader yang mendukung editing foto dengan Asus Photo Collage dan bikin video mini dengan menggunakan Asus Mini Movie. Selain itu Asus juga melengkapi komunitasnya dengan menyediakan wadah / komunitas yang menyukai fotography dengan adanya aplikasi Zen Circle. Aplikasi Zen Circle adalah aplikasi media sosial seperti instagram yang penggunanya bisa posting foto dan video terbaik agar bisa dilihat oleh netizen Zen Circle seluruh dunia. Aplikasi Zen Circle oleh Asus juga ditanam di aplikasi kamera asus pixelmaster dan gallery asus, semua itu untuk mempermudah penggunanya dengan sekali klik bisa share / upload fotonya ke media sosial zen circle. Semua hasil foto dan video Asus Zenfone tidak lupa juga penulis share di media sosial facebook, twitter, instagram, zen circle dan youtube, bila pemirsa ingin melihat contoh keandalan kamera Asus Zenfone.

'Giveaway Aku dan Kamera Ponsel by uniekkaswarganti.com'

source :
americanshootingjournal.com
asus.com/ID
community.flash3c.com

You might also like

10 comments

  1. ASUS Zenfone 2 memang sangat bisa diandalkan oleh siapapun, yang mau belajar fotografer pun bisa, untuk ngeblog pun bisa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak Eri....ndak perlu lagi kamera DLSR yah

      Delete
  2. Uwoohhhh kerenn...
    Hasil jepretanya serasa hidup. Warnanya pun tetap asli hhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan asus camera semakin lengkap seorang blogger.
      semoga mbak / ibu rohmah bisa ikut merasakan sensasinya.

      Delete
  3. cakep ya hasil fotonya... itu pakai asus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak / ibu levina asus padfone dan asus zenselfie

      Delete
  4. Fotonya kece-kece dan keren, kali aja salah satu fotonya bisa menang Zen In your eyes nya Asus.

    ReplyDelete
  5. Wih, kita satu angkatan rupanya, pengguna Zenfone Selfie sejak Nov 2015, dapetnya di tempat yg sama pula ;)

    Terima kasih sudah ikutan GA Aku dan #KameraPonsel. Good luck.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe....baru tahu kalo satu angkatan.
      Terima Kasih sudah comment di artikel saya

      Delete

Jangan Nyepam Yah..:)