The Next Smartphone Daily Driver Asus Zenfone 10 " Mighty On Hand "

Asus Zenfone 5 ZE620KL adalah smartphone daily driver yang ringkas, dimana saat dibuat kerja, hobby, bermedia sosial nyaman digenggam saat operasional dan dimasukan dalam saku baju/celana masih cukup aman bakal tidak terjatuh maupun tergencet. Smartphone daily driver ini sering dipakai untuk urusan kerja, kalo senggang buat foto dan bikin video lalu share di media sosial untuk pribadi maupun lomba. 

Ikutan lomba foto dan video di media sosial meskipun tidak menang akhirnya terbiasa lihat foto dan video yang bagus, jadi penasaran bagaimana foto dan video yang bagus itu dibuat. Perlahan akhirnya tahu bagaimana manfaatkan smartphone daily driver ini bisa menghasilkan foto dan video yang bagus dan akhirnya tahu juga cara pembuatanya.

setiap acara share di Youtube, IG, Gdrive

Sering share hasil foto dan video di media sosial untuk pribadi maupun lomba, senangnya yang patut disyukuri alhamdulillah terkadang menang lomba foto di media sosial meskipun berupa hadiah pulsa. Dengan aktif di media sosial akhirnya keluarga, teman kantor dan tetangga pada tahu kalau saya bisa fotography (padahal masih pemula๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰). Akhirnya sering di acara keluarga, kantor tempat saya bekerja, lingkungan RT, Masjid di kasih tugas menjadi seksi dokumentasi ( juru kamera ) tujuannya sih agar setiap acara memiliki dokumentasi yang nantinya dipublish di youtube, IG dan arsip di google drive yang bisa menjadi kenang-kenangan indah kedepannya yang bakal dilihat oleh teman - teman maupun generasi penerus kita selanjutnya.

Mulai dari dulu setiap event jadi bagian dokumentasi pasti bawaanya tas kecil yang didalamnya cuma ada gear andalan berupa smartphone dan powerbank saja. Dulu awal - awal menggunakan Zenfone 3 ZE520KL tahun 2019 naik level menggunakan Zenfone5 ZE620KL, bahkan sering kedua smartphone ini saya pakai bergantian bila salah satunya ada yang kehabisan baterai.

Untuk Zenfone 5 yang memiliki score DXOMark Photo 93 berkat kamera utamanya pakai Sony IMX 363 sampai hari ini masih dipakai daily driver dan yang terbaru puas pada hasilnya saat didapuk menjadi seksi dokumentasi di acara karnaval agustusan tahun 2023 di desa randuagung - singosari. Saya yakin bahwa Zenfone 5 ini bakal menyuguhkan hasil foto dan video yang maksimal karena saat karnaval dilaksanakan siang hari yang pasti cahaya alami matahari bakal sangat membantu kualitas hasil foto dan video. Hasilnya seperti video berikut ini :

Zenfone 5 untuk dipakai acara seperti karnaval pada siang hari sudah biasa, yang beda saat ada kegiatan di masjid Idul Qurban1444H / 2023 dimana ada momen kambing qurban sebelum disembelih dilarikan terlebih dahulu. Disitulah momen rekam video pakai Zenfone 5 saya ajak sambil berlari mengikuti anak-anak memegangi kambing qurban, goncangan di hasil rekaman video sangat kentara sekali dan videonya seperti dibawah ini yang belum proses editing.


Setelah dilakukan editing dan lakukan stabilizer secara maksimal untuk footage video ini akhirnya lumayan ada perbaikan stabilisasi videonya tapi masih terasa sekali ada frame yang terlihat patah - patah. Jadinya seperti potongan video dibawah ini :

Dari momen ini akhirnya sadar bahwa footage video dari hasil rekaman video yang stabil adalah faktor kunci untuk menghasilkan video bagus agar nantinya saat editing tidak perlu susah - susah lagi untuk stabilizer. Apalagi footage video ini adalah momen yang paling penting dan epik yang tidak bisa dilewati untuk ditampilkan di video final.

Tentunya semua hasil rekaman video Zenfone 5 di kegiatan masjid Idul Qurban1444H / 2023 masih bisa diandalkan karena dilaksanakan di outdoor yang sarat cahaya matahari. Video lengkap acara idul qurban 1444H/2023 bisa lihat dibawah.

Hampir 1 tahun yang lalu kemampuan Zenfone 5 juga pernah diuji pada saat acara hari Santri 2022 yang ditugasi menjadi seksi dokumentasi meliput santri/santriwati TPQ Masjid Al Ikhsan dekat rumah saat pawai lampion. Untuk acara pawai lampion dilaksanakan pada malam hari, yang menuntut juru kamera harus pintar cari spot terbaik dalam arti spot yang terbaik ๐Ÿ˜Ÿ๐Ÿ˜Ÿ๐Ÿ˜Ÿdapat bantuan cahaya lampu jalan agar cahayanya bisa membantu meningkatkan hasil rekaman video tetap bagus untuk meminimalisir noise.

Baru sadar ternyata hanya di TPQ di tempat saya aja yang ada dokumentasinya, mungkin karena eventnya dilaksanakan malam hari habis maghrib pasti juru kameranya bakal kesulitan mendapatkan hasil foto dan video yang terbaik, karena harus didukung dengan pencahayaan yang baik. Meskipun ada noise tetap merasa puas dan sudah maksimal dengan hasil videonya yang cuma mengandalkan Zenfone 5 saja dan hasil videonya seperti dibawah ini :

Tetap percaya diri menggunakan smartphone untuk dokumentasi di setiap acara, kadang agak minder dengan gear yang dipakai karena ada juru kamera lainnya yang menggunakan gear kamera yang canggih menggunakan kamera mirrorles atau DSLR terutama di event besar seperti acara karnaval agustusan 2023 desa randuagung - singosari kemarin keluar semua gear para juru kamera dari tiap RT dan RW. 

Kamera canggih para juru kamera semakin keren karena memiliki gear stabilizer saat rekam video yaitu perangkat gear gimbal, jadi semakin terlihat keren kameranya karena memiliki stand di gimbal yang dipegang oleh juru kamera ketimbang yang saya gunakan hanya mengandalkan sebuah smartphone terkadang smartphonenya ini dipasang pada tripod mini untuk mempermudah grip saat shot video dan biar keren sedikit tapi yang sering dipegang langsung oleh tangan.

Bahkan ada ada RT dari RW lain yang paling niat menggunakan drone untuk shot video.....wow, perangkat mahal dan jarang yang punya. Pakai drone menjadikan view foto dan video terlihat estetik dari aerial atas udara, pasti hasilnya berbeda dan lebih keren dari peserta karnaval lainnya. Dalam hati suatu saat nanti harus punya drone atau setidaknya bagaimana caranya agar bisa punya footage video layaknya drone.

Dengan bermodal smartphone yang memiliki fitur EIS sementara ini sudah cukup, nanti juga bakal diedit diaplikasi video editor untuk menstabilkannya lagi. Dari pengalaman ditunjuk jadi juru kamera ambil foto dan video untuk dokumentasi di setiap acara berikut ritual dan tips yang biasa saya terapkan untuk meliput tiap event siapa tahu bermanfaat :

1. Gear Siap Pakai
Pastikan gear smartphone dan powerbank siap pakai, dimana baterainya harus dicharge dulu sampai 100% sebelum acara. Setiap pengambilan foto dan video pasti baterai akan mengalami draining fast battery (baterai cepat habis) apalagi sering dipakai pengambilan foto dan video di outdoor pasti menggunakan tingkat kecerahan layar yang tinggi, pengaturan kamera dengan resolusi dan FPS (frame per second) yang terbaik.
charge penuh 100% smartphone dan powerbank
2. Tool Siap Pakai
Tidak ketinggalan juga siapkan tripod mini apabila menggunakan tripod mini sebagai stand smartphone dan nyaman saat pengambilan video ketimbang langsung dipegang tangan smartphonenya. Bila ada siapkan kain lap atau tisu halus dan cairan pembersih kaca, karena sering lensa kamera di smartphone cepat kotor kena debu, minyak wajah dan tangan karena tidak sengaja kena pegang jari tangan.  

3. Free Space Smartphone
Sebelum acara pastikan kapasitas simpan di smartphone cukup untuk menampung hasil foto dan video, pengalaman free space antara 5 - 10 GB sudah cukup untuk setiap acara dalam 1 hari dengan pengambilan video FullHD dengan 30 FPS dan apabila mau dinaikkan kualitas FPS harus extra naikkan free space storage. Manfaatnya video dengan FPS yang lebih tinggi saat editing video membutuhkan frame video yang di slow motion / pergerakan lambat nanti bakal lebih halus pergerakannya ketimbang menggunakan FPS yang lebih rendah.
backup data di laptop, flash disk + kabel OTG, microsd

Terutama smartphone yang digunakan daily driver harus extra backup, sebelum itu datanya harus dibackup dulu ditempat lain misal di laptop, flashdisk (OTG) karena hasil foto harian, screenshots, aplikasi whatsapp dan cache di smartphone menjadi penyumbang terbanyak kapasitas storage internal smartphone cepat penuh.

Apabila memungkinkan ada slot microSD bisa digunakan untuk space tambahan dengan memanfaatkan microSD untuk backup. Pastikan pengaturan kamera hasil foto dan video harus tetap di internal storage smartphone apabila mau penuh tinggal di pindah ke microSD. 

Kenapa tetap di internal storage yang digunakan untuk media simpan utama ?

Karena kecepatan baca dan tulis internal storage smartphone lebih cepat ketimbang microSD, jangan sampai ada momen - momen penting yang terlewatkan gara - gara saat mau foto dan rekam video ngelag saat awal capture di interface kameranya.

Apabila tidak memungkinkan bisa bawa USB flash disk OTG, karena sudah banyak dijual flash disk yang bisa ditancapkan langsung ke smartphone (S&K smartphone support OTG). Dengan begitu saat acara belum selesai namun storage internal mulai penuh bisa langsung dibackup/dipindah footage foto dan video ke USB flash disk OTG untuk melegakan lagi kapasitas internal storage.

4. Minimalisir Aktivitas Online
Saat pengambilan foto dan video di acara tertentu apalagi smartphonenya ini dipakai daily driver, pasti aplikasi whatsapp, media sosial masih sering dipakai. Naluri alami juru kamera pingin narsis lalu share di media sosial dan status WA. Boleh online namun tidak terusan dan harus pintar mengatur waktunya kapan datanya online dan kapan dimatikan datanya. Matikan data, bluetooth, gps dan kalau pingin ekstrim nyalakan mode pesawat maka akan mati semua perangkat nirkabel.

pengaturan smartphone

Saat online pasti notifikasi dari whatsapp, media sosial dan aplikasi lainnya akan sangat mengganggu sering bermunculan dilayar apalagi saat konsentrasi mengambil foto dan video, kondisi layar di smartphone harus bersih dari notifikasi apapun yang berpotensi mengganggu view di layar smartphone.

Manfaat lainnya dengan minimalisir aktivitas online baterai smartphone tidak mengalami drain fast baterai dengan cepat, sehingga bisa maksimal saat pengambilan foto dan video di acara tersebut. Meskipun ada powerbank yang akan charge balik tetap saja smartphonenya lebih nyaman di pakai saat ambil foto dan video tanpa sambil charge.

5. Cek Pengaturan Kamera
Sebelum event pastikan kamera siap pakai dengan melihat pengaturan kamera mulai dari kualitas, autofocus, watermark untuk foto maupun video. Menurut saya atur kamera menggunakan foto resolusi terbaik, kualitas video minimal FullHD 30 fps, mode continuous autofocus, matikan watermark time stamp dan merk untuk menjaga originalitas foto.
pengaturan kamera

Diharapkan kamera yang sudah siap setingannya saat dilokasi yang tidak tahu kondisinya, kalau lupa seting ulang kamera ke setingan terbaik jadi ada yang kurang dengan hasil foto dan videonya, akhirnya ada footage video yang hasilnya kurang maksimal.

6. Maksimalkan Cara Cepat Panggil Kamera
Sangat memungkinkan beberapa fitur di smartphone bisa dimaksimalkan untuk menggunakan cara cepat dalam memanggil aplikasi kamera dan tombol shutter. Manfaatnya saat terlena dan sepintas akan ada momen penting dengan sigap bisa menggunakan cara cepat untuk memanggil kamera dan langsung shot, tanpa perlu ribet harus buka lock layar smartphone dulu. Cara cepat panggil kamera dan tombol shutter ini bisa dilihat pada pengaturan kamera dan smartphone dengan memanfaatkan tombol maupun gesture di layar.

setting di kamera dan gesture

Itulah 6 tips diatas yang selama ini saya lakukan saat meliput setiap event, dengan mengandalkan sebuah smartphone untuk mengambil footage foto dan video. Tentunya di setiap event tidak bisa dihindari ada beberapa kendala yang sering muncul yang harus dihadapi dan itu biasanya disebabkan oleh faktor dari gear dan kondisi lingkungan.

The Next Smartphone Daily Driver

Mulai tahun 2019 Zenfone 5 sudah menemani saya menjadi smartphone daily driver dan ingin rasanya upgrade yang lebih baik di sisi kameranya, lebih ringkas, lebih kencang dan lebih fungsional. Tertarik dengan Asus Zenfone 10 yang sudah dilaunching bulan Juni lalu secara global, akhirnya dilaunching tanggal 29 September 2023 oleh ASUS Indonesia.

Dari fitur yang dibawa oleh Zenfone 10 cukup menarik bagi saya, mulai dari menggunakan layar 6,2 inch di Zenfone 5 sudah sangat nyaman, tentunya dengan Zenfone 10 dengan ukuran layar 5,9 inch lebih nyaman lagi. Zenfone 10 memiliki dimensi yang ringkas dengan menggabungkan berbagai teknologi mutakhir dengan desain yang ramping dan modern bisa disematkan pada dimensi smartphone yang mengusung layar 5,9 inch.

Tentunya ada alasan kenapa Asus Zenfone 10 ini layak menjadi " The Next Smartphone Daily Driver ", bisa dibaca ulasannya dibawah.

Mighty On Hand " Kecil - Kecil Cabe Rawit "
Zenfone 10 Mengusung form factor yang ramping dengan komponen yang disematkan sangat kuat dan canggih, mulai dari SoC CPU ditenagai oleh Snapdragon® 8 Gen 2 Mobile Platform terbaru yang bakal memberikan performa sangat cepat dan kemampuan gaming yang sesungguhnya.

Didukung pula RAM LPDDR5X up to 16GB yang lebih cepat dan efisien daya, internal storage ROM UFS 4.0 up to 512GB yang menjadikan smartphone lebih gegas karena kecepatan read-write maupun bandwidthnya 2x lebih baik dari UFS 3.1, membuat Zenfone 10 yang memiliki bobot cuma 172 gr ini bisa mengeluarkan perfomance terbaiknya, saat multitasking, main game atau mengabadikan momen dengan foto burst yang memukau, rekam video dengan kualitas dan FPS tinggi tidak akan ada namanya smartphone ngelag.

Pada sisi layar smartphone sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Kaca Victus®, menggunakan layar AMOLED resolusi FullHD+ dengan refresh rate 144 Hz yang aktif saat main game dan refresh rate 144 Hz ini bakal terasa manfaatnya yaitu saat main game akan semakin halus. Dengan teknologi layar AMOLED yang disematkan memiliki beberapa keunggulan :

  • Suguhan layarnya begitu cerah berkat kemampuan brightnessnya cukup tinggi hingga 1100 nits, yang cocok buat aktivitas di outdoor yang memerlukan brightness tinggi. 
  • Akurasi warna memukau berkat Delta E-1 < 1, cocok sekali untuk nonton cinema di smartphone, terutama bagi pengguna yang melihat di Netflix.
  • Color gamut 112%  DCI-P3 menjadikan Zenfone 10 kaya warna memiliki rentang warna yang lebih luas.
  • Eye Care Display menjadikan smartphone lebih nyaman dan sehat, karena mampu menekan cahaya biru yang bisa merusak mata.
  • Kerjasama dengan Pixelworks menjadikan zenfone 10 ada peningkatan visual lebih baik.

Meskipun desain Zenfone 10 ringkas masih bisa disematkan baterai yang memiliki kapasitas 4300 mAh, bahkan berdasarkan hasil DOU test internal ASUS Zenfone 10  bisa bertahan 21,7 jam pada tes berat lebih baik 12,9% dari pada generasi sebelumnya Zenfone 9. Semakin membaik efisiensi baterainya berkat penggunaan CPU dan komponen yang lebih efisien pemakaian dayanya. 

Untuk charger sudah mendapat power adapter yang mendukung HyperCharge 30W dan gokilnya lagi fitur yang ditunggu-tunggu sebagai smartphone flagship yaitu mendukung fitur Wireless Charging dengan kemampuan 15W yang compatibel dengan Qi EPP standard yang cukup bermanfaat untuk digunakan.

Desain Ringkas Yang Eye Catching 
Ada 5 warna Zenfone 10 yang eye catching dan ada satu warna yang cakep banget yaitu warna aurora green, warna kalem yang menurut saya tidak membosankan. Tidak hanya mengeluarkan warna aurora green saja di Zenfone 10 ada 4 warna lainnya yaitu midnight black, starry blue, comet white dan eclipse red.

Warna hijau aurora green di back cover yang menjadi warna favorit, semakin hijau si Zenfone 10 berkat menggunakan bahan Bio Based Material yang ramah lingkungan. Dengan bahan material tersebut setidaknya menyelematkan bumi dengan mengurangi emisi carbon 2 kg dan 50% mengurangi petrochemical. Apalagi packaging Zenfone 10 (dos box) yang digunakan juga terbuat dari bahan material kertas yang mudah di recyclable dan tintanya menggunakan soy-based ink. 

Zenfone 10 adalah smartphone yang ringkas memiliki body dengan lebar 68,1 mm pas digenggam oleh satu tangan. Dengan satu tangan itu bagaimana jempol tangan itu bisa digunakan dengan maksimal untuk bisa mengoperasikan smartphone dengan nyaman dan efisien. Terima kasih pada fitur Zentouch 2.0 menggunakan sensor sentuh di sebelah kanan smartphone yang bisa difungsikan sebagai buka kunci smartphone, key shortcut favorit, playback control dan lihat notifikasi.

fitur keren zentouch 2.0 dan edge tool 2.0

Ada juga fitur Edge Tool 2.0 berupa floating menu yang bisa dipanggil cukup dengan swipe layar dengan jempol, di menu tersebut bisa mengatur panel smartphone dan pasang quick shortcut beberapa aplikasi favorit yang sering digunakan.

Desain Zenfone 10 yang keren lainnya yaitu memiliki sertifikasi IP68, artinya smartphone ini masih aman digunakan bila terkena percikan air atau rintik hujan kecil. Fitur ini sepertinya bakal banyak bermanfaat bagi saya karena terkadang saat dokumentasi di event outdoor bakal tidak risau pada rintik hujan kecil untuk mendapatkan foto dan video yang terbaik. Bahkan disaat ada momen penting kondisi turun rintik hujan kecil bisa didapatkan dengan hati tenang tanpa perlu mencari tempat berteduh.

No Good Kamera No Party
Suka dengan mengabadikan objek yang mengagumkan berupa foto dan video yang selama ini sudah puas dengan Zenfone 5 semakin menjadi penasaran dengan kemampuan sistem kamera Zenfone 10 yang disempurnakan, dimana sistem kameranya adalah gabungan berbagai teknologi untuk memberikan hasil yang memuaskan bagi pengguna dalam mengambil foto dan video saat di berbagai kondisi.

Pada Zenfone 10 pada kamera utama ada dua yang pertama menggunakan sensor kamera Sony® IMX766 resolusi 50 MP diakui dunia bakal menekankan pada kemampuan hasil foto dan videonya yang lebih bagus, terutama saat pengambilan foto dan video pada kondisi minim cahaya / low light. Fitur sensor kamera yang menonjol ini pasti sangat membantu ditunjang dengan kemampuan sistem kamera Zenfone 10 yang bakal lebih baik memberikan hasil yang luar biasa dan semuanya bisa dilakukan dalam satu genggaman. Kamera kedua merupakan kamera ultra wide yang memiliki resolusi 13MP dengan FOV (Field Of View) 120°

Sistem kamera juga bakal dilengkapi fitur 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0 yang akan menghasilkan foto lebih jelas dan video yang lebih stabil saat proses pengambilan foto / video dalam kondisi banyak pergerakan. Fitur Gimbal paling inovatif di Zenfone 10 ini bisa memonitor setiap gerakan Zenfone 10 di setiap arah dan menggunakan informasi tersebut untuk menyesuaikan modul kamera secara real-time. Kemampuan fitur gimbal ini dapat mengkompensasi pergeseran hingga ± 3°, dengan begitu bisa membantu menyempurnakan setiap aksi paling ekstrim, tanpa ada distorsi optik atau 'ghosting'. 

Bersinergi dengan teknologi autofokus ultra cepat —  fokus dengan cepat dan merespons dengan lancar terhadap perubahan — beserta algoritma EIS anti-guncang perangkat keras, Zenfone 10 memberikan gambar aksi yang super halus dan terlihat profesional, apa pun subjeknya.

6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0

Tidak perlu ribet menggunakan gear tambahan berupa gimbal yang bakal menambah biaya karena Zenfone 10 sudah bisa meminimalisir goncangan saat rekam video. Ada juga fitur Adaptive EIS yang merupakan the next level sebuah fitur EIS (Electronic Image Stabilizer) yang biasanya EIS bekerja dengan memanfaatkan algoritma di aplikasi kamera dengan mengcrop view video sehingga terlihat stabil footage videonnya, berbeda dengan adaptive EIS dengan memanfaatkan sensor gyroscope untuk mendeteksi pergerakan yang akan mengatur adjusment secara dynamic FOV (Field Of View) dengan begitu video akan menjadi lebih stabil disetiap pergerakan apapun. Berikut cara kerja Adaptive EIS :

cara kerja EIS Adaptive

Cara kerja EIS Adaptive bisa dilihat video berikut dibawah :

Fitur anti shake dari Zenfone 10 ini sepertinya bakal terasa manfaatnya bila ada momen seperti lari - lari shot anak - anak bawa lari kambing lari seperti di ulasan awal artikel ini. Zenfone 10 dengan fitur 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0 dan Adaptive EIS juga memberi ide baru sekaligus tantangan tersendiri untuk event ke depannya yaitu dengan mengggunakan monopod panjang 2-3 meter. Zenfone 10 dipasang di monopod yang menjulang tinggi dengan begitu akan menjadi fake drone shots yang bisa menjadi alternatif mendapatkan footage video aerial ala drone shots.

fake drone shots pakai monopod, source : petapixel.com chung dha

aerial video ala fake drone shots

Menggunakan monopod yang panjang dan kaku sambil jalan semakin terasa getarannya, karena itu fitur 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0 dengan EIS Adaptive semakin terasa manfaatnya untuk meredam shake yang muncul. Menggunakan setingan kamera minimal 60 FPS atau lebih untuk mempermudah hasil video yang bagus saat memainkan slow motion video.

Biasanya kalau mau shot objek foto dengan efek light trail dengan shutter speed yang ditinggikan pasti membutuhkan tripod agar smartphone tidak ada shake dan bisa menghasilkan foto yang bagus. Salah satu contohnya kebiasaan mengambil foto yang estetik tiap malam takbiran hari raya idul fitri warga sekitar pasti menyalakan petasan yang saling bersautan tanpa henti.

Dimomen inilah yang sering saya lakukan yaitu ambil foto petasan yang meledak di udara layaknya pancaran kembang api, berkat foto dengan shutter speed yang tinggi akan mendapatkan foto light trail yang estetik asal menggunakan tripod seperti foto dibawah sebelah kanan dimana light trail dari ledakan petasan membentuk kembang api lebih rapi dan objek bangunan yang steady lebih jelas. Sangat berbeda bila tidak menggunakan tripod hasil foto ledakan petasan yang membentuk kembang api bakal carut marut tidak rapi light trailnya dan objek yang steady di sekitarnya tidak fokus seperti contoh foto di bawah sebelah kiri.

light trail "sebelah kiri spontan tanpa tripod vs sebelah kanan pakai tripod "

Dengan adanya fitur 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0 tanpa tripod foto keren dengan objek trail seperti traffic trails, light graffiti, waterfalls, people in motion lebih mudah didapat tanpa perlu menggunakan tripod. Dengan adanya stabilizer bisa mendapatkan dengan foto dengan mudah untuk light trail, tentunya fitur ini sangat banyak manfaatnya karena tidak perlu bawa tripod yang ribet bawanya hanya untuk sekedar mendapat foto estetik dengan shutter speed lama.  

Fitur kamera HyperClarity juga nantinya bakal membantu memaksimalkan hasil fotonya saat menggunakan zoom pada kamera, dengan memanfaatkan AI dan RAW Super Resolution menjadikan pixel foto yang mengalami digital zoom tetap terjaga kualitasnya dengan begitu hasil fotonya tetap lebih jelas.

perbandingan hasil foto menggunakan Hyperclarity

Kecanggihan kameranya tidak berhenti disitu saja, karena Asus Zenfone 10 bakal dilengkapi dengan kecerdasan yang lebih tinggi melalui fitur AI yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna menjadi lebih baik. Dari penyesuaian UI yang canggih hingga fitur kamera yang cerdas, Zenfone 10 menyesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pengguna, serta membantu membuat setiap interaksi menjadi intuitif dan mudah.

Tidak hanya di kamera saja yang disempurnakan, audio saat proses rekam video juga diupgrade dengan menanamkan teknologi OZO Audio yang bertugas mengeliminasi suara noise dari angin, dengan begitu footage video yang diambil dari proses pengambilan saat berkendara sepeda motor, di gunung, di pantai / laut, movement (lari,jalan cepat) pasti noise dari angin bakal merecoki kualitas footage video namun dengan adanya teknologi OZO Audio bisa tereliminasi dengan baik bahkan bisa juga menangkap audio spatial 3D Surround yang immersif dan berfidelitas tinggi.

Pada kamera Selfie memiliki resolusi foto 32MP dilengkapi dengan fitur teknologi RGBW dengan piksel berukuran besar 1,4 ฮผm yang sangat bermanfaat sekali saat foto selfie dalam kondisi minim cahaya. Biasanya dalam foto mengedepankan perpaduan antara pixel RGB (Red Green Blue) namun dengan RGBW (Red Green Blue White) perpaduan pixel semakin bertambah dengan adanya pixel putih.

perbandingan hasil foto RGB dan RGBW

Dengan RGBW yang selama ini hanya perpaduan pixel RGB akhirnya ditambah pixel White menjadikan kualitas foto bertambah 67% saat berada di lingkungan yang minim cahaya dan 50% bisa mengurangi noise.  

Zenfone 10 juga mendukung bagaimana smartphone itu bisa digunakan dengan cepat untuk shot foto tanpa harus membuka aplikasi kamera dan fitur ini namanya Quick Shot. Cocok dengan point 6 tips saya di atas dengan memaksimalkan cara cepat pengambilan foto dengan panggil aplikasi kamera di zenfone 5, namun di Zenfone 10 lebih canggih tanpa perlu buka layar terkunci dan tanpa perlu panggil aplikasi kamera karena sudah bisa dipakai shot foto dengan menekan 2 kali tombol volume dalam kondisi layar mati.

fitur yang sangat membantu yaitu quick shot

Kecil - Kecil Audionya Epik Banget
Senang lihat video di youtube, netflix pasti akan menyenangkan mendengarkan suaranya di Zenfone 10, meskipun desainya ringkas smartphone ini dirancang oleh Dirac Audio yang memiliki speaker kuat dan berkualitas berkat adanya speaker stereo ganda. Suara berkualitas tinggi seperti theater berkat spatial dengan adanya Dirac Virtuo™  yang menjadikan Zenfone 10 nyaman banget untuk didengarkan. Keberadaan jack audio 3,5mm menjadikan Zenfone 10 semakin fungsionalitas karena keberadaannya masih dibutuhkan saat main game dengan keluaran audionya pakai headset karena akan pass suaranya dikarenakan minim latency.

Harga dan Promo Zenfone 10
Sangat tertarik dengan Zenfone 10 semua itu karena kemampuan perfomance dan kameranya yang powerful habis, selama ini kalau rekam video sambil lari sangat dihindari namun dengan adanya fitur 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0 dengan EIS Adaptive menjadi suatu tantangan tersendiri untuk dilakukan. Begitu juga pengambilan foto dan video di malam hari yang selama ini selalu dihindari juga sangat tertantang ingin melakukannya, semua itu berkat kemampuan kamera utama Zenfone 10 menggunakan Sony® IMX 766 dengan fitur dual native ISO yang sangat bisa diandalkan mendapatkan foto dan video terbaik di kondisi lingkungan minim cahaya atau malam hari.

Sementara itu setelah launching Asus Indonesia lagi gencar promo dan discount yang menarik pada pembelian Zenfone 10, berikut harga, promo dan tempat pembelian Zenfone 10 : 

Zenfone 10 Launch Sales Promo
Khusus hanya pada periode launch : 29th Sept – 15th Oct 2023.
Zenfone 10 (8GB/128GB) Rp. 8.999.000 Discount 300K menjadi Rp.8.699.000.
Zenfone 10 (16GB/512GB) Rp. 11.999.000 Free Connex casing – senilai 899K.

Promo spesial ini hanya berlaku di Mitra penjualan resmi ASUS :
Offline > ERAFONE, ASUS Exclusive Store, ASUS Authorized Dealer.
Online > Tokopedia, Eraspace, ASUS Online Store.

Connex Case
Tabel Spesifikasi

Prosesor Qualcomm® Snapdragon® 8 Gen 2, Octa-Core, 3.2GHz
GPU Qualcomm® Adreno™ 740
UI Android™ 13 with new Zen UI
Display 5.92" 20.4:9 (2400 x 1080) 144 Hz (hanya tersedia dalam game)
Kecerahan terbaca di luar ruangan 800 nits
Kecerahan puncak 1.100 nits
Avg Delta-E < 1
Dimensi 68.1 x 146.5 x 9.4 mm
Berat 172 g
Baterai 4,300 mAh (typical)、Wired 30 W HyperCharge、Wireless 15 W Qi-certified charging
Memori Up to 16 GB LPDDR5X RAM
Penyimpanan Up to 512 GB UFS 4.0 ROM
Sensor Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient light   sensor, Side fingerprint sensor, Gyro (Support ARCore), Hall Sensor
Teknologi Nirkabel Integrated 802.11a/b/g/n/ac, WiFi 7: 802.11 be/ax/ac/b/g/n, (2.4 GHz + 5 GHz + 6 GHz), 2x2 MIMO, 2 Antenna, WiFi-Direct
Bluetooth® 5.3 (Bluetooth Profile: HFP + A2DP + AVRCP + HID + PAN + OPP
Tambahan Bluetooth audio codec: LDAC +   aptX + aptX HD + aptX Adaptive+AAC)
GPS GNSS support GPS (L1/L5), Glonass (L1), Galileo   (E1/E5a), BeiDou (B1/B2a), QZSS (L1/L5) dan NavIC (L5).
I/O Ports USB 2.0 Type-C®, supports QC4.0/PD 3.0 Charging3.5 mm Audio Jack - Head phone
Kamera Kamera depan:
32 MP, RGBW, pixel binning technology.
Kamera Belakang:
50 MP (Main camera Sony® IMX766)
13 MP (120° ultrawide-angle lens)
Voice Wakeup Yes
Speaker Receiver (as top speaker) 10 x 12
5-magnet Speaker 11 x 15
External Smart Amplifier x 2
Tahan Percikan, Air, dan Debu IP65 / IP68
NFC Supported
Warna Aurora Green, Midnight Black, Comet White, Eclipse   Red, Starry Blue

" Tulisan ini diikutsertakan dalam Zenfone 10 Blog Writing Competition di Blog Travelerien "


sumber :
https://zaneen.com/news/rgbw-technology
https://www.diyphotography.net/no-drone-fake-aerial-shots-phone/
https://www.desktop-documentaries.com/how-to-fake-a-drone-shot.html
https://petapixel.com/2017/07/19/fake-drone-shot-phone-really-really-long-selfie-stick/

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)