Tips Melegakan Storage Bokek Karena Whatsapp

Kadang sebagai pengguna smartphone merasa kurang aja akan kebutuhan storage smartphone, smartphone dengan kapasitas 32GB dulu cukupan, sekarang aplikasi dan kualitas foto - video terus berkembang lebih baik akhirnya kebutuhan akan storage berkapasitas besar adalah wajib. Bahkan sekarang kapasitas storage 64GB-128GB bisa aja masih kurang karena bagi yang sering aktif di perpesanan whatsapp aplikasi ini yang ternyata bikin masalah. Whatsapp adalah aplikasi perpesanan sejuta umat yang sekarang begitu terkenal dan menjadi aplikasi favorit saat ini, dengan fitur perpesanan yang lengkap apalagi menunjang untuk kegiatan bisnis.

sumber :freepik.com

Di whatsapp kirim foto, video, dokumen, lokasi begitu mudah oleh karena itu whatsapp sampai sekarang adalah aplikasi wajib yang harus ada di smartphone. Whatsapp semakin terkenal dengan adanya grup - grup yang sangat mudah membuatnya, karena saking mudahnya pengguna tidak mengira kalo grupnya begitu banyak. Akan tetapi dibalik kenyamanan menggunakan aplikasi whatsapp merupakan bom waktu bagi smartphone tersebut karena storagenya bakal terkuras habis free spacenya akibat banyak chat, file photo, video, musik dll yang menetap di smartphone.

Jangan kaget bila cek di galery atau file manager ada file photo dan video hingga ribuan~puluhan ribu yang semakin cepat mengkikis habis free space storage. Ujung- ujungnya free space tinggal 1GB-an pengguna smartphone jadi panik akhirnya mulai melakukan uninstall aplikasi yang jarang dipakai, hapus file photo - video yang ribet harus pilih satu - satu.


Sepertinya whatsapp tahu bila aplikasi besutannya adalah sumber biang kerok bikin storage smartphone kembang kempis free spacenya, karena biasanya setelah bersih - bersih hapus file di storage bisa bernapas lega namun beberap hari / minggu / bulan kemudian sesak lagi storagenya. Oleh karena itu whatsapp kembali memberikan solusi berupa fitur clear chats dan manage storage yang menyajikan fitur chat statistik yang menampilkan pemakaian storagenya, karena fitur ini sangat penting untuk digunakan. Bagaimana cara pakainya berikut ulasannya :

A. Clear Chat
Fitur untuk menghapus semua pesan per - grup / kontak ini cukup mudah dengan memilih salah satu grup atau kontak lalu tekan menu dipojok kanan atas (1) lalu dilanjutkan pilih menu More (2) dan pilih Clear chat (3). Disini bisa memilih 2 opsi pilihan berupa Delete media in this chat dan Delete starred messages, apabila sudah yakin tekan clear messages (4).

B. Storage Manager
Fitur yang menyuguhkan statistik penggunaan storage aplikasi whatsapp dan bisa menghapus media file media photo, video, mp3 dll sebuah grup atau kontak. Caranya sebagai berikut:

1. Update Versi Terbaru
Entah Whatssapp versi berapa asal diupdate versi terbaru fitur storage manager di whatsapp ini akan muncul baik yang versi standard atau versi bisnis.

2. (Pakai language inggris) Pilih menu di pojok kanan atas (1) yang ada titik 3 lalu pilih Settings (2).

3. Pilih Storage and data
Selanjutnya pilih Manage storage (4) dan disinilah semua tampak jelas penggunaan storage dari whatsapp, bahkan dibawahnya terlihat secara detail rangking chats tertinggi dalam hal pemakaian storage tertinggi yang bikin storage cepat habis (5). Rangking chats ini bisa berupa grup dan kontak siapa saja yang bila dipilih akan memunculkan berbagai file photo, video, music yang bisa diurut berdasarkan file terbaru, terlama dan terbesar.

Disinilah pengguna bisa atur file mana saja yang mau dihapus........tapi kan sama aja pilih satu-satu filenya ? tenang saja disitu juga ada pilihan opsi select all file yang dirasa chats grup atau kontak adalah hal yang tidak penting ( grup / kontak tidak penting, grup silent rider ) bisa pilih opsi ini (6).


Dengan manage storage tentunya lebih mudah dan berpengaruh dibandingkan clear chat, karena suguhan informasi statistik pemakaian storage sangat yakin mana saja grup atau kontak yang penting atau tidak penting untuk dihapus file didalamnya. Bagi grup yang isinya percakapan apapun dan tidak penting untuk disimpan bisa hapus bersih dan apabila ada grup maupun kontak yang isinya sangat penting bisa diamankan saja.

Semoga Bermanfaat 👌👌👌

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)