Solusi Sementara Saat Service Zimbra Opendkim dan Memcached Bermasalah

Akhir - akhir ini instansi atau perusahaan yang menggunakan Zimbra sebagai operasional mail server mengalami banyak gangguan. Beberapa kasus terbaru kali ini seperti service zimbra memcached dan opendkim yang sering berhenti sendiri dan penggunaaan CPU yang overload, menjadikan Admin IT jadi pusing sendiri bagaimana cara memperbaikinya. Menurut informasi di forum penyebabnya ini adalah bug yang ada di Zimbra yang mudah diexploit oleh pihak - pihak yang tidak bertanggung jawab. Dan karena sangat mengganggu operasional email server untuk sementara ini solusinya adalah update patch zimbra tapi apabila masih belum solved diharuskan upgrade ke zimbra versi terbaru.


Service Zimbra Opendkim dan Memcached Bermasalah
Service Zimbra Stopped sumber : forum/milis kreasindo
Kebetulan kantor menggunakan email server dengan Ubuntu Server versi 14.04.4 LTS dan Zimbra Opensource versi 8.6.0 yang juga mengalami kasus tersebut dan sudah melakukan patch versi 14 yang merupakan versi terakhir. Namun tetap saja patch terakhir ini tidak bisa menyelesaikan masalah dengan tepat. Informasi dari forum Kreasindo solusi terakhir adalah dengan upgrade email server versi terbaru / terakhir yaitu versi 8.8.12.
Service Zimbra Opendkim dan Memcached Bermasalah
Email Server Zimbra Down Karena Overload CPU
Bagi Administrator / IT tidak perkara mudah untuh upgrade versi terbaru untuk email server zimbra yang sudah berjalan karena harus melewati proses migrasi / selamatkan inbox dan password tiap akun ke email server terbaru, setup SSL dll yang bisa bikin downtime email server dan yang bikin lama adalah RnD untuk proses migrasi tersebut. Sebenarnya kasus ini disebabkan oleh bug dari zimbra  " https://bugzilla.zimbra.com/show_bug.cgi?id=109129" yang bikin server zimbra sering megap - megap karena naiknya resource CPU hingga 100% yang akhirnya service opendkim dan memcached jadi kolap.

Kebetulan arifdoit ikut milis / forum kreasindo yang banyak membahas keluh kesah zimbra dari setiap instansi dan ada advice yang menurut arifdoit sangat membantu untuk solusi sementara agar email server tetap normal operasionalnya sambil menunggu persiapan server baru. Berikut step - stepnya :


Mulai dari masuk ke console server zimbra dan login root, selanjutnya ( ketik tanpa tanda kutip ):
1. Ketik "su zimbra", untuk masuk ke admin zimbra
2. Ketik "zmcontrol stop", untuk stop seluruh services Zimbra
3. Ketik "ps ax | grep -i zimbra",untuk cek apakah masih ada services yang running as Zimbra
4. Jika ada yang jalan kill processnya : kill -9 PID ( untuk kasus ini ada 3 file bisa zmcpustater /  zmmysqlstatus / zmtrainsa ) caranya : ketik "kill -9 8858" kebetulan 8858 adalah PID process zmmysqlstatus dan seterusnya spt gambar dibawah.
5. Ketik "cd /opt/zimbra/log", untuk masuk folder /opt/zimbra/log sebagai lokasi file pid itu tersimpan.
6. Ketik "ls | grep -i pid", untuk keluarkan list file yang berjalan dengan extensi pid.
source : milis forum kreasindo by excellent
7. Ketik "chmod 000 zmmysqlstatus.pid", untuk merubah permision file zmmysqlstatus.pid agar tidak bisa di baca, write dan execute .
8. Ketik "chmod 000 zmtrainsa.pid", untuk merubah permision file zmtrainsa.pid agar tidak bisa di baca, write dan execute.
9. Ketik "chmod 000 zmcpustat_pid", untuk merubah permision file zmcpustat_pid agar tidak bisa di baca, write dan execute
10. Ketik "chmod 000 zmcpustat", untuk merubah permision file zmcpustat agar tidak bisa di baca, write dan execute
10. Terakhir lakukan restart email server, agar merefresh semua service zimbra.

Ingat tulisam ini hanya solusi sementara agar admin IT tidak perlu bingung restart server karena service opendkim dan memcached sering mati sendiri tiap beberapa menit. Untuk solusi pakemnya harus upgrade server dan zimbra versi terbaru. Dengan tulisan ini setidaknya admin IT masih bisa ada jeda waktu RnD sambil siapkan server baru untuk upgrade.

Semoga Bermanfaat

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)