Asus Zenpad Z370CG " Tablet Yang Lebih Dari Sekedar Tablet "

Sudah lama kelurga kami menginginkan sebuah tablet sebagai hiburan keluarga kecil kami. Tablet idaman dengan ukuran layar 7 inch bagi keluarga kami sangat pas bila digunakan oleh anak, istri dan saya sebagai penulis. Dengan ukuran layar proposional, ukuran 7 inch merupakan ukuran layar yang tidak terlalu besar dan terlalu kecil. Tablet yang rencananya akan kami gunakan sebagai media hiburan keluarga juga bisa sebagai media pendidikan bagi anak kami yang butuh akan informasi / ilmu bermanfaat yang mana sekarang banyak ditemukan di internet.
Alhamdulillah setelah sekian lama akhirnya keluarga kami bisa merasakan dan memiliki tablet idaman yang melebihi ekpetasi keluarga kami dan semuanya itu ada di Tablet ASUS ZenPad 7.0 ZC370CG Theater. Pada artikel kali ini penulis akan mengulas tablet idaman keluarga kami Asus Zenpad ZC370G Theater yang mana artikel ini semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan rujukan bagi keluarga yang ingin membeli tablet idaman. Sebelumnya penulis hanya bisa mengucapkan syukur Alhamdulillah dan sampaikan terima kasih untuk Asus Indonesia karena diberi kesempatan mereview tablet idaman keluarga kami.

1. UNBOXING
Asus Zenpad 7.0 Z370CG Theater yang ada di genggaman penulis saat dibuka dari boxnya, memiliki kelengkapan yang terdiri dari :
  • 1x Tablet Zenpad Z370CG
  • 1x Charger 1.35A / DC 5 Volt
  • 1x Kabel USB
  • 1x Buku Petunjuk Tablet
  • 1x Kartu Garansi
  • 1x Audio Cover
  • 1x Adapter Converter ( media untuk charging baterai audio cover )
  • 1x Buku Petunjuk Audio Cover
Unboxing Asus Zenpad Theater Z370CG
Tablet Asus Zenpad Z370CG

2. DESAIN CANTIK NAN UNIK
Asus Zenpad Z370CG yang memiliki screen to body ratio 72% merupakan tablet dengan desain yang di ujung-ujungnya memiliki sudut yang tumpul / melengkung. Pada bezel pinggir layar ditemukan lapisan tipis warna silver yang nampak seperti lapisan metal, Tombol power dan volume ada di sebelah kanan, audio jack 3,5mm ada diatas, port microUSB ada dibawah dan microphone ada dibawah karena tablet ini bisa digunakan sebagai media komunikasi. " Interchangeable " penulis suka dengan desain cover belakang yang bisa diganti sewaktu-waktu antara audio cover dengan cover biasa, namun dengan adanya desain ini untuk mencopot atau mengganti SIM card - microSD harus membuka covernya dulu yang mana sama asus didesain sangat mudah dalam pergantiannya dan semua itu sangat berbeda dengan kebanyakan tablet yang lain.
Desain stylish dan elegan
Desain stylish dan elegan 
Pada cover belakang memiliki corak / tekstur permukaan yang menyerupai kulit tetapi cover ini tidak semuanya menutupi sisi belakang namun ada permukaan yang halus yang diatasnya ditemui tulisan " Asus Zenpad dan Intel Inside ", perpaduan antara cover yang bertekstur kulit dan permukaan yang halus mampu menghadirkan tablet terlihat lebih stylish dan elegan.
audio cover zenpad theater
audio cover bikin tablet jadi unik

Asus Zenpad Z370CG adalah tablet unik yang bisa ditambahkan dengan audio cover, karena itu tablet ini juga dipanggil " Asus Zenpad Theater ". Dengan adanya audio cover yang bisa disematkan pada tablet Asus Zenpad Z370CG tidak dipungkiri desain ini merupakan " Desain tablet yang berbeda dengan tablet merk lainnya, yang mana desain tablet ini merupakan pertama kali di dunia yang memberi terobosan untuk menyuguhkan tablet dengan speaker multimedia yang memiliki output suara dengan kualitas DTS HD Premium Sound.

3. SPESIFIKASI
OS
Android 5.0 (Lollipop)
DISPLAY
7" LED Backlight WXGA (1280x800) Screen HD IPS Panel-
10 finger multi-touch support-Corning® Gorilla® Glass 1
Anti-fingerprint coating-Full lamination-ASUS Tru2Life Technology
CPU
Intel® Atom™ x3-C3230 Quad-Core, 64bit ( Code Name : Sofia )
GPU
Mali-450 MP4
RAM
32-Bit Single channel LPDDR3 2GB
STORAGE
16GB - 5GB Life Time ASUS Webstorage Space

with an additional 11 GB for 1 year(s)
NETWORK 
WCDMA
HSDPA DL:21 Mbps
HSPA UL:5.76 Mbps /DL: Mbps
2G :
EDGE/GSM :
850MHz/900MHz/1800MHz/1900MHz
3G :
WCDMA :
850MHz/900MHz/1900MHz/2100MHz
WIRELESS
WLAN802.11 b/g/n
Bluetooth V4.0
Support Miracast
KAMERA
2 MP Front Camera
5 MP Rear Camera with Auto-Focus
Auto focus (rear) 720p Video Recording

Large f2.0 aperture. (rear camera)
AUDIO
1 x Front Speaker with DTS HD Premium Sound, Supports aptX®
INTERFACE
1 x Micro USB
1 × 2-in-1 Audio Jack (Headphone / Mic-in)
1 x Micro SD Card Reader, up to 64GB SDXC
1 x Micro SIM tray
SENSOR
G-Sensor / E-compass / Light Sensor/ Proximity Sensor/ Hall Sensor
BATERAI
8 hours battery life; 13Wh Li-polymer Battery-3450mAh(Tablet)- 2300(Audio Cover)
NAVIGATION
GPS, GLONASS & AGPS
WARNA
Obsidian Black, Pearl White, Aurora Metallic
DIMENSI
189 x 110.9 x 8.7 mm (LxWxH)
BERAT
272 g


4. LAYAR YANG MENGAGUMKAN
5 Fitur unggulan pada layar dengan menggabungkan antara hardware dan software yang mampu menyuguhkan tampilan pada layar zenpad semakin eksklusif, nyata dan ramah dengan mata penggunanya.
Asus Visual Master
Asus Visual Master
Tablet Asus Zenpad Z370CG memiliki teknologi layar yang berbeda dengan smartphone Asus Zenfone lainnya. Salah satunya penulis terkagum dengan teknologi Tru2life yang ditanam pada layar Asus Zenpad, ternyata teknologi ini mampu membuat Zenpad jadi  tablet yang sempurna saat dibawa di luar ruangan dengan kondisi kena paparan cahaya matahari. Saat kena paparan sinar matahari semua icon menu dan tulisan yang ada tablet ini sangat kentara terlihat dengan jelas tanpa ada kekurangan apapun, yang biasanya banyak ditemui di tablet merk lain.

Sebenarnya apa sih teknologi layar Asus Tru2life ?

perbedaaan tanpa atau dengan tru2life
tanpa tru2life (kiri ) - dengan tru2life (kanan)








Layar tetap bisa dilihat meskipun dibawah terik matahari
Layar tetap cerah dan icon menu bisa dilihat meskipun dibawah terik matahari
Penulis ambil informasi dari webnya Asus Indonesia, teknologi layar Asus Tru2life ini menggunakan pemroses gambar terbaru yang banyak dipakai di TV kelas atas. Teknologi ini mampu menyuguhkan tampilan gambar yang paling realistis, kontras yang luas, ketajaman yang tinggi dan detail yang terbaik. Kontras yang luas pada Tru2life memberikan peningkatan pada rentang dinamis suatu gambar, dengan begitu semakin tinggi rentang dinamisnya semakin realistis. Selain kontras yang sempurna teknologi ini juga meningkatkan ketajaman gambar terkecil jadi semakin detail untuk ditampilkan.
Teknologi TruVivid
Teknologi TruVivid
Selain teknologi Tru2life pada Zenpad Z370CG juga ditanam teknologi layar TruVivid yang mana teknologi ini juga banyak ditemukan pada layar smartphone asus zenfone. Teknologi ini sudah sering penulis bahas pada artikel sebelumnya yang merupakan transformasi teknologi desain 4 lapis layar konvensional yang terdiri dari kaca pelindung, touch panel, rongga udara dan LCD modul. Dari desain 4 lapis layar ini mampu diubah menjadi 2 lapis layar yang dilaminasi dengan penuh dengan menghilangkan rongga udara kemudian diikuti juga menyatukan kaca pelindung dengan touch panel. Dengan TruVivid layar mampu menghasilkan transparasi optis yang lebih tinggi (>94%), warna lebih brillian dan jernih dibanding layar yang menggunakan teknologi konvensional.
Teknologi layar yang terbaru
Layar yang bikin nyaman dan aman bagi mata

Fitur Asus Splendid yang kaya akan pilihan warna biasanya ditemukan di kebanyakan smartphone Asus Zenfone, semakin memberi kemudahan bagi penggunanya dalam menentukan warna yang sesuai dengan kebutuhannya.
Asus Bluelight Filter merupakan fitur yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar pengguna smartphone dan tablet Asus, karena dengan fitur ini mampu mereduksi paparan emisi cahaya biru yang dihasilkan dari layar LCD yang mana akhirnya fitur ini mampu memberi kenyamanan pada mata dan juga mampu membikin mata pengguna tidak mudah cepat lelah.
Jenis layar HD IPS yang menakjubkan pada Asus Zenpad Z370CG semakin memperlengkap pengalaman indah bagi penggunanya dalam menikmati suguhan layar dari rentang sudut pandang 178 derajat, tingkat kecerahan yang luar biasa, warna yang akurat dan sangat jernih untuk sekelas tablet.

5. ZENUI BIKIN BEDA DAN COCOK UNTUK ANAK
Asus Zenpad memiliki interface yang terkenal Asus ZenUI V2.0 sama persis dengan kepunyaan smartphone Asus Zenfone 2 keatas. Dikarenakan tablet ini rencananya buat media hiburan dan pendidikan buat anak, penulis suka dengan adanya Kids Mode yang memang dibuat khusus buat anak agar terhindar dari dampak negatif pemakaian yang tidak terkontrol, internet dan konten negatif.
Kids Mode Pada ZenUI
Kids Mode Pada ZenUI

Penulis salut pada fitur yang ada di interface ZenUI salah satunya pada keyboardnya yang modern dan nyaman dipakai, selain bisa di custom keyboardnya juga bisa di split menjadi 2 menyesuaikan akan kebutuhan dan besarnya layar. Untuk mengaktifkan keyboard yang bisa di split jadi 2 cukup dengan menaruh 2 jari diatas keyboard dan lakukan gerakan melebar ( seperti gerakan membesarkan gambar / zoom ).
Keyboard ZenUI
Keyboard ZenUI


6. KONEKTIVITAS & NAVIGASI LENGKAP
Asus Zenpad Z370CG merupakan jenis tablet yang memiliki koneksi yang lengkap untuk online dengan internet, bisa menggunakan Wi-Fi dan 3G/HSDPA. Koneksi standart pada tablet ini sudah mendukung koneksi wi-fi yang sampai type WLAN802.11 b/g/n dan bila tidak ada koneksi hotspot bisa menggunakan data interkoneksi 3G/HSDPA operator GSM, karena sudah ada slot micro SIM-nya. Selain itu dengan adanya slot micro SIM-nya tablet ini juga bisa difungsikan sebagai media komunikasi telpon dan SMS juga.
Hasil speedtest dengan Paket Flash Telkomsel
Hasil speedtest dengan Paket Flash Telkomsel
Selain itu navigasi GPS yang ditanam di zenpad ini penulis anggap lumayan lengkap dan akurasinya bisa diandalkan, karena sudah mendukung satelite GPS,A-GPS dan GLONASS. Seperti yang ada di smartphone asus jumlah GPS-nya berbeda lebih sedikit dibandingkan dengan di smartphone. Penulis melakukan pengujian pada GPS-nya dengan menggunakan app Androits dan Google Maps, hasilnya ada dibawah ini :
GPS di Asus Zenpad Z370CG
Dengan app androits terbukti adanya GPS, A-GPS dan GLONASS.
Akurasi GPS Asus Zenpad Z370CG dengan Google Maps
Menguji tingkat akurasi GPS dengan menggunakan Google Maps
Dari hasil pengujian terlihat dengan app androits GPS yang bisa ditangkap oleh Asus Zenpad Z370CG bisa mengenali GPS,A-GPS milik amerika dan GLONASS milik Rusia. Untuk tingkat akurasi dengan menggunakan app google maps penulis nilai masih ada selisih jarak kisaran 5 meteran, dari lokasi sebenarnya yang dilingkari warna merah.

7. BATERAI MENCUKUPI
Baterai Irit dan Fitur Power Saver
Baterai Irit dan Fitur Power Saver 
Baterai yang di usung Tablet Asus Zenpad 7.0 Z370CG memiliki tipe Li-Polymer dengan kapasitas 3450 mAh atau 13 Wh dan audio covernya juga memiliki baterai tersendiri dengan kapasitas 2300 mAh ( source : notebookcheck.net ). Dengan system baterai yang tertanam didalam tablet, tidak memungkinkan pengguna untuk mengganti secara langsung, karena harus bongkar case terlebih dahulu. Pada audio cover memiliki baterai independen / tersendiri yang mana powernya audio cover tidak lagi membutuhkan masukan power dari baterai tablet.
Charge Audio Cover dan indikatornya
Charge Audio Cover dan indikatornya

Pengisian baterai audio cover bisa di dilakukan secara independen atau bersamaan dengan tablet, apabila di charge secara independen cukup dengan menggunakan adapter inverter yang ditancapkan pada audio cover kemudian diikuti ditancapkan pula USB adapternya. Untuk pengisian baterai audio cover secara independen ditemukan led indikator yang bisa sebagai acuan penuh tidaknya baterai pada adapter inverter. Warna led indikator bila berwarna orange menunjukan baterai sedang di charge / baterai belum terisi penuh dan sebaliknya warna hijau menunjukan baterai sudah terisi penuh. Untuk indikator baterainya audio cover bila ditancapkan di tablet juga memiliki indikator tersendiri pada layar yang terpisah dengan baterai tablet zenpad.

8. AUDIO YANG PENUH SENSASI
Teknologi Audio SonicMaster yang sudah berpengalaman pada perangkat smartphone dan notebook juga ikut disematkan pada Zenpad ini. Semakin lengkap tablet ini dengan memberi pilihan opsional pada penggunannya antara memilih menggunakan speaker tablet atau speaker audio cover, sebenarnya speaker dari bawaan tablet ini sudah sangat powerfull untuk didengarkan dan apabila ditambah dengan menggunakan audio cover tambah semakin powerfull lagi.
Audio Cover Speaker 5.1 kualitas DTS HD Premium Sound
Audio Cover Speaker 5.1 kualitas DTS HD Premium Sound

Kali ini penulis mencoba melakukan pengujian dengan menggunakan alat seadanya dengan mengandalkan asus zenfone 2 selfie yang sudah memiliki sensor audio untuk mengukur tingkat kekuatan sumber suara dari speaker tablet dan audio cover. Dengan kondisi diruangan kamar tertutup yang memiliki atap corr beton dan pengaturan volume ditablet dikondisikan paling maksimal memainkan video berjudul " good boys " milik bigbang grup boy band terkenal dari korea selatan, akhirnya penulis mulai lakukan pengujiannya dan hasilnya sebagai berikut :
speaker tablet (kiri) - audio cover (kanan) w/app sensor box
speaker tablet (kiri) - audio cover (kanan) w/app sound meter
Dari hasil pengujian diatas dengan menggunakan 2 aplikasi sensor box dan sound meter menghasilkan nilai kekuatan suara per desibel yang berbeda dari 2 aplikasi ini, meskipun begitu tetap saja terbukti output suara dari audio cover memiliki kekuatan suara per desibel yang lebih baik dari speaker bawaan tablet. Dari pengujian diatas penulis hanya ingin mengetahui kekuatan suara keluaran dari speaker audio cover yang ternyata memiliki kekuatan desibel yang lebih tinggi dibandingkan kekuatan suara dari speaker tablet.
Catatan :
Untuk hasil pengujian diatas alat pengukur sebatas menggunakan media smartphone Zenfone 2 selfie yang memiliki sensor audio, karena itu untuk nilai / hasil tingkat kekuatan suara per desibelnya lebih presisi menggunakan alat pengukur suara yang sudah dikalibrasi oleh lembaga kalibrasi.


9. PERFOMANCE TIDAK MENGECEWAKAN
Asus Zenpad Z370CG menggunakan teknologi CPU Intel terbaru yaitu Intel® Atom™ x3-C3230 Quad-Core support 64-bit. Dengan menggunakan Formedly Code " SoFIA " CPU yang ada di kelas entry level ini ditandemkan dengan GPU yang bertenaga Mali 450-MP4, selain itu kapasitas RAM yang ditanam di Z370CG sebesar 2GB sudah mendukung jenis RAM LPDDR3. Karena termasuk kelas entry level pada CPU x3-C3230 penulis penasaran dengan perfomancenya, karena itu penulis melakukan beberapa ujicoba dengan menggunakan aplikasi benchmarking dan game yang cukup terkenal dan hasilnya sebagai berikut :
Hasil CPU-Z
Hasil CPU-Z
Hasil Antutu dan Vellamo
Hasil benchmark dengan Antutu dan Vellamo
Hasil Benchmark dengan Geekbenchm Quadrant dan PCMark
Hasil Benchmark dengan Geekbenchm Quadrant dan PCMark

10.  HASIL KAMERA 
Asus Zenpad Z370CG memiliki kamera utama yang mendukung resolusi hingga 5MP dengan aperture f2.0 yang sudah dilengkapi dengan autofocus dan tidak ketinggalan pula kamera depan dilengkapi dengan kamera beresolusi hingga 2MP.
Mode Kamera Asus PixelMaster Asus Zenpad Z370CG
Mode kamera belakang ( atas ) - Mode kamera depan ( bawah )
Berikut beberapa hasil foto dari Asus Zenpad Z370CG:
Depth of  Field Asus Zenpad Z370CG
Depth of  Field
Miniature Asus Zenpad Z370CG
Miniature
Night Asus Zenpad Z370CG
Night Mode
Auto Asus Zenpad Z370CG
Auto Mode
HDR Mode Asus Zenpad Z370CG
HDR Mode


Tablet Asus Zenpad Z370CG plus Audio Cover ( optional ) bisa juga dipanggil Asus Zenpad Theater merupakan tablet yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Desain yang stylish, layar yang mengagumkan, audio yang memukau, baterai irit dan banyak fitur lainnya, yang bisa membuat tablet ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pemirsa. Dengan harga MSRP Rp 2.899.000 pada Asus Zenpad Theater mampu menyuguhkan suasana bioskop di rumah saat memutar film keluarga dan anak. Didukung dengan support software yang berkesinambungan dan after sales yang luas memberi nilai tambahan bagi tablet ini.

You might also like

16 comments

  1. manteb nih zenpad 7 :)
    Pengen punya juga :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas febri...suaranya gokil

      Delete
    2. Zenpad mas febri blm sampe, jatah dr zen hahahahha

      Delete
    3. Haha... tau aja nih mas Rizki ... sih kurir nya lagi liburan kemarn maknya belm di kirim2 ke rumah baru hari ini di kirim kerumah :D Tunggu review saya ya :)

      Delete
    4. dr zen pada syukuran semua nih....hahaha

      Delete
  2. Patut jadi pilihan nih, harga di bawah tiga juta...
    Hemm... mantaf...

    ReplyDelete
  3. Tapi sayang cuma support single SIM dan gak semua format video bisa keputar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Single SIM sepertinya cukup mas triadi dan format video apa ndak pengaruh dari aplikasi video playernya

      Delete
  4. Mantab ulasane lengkap, pengen tuku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga lancar rejekine, buat beli zenpad....hehehe

      Delete
  5. Mantap mas ulasannya..
    kapan nih bisa dapat :D Blogger Pontiabak pada di bagi, ane gak di kasih sendiri :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas priangga insya allah nanti pasti dapat...tetap semangat

      Delete
  6. led indikatornya ga memang ga ada ya?

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)