8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Service Motor

Sepeda motor adalah kendaraan kuda besi yang paling banyak dipakai saat ini, itu semua karena sepeda motor merupakan alat transportasi yang paling terjangkau dan fungsionalitas. Begitu banyaknya sepeda motor akhirnya banyak berdiri bengkel - bengkel sepeda motor baik dari Authorized Service merk sepeda motor maupun bengkel sepeda motor pada umumnya.

Dibalik sepeda motor yang kita banggakan dan andalkan pasti sepeda motor tersebut melewati berbagai servis motor di berbagai bengkel. Berikut tips agar sepeda motor yang kita banggakan dan andalkan tetap dalam kondisi prima : 

1. Tentunya saat beli sepeda motor baru pasti mendapatkan fasilitas berupa servis sepeda motor secara berkala dan servis gratis (tergantung merk sepeda motor). Maksimalkan fasilitas yang didapat dan jangan lupa untuk selalu monitoring agar tidak terlewat antara tanggal atau KM yang sudah ditempuh agar tidak hangus servis gratis tersebut.

2. Setelah melewati masa service gratis jangan lupa tetap melakukan service rutin karena sepeda motor tetap membutuhkan perhatian untuk dilakukan perawatan agar kondisi sepeda motor tetap prima di berbagai kondisi

Sebenarnya apa saja yang dilakukan / check point saat service motor agar sepeda motor tetap dalam kondisi prima :  

Perlu diketahui service sepeda motor adalah bahasa secara umum yang memiliki arti pengecekan kondisi sepda motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat sepeda motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Nah...ternyata banyak bagian dari sepeda motor yang perlu dicek, seperti memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya. Untuk lebih detailnya apa saja yang harus di-service pada sepeda motor, penjelasannya sebagai berikut : 

1. Oli Mesin
Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin dari keausan karena gesekan. Mesin adalah bagian yang sangat penting pada sepeda motor karena sebagai penggerak sepeda motor agar bisa jalan, oleh karena itu perlu rutinitas mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Biasanya, biaya yang perlu dibayar, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya. 
Terutama pada jenis motor matic yang sekarang mendominasi dijalanan, oli motor matic juga menjadi pangsa serius untuk menjadikan motor matic tetap awet dan hemat dengan rekomendasi pengantian oli hingga 5000 km.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

2. Oli Gardan
Untuk pengguna sepeda motor matic selain oli mesin juga wajib menjaga rutinitas mengganti oli gardan, karena dari fungsinya saja oli gardan untuk melumasi gear ratio yang ada di transmisi otomatis agar tidak keluar bunyi berisik pada box Continuously Variable Transmission (CVT).
Oli gardan terbilang masih murah dan masa pergantian juga lebih panjang yaitu menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

3. Busi
Busi adalah part atau bagian di sepeda motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik dan kotor bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Bila memungkinkan dibersihkan dulu businya dan apabila masih tidak bisa terpaksa harus ganti busi.

4. Kampas Rem
Keamanan dan keselamatan dalam berkendara sepeda motor adalah faktor penting yang harus selalu diperhatikan. Salah satu komponen pada motor yang sangat berpengaruh pada keselamatan, yaitu sistem pengereman pada roda depan dan belakang. 
Kondisi kampas rem yang sudah tipis mengakibatkan rem jadi kurang pakem dan celakanya bila tidak segera diganti beresiko bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service sepeda motor.

5. Filter Udara
Keberadaan filter udara pada sepeda motor berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar tidak ada kotoran yang masuk. Apa yang terjadi bila filter udaranya kotor ? 
Akan mengakibatkan penyaluran udara jadi lebih sedikit yang bisa mengganggu pengkabutan tidak seimbang antara bahan bakar dan udara di ruang pembakaran dengan begitu sepeda motor jadi lebih boros bahan bakar. Selain itu tarikan sepeda motor juga semakin berat yang terasa sekali saat RPM tinggi seharusnya sepeda motor jadi maksimal kecepatannya akhirnya jadi kedodoran kecepatan speda motornya. Nah biar irit bahan bakar dan nyaman akselerasinya sering - sering cek filter udara yah !

6. Aki atau Accu
Untuk kelistrikan pada sepeda motor yang perlu diperhatikan adalah aki yang kebanyakan sepeda motor terbaru sekarang sudah menggunakan aki kering. Normalnya tegangan pada aki idealnya berkisar pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati, sementara itu jika mesin dinyalakan tegangan aki berkisar pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah....kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut past ada ada kebocoran pada kelistrikan atau bisa juga kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail.
Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar tetap bisa menggunakan sepeda motor dengan nyaman karena saat menyalakan sepeda motor yang jenis matic lebih nyaman dengan electric starter ketimbang manual terutama buat pengguna perempuan. 

7. Ban
Pemeriksaan ban juga penting dan perlu dilakukan secara berkala. Terutama untuk perjalanan jauh atau berboncengan harus sering memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan sepeda motor. Namun pada saat service sepeda motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.
Jangan memaksa ban sepeda sepeda motor dalam kondisi yang gundul terutama saat musim hujan karena beresiko kehilangan traksi pada aspal terutama pada saat melewati jalan yang berbelok dengan kecepatan tinggi. 

8. Tune up Motor Rutin
Selain poin pengecekan sepeda motor diatas perlu juga dilakukan service motor tune up secara berkala. Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan komponen ini biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart sepeda motor lainnya. Tidak perlu ragu dan tenang saja, mekanik bengkel pasti menginformasikannya terlebih dahulu kepada pengguna, perlu ada persetujuan terlebih dahulu baru mekanik melakukan perbaikan dan pergantian.

Bengkel Servis Motor Terbaik
Seperti biasa setiap pengguna sepeda motor pasti cari referensi untuk mendapatkan tempat servis sepeda motor yang bagus. Tentunya tempat servis yang bagus dan terpercaya buat motor andalan dan kebanggan harus mencari bengkel servis motor yang bagus juga.

Salah satu bengkel yang bisa diandalkan adalah Planet Ban. Di Planet Ban tidak hanya pusatnya bengkel untuk ban tapi bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru . Hmm… apa itu servis mesin rasa baru ?

Servis motor rasa baru yang dikenal juga dengan Sistem Servis Terpadu merupakan jenis service sepeda motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan sepeda motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Apa Sih Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban ?
  1. Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa sepeda motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).
  2. Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.
  3. Ini yang beda ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000 km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.
  4. Bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena sepeda motor yang bagus pasti emisi dan polusi dari sepeda motor pasti berkurang.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain.

Servis di Planet Ban berbeda dengan servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin sepeda motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika melakukan service sepeda motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Ya, service motor di Planet Ban bikin sepeda motor seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Sekarang sudah tahu manfaat rutin cek kondisi sepeda motor dan bagian apa yang perlu diservis. Waktunya servis rutin dan ada kendala pada sepeda motor Planet Ban bisa sebagai rujukan dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.

You might also like

9 comments

  1. Wah planet ban ndak hanya jual ban aja toh, bisa di coba nih bengkelnya apalagi deket rumah

    ReplyDelete
  2. biaya servis murah cocok buat mahasiswa

    ReplyDelete
  3. Planet ban ada dimana - mana kalo bisa servis motor lebih baik servis di planet ban aja lebih murah

    ReplyDelete
  4. Puas ganti ban di planet ban, apalagi dapat isi ban pakai nitrogen gratis seumur hidup, nah tinggal servisnya aja ke planet ban

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama pengalamanku ganti ban belakan dapat free isi nitrogen gratis seumur hiup

      Delete
  5. Planet Ban sudah cukup banyak outletnya sehingga nggak perlu kuatir kalo di tengah jalan motor mengalami trouble.

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)