Asus VivoBook A416 " Laptop Pilihan Yang Tepat Untuk Sistem Pembelajaran Jarak Jauh "

Dimasa pandemi Covid-19 ini ternyata banyak sekali tatanan hidup yang berubah yang tidak hanya di indonesia bahkan secara global mendunia karena itu kita harus bisa menyesuaikan dengan kondisi ini. Sangat terasa sekali adalah dunia pendidikan yang mulai bulan maret 2020 kegiatan sekolah dan kuliah bertatap muka langsung harus ditiadakan karena harus dilakukan sistem mengajar dengan tatap muka secara tidak langsung alias Pembelajaran Jarak jauh. Akibatnya para guru dan dosen harus mempersiapkan secara efektif cara sistem mengajarnya kepada murid dan mahasiswa/i - nya, yang sebelumnya tidak pernah dilakukannya. 

Sistem pengajaran dilakukan secara online, imbasnya yang begitu terasa buat para guru dan dosen tentunya harus mempersiapkan perangkatnya sendiri mulai dari smartphone/tablet, laptop/pc, web kamera, microphone, koneksi internet yang semuanya perlu biaya sendiri. Bahkan ada beberapa yang beruntung sekali bila pihak instansi pendidikannya dia bernaung bisa memberi fasilitas tersendiri yang semuanya itu sangat membantu sekali. Berlaku juga dengan murid dan mahasiswa/i harus menyiapkan perangkatnya sendiri dengan biaya sendiri, mulai laptop / pc / smartphone / tablet, web cam, microphone, koneksi internet bisa pakai provider fiber atau operator 4G LTE GSM.

Sistem belajar online bisa melalui aplikasi microsoft teams, zoom, cisco webex, google meeting, whatsapp group, facebook messenger dan banyak macam aplikasi lainnya. Sebelumnya sudah banyak diketahui bahwa dari semua aplikasi belajar online basisnya adalah aplikasi untuk meeting secara online atau disebut video conference/teleconference, dengan adanya pandemi covid-19 semakin viral semua aplikasi meeting online yang bisa digunakan untuk sistem belajar online. Bahkan aplikasi whatsapp dan facebook messenger yang dibawah naungan facebook juga ikut latah dengan mengeluarkan fitur baru yaitu bisa video conference dengan banyak orang dalam satu grup, namun sayangnya cuma bisa video conference saja tanpa bisa share windows layak presentasi.


Perlu diketahui dengan pembelajaran secara online perlu perangkat yang mumpuni, jangan sampai asal beli tapi akhirnya menyesal di kemudian hari karena laptopnya kurang greget buat sistem pembelajaran online. Pengalaman yang pernah saya alami saat beli laptop kantor yang dulu pertimbangan beli laptop tersebut cukup untuk presentasi menggunakan open office presentasi, dengan spesifikasi Intel Dual Core - RAM 2GB - HDD - Windows 10. Seiring dengan waktu saat dimasa pandemi laptop ini terasa kedodoran perfomancenya saat dipakai buat browsing dan teleconference dengan pelanggan. Untuk menanganinya akhirnya laptop tersebut mengalami peningkatan dari HDD berganti SSD, namun masih terasa kurang greget saat digunakan browsing dan aplikasi teleconference apalagi pakai microsoft teams yang begitu rakus sama RAM.

Bagi Guru, Dosen, Murid dan Mahasiswa/i dimasa pandemi covid-19 begitu penting perangkat penunjang yang mendukung kelancaran sistem pembelajaran jarak jauh, mulai dari :

1. Internet
No Internet Is Nothing ! Di saat pandemi sekarang ini kegiatan belajar mengajar tidak lagi disekolah atau kampus, karena semua dilakukan secara online. Sebagai jembatan agar para guru / dosen bisa berinteraksi secara visualisai dengan para murid/mahasiswa/i dalam satu ruang yaitu aplikasi teleconference yang semua itu pasti menggunakan internet. Perangkat apapun mulai dari smartphone, tablet, laptop dan PC sekencang apapun serasa ada yang kurang bila tanpa ada internet.

2. Web Cam
Menggunakan webcam merupakan kebutuhan wajib saat video conference karena sebagai penangkap objek didepannya yang akan di broadcast di aplikasi video conference. Untuk dosen/guru webcam adalah perangkat penting yang menjadikan video broadcast yang nantinya menjadi visualisasi bagi murid/mahasiswa-i yang melihatnya. Perangkat gadget mulai dari smartphone, tablet dan laptop yang terintegrasi webcam tidak perlu risau, hanya PC yang harus menyediakan tersendiri.

3. Audio
Audio disini bisa microphone dan speaker yang merupakan satu kesatuan untuk menangkap suara melalui microphone dan speaker untuk mengeluarkan suara yang di broadcast. Bagi dosen dan guru keberadaan microphone adalah sesuatu yang sangat sensitif karena jangan sampai sudah bicara panjang dan lebar namun audiens mahasiswa-i/muridnya tidak bisa mendengarkan dengan jelas. Begitu pula dengan speakernya audiens yang mendengarkan tentunya tidak ingin apa yang disampaikan dosen/guru tidak begitu jelas akhirnya ilmu yang didapat jadi sepotong - sepotong. 

4. Perangkat Gadget PC / Smartphone / Tablet / Laptop
Merupakan suatu pilihan perangkat yang digunakan untuk video teleconference harus siap pakai, bisa pakai PC, Smartphone/tablet dan Laptop. Pakai PC lebih nyaman karena layarnya bisa lebar enak lihatnya karena semua fitur dan semua audiens kelihatan semua namun harus dilengkapi beli webcam , speaker dan microphone dulu. Pakai smartphone / tablet adalah pilihan bijak karena smartphone sudah banyak digunakan tinggal install aplikasi saja bisa dipakai namun layarnya yang kecil jadi agak kurang nyaman. 

Kali ini arifdoit akan mencoba menerangkan perangkat gadget yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dari sistem Pembelajaran Jarak Jauh. Khusus poin 4 diatas arifdoit jawab langsung untuk perangkat gadget yang tepat adalah menggunakan laptop, 

Apakah yang menjadi pertimbangan kalau pakai laptop adalah keputusan yang tepat ?

Sebagai pertimbangan layarnya lumayan luas ketimbang smartphone atau tablet, ketimbang PC dimensi dari laptop sangat compact karena sudah include webcam - audio dan terpenting portabilitas bisa dipakai dimana saja cocok buat guru / dosen saat buat materi belajar jarak jauh dibuat dirumah maupun di sekolah / kampus. 

Banyak merk laptop yang menarik untuk dipilih dan tentunya biar tidak bingung untuk memilihnya, tentunya pasti semua ingin laptop ini awet dan kedepannya tidak ketinggalan perfomancenya.

Arifdoit mulai saja laptop ideal untuk Sistem Pembelajaran Jarak Jauh yang pastinya laptop ini bakalan membuat penggunanya bisa tersenyum manis, antara lain :

1. Perfomance Laptop Yang Bisa Diandalkan
Begini....laptop merupakan investasi gadget kita yang akan digunakan untuk keperluan saat ini dan tentunya seterusnya agar kedepannya tidak perlu ganti laptop. Perfomance pasti ujung - ujungnya adalah kemampuan beli yang dihadapi calon pengguna, karena pasti laptop yang perfomance mumpuni tergantung pada 4 komponen mulai dari Prosesor, RAM, Storage dan Graphic. Semakin 4 komponen ini memiliki spesfikasi yang mumpuni berbanding lurus dengan harganya yang lebih mahal.

Bila memiliki uang lebih pasti memutuskan ingin memiliki laptop yang memiliki perfomance mumpuni sekalian dan arifdoit dukung keputusan yang tepat itu karena beberapa tahun kedepan ini laptop masih bisa diajak kerja cepat. Dengan laptop yang mumpuni pasti tidak ada kendala dengan perfomance laptop yang akan dipakai terus untuk daily driver, namun apabila hanya bisa mendapatkan laptop yang cukup karena menyesuaikan budget setidaknya laptop ini harus Upgradeable ( penjelasannya poin nomor 2 dibawah ini )

2. Upgradeable
Kemampuan laptop yang upgradeable = bisa diupgrade merupakan sesuatu yang sangat penting untuk menjaga asa laptop ini kedepannya tidak mati kutu menghadapi gempuran update operating system atau aplikasi yang tiap bulan dan tahun terus diperbaiki fiturnya tentunya semakin menguras kemampuan perfomance sebuah laptop. Selain itu kebutuhan akan data yang semakin terus bertambah menjadikan laptop memerlukan tempat penyimpanan data yang siap digunakan dan siap dibawa kemana - mana.


3. Design dan Fitur Kekinian
Fitur pada laptop ini adalah pembeda dengan merk lain dan tentunya terus mengunakan teknologi yang tidak ketinggalan jaman. Dengan adanya fitur kekinian laptop ini menjadi lebih baik, lebih nyaman dan lebih fungsional kegunaannya.

4. Software Original
Laptop dengan OS Windows 10 dan Microsoft Office Original bisa jadi standart laptop kedepannya, karena bila dapat satu paket dengan laptop bila dikalkulasi harganya jauh lebih murah dibandingkan beli diluar paketan. Dengan serba software original pengguna laptop lebih nyaman menggunakannya tanpa perlu menginstal aplikasi bajakan yang rentan dengan malware dan ransomware. Selain itu laptop ini akan dapat update yang berkesinambungan yang pastinya kedepannya mendapatkan fitur yang lebih baik dan keren.

5. Kalo Bisa Harganya Menarik
Harga menarik bagi arifdoit adalah segalanya, karena semua pasti ingin memiliki laptop yang bagus namun juga mengondisikan dengan budget yang dimiliki. Akan tetapi apa salahnya bila ingin memiliki laptop yang harganya terjangkau tapi memenuhi 4 persyaratan diatas. Ingat di masa pandemi ini banyak mempengaruhi perekonomian yang agak lesu,  jadi jangan sampai mendapatkan laptopnya tapi menjadikan beban hidup tersendiri maupun orang tuanya.


Dari 5 poin diatas arifdoit akhirnya merekomendasikan laptop yang cocok untuk Pembelajaran Jarak Jauh dan kebutuhan lainnya, yaitu Asus VivoBook A416. Laptop dari varian VivoBook Series ini ternyata dari spesifikasi yang diusung, memberi secercah harapan sebuh laptop yang mumpuni dengan harga yang cukup menarik sesuai kriteria 5 poin diatas, penjelasannya sebagai berikut :

Asus VivoBook A416 merupakan varian laptop asus yang menyasar untuk pengguna mainstream, karena laptop ini memang didesain untuk pengguna yang tidak butuh laptop premium, maupun laptop gaming dan pastinya harganya proposional. Mari kita preview apa saja yang ada di laptop Asus VivoBook A416.

Sebelumnya mari kita intip dulu spesifikasi laptop VivoBook A416 berikut ini :

Main Spec. Asus VivoBook 14 (A416)
CPU Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)
Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)
Operating System Windows 10
Memory 4GB DDR4 RAM Up to 12GB
Storage 1TB 5400 rpm SATA HDD
256GB PCIe® Gen3 x2 SSD
512GB PCIe® Gen3 x2 SSD
1TB HDD + 256GB SSD PCIe SSD
Display 14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) IPS Anti-Glare
14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare
14.0" (16:9) LED backlit HD (1366x768) Anti-Glare
Graphics NVIDIA GeForce MX330 ( Varian core i3 - i5 )
Intel UHD Graphics
Input/Output 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, Micro SD card reader
Camera VGA Web Camera
Connectivity Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1
Audio SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone
Battery 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
Dimension 32.54 x 21.60 x 1.99 ~ 1.99 cm
Weight 1,6 Kg
Colors Transparent Silver, Slate Grey
Price Rp4.799.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)
Rp4.899.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 4GB/256GB PCIe SSD)
Rp6.699.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)
Rp7.099.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 512GB PCIe SSD)
Rp7.499.000 (Core i3 / GeForce MX330 / 4GB / 256GB PCIe SSD)
Rp10.099.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 512GB PCIe SSD)
Rp10.799.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 1TB HDD + 256GB PCIe SSD)
Warranty 2 tahun garansi global

PERFOMANCE

Dari spesifikasi diatas laptop Asus VivoBook A416 memiliki varian yang sangat lengkap mulai dari yang termurah sampai termahal. Dari spesifikasi ASUS VivoBook 14 (A416) ditenagai oleh prosesor Intel mulai dari Intel Celereon N4020 hingga Intel Core i3-1005G1 dan Intel Core i5-1035G1 yang keduanya merupakan generasi Intel Gen-10 yang merupakan prosesor cepat dengan serangkaian fitur dan teknologi terkini. Pada varian terendah dengan Intel Celeron N4020 yang memiliki 2 core 2 thread, prosesor ini termasuk dari prosesor yang hemat energi karena memiliki TDP hanya 6 watt saja. Didukung dengan kecepatan 1,1 GHz yang bisa burst hingga 2,8 GHz dan Cache 4 MB menjadikan prosesor ini masih bisa dipakai untuk kegiatan office dan browsing.


Varian selanjutnya adalah core i3-1005G1 yang menjadikan laptop ini lebih baik perfomancenya karena memiliki otak 2 core 4 thread, ditunjang dengan kecepatan 1,2 GHz yang bisa burst kecepatannya hingga 3,4 GHz menjadikan laptop bisa diajak kerja cepat dan terakhir L3 cache sebesar 4MB turut serta komputasi data di prosesor semakin cepat. Varian terakhir adalah menggunakan prosesor intel core i5-1035G1 yang memiliki kecepatan 1 GHz namun bisa burst kecepatan tertinggi hingga 3,6 GHz...sangat cepat, selain itu otak dari prosesor ini memiliki 4 core 8 thread menjadikan laptop bisa diajak kerja cepat dan multitasking 

Untuk RAM laptop ini menggunakan teknologi DDR4 dan semua varian sudah ada RAM kapasitas 4GB. Dengan dukungan teknologi RAM DDR4 kemampuannya lebih cepat dan lebih hemat dayanya dibandingkan teknologi sebelumnya. Enaknya lagi masih ada slot kosong yang memungkinkan laptop ini bisa diupgrade kapasitasnya agar perfomance laptop lebih cepat.

Saat ini eranya SSD karena dengan teknologi SSD kecepatan bisa lebih cepat dibanding teknologi HDD, tentunya juga semakin lebih irit dan tahan banting karena teknologi yang digunakan menggunakan chip memori. Asus VivoBook A416 mendukung storage SSD PCIe M2 yang kecepatan bacanya bisa mencapai 17x lebih cepat ketimbang teknologi HDD 2,5" dan 4x lebih cepat ketimbang teknologi SSD 2,5", bagaimana....mulai tertarik dengan laptop VivoBook A416 pakai SSD PCIe M2 ? lanjut untuk kecepatan tulisnya bisa mencapai 10x lebih cepat ketimbang teknologi HDD 2,5" dan 2x lebih cepat ketimbang teknologi SSD 2,5". Dari data diatas bisa menjadi acuan untuk memilih laptop yang ideal digunakan, lupakan teknologi HDD 2,5".

Selanjutnya di Asus VivoBook A416 ada beberapa varian mulai dari core i3 dan core i5 juga ditanamkan chip grafis NVIDIA GeForce MX330 khusus untuk pengguna yang membutuhkan performa grafis lebih baik ketimbang yang onboard bawaan Intel. Dukungan dari grafis NVIDIA GeForce MX330 memungkinkan pengguna VivoBook 14 (A416) lebih maksimal menjalankan berbagai aplikasi yang membutuhkan kinerja grafis lebih baik seperti aplikasi photo editing, video editing dan hingga game kasual.

UPGRADEABLE
Laptop Asus VivoBook A416 di desain untuk memungkinkan penggunanya bisa mengupgrade laptopnya agar perfomance bisa lebih baik dari sebelumnya. Tentunya yang bisa diupgrade di laptop ini adalah RAM dan Storage. RAM 4GB DDR4 bawaan jalan di Windows 10 disaat ini bisa dibilang adalah batas minimal, biasanya yang bikin menguras RAM adalah aplikasi browser sejuta umat google chrome yang berdasarakan data aplikasi browser ini banyak digunakan oleh banyak user di muka bumi ini. Masih ada 1 slot kosong di laptop ini yang bisa diupgrade pakai 1 keping 4GB jadi RAM total 6GB atau 1 keping 8GB jadi RAM total 12GB.

Untuk storage laptop ini juga bisa diupgrade karena laptop ini bisa menampung 2 macam storage yaitu Slot SATA HDD / SSD 2,5" dan Slot SSD PCIe M2 yang mana 2 macam storage ini bisa berjalan bersama dan saling melengkapi. 

DESIGN DAN FITUR KEKINIAN
Asus VivoBook A416 memiliki desain yang cukup menarik dan terlihat dengan berbagai fiturnya yang dimiliki. Pada dimensi laptop ini bisa terbilang cukup ringan dengan bobot cuma 1,6 Kg cocok buat guru / dosen yang harus mobile dari rumah ke sekolah / kampus. Untuk ukuran dimensinya yang compact memiliki ketebalan yang cukup tipis 19,9 mm sangat nyaman dimasukan dalam tas dan tidak terlihat bulky /tebal.

Layarnya yang mengusung teknologi Nano Edge Display menjadikan laptop ini terlihat lebih ringkas dibandingkan laptop lain untuk seukuran layar 14". Berkat teknologi Nano Edge Display menjadikan laptop ini tampak premium dengan bezel layar yang cukup tipis dan itu menghasilkan body to ratio layar cukup tinggi hingga 82%. Untuk panel layarnya sudah tertanam anti glare / anti silau cocok buat mata agar tidak silau dengan pantulan dilayar. Buat murid / mahasiswa yang senang berlama - lama didepan laptop varian VivoBook A416 dengan resolusi FullHD 1920x1080 menjadikan layar semakin luas dan padat.

Fitur sistem biometric layaknya laptop premium bisa ditemukan juga dilaptop Asus VivoBook A416 yang mana sudah ditanam sensor fingerprint yang fungsinya untuk login menggunakan sidik jari. Posisi sensor di mousepad menjadikan login lebih cepat dan aman berkat dukungan fitur dari windows 10 yaitu windows hello. Jadi tidak perlu repot - repot mengingat password atau mengetiknya cukup dengan menaruh sidik jari yang sudah terdaftar dengan sekejap bisa masuk kedalam desktop laptop.

Pada keyboard disemua varian Asus VivoBook A416 sudah dilengkapi dengan fitur backlit yang biasanya cuma ditemukan di laptop premium. Fitur backlit ini sangat bermanfaat sekali untuk menunjang aktifitas mengetik di keyboard saat kondisi minim cahaya. Cocok sekali buat pengguna yang daerahnya sering padam listrik dimalam hari, jadi saat pemadaman listrik jadi penerangan dirumah tidak ada hanya mengandalkan lilin, saat mengerjakan tugas dari sekolah / kampus tanpa kendala bisa dilakukan, apalagi kecerahan backlit keyboardnya ini juga bisa diatur sampai 3 level apabila masih kurang terang diarea keyboardnya.

Untuk varian laptop Asus VivoBook A416 yang core i5 bisa merasakan fitur numberpad yang banyakan digunakan untuk mengetik cepat dengan angka. Tanpa berkorban melebarkan penampang laptop fitur numberpad serasa memiliki laptop premium, yang diuntungkan pasti pengguna akhirnya bisa mengetik angka dengan cepat cukup dengan Numberpad.

Proteksi HDD laptop disemua varian Asus VivoBook A416 sudah dilindungi dengan E-A-R HDD protection yang memberi proteksi HDD laptop agar tahan terhadap guncangan dan getaran, fitur ini sangat penting karena HDD yang menganut sistem piringan sangat rentan resiko rusak bila sering kena guncangan. 

Ada fitur spesial yang hanya ada di laptop Asus dan Asus VivoBook 14 (A416) bisa ditemui fitur ini yaitu My Asus. MyASUS adalah sebuah aplikasi bawaan yang isinya menampilkan informasi laptop mulai hardware, troubleshooting, update driver/firnware, Serial Number, Warranty, Kontak layanan konsumen Asus dan kontrol perangkat laptop itu sendiri. Cukup menarik lagi adalah fitur Link to MyASUS yang memungkinkan pengguna VivoBook 14 (A416) berkomunikasi antara smartphone dengan laptop yang sangat berguna untuk produktifitas pengguna itu sendiri. Fitur Link to MyASUS juga memiliki beberapa fungsi seperti menampilkan pesan dan notifikasi dari smartphone ke layar laptop, melakukan panggilan telepon langsung dari laptop, hingga membuat smartphone menjadi layar kedua untuk laptop. Link to MyASUS bahkan menyediakan fasilitas untuk berbagi file secara instan antara laptop dengan smartphone.
Untuk port I/O pada Asus VivoBook A416 cukup melimpah karena port USB-nya ada 3 port dan 1 port USB Type-C, dengan begitu sangat leluasa laptop ini menerima bermacam colokan, seperti printer, flashdisk, HDD ekternal, Mouse-Keyboard Wireless dan banyak perangkat lainya yang pakai USB. Port HDMI yang sangat penting untuk presentasi dengan menggunakan LCD Proyektor, yang biasanya banyak digunakan oleh para guru dalam menerangkan materi pelajaran secara slide. MicroSD reader lebih banyak digunakan untuk transfer data foto, video antara laptop dengan smartphone .

SOFTWARE ORIGINAL
Menjadi standart laptop saat ini kedepannya mengapa begitu pentingnya menggunakan software original. Laptop Asus VivoBook A416 sudah termasuk preinstalled menggunakan Windows 10 dan Microsoft Office Home Student 2019. Dengan windows 10 original pengguna tidak perlu risau akan mendapatkan update windows yang berkesinambungan, tentunya ini sangat banyak manfaatnya untuk menutup celah keamanan di windows 10 itu sendiri. Dengan terus mendapat update yang berkesinambungkan laptop juga aman karena mendapat dukungan antivirus windows defender yang cukup baik dan uptodate menanggulangi virus yang terbaru.

Untuk produktifitas laptop Asus VivoBook A416 juga preinstalled dengan Microsoft Ofiice Home Student 2019, meliputi Microsoft word yang biasa digunakan untuk aktifitas mengetik, Microsoft Excel untuk pengolahan data, grafik dan tabulasi, Microsoft powerpoint untuk aktifitas presentasi yang menarik yang sangat penting buat guru/dosen dan Microsoft outlook yang sangat bermanfaat untuk menerima dan mengirim email. Buat guru / dosen apalagi buat murid / mahasiswa-i sangat bermanfaat sekali microsoft office original ini karena pasti dipakai juga untuk sistem pembelajaran dan kerjakan tugas.

HARGA MENARIK
Asus VivoBook A416 dari sisi harga cukup menarik karena varian yang di keluarkan sangat banyak mulai dari harga terendah 4 jutaan sampai harga tertinggi 10 jutaan. Pasti pengguna lebih leluasa untuk memilih varian mana yang cocok dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki, bahkan dengan kemampuan laptop ini yang upgradeable menjadikan laptop ini masih bisa dinaikan lagi perfomancenya suatu saat nanti.
Rp 4.799.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)
Rp 4.899.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 4GB/256GB PCIe SSD)
Rp 6.699.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)
Rp 7.099.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 512GB PCIe SSD)
Rp 7.499.000 (Core i3 / GeForce MX330 / 4GB / 256GB PCIe SSD)
Rp 10.099.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 512GB PCIe SSD)
Rp10.799.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 1TB HDD + 256GB PCIe SSD)

Didukung dengan garansi 2 tahun Asus VivoBook A416 sebagai laptop yang cocok untuk Sistem Pembelajaran Online memberi ketenangan bagi para penggunanya, apalagi Asus Service Center juga mulai banyak beredar di kota - kota besar di Indonesia. Banyaknya varian laptop juga memberi kemudahan bagi penggunanya untuk memilih laptop mana yang sesuai dengan kebutuhan dan sesuai budget. Faktor upgradeable menjadi poin penting bila laptop yang dirasa kurang nyaman karena semakin lambat masih ada opsi untuk upgrade RAM atau storage. 


sumber :

https://www.asus.com/id

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)