Kreatif Bersama Asus VivoBook A407UB

Dengan berkembangnya teknologi di jagat dunia maya, mulai dari perangkat penunjang, koneksi internet dan konten kreatif bergabung menjadi satu kesatuan menjadikan dunia maya semakin dinamis bagi pemirsanya. Semua produsen /  provider terus berlomba - lomba mengeluarkan solusi terbaiknya untuk memberi kenyamanan bagi pengguna / pemirsanya agar terus eksis di dunia maya, mulai dari perangkat penunjang seperti smartphone, tablet, laptop/komputer. Sudah memiliki perangkat pendukung yang mumpuni sekarang ternyata tidak cukup apabila koneksi internetnya tidak cepat, oleh karena itu banyak operator di Indonesia terus berbenah memberikan layanan terbaiknya kepada end user dengan standart koneksi data cepat melalui teknologi kabel fiber optik maupun teknologi wireless 4G LTE, bahkan ada sebagian operator sudah menerapkan teknologi 4,5G. Terakhir...dibalik perangkat yang mumpuni dan koneksi data yang cepat terasa hambar bagi pengguna yang sering browsing di dunia maya apabila web yang dikunjungi tidak memiliki halaman yang dinamis / menarik.
Suatu tantangan bagi para content creator untuk bisa memberikan berita, informasi yang menarik bagi permirsanya, mulai dari portal berita, blog, youtube yang sekarang banyak dijadikan rujukan untuk permirsanya. Suatu hal yang biasa saat ini bila halaman sebuah portal, blog, youtube berisi konten berbagai macam tulisan, grafis dan video, semua konten itu bisa diakses dengan cepat berkat perangkat yang mumpuni dan koneksi internet yang cepat. Nah...bagi seorang content creator yang bergelut di bidang pembuat konten suatu portal, blog dan youtube adalah suatu tantangan tersendiri, karena saat ini tuntutan skill dalam menulis konten sekarang tidaklah cukup. Saatnya pembuat content creator mengupgrade skillnya bagaimana bisa menghasilkan infografis dan video yang menarik, oleh karena itu arifdoit sebagai seorang blogger coba memberikan tips sederhana ala arifdoit " bagaimana menghasilkan konten yang cukup kreatif melalui media blog agar para pemirsanya saat membaca merasa cukup nyaman, menarik dan terakhir bisa memberi manfaat ", berikut tipsnya :

1. UPGRADE NEXT SKILL

Sebuah tuntutan agar para blogger harus bisa mengerti tentang dunia photo editing bahkan video editing, mulai level pemula hingga level expert. Level pemula yang semuanya serba pakai instan atau template yang banyak ditemukan dengan aplikasi photo atau video editing melalui aplikasi android di smartphone. Di OS android banyak aplikasi photo/video editing yang memanjakan penggunanya cukup dengan beberapa sentuhan sudah bisa menghasilkan foto yang keren atau video mendekati profesional. Oleh karena itu arifdoit sarankan sering banyak install aplikasi photo/video editing yang merasa cocok/nyaman dipakai, kalau bisa ada product knowledgenya, tutorial dan forumnya yang bisa mudah ditemukan di internet.
Bagi level expert perlu banyak berkorban waktu dan pikiran untuk mempelajari rumitnya aplikasi photo editing maupun video editing di media laptop, seperti GIMP, Adobe Photoshop,  Adobe Premier Pro, Sony Vegas. Namun.....dibalik pergorbanan waktu dan pikiran yang telah dilakukan pasti blogger dapat memetik hasilnya, tentunya foto yang dipampang di blog lebih keren dan video di blog yang dipublish di youtube lebih menarik dan profesional.
" Saat ini peran blogger dan youtuber sangat dibutuhkan oleh marketing agency dalam memasarkan produknya, oleh karena itu para blogger yang kreatif dengan tulisannya dan youtuber kreatif dengan videonya, di endorse untuk memasarkan suatu produk adalah kesuksesan yang tidak ternilai harganya ".

2. ANALISA DATA DAN KONTEN

Menghasilkan konten yang berkualitas baik adalah puncak dari tantangan dari seorang content creator, dalam merangkai kata, mengolah grafis dan video sebisanya memiliki satu yang berbeda, bermanfaat dan bisa menjadi trending topic. Disinilah pengorbanan pikiran dan waktu untuk menganalisa data dari berbagai sumber untuk dijadikan satu, diolah dan disimpulkan agar bisa menjadi konten yang berkualitas. Aktivitas ini pasti semuanya berhubungan banyak aktifitas didepan laptop, jari - jemari mengetik di browser chrome / firefox dengan bantuan search engine google.com / bing.com untuk mendapatkan hasil sumber yang akurat. Sumber data sudah dapat dilanjutkan di aplikasi pengolah kata seperti open office writer / microsoft word, kembali seorang content creator dituntut lihai dalam skill mengolah kata, tidak ada yang luput dalam mengambil sumber data agar data yang disampaikan akurat dan terpercaya.
Sudah memiliki skill photo dan video editing saatnya browsing untuk mencari inspirasi dari berbagai situs web didunia bagaimana infografis dan videography yang lagi trend saat ini. Diperbolehkan saja mengambil foto / video dari sebuah situs web asal mencamtumkan sumber foto tersebut agar tidak masalah dengan hak cipta. Saat ini seorang content creator juga pasti tidak dilarang dalam meniru style sebuah foto maupun video, namun yang dilarang adalah mengambil foto / video dari sebuah situs web kemudian dipublish di blog sendiri tanpa seijin pemiliknya.

3. MENCARI INSPIRASI

Dalam membuat konten tidak semudah yang dibayangkan suasana hati dan kondisi sekitar sangat mendukung sekali. Seorang content creator ada yang butuh kondisi yang mendukung untuk melahirkan ide - ide brilian, misal di tempat kesukaan seperti di kamar, balkon, cafe bahkan bisa juga dipantai yang suasananya sangat mendukung sekali. Sekarang sudah banyak cafe yang sudah mendukung untuk digunakan tempatnya bekerja, suasana yang nyaman dengan adanya wifi, alunan musik dan suguhan makanan/minuman yang enak bisa menaikkan mood booster.

Itulah tips sederhana ala arifdoit yang sebenarnya bisa sama dengan blogger lainnya, namun dari 3 tips sederhana diatas yang menjadi kewajiban adalah poin pertama. Kewajiban bagi seorang blogger yang juga seorang content creator untuk bersusah payah menaikkan level skillnya dalam memenuhi tuntutan menjadi content creator saat ini. Menjadi content creator melalui media blog saat ini bisa  memiliki 2 konsentrasi ilmu yang harus dipelajari apabila diperdalami skillnya bakal menjadi saling melengkapi manfaatnya. Pertama tulisan yang dipercantik dengan infografis yang bagus sangat bermanfaat untuk menunjang konten yang menarik dan kedua tulisan yang dilengkapi dengan infografis sekaligus videografis semakin menyempurnakan kontennya agar pemirsa semakin dimanjakan dengan informasi yang menarik, bermanfaat dan tentunya portfolio seorang blogger semakin bertambah.

Pada poin pertama tips diatas tentunya gear seorang content creator adalah sebuah laptop yang mumpuni, mulai dari kenyamanan saat mengetik, kenyamanan bagi mata saat berlama-lama didepan laptop dan terakhir adalah memiliki perfomance yang mumpuni untuk bisa cepat menyelesaikan proses pembuatan infografis / videografis sebagai penyempurna sebuah tulisan di blog.
Kreatif Bersama Asus VivoBook A407UB
Asus selaku produsen laptop nomor 1 di Indonesia, kembali memberikan solusi dari lini produknya untuk mendukung para content creator terus berkarya sesuai dengan bidangnya, salah satu lini laptop yang memiliki rasio harga / perfomance terbaik dikelas layar 14" yaitu Asus VivoBook A407UB. Banyak merk lain yang memiliki lini produknya dikelas layar 14", namun Asus VivoBook A407UB lebih banyak fitur yang penting dan kekinian bagi para content creator. Apa saja fitur yang menjadikan Asus VivoBook A407UB sebagai salah satu laptop yang content creator friendly, antara lain :

1. PERFOMANCE BISA DIANDALKAN

Bisa dibilang perfomance dari sebuah laptop yang digunakan para content creator adalah sebagai bahan pertimbangan yang sangat sensitif. Pada Asus VivoBook A407UB perfomance adalah hal yang diutamakan, karena spesifikasi yang diusung mencerminkan laptop ini bisa diajak bekerja untuk pengolahan photo maupun video. Mulai dari Prosesor yang digunakan sudah menggunakan Intel SkyLake Core i3 - 6006U 2,0 GHz yang cukup mumpuni untuk melibas aplikasi pengolah photo maupun video. Memiliki L3 cache 3MB dan dukungan teknologi Hyper Threading menjadikan 2 core di core i3-6006U ini bisa berjalan layaknya prosesor yang memiliki 4 core dan tentunya perfomance lebih baik dengan menggunakan 4 core.
Kreatif Bersama Asus VivoBook A407UB
Untuk penggunaan RAM DDR4 menjadi penunjang yang membuat kinerja dari sebuah laptop semakin gegas dan lebih hemat dibandingkan menggunakan DDR3. RAM 4GB DDR4 yang bisa dinaikkan kapasitasnya hingga 8GB tentunya bisa meningkatkan kinerja multitasking agar nyaman saat menggunakan banyak aplikasi yang dibuka. Biasanya arifdoit kalo ngeblog pasti banyak aplikasi yang dibuka contohnya mulai dari aplikasi browser chrome dengan banyak jendela, pdf viewer, notepad, adobe photoshop, microsoft word dan pemutar lagu, tentunya semakin banyak yang dibuka aplikasi bakal banyak memakan RAM yang ada.
Asus VivoBook A407UB sudah memiliki grafis dedicated yaitu Nvidia Geforce MX110 dengan 2GB GDDR5 VRAM, penggunaannya sangat membantu sekali bila content creator berkutat dengan penggunaan aplikasi photo editing dan video. Fitur CUDA dalam kartu grafis Geforce MX110 diyakini bisa membantu proses kecepatan rendering photo maupun video. Apalagi dibuat hiburan dengan digunakan main game masih bisa dilakukan asal tidak game-game yang berat laptop ini masih diandalkan untuk membuang rasa bosan saat didepan laptop.

2. LAYAR NYAMAN 

Kreatif Bersama Asus VivoBook A407UB
Dikejar deadline, browsing mencari sumber data yang tepat, mengetik artikel panjang hampir 2000 kata, fokus pada penggunaan aplikasi photo editing agar infografisnya menarik, teliti pada aplikasi video editing yang banyak footagenya ( video mentah ) dan banyak lainnya, menjadikan mata content creator cepat terforsir. Pada Asus VivoBook A407UB didesain dengan layar mengusung Nano-Edge Display dimana layar 14" bisa dipasang pada bingkai layar 13", tentunya laptop jadi compact dan berat laptop makin ringan cuma 1,5 Kg....cukup keren. Eits.....yang keren ada lagi yaitu yang bikin nyaman mata sih pada layarnya yang sudah memiliki panel anti-glare, layar laptop jadi tidak memiliki pantulan cahaya / object yang mengakibatkan mata terasa tidak terganggu oleh pantulannya. Layar berkualitas HD 1366x768 dengan dukungan teknologi Asus Splendid dengan mode Eye Care menjadikan mata content creator bisa betah berlama-lama didepan laptop.
Kreatif Bersama Asus VivoBook A407UB


3. SECURITY TERKINI
Kreatif Bersama Asus VivoBook A407UB
Suatu hal umum bila kerahasiaan privasi data dalam laptop sangat diutamakan agar semua data penting didalam laptop tetap terjaga. Asus VivoBook A407UB sudah terintegrasi windows 10 home yang sudah memiliki fitur windows hello, dengan dukungan security yang diberikan menjadikan laptop ini memiliki fitur keamanan yang mudah dan kekinian. Dengan adanya sensor fingerprint yang menjadikan laptop ini mudah melakukan login, tanpa perlu mengetik - mengingat PIN / password yang terdaftar - cuma dengan sidik jari yang sudah terdaftar dengan mudahnya pemilik laptop bisa login dengan aman. Laptop dengan harga 6 juta-an Asus A407UB sudah memiliki fitur fingerprint layaknya laptop premium yang harganya bisa diatas 8 jutaan, harga yang paling murah dimiliki laptop Asus dengan fitur security fingerprint.

4. MOBILITAS TINGGI

Kreatif Bersama Asus VivoBook A407UB
Sudah dijelaskan diatas teknologi Nano-Edge Display dengan bezelles-nya menjadikan berat laptop Asus A407UB cukup ringan dikelas layar 14”. Berat 1,5 kg dengan layar 14” bisa bersaing dengan laptop premium yang memiliki bentang layar 13”, karena itu laptop yang memiliki bezelles pada bingkai layar bisa meningkatkan percaya diri saat dibawa keluar untuk dipresentasikan ke kolega, partner, produsen dll pemilik produk. Content creator suatu saat pasti juga mengalami kebuntuan dalam mencari inspirasi / ide yang brilian untuk membuat artikel, solusinya adalah dengan mencari tempat yang memiliki suasana yang nyaman dengan mengunjungi tempat – tempat yang bisa menaikkan mood boster. Nah….dengan berat cuma 1,5 kg Asus VivoBook A407UB mendukung banget mood para content creator yang biasanya saat mobile mengunjungi satu tempat nyaman tanpa mengeluh laptop bawaanya yang berat.

Memiliki laptop yang bisa diandalkan dalam mengejar deadline merupakan idaman bagi para content creator, perihal teknis kecepatan gearnya sudah dipercayakan pada laptop andalannya yaitu Asus VivoBook A407UB. Kepercayaan ini yang menjadikan para content creator cukup nyaman dengan gearnya, biarkan mereka konsentrasi bagaimana menghasilkan konten yang berkualitas dan menarik. Hasil akhirnya pasti demi konten yang kreatif jadi apapun beratnya aplikasi photo dan video editing yang dijalankan biarkan kinerja laptop VivoBook A407UB yang membantu menyelesaikannya.

Terakhir…..menjadi content creator adalah pekerjaan yang penuh tantangan demi menghadapi derasnya arus informasi digital yang sekarang lagi didengungkan oleh pemerintah dengan pertumbuhan yang signifikan pada ekonomi kreatifnya. Demi menaikkan level para blogger harus siap akan pergeseran definisi yang mengakibatkan Kreatifitas tiada henti tidak akan lekang waktu oleh perubahan definisi seorang blogger saatnya ini.

sumber :
Asus Indonesia

You might also like

4 comments

  1. Wah sampai ditimbang laptopnya biar yakin enteng ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh....iya, mau meyakinkan bahwa laptop ini cukup ringan

      Delete
  2. Jadi pengen punya laptop ASUS om.. he hee..

    ReplyDelete
  3. Laptop idaman nih, cocok buat content creator biar makin produktif

    ReplyDelete

Jangan Nyepam Yah..:)