Solusi Buat Laptop Tidak Bisa Backup Setelah Ganti Baterai Baru

Kali ini arifdoit diminta bantuan untuk betulin laptop saudara type Asus X540S yang sudah berumur 3 tahun, keluhan laptopnya ini pada baterai yang tidak terdeteksi alias baterai tidak bisa backup. Pengalaman yang lalu - lalu kasus seperti ini cukup mudah tinggal belikan baterai yang baru dan replace baterai yang lama selesai perkara😘😘😘. Seperti biasanya beli baterai di toko langganan dan untungnya di toko masih tersisa 2 unit dan langsung eksekusi untuk membelinya.

Solusi Buat Laptop Tidak Bisa Backup Setelah Ganti Baterai BaruSudah mendapatkan baterai yang baru, saatnya beraksi mengganti baterai lama yang sudah rusak yang statusnya sampai tidak terdeteksi oleh sistem windows. Membongkar laptop 15" ini memang harus dengan penuh kesabaran karena setelah melepas bautnya juga harus mencungkil case atas keyboard yang harus lepas dari pengait case bawah laptop dan akhirnya case atas keyboard sudah terlepas dari case bawah laptop.

Baterai laptop ini memiliki 3 cell baterai yang disusun seri, baterai ini tidak memiliki baut pengunci hanya mengandalkan double tape dibawah baterai dan jepitan dari pin baterai dengan pin mainboard. Untuk memcopot baterai ini juga perlu kesabaran karena area untuk mencungkil baterainya sangat minim dan rentan cacat pada body.
Akhirnya baterai bisa direplace dengan sempurna dan dengan senang hati bisa mengembalikan bongkaran case keyboard seperti semula. Kebetulan dalam 1 hari itu saat siangnya ganti baterai malamnya saudara yang punya laptop mau mengambilnya karena keburu ingin menggunakan laptop ini untuk mengerjakan tugas.
baterai Asus X540S
Nah saat akan serah terima laptop......awal mula yang bikin arifdoit kaget bukan kepalang 😱😱😱, bagaimana tidak kaget saat menunjukan laptopnya didepan mata saudara, kondisi laptop menyala dan kondisi baterai dicharge penuh hingga 100%. Saat dilepas chargernya laptop langsung mati......jeng jeng jeng jeng.........waduh kenapa bisa begini laptopnya padahal sudah diganti baru baterainya.

Entah kenapa baterai laptop ini akhirnya saya coba untuk restart dan saya ulangi lepas charger laptop tetap mati dan tadi kondisi baterai 98% tanpa charging laptop juga tidak mau nyala, jangan - jangan baterainya mengalami cacat produk sehingga tidak mau backup.

Sebelum mengarah ke analisa cacat produk saya coba untuk charging ulang dan dinyalakan bisa nyala, saya coba lagi akhirnya baterai laptop ini bisa backup......wah syukur Alhamdulillah akhirnya bisa jalan normal dan itu saya coba berulang - ulang lepas charger baterai masih bisa backup dan kondisi tanpa charging laptop juga bisa nyala.

Lega dan masih bertanya - tanya dalam hati kenapa itu baterai, apa memang dengan cara gitu ? dan apa mungkin perlu pemanasan dulu...hahaha.😜😜😜.

Beberapa hari kemudian....akhirnya dapat pesan dari saudara kalau laptopnya kembali bermasalah tidak mau nyala dan juga kendala baterainya tidak mau dicharging sampai full 100% ( cuma sekitar 90%-an ). Nah....kembali menerima keluhan seperti itu analisa saya benar kalau baterai baru itu mengalami cacat produksi, tidak ambil pusing lagi karena toko langganan arifdoit memberi garansi sampai 6 bulan akhirnya saya ambil lagi laptopnya dan saya bawa juga ke tokonya untuk diganti langsung ditokonya langsung.

Ditoko tersebut arifdoit lakukan bongkar laptop dan ganti baterainya langsung, tanpa lepas double tapenya di baterai dan dicharge. Baterai dicharge hingga 10 menit, hasilnya ada progres kenaikan kapasitas baterai dan arifdoit coba untuk lakukan lepas charger......hasilnya ? Alhamdulillah bisa backup. Karena keburu biar ndak lama - lama ditoko, pemasangan baterai secara paten nanti dilakukan dirumah saja.

Selanjutnya pemasangan baterai secara paten dengan kembali membongkar baterai yang sudah terpasang, kemudian melepas double tape baterai agar kedepannya tidak goyah karena bateri laptop ini tidak memakai baut. Selanjutnya kembali lakukan tester dengan proses charging kondisi laptop nyala dan tunggu sampai kapasitas terpenuhi 50%. Selanjutnya arifdoit lakukan pelepasan charger dan hasilnya laptop langsung mati.....Duh...cilakak 😭😭😭.

Analisa arifdoit tidak mungkin baterainya lagi, karena sudah menggunakan dua baterai hasilnya baterai tidak bisa backup dan kondisi tidak charging laptop tidak bisa nyala. Akhirnya arifdoit lakukan pematenan ulang koneksi baterai ke mainboard, dengan cara menekan ulang posisi baterai agar masuk lebih kedalam di koneksi baterai dan mainboard ( angka 1 dan 2 ), tidak ketinggalan arifdoit juga lakukan pelepasan baut di dekat koneksi mainboard dengan baterai dan lakukan pengangkatan sedikit mainboard lalu penekanan lebih ke bawah agar pin yang ada di mainboard lebih masuk kedalam pin baterai ( angka 3 dan 4 ).
Solusi Buat Laptop Tidak Bisa Backup Setelah Ganti Baterai Baru
Hasilnya laptop kembali bisa menyala dan setelah itu saat kondisi laptop menyala sekaligus proses charging arifdoit lakukan pelepasan charger.......hasilnya Alhamdulillah baterai bisa backup aka kondisi laptop tetap menyala.

Itulah cerita pengalaman arifdoit yang baru pertama kali ini mengalami kendala seperti ini, cerita ini adalah salah satu solusi yang setidaknya sebagai ilmu baru apabila kedepannya ada kasus laptop yang sama persis. Memang kasus laptop ini solusinya sangat sepele, namun bila dianalisa bisa merembet pada masalah baterai yang cacat dan bisa juga masalah di mainboard ( tapi untung saja analisanya belum mengarah mainboard yang bermasalah πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡ ). Akhir cerita jangan - jangan baterai yang digaransikan replace kemarin juga tidak ada cacat produksi......πŸ™πŸ™πŸ™.

Referensi :
Youtube Adixtrim

You might also like

1 comment

  1. boleh di cek link nya, semoga terbantu https://qr.ae/pGjX4x

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)