ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) " Laptop Bisnis Paling Higienis Yang Memiliki Koneksi 4G LTE "

Dua minggu yang lalu tepatnya hari rabu setelah shalat isya saya kedatangan tamu Pak Yono bersama anaknya datang kerumah untuk minta tolong diperbaiki laptopnya, dengan keluhan laptopnya sangat lambat setelah update windows 10 dan pada keyboardnya ada beberapa tombol yang tidak berfungsi. Beliau cerita laptop ini sudah 6 tahun menemaninya terakhir ini perannya sangat penting sebagai alat penunjang mengerjakan tugas akhir kuliahnya. Sudah 3 tahun menjalani kuliah dengan jadwal tiap hari sabtu dan minggu, sesuai bidangnya di tempat kerja beliau mengambil jurusan S1 teknik industri disalah satu kampus terkenal di Malang.

Salut dengan semangatnya beliau yang sudah berkeluarga dan bekerja namun masih bisa membagi waktunya untuk menambah ilmu sesuai dengan bidangnya di tempat kerja yaitu bagian Quality Control. Setelah menerima laptopnya dan langsung saya cek kondisi laptopnya didepan Pak Yono yang seketika itu juga saya begitu kaget sekaligus heran dengan kondisi laptopnya. Keyboard laptopnya yang berwarna putih menjadi sangat kentara terlihat kotor di area keyboardnya dan dibeberapa spot warna putihnya berubah kecoklatan sedikit meleleh kena sundutan rokok dan ada warna merah seperti bekas ketumpahan saus.

Dalam hati sambil keheranan " Ini laptop apa tempat pembuangan puntung rokok ? lalu sekilas saya lihat bibirnya yang hitam sepertinya beliau perokok berat  "

ilustrasi keyboard putih dan kotor

Langsung saya informasikan ke Pak Yono tentang keluhannya, bahwa laptopnya minta upgrade dari HDD ke SSD agar booting awal dan buka aplikasinya lebih cepat, untuk keyboardnya ini dicoba mendapat pertolongan pertama dengan dibersihkan dulu dan apabila masih tidak bisa terpaksa harus ganti keyboardnya.

Malamnya langsung saya tindaklanjuti perbaikan laptopnya karena penasaran cara bersihkan spot - spot dilaptop yang kena sundutan rokok langsung cari di google cara bersihkan keyboard kotor yang terkena sundutan rokok dengan mengawali mengetik kata kuncinya " Keyboard Kotor ", saya berhenti melanjutkan pengetikan pada kata selanjutnya karena ada kata kunci lainnya yang membuat saya jadi ingin membukanya yaitu " Keyboard lebih kotor dibandingkan toilet ". Banyak media yang menayangkan topik keyboard lebih kotor dibandingkan dudukan toilet bagi saya ini sangat miris dan fakta yang diluardugaan saya, karena dudukan toilet tempat pembuangan kotoran seharusnya lebih kotor dibandingkan dengan keyboard laptop/PC yang tampak bersih setelah dipakai sendiri maupun dipakai banyak orang.

Setelah baca artikelnya menjadi khawatir dengan keyboard laptop yang tiap hari saya gunakan sendiri maupun laptop dikantor yang sering dipakai buat aktifitas dari berbagai departemen. Penasaran apa penyebab sebenarnya keyboard kok bisa lebih kotor dibandingkan dudukan toilet, penjelasannya sebagai berikut :

  1. Kebiasaan buruk didepan laptop atau komputer seperti aktifitas mengetik sambil makan akhirnya meninggalkan bekas minyak goreng dan mentega di keyboard, mengetik sambil tangan bersihkan lubang hidung, droplet dari air liur saat bicara, saat bersin dan batuk ditambah pula banyaknya tumpukan debu yang kelamaan bakal menjadi sarang bakteri dan virus.
  2. Keyboard dan permukaan palm rest tidak pernah dibersihkan, lama - lama menjadi kotor yang berakibat terjadi penumpukan bakteri dan virus.

Dari penyebab diatas pasti kita masih toleransi dengan kondisi laptop / PC yang dipakai sendiri bayangkan bila dipakai bersama pasti semakin tambah parah, karena kita tidak tahu pengguna lainnya habis pegang apa saja yang besar kemungkinan potensi adanya droplet di permukaan keyboard sangat besar. Untuk laptop dirumah yang dipakai sendiri kadang dipakai oleh istri dan dibuat mainan mengetik oleh anak dan bagi saya masih toleransi meskipun ada potensi penyebaran bakteri dan virus dari keyboard.

Beda lagi ceritanya dengan laptop yang di kantor sering dipakai bersama oleh banyak orang dari berbagai departemen, misal dalam satu hari bagian HRD pakai laptop untuk zoom dengan disnaker daerah di jam 09.00 WIB lalu dilanjutkan jadwal berikutnya jam 13.00 dipakai bagian QC untuk zoom dengan customer dan besoknya dipakai meeting internal perusahaan untuk pencapaian target perusahaan. Cerita laptop satu dipakai bersama inilah bisa menjadi potensi penyebaran penyakit di rumah atau perusahaan dimanapun berada, apalagi dimasa pandemi saat ini menjaga kesehatan menjadi hal yang sangat penting.

Beberapa artikel diatas hasil googling ada yang cukup menarik dari bridgebiotechnology.com tentang " How dirty is my keyboard? Testing for bacteria around an office ". Diukur menggunakan alat uji ATP hygiene monitoring system yang bisa mengetahui jumlah bakteri yang ada dipermukaan benda, kali ini yang diuji adalah dudukan toilet, gagang pintu, gagang telpon dan keyboard beberapa user. Untuk hasilnya sebagai berikut :

sumber : bridgebiotechnology.com
Dari hasi pengujian menggunakan alat ATP hygiene terlihat bila di dudukan toilet mendapatkan angka 30 RLU, gagang pintu 47 RLU , gagang telpon 264 LU dan yang miris ada di keyboard dari beberapa pengguna nilainya bervariasi mulai dari 42 RLU s/d 783 RLU tertinggi dari permukaan benda lainnya. 

Sebenarnya bakteri apa saja yang berpotensi bisa berkembang dengan pesat di area keyboard ? 

sumber : tirto.id
Diambil datanya dari pengambilan sampel pada 300 keyboard dan mouse di lab. komputer Universitas Lahore College for Women ( sumber: tirto.id ), ditemukan bakteri patogen yang bisa menjadi penyakit mulai dari :

  1. Bakteri Enterococcus Faecium adalah bakteri yang ada disaluran pencernaan yang bisa menyebabkan penyakit meningitis neonatal dan endokarditis.
  2. Bakteri Staphylococcus Aureus adalah bakteri yang bisa ditemukan dihidung yang bisa menyebabkan penyakit Infeksi kulit, penyakit bakteremia (dengan gejala demam, tekanan darah rendah, cepat gelisah, napas menjadi cepat) dan penyakit Osteomielitis berupa infeksi pada tulang.
  3. Bakteri Pseudomonas aeruginosa adalah bakteri yang bisa ditemukan di air, tanah lembab yang bisa menyebabkan Infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan, infeksi kulit, infeksi saluran kemih dan infeksi telinga.

Bakteri yang ditemukan bisa bermacam - macam ada juga beberapa bakteri non patogen ( bakteri yang tidak menyebabkan penyakit pada manusia ) tergantung dari sumbernya saat mahasiswa / pegawai disana pegang keyboard di lab komputer. Dari data diatas sangat riskan bagi kesehatan manusia yang mudah terserang penyakit karena asal muasalnya berasal dari bakteri patogen di keyboard. Demi kesehatan pribadi dan orang lainnya tetap terjaga karena kesehatan saat ini begitu penting perlu ada solusinya agar kedepannya pengguna laptop/PC tidak mudah terserang penyakit.

SOLUSINYA
Untuk menekan bakteri dan virus di area permukaan sekitar keyboard ( termasuk palm rest ) pada laptop / PC perlu ada perlakuan higienis dari penggunanya, karena bakteri dan virus yang berasal dari makanan, droplet dari mulut saat bersin/batuk dan debu bisa diminimalisir dengan 4 solusi, antara lain :

  1. Langkah awal sebagai dasar mematikan bakteri dan virus yang berbahaya bagi tubuh adalah tiap hari atau tiap minggu dialokasikan waktunya untuk bersihkan area permukaan keyboard ( termasuk area palm rest ) menggunakan kain bersih yang diberi sedikit alkohol. Dengan teliti tiap tombol, permukaan sekeliling tombol dan area palm rest dan lakukan aktivitas ini tiap minggu sekali.
  2. Pengguna laptop / PC harus melakukan aksi higienis seperti saat menggunakan laptop/PC harus cuci tangan / pakai hand sanitizer terlebih dahulu agar saat menggunakan keyboard tetap terjaga higienis permukaan keyboard sekitarnya dan area palm rest.
  3. Saat beraktifitas didepan laptop/PC tidak boleh sambil makan dan minum, karena beresiko dari remahan makanan dan tetesan minuman yang jatuh mengenai area keyboard dan sekitarnya bisa membekas sedikit setelah dibersihkan yang kurang maksimal akhirnya nanti berpotensi bakteri dan virus bisa semakin berkembang.
  4. Gunakan perangkat yang memiliki fitur Anti bakteri yang menjaga higienis keyboard dengan memanfaatkan teknologi yang bermanfaat untuk kesehatan agar bisa meminimalisir perkembang bakteri dan virus yang salah satunya adalah menggunakan laptop yang sudah mendukung fitur ASUS Antibacterial Guard yang mampu menekan perkembangbiakan bakteri dan virus yang menempel di atas permukaan keyboard dan area palm rest.

Kesehatan merupakan faktor penunjang produktifitas baik untuk pribadi maupun perusahaan, dari Empat solusi diatas yang cukup menarik adalah penggunaan teknologi perangkat higienis ASUS Antibacterial Guard yang merupakan terobosan teknologi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Setelah baca penjelasan diatas bagaimana cara kerja ASUS Antibacterial Guard yang ampuh bisa menekan perkembangbiakan bakteri dan virus yang menempel di permukaan keyboard dan palm rest, simak penjelasan berikut ini :

Rahasia teknologi ASUS Antibacterial Guard yang ampuh bisa menekan perkembangbiakan bakteri dan virus adalah keampuhan dari senyawa Ag+ atau silver ion yang ternyata sudah diketahui sejak dahulu kala tepatnya dijaman romawi dan yunani yang sudah menggunakan silver ion untuk penyembuhan infeksi saluran akar gigi.

Merupakan antivirus alami silver ion memiliki peranan penting dalam menekan perkembangbiakan bakteri dan virus, karena KUASA PENCIPTA Silver Ion memiliki peranan penting untuk kesehatan manusia, antara lain :

Pada Bakteri (sumber:klikdokter.com) :

  1. Berinteraksi dengan dinding sel bakteri, silver ion mampu mengikat yang bisa membuat gangguan stabilitas membran, melepaskan ion kalium, dan menurunkan jumlah sel energi (ATP) dari bakteri.
  2. Mempengaruhi berbagai molekul –seperti asam nukleat dan enzim– di dalam sel.
  3. Memicu produksi spesies oksigen reaktif, yang menyebabkan kerusakan sel.

Pada Virus (sumber:alodokter.com) :

  1. Mengikat virus tanpa harus merusak sel tubuh.
  2. Mengganggu proses metabolisme virus dengan merusak susunan DNA-nya, sehingga virus tidak dapat berkembang biak dan mati.
  3. Merusak dinding sel virus.
  4. Mencegah atau melepaskan perlekatan virus pada sel-sel tubuh

Disini oleh ASUS menerjemahkannya dengan sebuah teknologi berupa ASUS Antibacterial Guard yang sistem kerjanya dengan cara melapisi permukaan laptop yang sering digunakan dengan ion Ag+ atau Silver Ion. 

Keberadaan silver ion dipermukaan laptop mampu mencegah berkembangbiaknya bakteri dan virus secara efektif dan aman bagi manusia. Telah melalui test uji sesuai standard ISO 22196 dengan cara mengujinya dipermukaan plastik atau permukaan benda yang tidak berpori lalu diberi 10.000 bakteri ( termasuk bakteri Staphylococcus dan E. Coli ) di cawan yang sudah dilapisi ASUS Antibacterial Guard. Ditunggu dengan kurun waktu 24 jam yang hasilnya sungguh menakjubkan dimana bakteri di cawan akhirnya tinggal 16 saja dan di cawan lainnya yang tidak dilapisi ASUS Antibacterial Guard perkembangan bakterinya sangat signifikan dari 10.000 bakteri berkembang pesat menjadi 28.000 bakteri.

Begitu efektifnya ASUS Antibacterial Guard terbukti ampuh sampai 99% bisa menghambat perkembangan bakteri, oleh karena itu oleh ASUS semua permukaan laptop yang sering disentuh mulai dari permukaan keyboard, touchpad, area palm rest, sensor fingerprint, tombol power dilapisi dengan ASUS Antibacterial Guard. Dengan adanya lapisan ASUS Antibacterial Guard setidaknya bisa dipastikan permukaan laptop tetap higienis dan sesuai harapan bisa mengurangi potensi penyebaran bakteri dan virus melalui kontak dengan permukaaan laptop yang dipakai bersama.

Sebagai lapisan yang ada dipermukaan laptop dan sering digunakan untuk aktifitas normal, ASUS Antibacterial Guard efektifitasnya mampu bertahan hingga 3 tahun dalam menahan perkembangbiakan bakteri dan virus meskipun dibersihkan dengan kain yang beralkohol dan bersabun. 3 tahun adalah waktu yang cukup lama untuk melindungi penggunanya dari bahaya bakteri dan virus yang setiap saat bisa mengganggu kesehatan.   

Diatas sudah dijelaskan begitu detail akan pentingnya ASUS Antibacterial Guard bagi kesehatan pengguna laptop, lalu type laptop ASUS apa yang sudah memiliki teknologi ASUS Antibacterial Guard ?

LAPTOP BISNIS HIGIENIS PERTAMA MEMILIKI KONEKSI 4G LTE
ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) merupakan laptop bisnis Pertama pakai 4G LTE yang salah satunya sudah menggunakan Teknologi ASUS Antibacterial Guard.

Mengapa laptop bisnis ini sangat direkomendasikan buat pekerja kantoran, pelajar, mahasiswa, guru dan dosen ?  jawabannya akan saya jelaskan dibawah ini, oh ya selamat membaca dan jangan lupa cuci tangan atau pakai handsanitizer saat di depan laptop atau PC.

Sebagai laptop bisnis yang higienis tentunya fitur yang dimiliki ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) mengarah dengan kebutuhan di perusahaan, mulai dari security, desain convertibel, fitur melimpah, memiliki koneksi 4G LTE dan tidak hanya untuk orang kantor, pelajar, mahasiswa, guru dan dosen juga cocok menggunakan laptop bisnis yang keren ini. 

Ada beberapa sisi positifnya menggunakan laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) yang bisa memberi solusi dalam berbagai kondisi yang mungkin pernah mengalaminya seperti berikut :

  1. Di perusahaan seorang Staff HRD sedang mengikuti pelatihan penerapan aplikasi BPJS di hotel purnama menggunakan laptop kantor dan dilokasi pelatihan mengandalkan koneksi WiFi hotel untuk menjalankan aplikasi BPJS tersebut. Akhirnya pelatihan penerapan aplikasi BPJS tersebut kurang maksimal karena koneksi WiFi di hotel pada saat itu sangat lambat karena kebetulan ada gangguan disisi Internet Service Provider yang dipakai hotel purnama.
  2. Guru dan dosen saat kondisi new normal sistem pembelajarannya secara daring menggunakan beberapa aplikasi zoom. microsoft team, google meeting mengeluh karena koneksi internet pakai sekolah dan kampus kurang cepat dan akhirnya sistem pembelajarannya kurang interaktif yang akhirnya ilmu yang disampaikan kurang maksimal.
  3. Pelajar dan mahasiswa/i dirumah kesulitan mencari koneksi hotspot yang bagus akibatnya kurang jelas penjelasan dari guru dan dosennya yang sistem belajarnya hanya menampilkan slide - slide materi, mau screenshoot materi dan langsung corat - coret tidak memungkinkan.
  4. Saat proses daring guru dan dosen sering mendapat keluhan dari murid dan mahasiswa/i saat pemaparan materi sering tidak jelas karena ada gangguan suara dari luar yang masuk, seperti suara motor, mobil, kereta api lewat, suara burung peliharaan yang nyaring, suara percakapan disamping guru atau dosen yang mengganggu karena kondisinya satu ruangan.

Dari beberapa contoh kondisi diatas itulah mengapa laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) itu ada, karena fitur - fitur yang disematkan begitu signifikan sangat membantu sekali untuk mempermudah keluhan / kondisi diatas.

Pertama, teknologi 4G LTE tidak hanya di smartphone namun juga ada di laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) yang benefitnya tidak hanya mengandalkan WiFi di hotel atau di tempat publik yang lambat karena dipakai orang banyak namun secara mandiri bisa menggunakan koneksi 4G LTE sendiri yang lebih stabil dan cepat apalagi sekarang jaringan seluler 4G LTE sudah tersebar merata di seluruh indonesia, yang penting lagi tentunya lebih aman koneksinya dari pihak luar yang bisa saja menyadap koneksi WiFi tersebut.

tidak ada masalah tanpa WiFi hotspot dengan koneksi 4G LTE masih bisa teleconference

Kedua, bagi dosen dan guru yang memiliki tugas mulia untuk mencerdaskan anak bangsa mengabdi dengan mengajarkan ilmunya agar bermanfaat untuk kedepannya. Didukung koneksi internet 4G LTE yang lancar jadi lebih interaktif sistem pengajarannya dan lebih detail saat menyampaikan materi yang disampaikan. Tanpa ada video dan suara yang patah - patah sekaligus dengan dengan adanya stylus yang ada di laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dosen dan guru bisa memaparkan materinya sambil corat - coret poin materi yang disampaikan. 

Dengan adanya stylus yang bisa dicharge didalam garage laptop cuma butuh waktu 15 detik bisa dipakai selama 45 menit. Stylus yang berfungsi layaknya mouse ini memiliki 2 tombol yang berfungsi sebagai penghapus dan sebagai tombol klik kanan, selain itu kemampunya bisa diatur hingga 4096 level tekanan yang sesuai. Dengan memanfaatkan stylus yang ada akhirnya murid dan mahasiswa/i semakin terbantu dengan materi yang disampaikan karena merekan tahu poin mana yang sedang dibicarakan oleh dosen dan guru.

Ketiga, bagi murid dan mahasiswa/i yang dirumah masih belum terhubung koneksi WiFi, masih bisa membeli paket teleconference yang sekarang harganya murah - murah, cukup aktifkan paket khusus teleconference dengan koneksi 4G LTE aktifitas belajar daring bisa berjalan dengan lancar. Saat pembelajaran dengan daring terkadang ada guru dan dosen yang sistem pengajarnya hanya menampilkan slide - slide materi saja dan sistem pemaparannya cuma dibicarakan saja. Akhirnya murid dan mahasiswa/i masih kebingungan poin mana yang disampaikan oleh guru dan dosen yang akhirnya harusnya ditulis manual dibuku tulis untuk poin pentingnya.

sumber : ayobandung.com
Menggunakan laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dengan koneksi internet cepat 4G LTE dan adanya stylus, materi yang disampaikan diterima dengan baik bahkan oleh murid dan mahasiswa/i cukup screenshoot materi yang disampaikan lalu hasil screenshotnya langsung bisa dicorat - coret poin mana yang penting dan bahkan langsung bisa menambahi tulisan di materi hasil screenshootnya.

Empat, saat era new normal setiap hari guru dan dosen selalu mengadakan teleconference baik dirumah, disekolah maupun dikampus. Faktor lain yang penting saat menyampaikan materi adalah suara yang disampaikan harus jelas karena apabila ada suara lain dari luar yang masuk bakal mengganggu dan bahkan bisa bikin salah terima informasi yang didapat.

Laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah memiliki fitur di audionya yaitu Two Way AI noise Canceling, yang mampu memfilter suara noise disisi speaker dan suara noise di sisi percakapan microphone. Dengan adanya Two Way AI noise canceling menjadikan teleconference semakin jelas suara dari pemateri yang disampaikan, akhirnya penerima materi jadi tidak ada salah informasi yang didapat. Selain itu keberadaan fitur 3DNR pada kamera juga membantu guru dan dosen agar tidak ada noise hasil kamera videonya.

Untuk jadwal teleconference guru dan dosen yang padat bisa menggunakan koneksi Internet menggunakan WiFi di sekolah dan kampus atau mandiri pakai koneksi 4G LTE, kelancaran koneksi internet sepenuhnya tergantung koneksi internet yang dipakai ( dalam arti tergantung provider dan load pamakai internet dalam satu sekolah dan kampus) namun keberadaan perangkat WiFi yang kencang dilaptop juga sangat berpengaruh.

Di ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) menggunakan koneksi WiFi 6 802.11ax dijamin mampu menghantarkan audio dan video saat teleconference sangat cepat dan lega hingga kecepatan 2400 Mbps dengan begitu suara dan video yang disampaikan bisa jelas diterima oleh pemateri dan audience. Perangkat WiFi yang cepat semakin sempurna karena didukung dengan fitur WiFi Master yang membuat WiFi laptop semakin stabil karena tidak terpengaruh interferensi, semakin luas area jangkauan WiFi laptop terhadap hotspot dan semakin cepat mendukung koneksi dual band 2x2.

" Sekali lagi perlu ditekankan meskipun perangkat WiFi di laptop canggih dan mendukung koneksi cepat tetap akan terasa lambat apabila internet service providernya  lambat / bermasalah dan begitu juga dengan terlalu banyaknya pengguna yang memakai jaringan internet bersama - sama akhirnya bandwidth langganannya jadi habis, oleh karena itu mengapa begitu pentingnya koneksi internet jaringan 4G LTE secara mandiri  di laptop "

BODY SOLID
Laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) yang tergolong laptop convertible karena memiliki layar yang bisa diputar 360° sudah mengantongi sertifikasi uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H). Kontruksi laptop bisnis ini juga diperkuat pada pondasi engsel layar yang terbuat dari metal dan screws dibuat lebih besar agar lebih kuat menahan tekanan engsel saat membuka dan menutup layar laptop.

Dibawah keyboard terdapat Layer Bracket Internal Keyboard Dari Metal yang berguna menahan motherboard didalam dari tekanan berbagai sisi. Layer Spill Resistant yang berguna sekali meminimalisir tumpahan air diatas keyboard yang berpotensi merusak komponen didalamnya.

Diperkuat dengan bracket metal di Port I/O yang memberi jaminan kekuatan pada port I/O yang sering dipakai buat keluar masuknya colokan perangkat lain. Dari hasil tes internal ASUS memberi dampak pada port I/O lebih kuat 150% terhadap colokan port keluar / masuk dan pada port I/O Type-C lebih kuat sampai 15000 colokan.

Laptop bisnis yang memiliki durabilitas tinggi ini bisa digunakan beberapa mode mulai Mode Tablet, Mode Laptop, Mode Media Stand dan Mode Shared View.

Mode Tablet bisa digunakan aktifitas dengan layar touchscreenya atau sambil menggunakan stylus untuk corat - coret di layar laptop dan bisa gunakan kamera untuk foto kualitas tinggi. Mode Laptop bisa dipakai aktifitas mengetik seperti laptop pada umumnya, Mode Media Stand bisa digunakan saat presentasi didalam kantor sambil manfaatkan layar touch screennya untuk interaksi dengan laptop dan Mode Shared View bisa digunakan untuk papan informasi yang interaktif atau informasi berupa slide yang terus bergantian.

Pada layar laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah memiliki fitur touchscreen selain menggunakan stylus bisa menggunakan jari untuk interaksi saat mode laptop, apalagi saat mode tablet, mode stand dan mode shared view layar touchscreennya jadi lebih sering dipakai untuk interaksi. 

Untuk kenyamanan layarnya juga turut diperhatikan, karena menggunakan layar IPS berukuran 14" dengan resolusi FullHD 1920x1080 ratio 16:9 kecerahan 250 nits sangat memukau saat dipakai kondisi 4 mode. Tidak ketinggalan layarnya yang mimiliki fitur Eye Care sudah bersertifikasi dari TÜV Rheinland bebas dari flicker dan Low Blue Light manfaatnya mata tidak mudah cepat lelah dan bagus untuk kesehatan retina mata.

Untuk port yang bisa ditemukan di laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sangat lengkap, mulai dari :

  • Port 2x USB Type-C ThunderBolt 4 bisa digunakan untuk Power Delivery, Extended monitor dan transfer data
  • Port 1xUSB 3.2 dan 1xUSB 2.0 bisa digunakan untuk koneksi keperangkat lain seperti printer, flashdisk dan HDD External
  • Port 1xRJ45 Gigabit yang bisa digunakan untuk koneksi ke jaringan kampus, sekolah dan perusahaan
  • Port 1xHDMI 2.0 bisa digunakan untuk menampilkan pada proyektor materi presentasi
  • Slot microSD/nano SIM card combo bisa berfungsi untuk card reader memori microSD atau berfungsi juga untuk penempatan SIM card untuk koneksi 4G LTE
  • Port audio jack 3,5" yang bisa disambungkan dengan perangkat multimedia headset dan speaker
  • Pen Stylus garage tempat untuk menaruh pen stylus sekaligus untuk mengisi baterainya
  • Kensington lock

PERFOMANCE
Laptop bisnis dengan koneksi internet cepat 4G LTE harus didukung dengan perangkat hardware yang mumpuni agar tidak terjadi bootleneck. Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Perfomance laptop yang cepat sangat terasa apabila faktor kecepatan Prosesor, RAM, Storage dan Integrated graphic internal yang terbaik pasti memberi jaminan laptop tidak akan lambat.

Menggunakan prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ada 2 pilihan antara lain Intel® Core™ i5-1135G7 dan Intel® Core™ i7-1165G7 yang sama - sama memiliki 4 core 8 thread cuma beda di L3 cache dan kecepatan clocknya, membuat perfomance semakin kencang dan semakin irit dibanding generasi sebelumnya. Untuk RAM 16GB DDR4 yang disematkan bisa upgrade up to 48GB sudah cukup melimpah, pasti bakal tidak krisis alokasi RAM yang digunakan saat membuka banyak aplikasi bersamaan.

Pada storage atau media simpan sudah menggunakan M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD dengan pilihan kapasitas 512GB atau 1TB memiliki perfomance yang handal dan cukup lega untuk menyimpan data. Terakhir integrated graphics menggunakan Intel® Iris® Xᵉ graphics memberi perfomance laptop lebih cepat dalam komputasi pengolahan gambar dan video.

Cover Metal Tambahan di SSD, WiFi, CPU dan RAM, dengan cover metal bisa mengurangi interferensi gelombang elektromagnetik di WiFi Card dan mengurangi panas yang dihasilkan oleh SSD PCIe, CPU dan RAM, yang akhirnya sangat membantu kestabilan sistem kerja pada laptop.

WARRANTY

Pada laptop bisnis Expertbook series untuk garansi berbeda dengan seri laptop lainnya dan salah satunya adalah lini ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) memiliki garansi 3 tahun dan pasti mendapat dukungan garansi support yang terbaik lainnya dari ASUS, seperti :

1. VIP Support Line 
Dukungan secara online melalui telepon dari teknisi yang kompoten lebih mempercepat penanganan keluhan dengan cepat dan untuk pengguna ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) mendapat layanan VIP di waktu layanan jam kerja.  

2. Onsite Service
Apabila layanan VIP support line tidak bisa menyelesaikan keluhan pada ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) masih ada layanan Onsite Service, dimana perusahaan tidak perlu repot mengalokasikan waktunya dan khawatir data pentingnya dibawa keluar untuk hanya memperbaiki laptop keluar perusahaan.

3. Accidental Damage Protection (ADP)
Layanan Accidental Damage Protection dengan ketentuan akan diganti kerusakannya 100% tanpa biaya apapun untuk 1x dalam setahun, apabila perusahaan punya jaminan ADP 2-3 tahun tidak perlu risau pada biaya tidak terduga akibat kerusakan / pergantian spare part yang sama rusaknya ditahun berikutnya, karena layanan  ADP menjamin sparepart akan diganti 100% tanpa ada biaya.

4. Aplikasi MyASUS
Melalui aplikasi bawaan MyASUS bisa konsultasi ke customer service, cek status perbaikan, cek masa garansi dan banyak informasi internal laptop lainnya.  

5. Warranty Extension
Perhitungan pada analisa biaya jangka panjang yang berpotensi muncul berbagai hidden cost / biaya tidak terduga membuat beban biaya perusahaan semakin naik. ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) bisa diperpanjang masa garansinya hingga 5 tahun dengan begitu 4 layanan garansi diatas otomatis juga ikut diperpanjang. Masa garansi yang panjang memberi jaminan laptop bisnis ini masih layak berjalan selama 5 tahun ke depan dan bagi perusahaan juga semakin kuat analisa biayanya untuk biaya - biaya perbaikan yang tidak terencana.

SPESIFIKASI

Main Spec. ExpertBook B3 Flip (B3402)
CPU Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 0.9-2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)
Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 1.2-2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Operating System Windows 11 Home - ASUS recommends Windows 11 Pro for business
Windows 11 Pro - ASUS recommends Windows 11 Pro for business
Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro for business
Windows 10 Pro - ASUS recommends Windows 10 Pro for business
Free Upgrade to Windows 11¹
Memory 16GB DDR4 on board , Memory Max Up to:48GB
Storage 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD
Display Touch screen, 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 250nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio:80 %
Graphics Intel Iris Xᵉ Graphics (available for Intel® Core™ i5/i7/i9 with dual channel memory)
Input/Output 1x USB 2.0 Type-A
1x USB 3.2 Gen 1 Type-A
2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery
1x HDMI 2.0a
1x 3.5mm Combo Audio Jack
Camera 720p HD camera
With privacy shutter
13.0M camera
Connectivity Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.2
Audio Built-in speaker Built-in array microphone with Cortana support
Battery 50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension 32.90 x 22.39 x 1.92 ~ 1.95 cm (12.95" x 8.81" x 0.76" ~ 0.77")
Weight 1.61 kg (3.55 lbs)
Colors Black
Price Starts from Rp17.542.000
Warranty 2 tahun garansi global

Lanjutkan ceritanya laptop Pak Yono yang akhirnya cuma butuh waktu 5 hari untuk memperbaikinya, saat pengambilan laptop beliau saya beritahu panjang lebar untuk keyboardnya sudah normal kembali dengan cukup bersihkan kotoran didalam bantalan karet di tombol yang bermasalah dan pastinya laptop biar tetap higienis saya bersihkan area sekitar keyboard dan palm rest dengan kain yang diberi sedikit alkohol. Bodi laptop yang warnanya kecoklatan kena sundutan rokok tidak bisa dibersihkan biar jadi bukti sejarah bahwa laptop ini dulunya telah menemani Pak Yono selama kuliah yang turut mengantarkan meraih gelar S1 Teknik Industri.

Laptopnya juga sudah semakin cepat berkat SSD SATA 256GB yang dibuat tempat instalasinya sistem operasi windows 10 beserta aplikasinya. Tidak ketinggalan saya memberi saran kepada Pak Yono agar tetap selalu dijaga higienis laptop demi kesehatan sendiri dan keluarga, secara berkala bersihkan area sekitar keyboard dan palm rest dengan kain yang diberi sedikit alkohol. Apabila masih kesulitan menjaga higienis laptop dan laptopnya yang sudah mulai ketinggalan mengikuti perkembangan sistem operasi dan aplikasinya, mau gimana lagi sudah waktunya untuk upgrade pakai laptop bisnis yang higienis dan mendukung 4G LTE yaitu ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402).

Teknologi ada untuk menjawab kebutuhan manusia kepada alat yang bisa membantu, memfasilitasi agar tujuan manusia itu tercapai. Teknologi juga memiliki transformasi tidak langsung sempurna karena transformasi inilah yang menjadikan perkembangan teknologi tidak akan pernah berhenti.

"Technology should improve your life… not become your life.” – Billy Cox


sumber :

handikoo.com/2022/06/blog-writing-competition-asus-expertbook.html
laptophia.com/2022/06/review-asus-expertbook-b3-flip-b3402.html
asus.com/content/ASUS-Antibacterial-Guard/
asus.com/Laptops/For-Work/ExpertBook/ExpertBook-B3-Flip-B3402-11th-Gen-Intel/
bridgebiotechnology.com/dirty-keyboard-testing-for-bacteria/
tirto.id/waspadalah-bakteri-jahat-menumpuk-di-keyboard-komputer-anda-c9TK

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)