ROG Phone 7 " The Real Smartphone Gaming "

Setelah launching di 18 Juli 2023 smartphone gaming ini menjadi tolak ukur bahwa sebuah smartphone gaming yang ideal adalah ASUS ROG Phone 7. Sebagai smartphone gaming yang resmi masuk Indonesia, menjadikan smartphone gaming ini paling terdepan dalam urusan spesifikasi, fitur dan aksesoris yang didesain untuk para mobile gamer.

Satu kata buat ROG Phone 7 " Amazing "

Tentunya kata amazing diatas tidak hanya dalam ucapan saja tapi dari spesifikasi, fitur dan aksesoris yang digunakan bukan kaleng - kaleng, mulai dari spesifikasi yang di usung paling mutakhir, fiturnya paling gaming dan aksesoris gaming yang didukung paling lengkap. Menurut hasil review dari banyak media, ROG Phone 7 adalah smartphone gaming yang paling memanjakan para mobile gamer dan itu banyak mendapat respon positif semua mulai dari Perfomance, kinerja Sistem Pendingin, Layar, Audio, Baterai Life dan Kamera.
Smartphone gaming ROG Phone 7 merupakan smartphone gaming besutan ASUS ROG generasi ke tujuh, yang saya ibaratkan di dunia sepakbola angka tujuh tersebut selain angka 9, 10 dan 11 merupakan angka nomor punggung spesial yang disandang oleh para pemain sepakbola yang memiliki kualitas atau skill yang luar biasa, seperti CR7 Cristian Ronaldo, Kylian Mbappe, Son Heun Min, David Beckham ( pensiun ). Begitu juga dengan ROG Phone 7 perfomance, fitur dan aksesoris yang luar biasa mampu menjadikan Smartphone Gaming yang terbaik saat ini di Indonesia.

Smartphone yang luar biasa ini mempunyai beberapa point yang menjadikan ROG Phone 7 adalah smartphone gaming terbaik saat ini, antara lain :

The Best Smartphone Gaming ini menggunakan SoC besutan dari Qualcomm terwahid saat ini di tanam di ROG Phone 7 series yang merupakan smartphone gaming terbaik saat ini yang dibuat tanpa kompromi sama perfomance. ROG Phone 7 di desain bagaimana SoC Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 ini bisa mengeluarkan perfomance terbaiknya tanpa limit - limitan sehingga SoC yang terbuat dari proses fabrikasi 4nm ini bakal melepaskan kekuatan gamingnya yang luar biasa.
SoC Qualcomm yang mendukung teknologi 5G ini adalah Platform Seluler Snapdragon 8 Gen 2 dengan kecepatan 3,2 GHz merupakan CPU andalan karena mampu menaikkan level CPU hingga 15% lebih cepat dan 15% lebih hemat daya dibandingkan generasi sebelumnya. Pada GPU dengan Adreno 740 yang memberi jaminan sensasi bermain game lebih smooth terutama di game berat Triple A yang mengandalkan kinerja dari GPU adreno 740.

Terbaru di Platform Seluler Snapdragon 8 Gen 2 ada fitur Snapdragon Elite Gaming™ layaknya fitur di GPU sebuah laptop/ PC yaitu adanya Ray Tracing. Fitur yang hadir pertama kali berfungsi untuk membantu percepatan komputasi waktu nyata pada perangkat keras, artinya pada game yang sudah mendukung ray tracing dapat menikmati pantulan hiper-realistis terutama pada permukaan air dan logam yang menambahkan dimensi baru pada pengalaman bermain game. Semua kekuatan ini ditingkatkan lebih jauh lagi oleh manajer kinerja Armoury Crate yang tak tertandingi, yang memberi para gamer kontrol terbaik atas pengaturan kinerja dan penyetelan.
Perbandingan menggunakan Ray Tracing
Pada sisi memori smartphone gaming ini didukung dengan penggunan teknologi RAM LPDDR5X 8533 Mbps dengan kapasitas hingga 16 GB, dan tidak kalah penting pada ROM menggunakan tipe ROM tercepat saat ini yaitu ROM UFS 4.0 dengan kapasitas hingga 512 GB, dimana dari sisi perfomance dua kali lebih cepat dari UFS 3.0 dan tentunya juga lebih hemat daya ( cek tabel perrbandingan dibawah ). Lengkap sudah 4 komponen yang menunjang perfomance sebuah smartphone gaming, tidak ada ceritanya smartphone lambat setiap booting awal, panggil aplikasi / game, ambil foto / video yang semuanya tersimpan di ROM.
perbandingan UFS 4.0 - UFS 3.1 sumber : https://mmtotaledu.com/
Ponsel ini juga sudah didukung WiFi 7 (802.11be) dengan Qualcomm® FastConnect™ 7800, yang mendukung kecepatan tinggi 320 MHz dan Multi-Link operation dengan kinerja latensi yang memungkinkan pengguna mengubah permainan dengan mudah. Fitur HyperFusion juga bisa meningkatkan kecepatan koneksi internet dengan menggabungkan berbagai koneksi seluler 4G/5G dan WiFi 7.

PANAS DAN DINGIN BERPACU MENYOKONG KINERJA SMARTPHONE TETAP STABIL
Berkat proses fabrikasi yang kecil 4 nm semakin efisien untuk meminimalisir konsumsi daya tanpa mengorbankan kinerja CPU dan GPU. Semua varian ROG Phone 7 bisa memanfaatkan peningkatan efisiensi daya sebesar 15% yang ditawarkan oleh Platform Seluler Snapdragon 8 Gen 2, disempurnakan dengan sistem pendingin GameCool 7 yang merupakan sistem pendingin terbaik yang pernah ada dalam urusan mendinginkan SoC Snapdragon 8 Gen 2 dari segala arah.
GameCool 7 + AeroActive Cooler 7
Menggunakan metode pendekatan tiga cabang, mulai dari sesi singkat, adanya thermal paste senyawa Boron Nitride (BN) yang berfungsi pada sisi CPU untuk mengurangi pelambatan transfer panas. Selanjutnya pada sesi selanjutnya langsung panas ditangani oleh sistem pendingin pasif vapor chamber dan lembaran grafit yang lebih besar di sisi lain CPU. Terakhir, untuk sesi maraton dimana penggunaan resource tinggi di CPU dan GPU yang terus menerus membutuhkan sistem pendingin aktif yaitu AeroActive Cooler 7. Adanya semburan udara dingin dari kipas yang ditempatkan tepat di atas modul SoC Snapdragon 8 Gen 2 mampu bekerja secara efektif berkat pendinginan aktif bertenaga AI, untuk mendukung elemen Peltier bekerja secara maksimal dalam menyerap panas.
Rapid-Cycle Vapor Chamber
Pada sistem pendingin pasif semakin canggih berkat Siklus cepat baru pada vapor chamber di ROG Phone 7. Sistem pendingin pasif ini didesain ulang sepenuhnya, menjadi lebih besar dan mengandalkan penggunaan teknologi baru di dalamnya. Sistem kerjanya pada struktur berbentuk pilar biasa menggunakan kolom sumbu berbentuk trisula khusus di tepi panjang ruangan untuk meningkatkan efisiensi. Selanjutnya ada enam saluran pengembalian cairan yang berfungsi sebagai jalan raya bagi air untuk mengalir kembali ke SoC sebagai sumber panas yang siap untuk menjalankan siklus thermal berikutnya. Ditambah pula lembaran grafit agar menambah hemat panas di ROG Phone 7 juga dibuat semakin besar dan dibentuk ulang untuk memaksimalkan perpindahan panas dari mainboard dan RF board.
AeroActive Cooler 7
AeroActive Cooler 7 ini tidak hanya menghadirkan udara dingin dari semburan kipas yang ditingkatkan dengan lebih banyak bilah untuk tekanan balik yang lebih tinggi, tetapi juga pendingin Peltier termoelektrik bawaan untuk daya pendinginan maksimum. Desain DualCool yang revolusioner memastikan bahwa meskipun bagian belakang ponsel didinginkan oleh pendingin Peltier, udara pendingin juga diarahkan ke seluruh layar ponsel untuk efisiensi pendinginan maksimum.
AeroActive Portal sumber : gsmarena.com
Spesial di varian ROG Phone 7 Ultimate, sistem pendinginnya ditingkatkan lebih baik lagi berkat adanya Saluran AeroActive Portal. Saluran ini berfungsi untuk memasukkan udara dingin secara aktif dari hembusan kipas AeroActive Cooler 7 yang terpasang, dengan mengarahkan aliran udara dingin secara konstan ke sirip pendingin vapor chamber. Sistem ini sangat efisien menghilangkan panas dengan cepat yang dihasilkan oleh SoC Snapdragon 8 Gen 2, serta menghasilkan peningkatan penting dalam kinerja game dan daya tahan baterai. Saat Portal AeroActive diaktifkan, efisiensi thermal pada ponsel dapat meningkat hingga 20%.

LAYAR MEMUKAU MEMANJAKAN  PARA GAMER
Semua varian ROG Phone 7 pasti layarnya menggunakan layar buatan Samsung AMOLED 6,78" yang mampu menyuguhkan refresh rate hingga 165 Hz dengan tingkat pengambilan sampel sentuh 720 Hz dan akurasi warna Delta E <1 untuk visual yang luar biasa. Tingkat kecerahan pada ponsel gaming ini juga ditingkatkan hingga 1.500 nits agar lebih mudah dilihat saat di luar. Visual yang luar biasa disetel bekerja sama dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka Pixelworks® untuk akurasi warna yang mengalahkan dunia. Ini adalah tampilan tak tertandingi. Adanya fitur Eye Care Display menjadikan smartphone ramah dengan kesehatan mata dan itu berguna bagi gamer yang sering berlama - lama melihat layar smartphone saat main game, semua itu berkat adanya Bluelight filter yang bertugas untuk mengurangi radiasi cahaya biru yang berbahaya bagi mata.
Layar Samsung Amoled 6,78"
Hanya di varian ROG Phone 7 Ultimate menampilkan personality gamer dengan ROG Vision, tampilan warna matriks unik di bagian belakang ponsel yang menunjukkan inovasi berani di balik merek ROG. Fitur kreatif ini dapat menampilkan animasi luar biasa yang dipicu oleh peristiwa sistem, seperti status pengisian daya, panggilan masuk, aktivasi Mode X, dan lainnya. Gamer bahkan dapat membuat animasi yang dipersonalisasi sendiri, yang semakin meningkatkan keunikan ROG Phone 7 Ultimate. Dengan ROG Vision, para gamer dapat mengekspresikan gaya sejati mereka dan memanfaatkan potensi penuh dari teknologi mutakhir ini.

AUDIO FX MEMANJAKAN TELINGA GAMER 
Untuk memanjakan telinganya para gamer agar bisa merasakan kualitas suara yang terdengar kencang dan jelas pada ROG Phone 7 didesain memiliki speaker kembar menghadap depan dimensi 12 x 16 mm dengan volume 50% lebih efektif dari sebelumnya, serta dibantu oleh sub-woofer lima magnet super-linear 13 x 38 mm dari dalam pendingin AeroActive 7, yang meningkatkan volume bass hingga 77 % untuk suara 2.1 yang tidak ada duanya dalam game atau film saat pendingin aktif ini terpasang. Penyempurnaan audionya bekerja sama dengan pakar Audio Dirac memastikan kualitas suara yang tak tertandingi.
Speaker Kembar menghadap pengguna 
Seri ROG Phone 7 memiliki semua teknologi untuk urusan suara, mulai dari jack headphone 3,5 mm hingga Dirac Virtuo™ For Headphone untuk menghasilkan suara spesial layaknya mendengarkan di teater impian. Dukungan teknologi Snapdragon Sound™ memastikan audio Bluetooth® dengan fidelitas tinggi latensi super rendah, jadi apa pun yang didengar oleh pengguna, telinga gamer akan dimanjakan di ROG Phone 7.
audio ada improve sub woofer di AeroActive Cooler 7

FITUR GAMING EXCLUSIVE
X-Capture dan X-Sense, sumber : gsmarena.com
Fitur perangkat lunak baru meningkatkan pengalaman bermain game lebih tinggi fitur X Sense akan membantu gamer untuk mendeteksi peristiwa penting di layar, seperti saat item baru yang penting muncul di peta atau musuh mendekat dengan notifikasi pop-up. Dan jika seorang gamer mengalahkan banyak lawan dalam satu manuver, X Sense menambahkan efek visual untuk menambah efek selebrasi. Ada fitur X Capture adalah alat AI yang secara otomatis merekam momen tak terlupakan dalam pertempuran, seperti mengalahkan musuh atau memenangkan pertandingan.
Air Trigger
Kontrol ultrasonik AirTrigger yang terkenal memberi gamer kontrol ujung jari yang tak tertandingi untuk pengalaman seperti layaknya konsol. Fitur ini mendukung berbagai gerakan, termasuk Dual Action, Press and Lift, dan Gyroscope Aiming. Ada juga 10 kontrol gerak dan motor linier sumbu X yang memberikan umpan balik haptic yang kuat, membawa gamer ke dalam aksi sebenarnya. Hal ini juga memungkinkan fitur Vibration Mapping yang luar biasa, yang meningkatkan pengalaman sentuh dengan memberikan umpan balik haptic yang dapat disesuaikan untuk tombol virtual di layar.
Game Genie
Fitur Game Genie
menjadi fitur khas dari ROG Phone 7 yang interfacenya bisa banyak mendapatkan informasi real-time seperti untuk memantau FPS game, baterai, suhu smartphone dan juga ada banyak pengaturan manual mulai dari Refresh Rate, pengaturan Air Trigger, Screen Record, Bypass charging yang hanya bisa ditemui di game genie.
fitur bypass charging di game genie, sumber : youtube  jagatreiew.com

Fitur spesial Armoury Crate yang merupakan portal di ROG Phone 7 yang menyuguhkan berbagai informasi yang support berbagai game yang mendukung beragam refresh rate layar, mendukung aksesoris mulai dari controller game.
Armoury Crate, sumber : gsmarena.com
Di portal Armoury Crate ini juga ada Pengaturan skenario profile sesuai dengan game yang dijalankan, X-Mode, pengaturan Network, Air Trigger, Key Mapping dan Macros, Aero Active Cooler 7 semuanya bisa di atur di portal Armoury Crate. 

BATERAI BADAK MEMANJAKAN GAMER TANPA CHARGE
Semua varian ROG Phone 7 memiliki baterai berkapasitas badak 6000 mAh yang secara fisik dibagi 2x 3000 mAh dengan tujuan agar diantara baterai ada board dari SoC Qualcomm Snapdragon 8 gen 2 yang siap didinginkan secara efisien oleh AeroActive Cooler 7. Buat daily driver tentunya baterai kapasitas badak menjadikan aktifitas sering mengisi daya ulang baterai bisa dikurangi. Mendukung pengisian daya USB Power Delivery HyperCharge 65 watt yang bertenaga sehingga dapat mengisi ulang baterai hingga full 100% hanya membutuhkan waktu kurang lebih 42 menit. 
Baterai 6000 mAh semakin irit berkat komponen yang kecil dayanya
Selain itu juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih lainnya seperti Steady Charging untuk mengontrol kecepatan pengisian daya dan Bypass Charging mematikan pengisian daya pada baterai namun cuma menyokong sistem saja saat bermain game. Dengan begitu masa pakai baterai jadi lebih lama dan lebih baik karena tidak tidak muncul kenaikan suhu ekstrem saat bermain game sambil mengisi daya baterai. 

SMARTPHONE GAMING DENGAN KAMERA GOKIL
Kamera utama pada ROG Phone 7 bukan hanya sekedar kamera yang berfungsi untuk ambil foto dan video dengan sensor kamera biasa, namun didukung dengan sensor kamera besutan dari rajanya sensor kamera smartphone yaitu sensor Sony IMX766 dengan resolusi 50 MP , Kamera Ultra Wide 13MP dan kamera selfie Quad Bayer 32 MP dengan sensor omnivision. Dengan algoritma fotografi komputasi barunya, kamera ini memberi gambar sempurna dalam situasi apa pun, memiliki fitur AI, Foto RAW Super Resolution, Mode Light Trail.
kamera utama gokil dengan Sensor Sony IMX766


SPESIFIKASI
ROG Phone 7 Series
Device Name ROG Phone 7 / ROG Phone 7 Ultimate
Processor Qualcomm® Snapdragon® 8 Gen 2, Octa-Core, 3.2GHz
GPU Qualcomm® Adreno™ 740
UI Android™ 13 with new ROG UI
Display 6.78" 20.4:9 (2448 x 1080) 165 Hz / 1 ms Samsung AMOLED display
1,000 nits outdoor readable brightness
1,500 nits peak brightness
Average Delta E 1
111.23% DCI-P3 / 150.89% sRGB / 106.87% NTSC color gamut
Corning® Gorilla® Glass Victus™
Supports Always-On HDR display
HDR10 supported
Capacitive touchscreen with 10-point multitouch (supports glove touch)
ROG Vision (ROG Phone 7 Ultimate only)
Dimensions 173 x 77x 10.4 mm
Weight 239 g
Battery 6000 mAh typical capacity with 65 W HyperCharge adapter.
Memory Up to 16 GB LPDDR5X RAM
Storage Up to 512 GB UFS4.0 ROM
Sensors In-display fingerprint sensor, face recognition, accelerometer, e-compass, gyroscope, proximity sensor, ambient-light sensor, ultrasonic sensors for AirTrigger 5 and grip press
Wireless Technology WiFi : 802.11 be/ax/ac/a/b/g/n, (2.4 GHz + 5 GHz + 6 GHz)
Bluetooth® 5.3 (HFP + A2DP + AVRCP + HID + PAN + OPP), supports Qualcomm LDAC + aptX + aptX HD + aptX Adaptive + AAC
GPS GNSS support GPS(L1/ L5), Glonass(G1), Galileo(E1/E5a), BeiDou(B1i/B1c/B2a), QZSS(L1/L5) and NavIC(=IRNSS)
I/O Ports Side Ports:
Type C® connector - USB3.1 gen2/DP 1.4(4K)/Hyper Charging/ QC5.0 QC4/QC3/PD3.0)
Pogo Pin - for AeroActive Cooler 7

Bottom Ports:
Type C® connector - USB 2.0 / HyperCharge / QC5.0
3.5 mm audio jack - headphone
Camera Front Camera:
32 MP (Uses pixel binning to output 8 MP image)

Rear Camera:
50 MP (Main camera Sony® IMX766)
13 MP (120° ultrawide-angle lens) 5 MP (Macro)
Voice Wakeup Yes
Speaker Dual front facing speaker (with Dirac HD Sound), support spatial audio (Dirac Virtuo™)
5-magnet stereo speaker with Cirrus Logic amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect.
Splash, Water, and Dust Resistance IP54 under IEC standard 60529
NFC Supported
Color ROG Phone 7: Phantom Black, Storm White
ROG Phone 7 Ultimate: Storm White


HARGA DAN PROMO ROG PHONE 7


ROG Phone 7 Series memiliki beberapa varian yang dibanderol dengan harga :
  • ROG Phone 7 Ultimate (16/512GB) Rp 18.999.000
  • ROG Phone 7 (12/256GB) Rp 13.999.000
  • ROG Phone 7 (8/256GB) Rp 10.999.000

Ada 2 promo untuk ROG Phone 7 yaitu :

1. Early Bird Promo :
Periode tanggal 18-31 Juli 2023.
Untuk setiap pembelian ROG Phone 7 series konsumen akan mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun Garansi resmi, dengan total hadiah senilai 2 juta rupiah. Promo ini berlaku di semua mitra penjualan resmi Asus offline, seperti: Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners. Serta mitra online, seperti: Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online store.

2. Consumer Launch Promo :
Periode tanggal 18-23 Juli 2023 di Atrium Gandaria City Mall. Selain mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun Garansi resmi, konsumen juga akan mendapatkan tambahan spesial merchandise seperti:
ROG exclusive Jacket, MLBB limited edition T-Shirt dan juga 1000 MLBB diamonds, dengan total hadiah senilai 3,5 juta rupiah. Promo ini berlaku khusus untuk konsumen yang telah melakukan pre-order dari tgl.8-17 Juli secara offline di Erafone lalu melakukan pickup/pengambilan produk di event venue ataupun untuk konsumen yang akan melakukan pembelian langsung di event venue.


sumber :
gsmarena.com
asus.com/id
mmtotaledu.com

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)