ASUS VivoBook Ultra A412 " Laptop Paling Ideal Saat Ini "

24 Agustus 2019 - arifdoit menghadiri acara Blogger Gathering yang diadakan oleh Asus Indonesia di Hotel Atria Malang dengan mengusung tema " Colorful Is My Life ". Temanya yang dibahas cukup menarik dengan memperkenalkan laptop yang menurut arifdoit sepertinya nanti bakalan menjadi Hot Product yaitu Asus VivoBook Ultra A412. Dalam presentasi tersebut sangat antusias melihat dan mendengarkan pemaparan dari Mas Danu yang hadir sebagai Technical Asus Indonesia, semakin yakin bahwa ini loh laptop ideal yang selama ini dibutuhkan sebagian besar pengguna laptop.
ASUS VivoBook Ultra A412 " Laptop Paling Ideal Saat Ini "
Dari banyak merk laptop yang beredar dipasaran menurut analisa kecil arifdoit jumlah variannya tidak selengkap apa yang ada di Asus VivoBook Ultra A412. Spesifikasi yang diusung laptop ini sangat lengkap banget, mulai dari yang harga terjangkau sampai yang harga mahal ADA.

Dari hasil presentasi di acara Asus Blogger Ghatering, akhirnya ASUS mengeluarkan laptop paling ideal saat ini versi arifdoit, sebenarnya sasaran utama dari user Laptop Asus VivoBook Ultra A412 ini siapa aja sih ?

1. Untuk para siswa/i dan mahasiswa/i yang kebetulan bulan Agustus dan September adalah awal masuk aktifitas belajar mengajar di sekolah dan kampus. Untuk menunjang aktifitas belajarnya laptop Asus VivoBook Ultra A412 cocok banget, mulai dari menghadapi tugas yang serba online yang butuh mobilitas tinggi, tugas - tugas mendadak yang membutuhkan kecepatan si laptop, kebutuhan install aplikasi pendukung untuk penunjang salah satu mata pelajaran yang bisa - bisa butuh resource yang tinggi.
Selain itu biasanya mahasiswa/i yang mau kerjakan tugas sambil hangout memanfaatkan hotspot di cafe, warung kopi lesehan yang sekarang lagi trend diberi fasilitas hotspot, makin pede banget karena mau dibawa dengan tas ndak perlu gerah karena bobotnya yang cukup ringan apalagi visualisasi warna laptop yang ditampilkan keren banget.

2. Untuk Content Creator yang lagi dikejar-kejar deadline bikin blog pasti sangat membutuhkan perfomance laptop yang mumpuni karena kalau laptop lambat sedikit aja bawaanya pingin marah aja mulai gedor pintu, gebrak meja...akhirnya pingin banting tuh laptop. Selain itu para content creator tentunya pasti ingin naik level dengan mengembangkan hasil karyanya yang dulu hanya berkreasi pada tulisan dan editing foto saja, sekarang lagi trend maraknya VLOG dan youtuber yang mau tidak mau content creator harus mengupgrade kemampuannya.

Tentunya seorang siswa/i, mahasiswa/i, content creator pasti membutuhkan gear laptop yang perfomancenya harus mumpuni, oleh karena itu biar tidak salah pilih laptop yang memiliki perfomance mumpuni harus dilihat mulai dari empat komponen yaitu Prosesor, RAM, VGA dan Storagenya. Dari empat komponen itu bila sudah terpenuhi dijamin tidak ada kata lambat tuh perfomance laptop.

Sebagai Hot Product Unggulan yang terjangkau ASUS VivoBook Ultra A412 tergolong laptop ideal versi arifdoit, seperti apa sih yang bisa didapatkan dengan memilih Asus VivoBook Ultra A412 ? Nah kali ini arifdoit bakal jelaskan pada uraian dibawah ini yang merupakan hasil review / user experience selama acara gathering :

Bisa dibilang laptop Asus VivoBook A412 adalah laptop yang bisa dijadikan laptop idaman untuk aktifitas sehari - hari sesuai dengan warna pilihan yang mana warna yang dipilih biasanya merupakan visualisasi kepribadian pemiliknya. Nah.....Asus VivoBook A412 memiliki 4 varian warna yang cukup menarik mulai dari warna Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, Coral Crush dan dari 4 warna pilihan tersebut pasti memiliki daya tarik tersendiri. Warna Transparent Silver memberi kesan tampilan yang ramping dan canggih, warna Slate Grey memberi kesan lebih bersahaja. Selanjutnya warna unik Peacock Blue adalah warnanya yang berubah warna saat Anda melihatnya dari sudut yang berbeda dan jika ingin menonjol ada warna Coral Crush dengan warna yang sangat cerah  dan ceria.
ASUS VivoBook Ultra A412 " Laptop Paling Ideal Saat Ini "
Kebetulan saat Asus Blogger Gathering kemarin laptop yang dipamerkan adalah warna peacock blue, yang warnanya buat orang awam adalah seperti warna biru tua. Nah...yang keren lagi ternyata warna peacock blue ini bila dilihat pada posisi yang berbeda mengalami transformasi warna berbeda yang menurut arifdoit menyerupai warna ungu.

Dari pemaparan Mas Danu laptop ini desainnya sangat compact untuk ukuran layar laptop 14", karena dibandingkan dengan laptop merk lainnya berlayar 14" dari ukuran fisik bodynya ternyata lebih kecil.....wah takjub melihatnya. Nah.....kenapa laptop Asus VivoBook Ultra A412 bisa begitu compact ? ternyata rahasia dibalik laptop yang compact ini berkat dari fitur NanoEdge Display yang menjadikan laptop layar 14" semakin ringkas dibanding merk lainnya dan juga bingkai layar dari laptop ini juga semakin tipis 5,7 mm dan ketebalan 19,5 mm.
ASUS VivoBook Ultra A412 " Laptop Paling Ideal Saat Ini "
Memberi efek domino lainnya selain compact pada bobot laptop Asus VivoBook Ultra A412 terseret juga semakin ringan dengan bobot cuma 1,5 kg, cukup ringan untuk laptop 14" dikelasnya dan itu tentunya sangat nyaman dibawa kemana - mana. Untuk pengguna yang aktifitas penggunaan laptopnya mobilitas tinggi sangat terbantu tidak perlu bawa tas punggung yang besar untuk membawanya.

Asus VivoBook Ultra A412 didesain memiliki fitur ErgoLift Design yang mana saat membuka layar laptop, otomatis body depan dibawah layar akan terangkat sampai sudut kemiringan 2°. Menurut Asus dengan posisi body depan terangkat dan menghasilkan kemiringan keyboard hingga 2° diyakini merupakan posisi kenyamanan ideal untuk aktifitas mengetik.
ASUS VivoBook Ultra A412 " Laptop Paling Ideal Saat Ini "
Selain untuk kenyamanan mengetik keberadaan ErgoLift ini juga berperan untuk memberi ruang untuk air flow sistem pendingin agar lebih leluasa untuk sirkulasi menghirup udara segar dari luar dan membuang panas dari dalam laptop.

Memiliki layar FullHD 1920 x 1080 menjadikan laptop Asus VivoBook Ultra A412 lebih nyaman untuk digunakan, tentunya bila layar semakin beresolusi tinggi maka si pengguna akan disuguhkan tampilan laptop yang lebih luas dan padat. Dulu laptop yang masih memiliki resolusi HD 1366 x 768 membuka aplikasi yang tampilannya banyak memiliki menu akan kerepotan untuk menampilkan menu yang diinginkan dan itu harus scrool jendela aplikasi dulu. Dengan layar FullHD manfaatnya sangat membantu untuk menampilan semua menu pada aplikasi yang digunakan dan pengguna kerjanya lebih efisien dalam menjalankan aplikasi yang digunakan.
ASUS VivoBook Ultra A412 " Laptop Paling Ideal Saat Ini "

Beberapa kali arifdoit memamparkan dalam blog dan kepada semua teman yang lagi konsultasi mengenai laptop yang ideal, bahwa untuk menginginkan sebuah laptop yang memiliki perfomance mumpuni 4 komponen hardware ini harus top markotop yaitu Prosesor, VGA, RAM dan Storage. Nah....dari 4 komponen itu yang top markotop pasti tertanam di laptop konsumer dan gaming yang mahal, namun pada Asus VivoBook Ultra A412 dengan 5 varian ini memiliki spesifikasi yang berbeda dan itu bisa memilih dari harga paling terjangkau sampai yang paling mahal.
5 varian pada Asus VivoBook Ultra A412 ini sudah diotaki oleh Prosesor Intel Gen-8 Whiskey Lake yang mumpuni menjadikan laptop ini sangat bisa diandalkan untuk menghadapi beban kerja laptop saat digempur berbagai aplikasi yang syarat dengan resource tinggi dan berikut detail prosesor intel yang dipakai Asus VivoBook Ultra A412 :

Type Cores/ TDP Base /Boost CPU Freq. Intel Graphics Base /Boost GPU Freq. L3 Cache
Threads
Intel® Core™ i3-8145U 2C / 4T 15w 2.10 GHz / 3.9 GHz Intel UHD 620 300 MHz / 1 GHz 4 MB
Intel® Core™ i5-8265U 4C / 8T 15w 1,6 GHz / 3.9 GHz Intel UHD 620 300 MHz / 1,1 GHz 6 MB
Intel® Core™ i7-8565U 4C / 8T 15w 1,8 GHz / 4.6 GHz Intel UHD 620 300 MHz / 1,15 GHz 8 MB

Untuk VGA yang dipakai ada 2 pilihan menggunakan graphic internal Intel UHD 620 atau discrete graphic Nvidia Geforce MX250. Untuk pengguna yang kebutuhan laptopnya tidak mengarah pada penggunaan aplikasi dan game yang berat, terutama yang membutuhkan resource VGA yang tinggi penggunaan VGA internal Intel UHD 620 sudah cukup. Tidak bisa dibilang Asus VivoBook Ultra A412 yang menggunakan Intel UHD 620 tidak bisa untuk editing foto dan video, karena kenyataannya VGA internal ini bisa menjalankannya dengan normal namun idealnya aplikasi foto dan video editing lebih powerful apabila memakai VGA Dedicated yang mumpuni terutama Nvidia Geforce MX250.
ASUS VivoBook Ultra A412 " Laptop Paling Ideal Saat Ini "
Nvidia Geforce MX250 ( GF MX250 ) adalah generasi penerus GF MX150 yang perbedaaanya terletak pada perfomance GF MX250 lebih cepat pada kecepatan frekuensi VGA dan kecepatan memorinya. Bagi siswa/i, mahasiswa/i dan para content creator yang expert ingin mengupgrade kemampuannya pasti memperdalami aplikasi photo editor seperti adobe photoshop dan aplikasi video editor seperti adobe premier pro, sony vegas, power director dll. Nah....sebagian besar aplikasi yang arifdoit sebutkan diatas pasti saat proses render untuk menjadi foto dan video menarik, memerlukan peran dari kecepatan core procesor ( CUDA yang ada pada GF MX250) yang semakin tinggi semakin baik perfomancenya.

Selanjutnya dukungan RAM 4GB DDR4 PC2400 sangat membantu untuk menjaga perfomance laptop tetap gegas, karena itu semakin banyak aplikasi yang dibuka dan dijalankan pasti banyak menguras alokasi RAM laptop. Apabila RAM bawaannya yang 4GB dirasa kurang di Asus VivoBook Ultra A412 juga memberi slot RAM tambahan yang secara spesifik bisa diupgrade maksimal sampai 12 GB.

Kali ini untuk urusan storage arifdoit beri acungan 3 jempol 👍👍👍 untuk Asus VivoBook Ultra A412.....kenapa bisa 3 jempol, memang apa kelebihan storage di laptop ini ?
ASUS VivoBook Ultra A412 " Laptop Paling Ideal Saat Ini "
Jempol PERTAMA 👍, Secara mendasar Asus VivoBook Ultra A412 mulai dari versi terjangkau sampai termahal sama - sama memiliki kapasitas storage yang cukup besar 512GB dan kapasitas besarnya ini bisa dimanfaatkan untuk tempat OS Windows 10 yang lebih besar dengan begitu bisa banyak install aplikasi, bisa koleksi lagu, video yang lebih banyak.

Jempol KEDUA 👍👍, Memiliki laptop dengan perfomance cepat adalah suatu impian, saat ini ciri khas laptop cepat tidak hanya Prosesor yang cepat, RAM yang melimpah dan VGA yang monster tapi semua itu bakal botleneck apabila storage masih menggunakan HDD. Storage yang menggunakan SSD 2,5" memiliki kecepatan 5x lebih cepat dari kecepatan HDD, namun di Asus VivoBook Ultra A412 tidak menggunakan SSD 2,5" lagi melainkan menggunakan SSD M.2 PCIe Gen3X2 NVMe yang memiliki kecepatan 10x lebih cepat dari HDD. Teknologi storage ini biasanya ditanamkan pada laptop gaming dan laptop premium yang terbukti menyuguhkan kecepatan yang lebih baik dari laptop consumer biasa yang masih menggunakan storage HDD. Arifdoit coba telusuri di jagatreview TV kemampuan SSD NVMe ini bisa mencapai kecepatan read 1880 MB/s dan write 975 MB/s

Jempol KETIGA 👍👍👍, SSD NVMe bawaanya memiliki kapasitas yang besar 512 GB namun laptop Asus VivoBook Ultra A412 ini masih bisa diupgrade lagi bila kebutuhan storage ingin ditambah. Masih ada slot SATA untuk storage 2,5" yang kosong dan uniknya Asus juga berikan SATA Storage modul kit yang bisa digunakan untuk menambah SSD atau HDD 2,5", namun arifdoit sarankan tetap pakai SSD 2,5" agar tidak ada penurunan kecepatan saat akses / simpan data.

Sekarang eranya penggunaan OS Windows 10 dimana dukungan supportnya untuk perangkat hardware dan fitur laptop terbaru disupport penuh. Untung saja Asus VivoBook Ultra A412 sudah pre-install dengan Windows 10 jadi tidak perlu repot - repot minta Install teknisi luar buat install OS-nya yang bisa juga berpotensi menggunakan software bajakan. Perlu diketahui bahwa menggunakan OS windows 10 original yang sudah pre-install ternyata sangat bermanfaat untuk jangka panjang, apa saja itu manfaatnya :
1. Sejak awal pemakaian keamanan lebih lengkap, karena oleh system sudah memiliki antivirus windows defender dan firewall.
2. Mendapat jaminan update windows berkesinambungan, update yang cukup signifikan untuk patch lubang keamanan, compatibilitas perangkat, fitur terbaru dan terbaik tanpa mengeluarkan biaya apapun.
3. Mendapat dukungan support gratis 24/7 melalui telepon, live chat online dan sumber dukungan lainnya.
ASUS VivoBook Ultra A412 " Laptop Paling Ideal Saat Ini "
Fitur keren dari Windows 10 adalah adanya windows hello yang bisa memanfaatkan sensor fingerprint untuk login masuk desktop laptop. Sekarang dengan adanya sensor fingerprint aktifitas login yang biasanya masukan password / PIN yang berpotensi lupa / diberitahukan ke pihak lain sekarang jadi berubah secara signifikan karena cukup dengan scan fingerprint / sidik jari dan itu terbukti lebih aman dan lebih cepat.


Sebagian besar pengguna laptop kenyamanan dari keyboard sangat diutamakan oleh karena itu keyboard pada Asus VivoBook Ultra A412 sangat diperhatikan dengan seksama. Mulai dari design ergolift yang juga membantu untuk menaikan posisi depan laptop naik 2° yang menghasilkan posisi ideal kenyamanan mengetik di laptop. Ditambah dengan jarak travel distance pada tuts keyboard sebesar 1,3 mm diyakini Asus adalah jarak ideal untuk keyboard yang nyaman.
ASUS VivoBook Ultra A412 " Laptop Paling Ideal Saat Ini "
Selain keyboard yang nyaman fitur adanya backlit juga cukup membantu pengguna laptop saat aktifitas mengetik pada kondisi ruangan yang minim cahaya, bahkan untuk pengaturan kecerahan led backlit pada keyboard bisa diatur dari tombol F7.

Memiliki laptop dengan konektifitas lengkap sangat membantu untuk kebutuhan kompatibilitas laptop dengan perangkat luar lainnya. Asus VivoBook Ultra A412 sudah dilengkapi dengan keluarga port USB mulai dari 1 Port USB Type-C 3.1, 1 Port USB 3.1, 1 Port USB 2.0 yang bisa digunakan untuk transfer data ke flashdisk dan harddisk external selain itu untuk penunjang aktifitas dengan interkoneksi ke printer dll, pada USB Type-C yang memiliki kecepatan lebih tinggi bisa digunakan USB HUB atau USB to Gigabit LAN bahkan bisa untuk expansi monitor tambahan yang support kualitas 4K.
ASUS VivoBook Ultra A412 " Laptop Paling Ideal Saat Ini "
Ada 1 Port HDMI yang bisa digunakan untuk presentasi dengan dikoneksikan pada LCD proyektor /LCD Monitor, Security slot, MicroSD Reader, Audio Jack dan Power Jack.
ASUS VivoBook Ultra A412 " Laptop Paling Ideal Saat Ini "
Untuk nirkabel laptop ini sudah dilengkapi dengan dual band Wifi 802.11ac yang bisa transfer data dengan kecepatan hingga 867 Mbps dan Untuk bluetooth V4.2 juga bisa diandalkan untuk transfer data dan koneksi perangkat audio yang tidak perlu ribet dengan adanya kabel.

Laptop Asus VivoBook Ultra A412 dengan baterai 37 Wh didesain memiliki fitur fast charging yang bisa charge baterai sampai 60% hanya membutuhkan waktu 49 menit saja. Proses charger yang cukup cepat untuk sebuah laptop dan fitur ini sangat berguna buat pengguna yang menghargai waktu begitu sangat penting.
ASUS VivoBook Ultra A412 " Laptop Paling Ideal Saat Ini "

Laptop ASUS VivoBook Ultra A412 menyandang gelar sebagai “ World’s Smallest Colorful 14-inch Ultrabook ” atau ultrabook dengan layar 14 inci paling berwarna dan paling kecil di dunia, tidak ketinggalan fitur yang dimiliki juga cukup keren, unik dan memiliki spesifikasi mumpuni seperti yang ada pada laptop premium lainnya. Selain itu dukungan garansi yang diberikan cukup panjang selama 2 tahun apalagi dukungan Asus Service Center juga banyak di seluruh kota - kota di Indonesia memberi kenyamanan bagi pengguna bila laptopnya ada keluhan yang menginginkan support dari Asus.
ASUS VivoBook Ultra A412 " Laptop Paling Ideal Saat Ini "


sumber :
https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-VivoBook-14-X412FL/Features/
https://blogs.windows.com/windowsexperience/2016/10/31/windows-10-tip-how-to-set-up-windows-hello-on-your-pc/
https://www.youtube.com/user/JagatReview
https://techinstyle.asus.com/how-to-set-up-windows-hello/

You might also like

4 comments

  1. Thanks untuk infonya,
    Kunjungan balik ya ke web saya : Toko Laptop

    ReplyDelete
  2. Laptop top.. saya sudah 18 bulan memakainya, belum ada kendala, kerjanya tetap bagaimana barunya.. walaupun agak mahal sedikit bagi saya, tetapi kepuasan yang lebih utama👍

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)