Memaksimalkan Performa Network Monitoring dengan Netmonk

Bagi suatu bisnis, network monitoring menjadi hal yang wajib diperhatikan dalam pengoperasian sistem jaringan di perusahaan. Network monitoring adalah suatu sistem pemantauan elemen-elemen infrastruktur IT untuk mencegah atau memperbaiki suatu masalah yang terjadi pada jaringan. Selain untuk mengurangi masalah infrastruktur jaringan, network monitoring dapat meningkatkan kinerja jaringan menjadi lebih baik dan juga meningkatkan produktivitas pegawai pada perusahaan.

sumber : facebook telkom indonesia

Sistem monitoring ini dapat mengidentifikasi masalah infrastruktur jaringan dengan jumlah yang besar dan sangat spesifik. Jika terdapat masalah yang terdeteksi pada jaringan, sistem ini akan memberikan peringatan kepada administrator layanan IT Anda secara cepat dan akurat. Sehingga masalah dapat dicegah atau diselesaikan sebelum terjadi. 

Tips Memilih Network Monitoring yang Tepat untuk Bisnis Anda

Bagi Anda yang ingin menggunakan sistem ini, pastinya harus mempertimbangkan bagaimana cara memilih sistem network monitoring yang baik untuk menunjang produktivitas perusahaan.  Berikut merupakan cara pemilihan network monitoring agar mendapatkan performa yang baik:

1. Jangkauan
Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam memilih network monitoring adalah ruang lingkup solusi. Dalam membuat keputusan Anda harus menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kebutuhan jaringan yang digunakan pada perusahaan.

2. Konektivitas dan Skalabilitas
Langkah kedua, dalam menentukan network monitoring yang baik, Anda harus melibatkan seorang arsitektur solusi yang ahli dalam konektivitas dan skalabilitas jaringan. Dalam hal ini, konektivitas jaringan harus menjadi bahan pertimbangan untuk memastikan infrastruktur dapat mengatasi persyaratan teknologi dan komponen yang digunakan. Selain itu, skalabilitas menjadi pertimbangan yang sulit karena Anda harus mengetahui apakah sistem yang diterapkan adalah penyelesaian solusi pada tiap masalah atau hanya untuk menangani masalah tertentu.

3. Adanya Notifikasi
Pemberitahuan atau notifikasi tidak boleh dianggap remeh dalam sistem network monitoring. Setiap pemantauan yang dilakukan akan memperoleh beberapa report yang berisi analisa serta kondisi dari suatu perangkat. Dengan adanya notifikasi, Anda akan lebih mudah mengetahui adanya laporan terkait masalah yang dialami suatu sistem.

4. Fitur Penemuan Otomatis
Semakin mudah digunakan, semakin diminati. Pelanggan tentunya membutuhkan suatu sistem yang mudah dioperasikan (user friendly) karena memudahkan Anda untuk menjelajahi masalah-masalah jaringan yang sekiranya dapat diperbaiki sendiri dan dapat menghemat waktu. 

Network monitoring menjadi sistem yang tepat bagi perkembangan suatu bisnis di era digital. Dengan memilih network monitoring yang tepat maka keuntungan dan beberapa fitur andalan dapat Anda nikmati sembari menikmati keuntungan pada perusahaan. Kini Telkom Indonesia menghadirkan Netmonk Telkom, solusi pemantauan jaringan yang efisien dengan menyederhanakan tingkat kerumitan masalah jaringan hanya dengan satu aplikasi. Layanan ini juga dilengkapi dengan dashboard analitik, didukung oleh linux server serta memiliki performa pemantauan unggulan secara real time selama 24 jam penuh. Dengan Netmonk, pantau jaringan cepat, akurat dan efisien.

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)