ASUS Gathering Malang " ASUS EXPERTBOOK B3000 Laptop Detachable Keren Bisa Untuk Kerja dan Desain Dengan Harga Terjangkau "

17 Desember 2022 akhirnya kota malang disambangi oleh tim ASUS Indonesia, bersama perwakilan dari Qualcomm Snapdragon Indonesia dan Tim Urbandigital. Kali ini untuk kota malang lokasi acaranya di hotel Ascent Premier Hotel Malang tepatnya sebelah stasiun kota lama. Untuk produk yang diperkenalkan sangat menarik karena selama ini pabrikan Qualcomm identik dengan CPU Snapdragonnya spesial untuk penggunaan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet tapi kali ini bisa diimplementasikan pada sebuah laptop detachable.

Laptop keren ini adalah ASUS ExpertBook B3000 yang merupakan laptop detachable pertama di indonesia yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 7c Gen2. Kali ini kebetulan saya datangnya agak telat karena pulang kerja jam 13.00 WIB langsung meluncur ke lokasi acara di stasiun kota lama yang cukup jauh dan juga kalau hari sabtu arah menuju kota jalannya cukup macet. Alhamdulillah akhirnya pas jam 14.00 WIB bisa sampai di lokasi acara, karena telat sudah masuk sesion acara presentasi oleh Mas Firman PR Asus Indonesia. Ada 4 sesion acara dalam ASUS Gathering Malang yang semuanya isinya daging semua, mulai dari :

SESION 1 DARI ASUS INDONESIA

Pengenalan produk laptop detachable ASUS ExpertBook B3000 oleh Mas Firman selaku PR Asus Indonesia. Laptop detachable ini merupakan lini produk laptop bisnis oleh karena itu masuk dalam varian ASUS ExpertBook yang merupakan lini produk ASUS untuk bisnis / commercial yang terkenal dengan laptop yang tangguh diperuntukkan untuk penggunaan enterprise.

Banyak fitur yang disematkan di laptop yang bisa berfungsi sebagai laptop itu sendiri atau sebagai tablet. Menggunakan operating sistem khusus Windows 11S yang cukup ringan diperuntukkan untuk perangkat laptop / tablet yang selalu terkoneksi dengan internet dan aplikasi yang dijalankan harus download dari microsoft store.

Presentasi ExpertBook B3000 oleh Mas Firman PR Asus Indonesia
Menggunakan CPU Snapdragon 7c Gen2 yang cukup kencang dimana saat saya gunakan membuka browser dan browsing, buka microsoft word tapi karena koneksi internet di hotel sangat lambat jadi mau buka blogku arifdoit.com dan onotekno.com jadi lama membuka halamannya. 

Laptop ini bisa berfungsi sebagai tablet dimana keyboardnya bisa dicopot pasang dengan mudah yang cukup sekali klik karena terbantu adanya magnet yang cukup kuat daya tariknya. Keyboard yang digunakan juga cukup nyaman karena sudah memiliki fitur tombol dengan key travel 1,5mm, 0,15 dish key. Untuk cover yang menempel dilayar juga memiliki fitur Expert Stand Cover yang bisa diatur sudutnya tergantung posisi mana yang pas dan juga bisa digunakan tidak hanya stand cover posisi horisontal namun juga bisa digunakan posisi vertikal.

Memiliki daya tahan baterai yang cukup panjang hingga 21 jam semua itu berkat arsitektur CPU Snapdragon 7c Gen2 yang mengusung arsitektur ARM yang diperuntukkan untuk perangkat mobile yang memiliki efisiensi daya yang tinggi. Laptop detachable yang tangguh ini sudah memiliki sertifikasi ketahanan Military Grade US MIL-STD 810H sehingga laptop yang ringan 590 gr dan tipis 0.9 cm ini ternyata cukup tangguh bisa tahan diberbagai kondisi.

Memiliki 2 kamera dimana kamera belakang memiliki resolusi 13MP yang bisa digunakan untuk mengambil foto dan video dengan resolusi tinggi dan kamera depan 5MP yang dilengkapi dengan fitur 3DNR ( 3D Noise Reduction ) yang sangat membantu pada saat kondisi minim cahaya bisa mengurangi noise pada video sehingga tampak jernih dan terang video pengguna saat sesi video conference. 




Ada fitur AI Noise Canceling yang sangat membantu pada saat video conference dimana suara yang masuk dalam sistem video conference lebih jernih tanpa ada suara gangguan dari belakang dengan bantuan sistem berbasis AI ( kecerdasan buatan ). Pada keyboard juga ada tombol cepat bisa mematikan microphone apabila mendadak sangat membutuhkan suara percakapan pribadi pengguna tidak terdengar oleh peserta lainnya saat video conference. 

Pada permukaan keyboard juga diberi lapisan ASUS Anti Bacterial Guard berupa lapisan Ion plus perak (Ag+) yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri pada permukaan keyboard hingga 99% dalam waktu 24 jam.

Untuk layar di laptop ExpertBook B3000 mendukung penggunaan layar sentuh / touchscreen dengan ratio layar  16:10, ditunjang dengan resolusi  layar yang cukup rapat (1920 x 1200 pixel). Sebagai laptop yang cocok untuk bekerja dan untuk content creator yang punya bakat dalam design grafis pasti perlu waktu lama didepan laptop, oleh kerena itu layar ExpertBook B3000 sudah tersertifikasi low blue light oleh TÜV Rheinland. Layar ExpertBook B3000 memiliki emisi radiasi cahaya biru yang sangat minim supaya tidak merusak Kesehatan mata apabila melihat layar dalam jangka waktu panjang.

ASUS ExpertBook B3000 ini juga dilengkapi pen stylush yang penempatannya menyatu dengan body dimana saat menancap adalah proses charge yang dalam 15 detik bisa digunakan selama 45 menit dan penggunaanya sangat powerfull. Saking powerfullnya laptop ini cocok banget buat para content creator seperti seorang illustrator yang suka desain dengan stylush, nah pas fokus pada presentasi Mas Firman di samping saya ada seorang anak kecil yang lagi asik mendesain seorang kartun perempuan. Bolak - balik saya fokus lihat presentasi lalu ganti juga fokus pada hasil desain anak kecil ini karena penasaran sama hasilnya dan penasaran pakai perangkat apa dia.

Aisy kartunis cilik yang sangat terbantu membuat kartun figur PR ASUS Indonesia di ExpertBook B3000, sumber: IG @snapdragon_id

Akhirnya saat sesi tanya jawab ada seorang pria yang mau tanya dan ternyata dia mau nunjukin hasil karya putrinya yang bernama Aisy bahwa putrinya telah menggambar kartun seorang figur yang sangat bagus sekali ternyata figur itu adalah salah satu PR ASUS Indonesia yaitu Erlyin Purnama Caroline. Hebat....laptop ini ternyata tidak hanya cocok dibuat kerja namun cocok juga untuk menyalurkan bakat yang suka membuat gambar kartun bisa menggunakan laptop ExpertBook B3000 dengan didukung Pen Stylush bawaannya.

SESION 2 DARI QUALCOMM SNAPDRAGON INDONESIA

Presentasi dari Qualcomm Indonesia diwakili oleh Mas Angga yang memperkenalkan produk dan teknologi apa saja dari Qualcomm yang akan merambah ke perangkat laptop. Sebenarnya sebelum adanya ExpertBook B3000 ini Qualcomm sudah mencoba mengawalinya dengan ASUS mengeluarkan produk laptop convertible bernama ASUS NOVA GO yang diotaki oleh CPU Flagship dikala itu yaitu Qualcomm Snapdragon 835.

Mas Angga dari Qualcomm Snapdragon Indonesia

Kali ini Qualcomm dengan CPU Snapdragon 7c Gen2 yang cukup powerfull dengan arsitektur ARM khusus mobile yang sangat efisien pada daya bisa menjalankan Windows 11S. Memiliki chip grafis yang terintegrasi Qualcomm® Adreno™ GPU 618 mampu menyuguhkan kinerja yang mumpuni untuk aktifitas kerja sehari-hari.

Adanya 2 kamera yang ada dibuat video conference, ambil foto dan rekam video bisa berjalan lancar kaerna semua itu berkat fitur yang ada di CPU Qualcomm Snapdragon 7c Gen2 yaitu Qualcomm Spectra 255 ISP.

SESION 3 DARI USER EXPERTBOOK B3000

Kali ini presentasi dari Mas Afit selaku founder Urbandigital yang sudah memegang ASUS ExpertBook B3000 sebagai daily driver. Mas Afit yang sudah memiliki 2 anak memberi pernyataan bahwa laptop detachable ini sangat cocok buat kerja karena ringan memberi mobilitas yang tinggi, powerfull, baterai awet dan buat dirumah bisa dipakai anak untuk media hiburan.

Testimoni dan tips ExperBook B3000 Expereience Dari Mas Afit founder urbandigital.id

Saat presentasi juga memberi tips dan mendemokan mengapa ExpertBook B3000 ini juga cocok buat content creator, karena bawaan windows 11S ada aplikasi penting untuk video editing yaitu Clipchamp yang mana pengoperasiannya cukup mudah dan cukup powerfull jadi tidak perlu install aplikasi video editing lainnya apabila mau dipakai membuat video yang tidak terlalu komplek.

SESION 4 DARI KETUA KOMUNITAS ASUS 

Kali ini presentasi Mas Fadhil dari ASUS Indonesia sebagai orang yang bertanggung jawab pada komunitas ASUS agar tetap terus berkembang. Komunitas ASUS yang sudah exist antara lain Zencreator.id, ROGcommunity.id dan terbaru ATOMCommunity yang merupakan wadah buat content creator ASUS di medsos tiktok dan Instagram.

Agar komunitas terus bisa berkembang peserta diajak gabung pada komunitas tersebut untuk bisa mendapatkan banyak manfaat. Mulai dari informasi yang bermanfaat untuk para creator, bisa aktif bikin artikel, tanya jawab di komunitas yang nantinya bisa menambah Zencred (poin) di Zencreator.id dan zencred ini nantinya bisa di redeem / ditukar dengan sebuah aksesoris ASUS, Gimick dan kerennya bisa ditukar dengan sebuah laptop.

Presentasi zencreator.id - rogcommunity.id -ATOMcommunity - ASUS affiliate dari Mas Fadhil
Ada juga dengan Program Afiliasi ASUS Online Store yang memberikan ruang buat anggota bisa seorang blogger, Influencer dan KOL yang sudah mendapat kode voucher khusus yang bisa disebar di medianya sendiri bisa di blog, youtube, tiktok dan media sosial lainnya untuk bisa digunakan pemirsa atau pengikutnya apabila membeli laptop consumer ( ZenBook / VivoBook / OLED Series / Creator Series ) yang berprosesor Intel di ASUS Online Store akan mendapatkan diskon dan afiliatornya akan mendapatkan komisi 3,5% atau senilai maksimal 1 juta setiap ada pembelian 1 unit laptop dan maksimal di akumulasi bisa maksimal 20 juta dalam satu bulan apabila kode voucher itu berhasil digunakan untuk membeli laptop di ASUS Online Store.

Akhir dari semua sesion acara diakhiri dengan beberapa lomba seperti tanya jawab dari pemaparan materi yang sudah disampaikan 4 pemateri di sistem Kahoot.it. Untuk lomba kahoot ini Alhamdulillah saya bisa mendapatkan podium posisi 3, karena menjawab dari sepuluh soal cuma salah satu soal saja. Peringkat 1 mendapatkan voucher OVO 1 juta, untuk juara 2 voucher OVO 500 ribu dan juara 3 voucher OVO 250 ribu.

Juara 3 Kahoot tentang product knowledge ASUS ExpertBook B3000 sumber:IG @snapdragon_id

Dan yang ditunggu adalah lomba membuat video di IG Reel dan tiktok untuk mengulas ASUS ExpertBook B3000, untuk lomba video kali ini saya tidak bisa maksimal mengikuti lomba ini karena datangnya telat dan diakhir acara dengan waktu yang mepet tidak punya banyak footage video yang akan diolah untuk dipakai lomba dan akhirnya merekam video seadanya karena keterbatasan waktu.

Para juara harapan kompetisi video di IG Reels dan tiktok

Para juara utama kompetisi video di IG Reels dan tiktok 

SPESIFIKASI EXPERTBOOK B3000

Main Spec. ExpertBook B3000
CPU Qualcomm® Snapdragon™ 7c Gen 2 (1MB L3 Cache, up to 2.55GHz, 8 cores)
Operating System Windows 11 Home in S Mode
Memory 8G LPDDR4X on board
Storage 128G eMMC
Display 10.5-inch, WUXGA (1920 x 1200) 16:10 60Hz, touchscreen, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 320nits, sRGB 121%
Graphics Qualcomm® Adreno™ GPU 618
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C support display + power delivery
1x 3.5mm Combo Audio Jack
Connectivity Wi-Fi 5(802.11ac) (Dual band) 2*2, Bluetooth 5.1

Camera
5.0 MP front-facing camera
13.0 MP world-facing camera
Audio Built-in speaker, Built-in array microphone
Battery 38WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
Dimension 26.03 x 17.21 x 0.89 ~ 0.90 cm
Weight 590 gram
Price Rp6.999.000
Warranty 1 tahun garansi internasional + ASUS Expert Warranty

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)